Posts

Showing posts from June, 2011

“ JAKARTA MACET, SIAPA YANG HARUS DISALAHKAN? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, Jakarta macet cet cet cet, semuanya Rugi gi gi gi gi. Kalau begini siapa yang SALAH yah, apa PENGUASA yang SALAH, ato WARGA Jakarta, ato PENGUSAHA, ato URBAN. Lalu KAPAN RAPIH nya Yah, Seperti Singapura, Jepang, Amrik, dsb, yang semuanya LANCAR, TERATUR, PATUH TUH TUH TUH. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: HANYA ADA KATA; KASIHAN, SEDIH, DAN CAPE.. CAPE..CAPE..DEH..DEH..DEH..

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. selama kita masih mementing Ego dan masih menyalahkan org lain.. kita tidak akan maju.. misal saling serobot krn ingin lebih dulu sampe..

2. Bhante, maaf izin sharing : Menurut sy mestinya Polantas yg harus tegas,skrg banyak angkot berhenti persis dibawah rambu dilarang berhenti,padahal disitu ada Polantasnya. Sedangkan kalo pengendara mobil atau motor salah,pasti ditilang... Ini bener2 pelanggaran hukum didepan mata, spt bangsa bar2.

3. Perbaikin humannya yg di mulai dari…

“ ORGANISASI BUDDHIS KACAU, RAPUH, KALAH SAMA TZU CHI GIMANA SOLUSINYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, bila diperhtikan organisasi Buddhis kita Rapuh, tidak solid para pengurusnya cepat tersinggung, Emosi, sukanya Ribut. Kalah sama Tzu Chi yang masih baru tapi cepat Maju dan Profesional, Manajemennya Rapih, Programnya Jelas, kerjanya Cepat. Gimana Menata Organisasi Buddhis kita. Teman2 tlg kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

1. Namo Buddhaya, Tidak semua organisasi Buddhis jelek. Kalau kita mengamati organisasi Buddhis, menurut saya, Sering sekali organisasi Buddhis di pimpin oleh
orang-orang yang dihormati bukan karena mampu memimpin, selain itu juga organisasi Buddhis sering dipimpin oleh orang yang sibuk(sambil kerja mencari nafkah, dia harus menyisihkan waktu untuk organisasi).

Selain itu juga, tidak jarang pengurus organisasi tidak bisa membedakan antara organisasi keagamaan dan oranisasi non keagamaan(Bisnis, politik dll). Dan juga kadang pemimpin organisasi itu tidak dibekali dasar-dasar pengetahuan agama yang kuat …

“ ORGANISASI WAKILNYA TIDAK AKTIF, GIMANA BAIKNYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, saya menghadapi suatu organisasi di wihara yang Wakilnya tidak perduli. Gimana cara nyadarin agar Wakilnya ngerti ikut tanggung jawab d aktif. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Menyadarkan orang tidak mudah, mesti cari waktu yang tepat, cobalah mengadakan Rapat lalu Penasihat yang menegur Wakil tsb yg tdk peduli. Setelah itu diberi tugas yg rutin dan aktif tapi berbeda tugasnya dg Ketua. Semoga dg cara dpt memberi solusi yg berguna, d bisa merubah sikap Wakil yg tdk peduli.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

Namo Buddhaya, Yang pernah saya alami, ketika suatu acara selesai dilaksanakan. maka diadakan rapat yang menganalisa kegiatan kegamaan itu, ketua seksi termasuk ketua dan wakil ketua menyampaikan laporan yang telah dilaksanakan dan kendala yang dihadapi. Jadi kalau ada yang tidak bekerja dengan baik, secara otomatis akan ketauan dan biasanya akan otomatis dia akan mundur dari pengurus…

“ PRIA SIAP NIKAH TAPI WAS2 KARENA BANYAK WANITA DI OPERASI PLASTIK KECANTIKAN, DSB “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, saya (L) siap nikah tapi was2 calon diopersi plastik (silikon) karena banyak wanita ASPAL, contoh Inong M yang dioperasi SSB (Susu Besar) juga DP operasi K (Kewntaan), jadi gimana cara beritahu dia ajak periksa ke dokter, mohon di bahas teman2 kasih masukan.Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. kalo ga percaya yah ga usah nikah dong, gitu aja kok rheeffoott.... ,jaman skrg wanita operasi kan udh biasa ,kalo mw yg murni banget mungkin mesti pesen dulu wanitanya dr bayi trus calon suami yg rawat sendiri , pd dasarnya kalo cinta yah jangan banyak pikir yg rumit terima aja apa adanya ,penjajakan dulu 10 th kalo mw biar yakin ga d bohongi.


2. Namo Buddhaya, Malam Bhante. Seharusnya kalau wajah yang dioperasi tetap bisa terlihat terutama hidung n dagu, tapi kalau sudah bagian dalam tentunya harus ijin sama yang berwenang wkwk. Kalau saran saya sih yang lebih d…

“BERDANA ATAU MENOLONG ORANG TAPI MENGHARAP IMBALAN BOLEH TIDAK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, kenapa hampir semua orang. Kalau habis menolong atau berdana, dalam bentuk apapun, Kadang suka berpikir imbalan yah apa boleh begitu. Kan sudah ngerti Karma Baik tsb pasti berbuah diminta atau tdk. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Berdana atau menolong orang yang membutuhkan bantuan adalah tindakan mulia, kadang orang Mengharap Imbalan tidaklah salah dan boleh malah Bagus. Hanya minta imbalannya harus sesuai Dharma. Sebab, kalau minta imbalan lebih dan yang tak masuk akal. Ada dampak yang berbahaya. Misalnya berdana kepada bhante dan samanera mislnya spt; makanan nasi, sayur, dan buah nilainya hanya 50 ribu.

Lalu minta berkahnya semoga bisa dapat Mobil baru, Rumah baru yang nilainya tinggi. Andai tidak tercapai orang tsb akan timbul rasa nyesel, marah dan benci akhirnya Kapok tidak berdana lagi. Lama2 tidak percaya kepada Dharma bahkan berani menghujat ajaran Buddha. Padahal sebenarnya dia sendiri …

“ KORUPTOR , PENJAHAT, PEMBUNUH, DAN TERORIS JUGA DICIPTAKAN DAN SUDAH DIATUR OLEH TUHAN/ ALLAH, MESTINYA TIDAK BOLEH DIHUKUM DAN MEREKA HARUS DIBEB

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, kalau benar manusia diciptakan dan sudah diatur oleh Tuhan/ Allah artinya para KORUPTOR dan PENJAHAT juga PEMBUNUH dan TERORIS sama diciptakan dan sudah diatur oleh Tuhan/ Allah. Berarti tidak ada yang SALAH. Mestinya tidak perlu di HUKUM, Harusnya mereka BEBAS. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Kalau tuhan yg meciptakan.dan maha tahu maha segalanya maka semua yg terjadi adlh kesalahannya, sebab semua adlh hasil ciptaannya dan semua yg terjadi pasti sdh diketahui sejak awalnya, kita semua cm puppet, bonekanya, menjalankan script yg sdh ditentukan sejak awal termasuk iblis..

Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Kalau seorang manusia diciptakan oleh Tuhan menjadi koruptor dan yang lain diciptakan menjadi orang kaya tapi tidak koruptor, maka Tuhan tidak adil. Kalau seorang manusia diciptakan menjadi orang kaya, dan yang lain diciptakan menjadi orang miskin, maka Tuhan tidak adil. Jadi Tuhan tidak pernah menciptaka…

“ JODOH DI KASIH DAN ATUR OLEH TUHAN /ALLAH TAPI RUMAH TANGGA SUDAH 20 TAHUN CERAI SIAPA YANG HARUS TANGGUNG JAWAB? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, kalau Jodoh itu Takdir di kasih dan disatukan oleh Tuhan, tapi banyak yang sudah RT 20 thn dan beranak banyak akhirnya bercerai juga, malah terjadi (KDRT). Fakta; Lady Diana dan P.Charles. Jadi gimana menurut ajaran Buddha? Siapa yang harus disalahkan dan siapa yang tanggung jawab?Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Namo Buddhaya, Namaskara Bhante,Menurut pendapat pribadi saya, ketika seseorang ingin menikah, maka sebaiknya didasarkan pada satu cita-cita yaitu kenginan untuk saling membantu untuk lebih dekat/mencapai Nibbana. Tentunya ini didasarkan pada kesadaran bahwa adanya kekurangan pada setiap manusia, sehingga saling bantu adalah solusinya.

