Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

KESEHATAN - MANFAAT-nya - Cari Tahu Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya - Nia Deviyana • 10 September 2015 17:00 WIB - Cari Tahu Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya - Warna pada buah menunjukkan manfaatnya. (Foto:nbcnews.com) Metrotvnews.com, Jakarta: Mengapa ada banyak warna buah? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas dalam benak Anda. Ya, buah diciptakan dalam wujud aneka warna agar kita berselera untuk memakannya. Namun, dibalik itu semua, warna buah rupanya menjadi ciri khas dari fungsi yang dimilikinya.



 

Hal tersebut karena masing-masing buah mengandung PhytoNutrient yang berbeda. Adapun PhytoNutrient merupakan nutrisi yang terkandung dalam buah yang memiliki banyak fungsi. Berikut ini, fungsi buah berdasarkan warnanya, seperti dijelaskan Dr. Grace Judio-Kahl.int(4)

BACA JUGAWarga Penderita Tb di Surabaya Lebih 4.000 OrangMenuju Indonesia Bebas Tuberkulosis (3)Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis (2) 1. Merah
Buah dan sayur yang berwarna merah, umumnya memiliki PhytoNutrient utama bernama Lycopene, serta PhytoNutrient lain seperti asam ellagic, quercentin dan hesperidin.

Zat-zat yang terdapat dalam semangka, tomat, dan jambu memiliki fungsi dalam mengurangi resiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi pertumbuhan tumor serta mampu meregenerasi sendi pada arthritis. 

2. Kuning dan orange
PhytoNutrient utama bernama Beta-Cryptothanxin, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin banyak terdapat pada buah dan sayur berwarna kuning. 

Zat tersebut memiliki fungsi dalam membentuk komunikasi sel, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko katarak, dan mengurangi resiko degenerasi retina. 

3. Hijau
Buah dan sayur berwarna hijau memiliki PhytoNutrient utama bernama chlorophyl, lutein zeaxhanthin, magnesium, kalsium, folat, vitamin C dan betakaroten. Fungsi zat-zat tersebut adalah mengurangi sakit pankreas, serta menghambat aksi karsinogen atau faktor pemicu kanker.

4. Ungu dan biru
Memiliki PhytoNutrient utama resveratrol, anthocyanin, dan fenolat, yang memiliki fungsi sebagai antioksidan kuat, mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular, meningkatkan memori dan memperlambat laju penuaan. 

5. Putih
Mengandung PhytoNutrient beta-clucans, flavenoids, alicoln dan lignan. Nutrisi tesebut berfungsi dalam menyeimbangkan kadar hormon.  (LOV)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home