Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

PNS Bukan Pilihan Hidup, Tapi Pemuda-Pemudi Harus Kembangkan KECERDASAN & KETERAMPILAN [IQ & SKILL] Ini FAKTA-nya 3 Profil Kreator Balon Helion dari ITB -Minggu, 17 Januari 2016 - 14:00 wib Aditya Gema-Jurnalis BANDUNG - Proyek Helion yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat merupakan 100 persen karya anak bangsa. Banyak yang belum mengetauhi tim ini telah mempersiapkan proyek ini sejak 2011. Melalui Hagorly M Hutasuhut sebagai perwakilan dari komunitas riset satelit mahasiswa ITB, dia menceritakan sejarah proyek ini kepada Okezone, Rabu (13/1/2016).





"Pada awalnya kami merupakan komunitas riset satelit mahasiswa ITB. Teknologi Flying-BTS seperti Google Loon itu pernah dilakukan oleh Risti (Risetnya Telkom) bersama ITB (termasuk di dalamnya tim Kami)," Ucap Gorly, sapaan akrabnya.

Dalam website resmi ITB-Sat dipaparkan latar belakang pendirian dan program-program yang sedang mereka kerjakan hingga saat ini.

Di 2011, sekumpulan mahasiswa Indonesia yang tersebar di berbagai kampus seperti ITB, UGM, UI, ITS, ITT Telkom dan PENS dengan didukung LAPAN dan DIKTI berinisiatif untuk membuat satelit Iinusat (Indonesia Inter University Satellite).

Setelah kumpulan kampus itu mulai bisa bekerja secara mandiri, maka ITB-SAT mulai merumuskan program pembuatan satelit yang bermanfaat bagi Indonesia.

Misi awal mereka adalah untuk pencitraan gambar suatu wilayah di dunia sesuai instruksi yang dikirim dari stasiun bumi ITB. Satelit akan dilengkapi dengan kamera digital untuk mengambil gambar.

Sedangkan untuk proyek balon itu sendiri, proyek ini diawali dengan kerjasama dengan Telkom untuk membuat semacam repeater sebagai backup jika tower BTS kolaps jika terjadi bencana alam. Proyek balon ini awalnya bernama EBAN (emergency broadband access network) dan sudah dimulai dari tahun 2011.

Seperti yang diberitakan bahwa Helion merupakan startup asal INSITEK Bandung yang dipimpin Hagorly M. Hutasuhut. Helion akan menjadi karya monumental anak bangsa yang serupa dengan Google Project Loon dalam menghadirkan layanan internet di Tanah Air. (kem)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home