Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

PNS Bukan Pilihan Hidup, Tapi Pemuda-Pemudi Harus Kembangkan KECERDASAN & KETERAMPILAN [IQ & SKILL] Ini FAKTA-nya Siswa Indonesia Kembangkan Tempe & Padi di Luar Angkasa - Kamis, 24 Maret 2016 - 14:17 wib-(foto: Facebook SMA Unggul Del) Aditya Gema Pratomo-Jurnalis JAKARTA - Proyek penelitian hasil karya para siswa SMA Unggul DEL dan tim siswa gabungan dari beberapa SMA di Indonesia, akan menjadi objek penelitian NASA di luang angkasa, tepatnya di stasiun luar angkasa (ISS) Dikutip dari akun Facebook SMA Unggul DEL, Kamis (24/3/2016), eksperimen yang pertama disiapkan oleh satu team siswa SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara, itu untuk mempelajari pertumbuhan ragi (yeast) di luar angkasa dalam kondisi nol gravitasi. Eksperimen ini dinamakan "how to grow tempe in space".





Eksperimen kedua disiapkan oleh team siswa gabungan dari beberapa SMA di Jakarta, Bandung, dan Jayapura untuk mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa. Eksperimen ini dinamakan "how to grow rice in space".

Kedua kelompok siswa ini menyiapkan perangkat eksperimen dalam bentuk micro-lab tersebut selama enam bulan terakhir, dan Januari berhasil lolos flight-test NASA yang sangat ketat dan boleh diluncurkan ke International Space Station (ISS) dengan menumpang Cygnus cargo freighter.

Saat peluncuran roket tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan sempat menyapa para siswa SMA Unggulan Del di Laguboti, Sumatera Utara, melalui konferensi video.

“Saya apresiasi kepada adik-adik yang telah melakukan hal luar biasa dalam melakukan pekerjaan eksperimen level global,” kaya Anies, Seperi dikutip dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Kesepuluh siswa tersebut berprestasi tersebut adalah Anisa Auvira, Freddy Sahala Simanjuntak, Gilbert Ebenezer Nadapdap, Gomos Parulian Manalu, Hagai, Raja Sinulingga, Jonatan Kevin Daniel, Joy Patria Tara Gultom, Junita Sirait, Martin Anugrah Siahaan, dan Rudini Tua Silitonga. (kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home