Jadi dikehidupan sehari-hari, akan saling mengingatkan dan saling membantu didalam melakukan hal baik, bila pasangannya memiliki kekurangan, maka ia akan menerimanya dan membimbingnya.

Atas dasar itu maka dilakukanlah pencarian pasangan sesuai kriteria di atas, bila ketemu…

“ SERING BERDANA SAMA PARA BHIKKHU DAN SAMANERA TAPI HIDUP TIDAK BERUBAH MAJU DAN KAYA, USAHA HANYA CUKUP MAKAN KENAPA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, saya sering berdana ke para samanera dan bhikkhu juga ikut tuang air pelimpahan jasa untuk para leluhur dan ortu, tapi hidup saya tidak berubah, usaha hanya cukup makan, biaya sekolah kadang dibantu sama mertua. Kenapa yah, apa ada yang salah? Mohon bhante jelaskan. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Kisah nyata bahwa Kekuatan Hukum Karma tidak bisa di GUGAT. Teman2 Maaf kalau komen bhante salah tulis dsb.

Ada kejadian masih baru: namanya Alm Hery istrinya Awi umat BM (Buddha Metta), waktu masih hidup usaha ekspedisi angkutan Truk cukup kaya dan rajin ke BM berdana makan dsb, ke para bhikkhu dan samanera. Tak ada hari lewat, apalagi Kathina dan Waisak dananya besar. Hery orangnya enak bergaul, sopan dst.

Entah kenapa tiba2 kena sakit yang sulit diobati, karena sudah pergi ke Singapura hingga Hongkong dan China dalam pengobatan semua dokter angkat tangan dan mengatakan; bahwa Hery sakit Aneh belum dapa…

“ CARA BERDANA KE BHIKKHU YANG BENAR DAN SESUAI DHARMA“

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, kl berdana mknan dsb ke biku cra yg benar d sesuai gmna? Kdang bikunya di kamar mau dipanggil tdk berni, lalu sy taroh di meja saja bikunya tdk tau, apa boleh cara spt itu.Teman2 kl ada pengalaman Dharma tlg crita? Menurut bhante gmana? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Berdana kepada para samanera dan bhikkhu ada 4 kebutuhan yakni; makanan, jubah, tempat tinggal dan obat2an. Yang sering umat berdana ialah makanan pagi sebelum jam 07. Dan siang sebelum jam 11. Ada daerah tertentu yang bisa pindapata pagi, tapi banyak tempat tidak bisa dengan alasan Sikon tidak mendukung. Kecuali di negara Buddhis seperti Thailand, Myanmar, Srilanka, dsb tiap pagi para samanera dan bhikkhu pindapata.

Baiknya, umat berdana langsung diterima ke tangan samanera atau bhikkhu, kalau sikon tidak mendukung apa boleh buat (sibuk kerjaan). Yang penting Niat dalam hati berdana.
Ada yang lebih penting lagi yaitu; setelah berdana atau be…

“ HORMAT SAMA BHIKKHU DAN SAMANERA APA ADA BEDANYA TIDAK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, Saya heran, saat saya pertama belajar Buddhis, terhadap YM Samanera, hormat saya sama besarnya ketika bertemu Para Bhikkhu, tapi saya melihat banyak umat yang telah lama memahami Buddhis kok sepertinya memandang rendah kepada Para Samanera, bagaimana saya harusnya? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab; Tidak semua umat anggap sepele Samanera, tapi ada sebagian kecil. Termasuk kepada para Bhikkhu juga ada umat yang pandang rendah. Semua itu, tergantung pribadi umatnya. Para Samanera dan Bhikkhu, kita tidak boleh paksa orang agar hormat sama Samanera atau Bhikkhu.

