IPTEK-SAINTIS-HUKUM ALAM-FENOMENA ALAM-Sembilan Fakta Menarik Gerhana Matahari Total-Rabu, 9 Maret 2016 - 06:07 wib-Kustin Ayuwuragil Desmuflihah-Jurnalis




JAKARTA - Gerhana adalah salah satu fenomena alam yang menarik untuk diobservasi. Menyambut datangnya Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi di Indonesia hari ini, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui.
Berikut sembilan fakta mengenai gerhana Matahari yang dilansir dari Space Fact, Selasa (9/3/2016).
1. Gerhana Matahari Terjadi Dua hingga Lima Kali Setiap Tahun

Tergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, fenomena GMT bisa terjadi antara 2 hingga 5 gerhana Matahari setiap tahun. Geometri ini yang menyebabkan jenis gerhana berbeda-beda, yaitu gerhana Matahari total, anular atau parsial.
2. Bulan Menutupi Cahaya Matahari
Gerhana Matahari Total terjadi saat Bulan benar-benar menutupi Matahari sehingga hanya korona Matahari yang terlihat.
3. GMT Peristiwa Langka-Fenomena Gerhana Matahari Total hanya bisa terjadi sekali setiap 1-2 tahun. Hal ini membuat GMT menjadi peristiwa yang sangat langka.
4. Disaksikan di Kutub Utara & Kutub Selatan-Jika Anda tinggal di Kutub Utara atau Selatan, Anda akan melihat gerhana matahari parsial. Orang-orang di bagian lain dunia dapat melihat gerhana Matahari parsial, total, annular, dan hybrid gerhana.
5 Durasi Terlama GMT-Gerhana Matahari Total terpanjang bisa bertahan hingga 7,5 menit.
6. Lebar Cakupan Bayangan GMT-Lebar total GMT biasanya sekira 160 kilometer  dan dapat menyapu luas permukaan bumi sepanjang 10 ribu mil.
7. Terjadi 18 Tahun Kemudian-Gerhana hampir identik terjadi setelah 18 tahun dan 11 hari. Periode ini berdasarkan 223 bulan synodic yang disebut saros.
8. Dampak GMT-Selama gerhana matahari total, kondisi di jalur totalitas dapat berubah dengan cepat. Suhu udara turun dan daerah menjadi gelap.
9. Planet Lain Dapat Terlihat-Jika ada planet di langit pada saat Gerhana Matahari Total, mereka dapat dilihat sebagai titik cahaya.
(kem)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “