Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

Empat Hewan Ini Racunnya Justru Berguna bagi Kesehatan Manusia Jum'at, 11 Maret 2016 - 10:11 wib- (foto: scorpionworlds.com) Rizka Diputra-Jurnalis Kebanyakan hewan berbisa atau beracun sangat ditakuti lantaran racun yang dikandungnya bisa membunuh manusia hanya dalam hitungan menit saja. Namun, siapa sangka bahwa ada beberapa hewan yang racunnya justru dapat bermanfaat bagi dunia kedokteran.






Sebagian di antaranya malah sudah melalui penelitian sehingga dapat diketahui manfaat racunnya itu bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini hewan-hewan berbisa namun berguna bagi kesehatan tubuh manusia sebagaimana disitat dari laman national geographic.

Ular Cobra-Bisa pada ular cobra dapat mengobati penyakit serangan jantung, kelainan darah, tekanan darah tinggi, pembekuan darah, cedera otak dan sebagainya. Penggunaan bisa ular sebagai obapenawar penyakit ternyata telah dilakukan sejak ribuan tahun silam.

Lalu pada tahun 1960, Hugh Alistair Reid membuat suatu terobosan. Dokter Hugh menemukan bahwa racun dari ular berbisa itu dapat membantu pembekuan darah manusia. Temuannya inilah yang kemudian menginspirasi banyak pemanfaatan racun ular lainnya terhadap tubuh manusia.

Kalajengking-Racun kalajengking dipercaya dapat membantu mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan tumor. Para ilmuwan juga telah menguji efek racun pada sel kanker.

Lebah-Sengatan lebah ternyata mengandung racun. Meski sedikit sekali orang menyadarinya, namun tahukah Anda jika sengatan lebah bisa membangun kekebalan alami terhadap sengatan di masa depan. Bahkan, sengat lebah kini sudah populer dijadikan terapi kesehatan untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya radang sendi, penyakit eksim, asma, tumor dan lain sebagainya.

Laba-Laba-Laba-laba memiliki racun sakti yang terbukti dapat melawan rasa sakit, kanker, distrofi otot dan penyakit lainnya. Tercatat, laba-laba Black Widow memiliki racun paling menguntungkan, begitu juga laba-laba pertapa coklat, laba-laba parson dan laba-laba kantung juga memiliki racun yang bermanfaat bagi manusia. (uky)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home