Biarkan saja semua berjalan apa adanya, baik umat atau para samanera dan bhikkhu jangan timbul emosi, dsb. Dihormati kadang membuat GE-ER, salah tingkah, pala jadi besar, ego naik malah tidak bagus.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

0. yup, sependapat dengan sdr Adi. dan ga usah liat yg jauh2, liat yg ada di wall bhante aja masih ada …

“ JODOH ITU TAKDIR TUHAN ATAU CINTA KEBELET “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, banyak Orang bilang Jodoh itu Takdir di kasih oleh Tuhan. Tapi ada yang bilang Jodoh itu karena Cinta setengah Mati (Kebelet). Mana yang bener tuh. Alasannya, apa sih? Mohon dijelaskan Amithofo. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. Namo buddhaya, met sore bhante. Ha ha ha ha ku yakin jodoh bukan lah takdir n bukanlah karena cinta (kebelet) smua itu pasti ad hubungan dgn karma, banyak kasus yg menikah tanpa saling cinta n karena terpaksa serta tuntutan keluarga, lingkungan serta usia.

2. salam Namobuddhaya Bhante, yg pasti pernikahan itu, saling membutuhkan, jg saling bayar karma atau menagih karma, ya?

3. Namo buddhaya bhante.. mnrt saya jodoh emang udh ditakdirkan ma tuhan tingal kita aj sbg manusia berusaha untuk mencari nya... nah pada saat kita lg mencari tumbuh lha rasa suka pada lawan jenis sehingga timbul rasa yg namanya cinta... jd cinta,jodoh itu cmw ter…

“ PERAMPOK DI DEPAN MATA, APA SIKAP KITA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, gimana sikap kita kalau di depan mata ada orang yang di rampok, apa kita diam saja pura2 tidak tahu dan buang muka, ato telepon polisi, ato kita tolong dengan lawan rampok tsb? Bila teman2 ada pengalaman tolong cerita. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante, Berbagi pengalaman yang ketika teringat kembali akan tersenyum sendiri. Pada satu hari banyak yang berteriak maling maling. Di depan pintu rumah /jalan raya terdapat pintu besar yang ditutup sejak kerusuhan hanya adapintu kecil n hanya bisa dilalui orang. Saya keluar n melihat 2 motor, yang pertama sudah bisa melewati pintu kecil tadi n kedua sedang diangkat bannya sambil berteriak rampok n menunjuk ke depan.

Saya kira sedang berusaha mengejar didepannya saya bantu angkat motor tersebut. Temannya yang di depan tertangkap massa, tapi yang saya bantu malah dapat kabur, ditangkapnya …

“ KESUKSESAN ITU APA ARTINYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, Apakah artinya Kesuksesan? Apakah seorang konglomerat bisa disebut sukses? Apakah seorang Presiden dan para Pejabat dapat dianggap sukses? Apakah seorang Raja patut disebut sukses? Contoh Donald Trum, Bill Gates, Rokefeler raja kapal, Richard Hilton, Liem Sio Liong, mereka adalah konglomerat, coba lihat apakah mereka sudah berhenti cari uang dan kerja? Coba tanyakan apakah mereka sudah merasa sukses dan puas? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. sukses itu tak ada batas. sukses dalam buddhist= mencapai pencerahan. sukses itu org yang bahagia dlm menjalani hidup. Namo buddhaya... mnrt sy sukses itu bkn diukur dr materi, walopun materi kt sdkt, tp jika kita sudah bahagia dalam hidup dan batin, sy rasa itu sudah sukses. Sukses ito saat kita besyukur.. Tanpa mengeluh dgb yg тiϑάќ kita miliki.. Sukses adalah ketika kita mampu menahan segala macam nafsu.

2. Namo Budd…

" SURGA DAN NERAKA DALAM AJARAN BUDDHA, SAMA TIDAK DENGAN AGAMA LAIN "

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, apakah surga dan neraka dlm agam Buddha sama dengan agama lain / berbeda?Gimana menurut ajaran Buddha mohon dijelaskan. Apakah hany agama Buddha yang punya Nibbhana? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Jawab: Menurut Buddha: 31 Alam Kehidupan ada terbagi menjadi 26 alam Dewa (Surga), 1 alam Manusia, 1 alam Hewan (aneka ragam dan tingkat), 1 alam Petta (Setan Kelaparan dsb ada 37 tingkat), 1 alam Asura (Jin Raksasa), 1 alam Neraka (ad 8 tingkat).
Semua makhluk berputar di 31 alam selama belum mencapai tingkat kesucian tertinggi Arahat atau Buddha yang sudah terbebas dari Keserakahan, Kebencian dan Kegelapan Batin (Lobha, Dosa dan Moha ).

