Fenomena Dhamma

Friday, March 18, 2016

Penjelasan Sains Mengapa Seseorang Mengigau saat Tidur Sabtu, 19 Maret 2016 - 07:00 wib - JAKARTA – Seseorang bisa jadi pernah berbicara dalam tidur atau yang lebih sering disebut mengigau. Apakah sebenarnya penyebab mengigau? Dalam istilah medis, mengigau dikenal sebagai somniloquy yang bisa terjadi baik dalam keadaan seseorang sedang bermimpi maupun tidak. Mengigau terjadi karena pengaktifan sesaat pita suara dan mulut ketika tidur yang seharunya tidak aktif.






Hal itu menyebabkan seseorang mengucapkan sesuatu dalam satu atau dua detik ketika masih dalam keadaan tidur. Jika ia sedang bermimpi, maka dia akan mengucapkan secara keras apa yang ia katakan di dalam mimpi. Mengigau juga bisa terjadi ketika seseorang dalam peralihan dari tahap sadar ke tidur atau dari fase tidur satu ke fase selanjutnya.
Mengigau kebanyakan terjadi ketika masih anak-anak dan menghilang seiring bertambahnya usia. Namun jika hal ini terus berlanjut hingga bisa berjalan dan pada saat tidur gigi beradu hingga dewasa, maka mengigau ini bisa dipertimbangkan sebagai gangguan tidur.

Gangguan dalam tidur biasanya disebabkan karena stres dan faktor lainnya. Demikian seperti dirangkum Okezone dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’. (kem) 

1 Comments:

  • At 12:47 AM , Blogger Djoni Djoni said...

    Met siang sdh lama ngak cerita2 / dongeng spt pemuda kere ingin nikahi putri raja , ayong dll, asiik & mendidik tks

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home