Fenomena Dhamma

Sunday, March 08, 2015

Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-43.



房室清,墙壁净
几案洁,笔砚正
墨磨偏,心不端
字不敬,心先病

Fang shi qing, qiang bi jing
Ji an jie, bi yan zheng
Mo mo pian, xin bu duan
Zi bu jing, xin xian bing

Jagalah kebersihan tempat belajar kita, rapikan buku-buku & perlengkapan yang ada. Baik meja maupun kursi harus dijaga kebersihannya, kuas pit & bak tinta maupun batu tinta harus tertata dengan rapi. Sebelum menulis dengan menggunakan kuas pit, terlebih dahulu harus menggosokkan batu tinta ke dalam bak tinta. Batu tinta yang tergosok miring menunjukkan hati kita sedang tidak fokus. Sebaliknya, tulisan yang tidak rapi pertanda pikiran sedang risau.
                          
Wang Xian王献sejak kecil telah berguru menulis kaligrafi kepada sang ayah, Wang Yi王义. Setelah lama berguru, Wang Xian merasa jika setiap hari berlatih kaligrafi adalah hal yang membosankan. Dalam hati Wang Xian berpikir, pasti sang ayah mengetahui jalan pintas untuk dapat menguasai seni kaligrafi. Wang Xian segera memutuskan untuk menghadap sang ayah di ruang belajar. Kebetulan, beliau baru saja selesai menulis sebuah kaligrafi. Ketika sang ayah beristirahat, Wang Xian berkata:”Ayah, setiap orang memuji tulisan anda sangat bagus. Bagaimana ayah bisa melakukannya?

Tolong ajarkan kepada saya apa rahasia untuk dapat menulis kaligrafi dengan bagus?”Sang ayah, Wang Yi menjawab:”Sebilah pisau dengan sering diasah barulah dapat menjadi tajam, jika ingin memiliki sebuah keahlian harus tekun berlatih.”Setelah mengemasi kertas & penanya, Wang Yi mengajak sang putra menuju ke taman belakang rumah. Di dalam taman terdapat 18 gentong besar tempat menyimpan air. Wang Yi berkata:”Putra ku, jika kau telah menghabiskan 18 gentong besar tempat menyimpan air untuk menulis kaligrafi secara otomatis kau dapat mengetahui rahasia seni kaligrafi.”Wang Xian adalah seorang anak yang cerdas, ia segera dapat memahami maksud sang ayah. Ia menjadi tersadar jika ternyata tidak ada jalan pintas untuk menguasai seni kaligrafi, satu-satunya jalan adalah dengan tekun berlatih.
Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.





0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home