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. Setiap agama mengambarkan neraka dan surga berbeda-beda. Dalam agama buddha tujuan kelahiran baik di neraka maupun surga di tentukan diri kita sendiri. Klu dalam agama2 wahyu
di tentukan maha pencipta, atau makhluk maha berkuasa y…

“ HUTANG BANK TIDAK BISA BAYAR UNTUK BIAYA SEKOLAH ANAK “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, suami saya terpaksa melakukan hutang bank karena untk kelangsungan hidup perusahaan. Demi membiayai 2 anak (sekolah SD n SMP). Kelak akn kuliah. Hutang tsb tidak bisa terbayar. Yang saya ingin tanyakan Sebaiknya harus bagaimana Bhante?dalam menghadapi masalah ini? maklum zaman sekarang ini serba sulit mencari uang. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. Banyak org pernah mengalami kegagalan dalam bisnis, termasuk saya. Kalau tidak ada lagi modal gak usah gengsi, bubarkan saja perusahaan dan cari kerja sesuai dgn disiplin ilmu dan pengalaman. Mulai lagi dari nol. Itu saja imputan dari saya, karna problema jg tdk terlalu terperinci. Sorry ya sebelumnya, sebetulnya topik ini gak cocok ditanyakan ke Bhante, tanyakan saja ke Andre Wongso, Tung Desem Waringin, atau Mario Teguh yg pakar bisnis dan motivasi, karna Bhante khan rohaniawan, kasihan dilibatkan dgn problema …

“ DONOR ORGAN TUBUH, BILA MATI LAHIR LAGI ORGAN TUBUH HILANG TIDAK ? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, Jika kita baru meninggal nanti, bagian-bagian dari tubuh kita yang masih bisa berguna, apabila kita donorkan pada orang yang masih hidup dan memerlukan. Apakah untuk kehidupan kita selanjutnya(reinkarnasi), kita tidak mempunyai bagian tubuh yang telah kita donor kan Bhante? mohon jawaban dari Bhante dan teman2. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Kisah2 Bodhisattwa (calon Buddha) saat msh hdp jadi Hewan Kelinci atau sebagai anak Raja, sering memberikan tubuhnya untuk dimakan oleh Harimau, dsb yang lagi lapar. Bahkan akhirnya calon Buddha, tercapai cita2nya menjadi Buddha. Kalau orang sudah mati, tidak ada rasa apapun bila tubuhnya dibedah lalu organnya diambil untuk yang butuh.

Malah niat sebelum mati ingat untuk berdana donor organ tubuh kepada orang yang membutuhkan. Hal itu sungguh tindakan Mulia, yang layak dipuji. Sebab, donor organ tubuh itu amat langka, alasannya, organ tubuh tidak ada dijual di manapu…

“ Wanita kerja di luar negeri ortu melarang “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma: Tanya; bhante saya (cewe) mau kerja di luar negeri karena penghasilan lebih tinggi tapi ortu saya tidak menyetujuinya. Katanya seorng anak cewe tidak usah kerja keras. Ntar ujung2nya Ĵuğa nikah sama cowo yanƍ biayai kita. Ya kalau nasib saya bagus bisa nikah sama cowo kaya. Terus kata ortu saya; Ќalau saya banyak uang, ntar cowo yanƍ pakai uang yanƍ kita dapat, terus cowo jadi males kerja karena cewe banyak uang. Menurut bhante gimana?Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Negara Indon terkenal produk TKI nya, hampir 10% rakyatnya jadi TKI yg tersebar di dunia. Bahkan kalau mau Jujur Mantan Menkeu Sri Mulyati (cewe) juga sebenarnya jadi TKI di Amerika, hanya tingkatnya beda dg TKI biasa. Umat kitapun banyak yg jd TKI, Cuma kita tdk tahu. Ada umat yg sdh tinggal di Amerika lbh 5 tahun cerita; bahwa pertama dia pergi ke Amerika awalnya jalan2.

Lalu kehabisan uang untuk pulang tdk bisa beli tiket, dia jadi kerja LL (luntang-lantu…