Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

Ini Alasan Bunga Matahari Selalu Menghadap Matahari Kamis, 24 Maret 2016 - 06:03 wib - (foto:Reuters) Aditya Gema Pratomo - Jurnalis JAKARTA - Bunga matahari atau Helianthus Anuus merupakan tanaman hias yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bentuknya yang indah dengan balutan warna kuning yang mencolok membuatnya banyak disukai orang, namun tahukah Anda mengapa bunga ini selalu menghadap matahari?





Bunga ini mempunyai ciri yang paling dikenal masyarakat yaitu tubuhnya yang selalu mengikuti arah cahaya matahari. Sifat seperti ini dinamakan heliotropis.

Bunga ini selalu mengikuti matahari karena menyimpan Auxin. Hormon auxin merupakan suatu hormon tanaman yang mengendalikan pertumbuhan.

Biasanya jumlah auxin lebih banyak di sisi yang jauh dari sinar matahari. hal itulah yang menyebabkan batang bunga matahari selalu tumbuh ke arah sinar matahari.

Namun perlu diingat, bunga yang sudah mekar sempurna tidak akan lagi bersifat heliotropis. Meski demikian, bunga matahari selalu menghadap ke arah timur.

Selain keindahannya, biji bunga matahari dikenal dapat dikonsumsi oleh manusia. Demikian dirangkum Okezone dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’. (kem)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home