Fenomena Dhamma

Friday, March 25, 2016

Mengungkap Lima Fakta Menarik Tentang Capung Selasa, 22 Maret 2016 - 21:12 wib- (foto: dragonfly-site.com) Rizka Diputra-Jurnalis. Capung merupakan serangga yang mempunyai empat sayapdengan ciri khas matanya yang besar. Mata besar atau mata majemuk capung terdiri dari ommatidium yang berfungsi melihat ke segala arah dan mendektesi gerakan dengan radius lebih dari 10 meter. Serangga ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Setidaknya, ada 750 jenis capung yang hidup di Indonesia. Tak hanya di daerah tropis, capung juga ditemukan hidup di pengunungan tinggi. Berikut fakta unik mengenai capung sebagaimana dilansir dari laman amazine.co.





Makanan Capung-Capung termasuk hewan karnivora. Ia biasa memakan nyamuk, semut, rayap, lebah, kupu-kupu maupun lalat. Capung juga gemar memakan larva, berudu, dan ikan-ikan kecil. Capung dewasa mampu memakan hingga 50 ekor nyamuk dalam sehari.

Kemampuan Terbang-Capung memiliki kemampuan terbang luar biasa. Ia mampu mengepakkan sayap sekitar 30 kali per detik dengan kecepatan terbang mencapai 100 km/jam.

Serangga ini juga memiliki otot terbang yang kuat dan sayap yang bisa bergerak secara independen. Sayap capung memiliki tekstur bergelombang yang berfungsi membantu mendeteksi angin untuk membantunya terbang.

Penglihatan - Capung dapat membedakan cahaya warna, ultraviolet, dan cahaya terpolarisasi. Kemampuan itu memungkinkannya mendeteksi refleksi dalam air. Setiap mata majemuk capung mengandung sekitar 30 ribu lensa individu. Selain itu, mereka memiliki sudut pandang penglihatan 360 derajat karena posisi mata mereka. (uky)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home