“ Gimana cara mendidik anak orang lain yg nakal di sekolah suka pukul perut anak saya ”

Diskusi Dharma Facebook.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Bhante mau tanya donk: gimana cara mendidik anak orang lain yg nakal di sekolah suka pukul perut anak sy.
gimana menasehatinnya tapi anak sy ga pernah bales malah diem aja, sy jadi keki di depan mata liat anak di pukul2 kepalanya tapi anak sy diem aja...
mau nasehatin suruh bales tapi dipikir2 itu nasehat ga bagus jadi lieur (pusing) bhante sy udah bilang ke gurunya malah gurunya jawab itu anak2 baik kok.
Anak sy pendiem, kl di rumah pake bhs indo and di sekolah pake bhs inggris and mandarin jadi anak sy agak bingung maklum aja.
saking kesel sy jadi bilang aja ke anak sy: “ya udah kalo ada yg nakal bales lagi aja tendang “, tapi di pikir2 ajarin anak jadi jahat tuh.

Gimana temen2 dan bhante tlg ks masukan, biar sy mau coba mengatasinya dg baik d benar, terimakasih.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Memang Perkara anak kecil kadang njelimet bikin geregeten bagi ortu yg lhtnya. Pertama kl mau siapkan kamera lalu foto wkt kejadian utk bukti. Baiknya ks tau ortu anak nakal dan ceritakan kejadian apa adanya dg data foto sebagai bukti. Lalu minta tlg ibunya agar menasihati anak nakal tsb agar tdk melakukan lg, krn dampaknya akan merugikan semua pihak.
Kedua, ini Perkara anak kecil kl blh di damaikan aja, jng diruncingin. Artinya, serahkan sm Ahlinya yaitu Komnas Anak kan sdh ada pak Seto ato wakilnya. Kl tdk ada krn di negeri orang yah Guru sekolahnya, kl Gurunya tdk mau. Yah.. panggil umat Buddha di Indo aja, misalnya blh pilih sih; neng Lusiana Lusi, ato dik Fera, tante Yen Mei, Lee Wei, yg laki dokter hartono Winata, ko Miming, bang Amin, dsb.

Ketiga, yg paling bgs tdk punya anak jd bebas perkara anak kecil, lha..siapa suruh punya anak kecil he..he..he..jd salahnya sendiri knp mau2nya punya anak..he..he..he..jd risikonya spt itu..he..he..he..
Terakhir, bhante minta maaf…sdh abis mau apa lagi.

T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. "Selamat pagi Bhante Sudhammacaro.....melihat kasus yg dituliskan Bhante disini kita melihat anak yg nakal suka memukul dan anak yg diam aja dipukul bisa karena takut atau karena memang tdk mau berkelahi. Ini sebenarnya melibatkan 3 pihak keluarga anak nakal / hiperreaktif, keluarga anak yg pendiam dan pihak sekolah.Sebaiknya di diskusikan dgn antara ke 3 pihak tersebut yg melibatkan masing2 keluarga dan konseling sekolah. Kalau dibiarkan ini menjadi tdk baik, anak yg pendiam akan bisa stress, anak yg nakal dicari penyebabnya mengapa demikian, biasanya pihak sekolah harusnya ada konseling psikolog pendidikan, kalau memang kasus anak itu tdk bisa ditangani, harus di konsulkan ke psikolog klinis anak, dicari penyebabnya yg melatari kenakalan tsb, sehingga penanganan mudah diatasi. Disini yg terpenting adalah komunikasi 3 arah untuk kebaikkan bersama......"



2. Namo Buddhaya, kalo menurut yg saya baca:
1. Ajarkan anak untuk say "no" mgkn dg bilang "stop, don't push/hit/punch me, its hurt.
2. Ajarkan anak untuk bilang/ laporkan kejadian ke gurunya,
3. Terus ajarkan anak untuk terus berbuat baik, n ingatkan, kalau pukul org itu sakit.. So DON'T hit..Karna, meskipun dia diam, takutnya berdampak pada psikologinya dia, bisa jadi ntar dia malah ikut2an (seperti anak saya)
4. Diskusikan ke Guru/pihak sekolahnya, mengapa si ceweq suka memukul, kalau mereka malah membela si anak cewek itu, sebaiknya anda memindahkan anak anda ke sekolah lain, karna biar bagaimanapun berarti pihak sekolah tidak memberikan tanggapan atas tindakan nakal.. Koq malah membela,
5. Sebaiknya kasih tau anak, kalo dia masih suka memukul, jauh2 saja mainnya dg anak ceweq tersebut..

Satu lagi buat smuanya, menurut yg saya baca, anggapan "anak nakal itu sudah biasa" itu sangat tidak baik, berarti kita membenarkan perbuatan nakal anak, harusnya kita terus mengajarkan anak kita berbuat baik, biar jadi kebiasaan si anak n tertanam di alam bawah sadar anak, dalam hidup kita harus berbuat baik..

Info yg saya dapatkan smua dr yg saya baca baik di buku ataupun dr forum2, dan saya juga masih terus belajar dalam mendidik anak, dan anak juga merupakan guru dalam hidup ini, jadi kadang anak2 yg nakal itu adalah cerminan orang tuanya.. so hati2 dalam mendidik anak...
kadang anak akan meniru dari org lain/teman2nya, iya itu benar, seperti anak saya, krn dia melihat sepupunya memukul adiknya, skrg anak sy suka memukul, kalo dia marah, dan saya terus2an menasihati, kalau memukul org itu sakit, so don't do it..




3. Namo Buddhaya Bhante. Slmt pagi semua. Dl wkt Ank sy msh tk jg Ada kejadian begitu. Sy tdk mengajari Ank sy untk memukul balik. Malah sy ajarin untk lbh baik lg sama Teman yg memukul nya. Stlh it br sy datangin it Ank. Sy ajak ngobrl. Sy ksh tau tdk blh memukul siapa pun nanti tgn nya jd dak bs nulis. Apa mau nanti jd Ank bodoh trus. Dgn berjln nya wkt tu Ank jd baik malah jd suka membantu teman nya. Mmg tdk lsg instan. Perlu wkt. Tiap x sy ketemu it Ank sy ajak ngobrl Dan sy nasehati. Kdg sy ksh mknan ringn. Stlh nya it Ank jd baik kok. Malah dia blg ii baik bgt. Nah it penglmn sy mudah2 han berguna. Amithofo Bhante. Menurt sy nakal nya Ank2 msh normal. Semua Ank2 pasti nakal dlm proses pembelajrn nya. Sy sgt setuju dgn ceramah nya Suhu Sue Ching. Suhu selalu berkata '' ilmu pengetahuan yg tinggi tanpa spritual yg baik akn sia sia belaka ''.



4. Menarik sekali kasus ini, seharusnya juga pihak sekolah membantu mencegah kasus ini, jangan sampai terjadi berulang-ulang. Mungkin Sebaiknya ibu komunikasikan dengan Kepala sekolah, atau bagian kesiswaan. karena pada umumnya di Indonesia masalah siswa cukup komplit, atau mungkin juga anak menganggu tersebut over aktif, masalah bahasa tidak menjadi problem, hanya masalahnya siswa tersebut aktif, kalau tidak diarahkan kearah yang tepat bisa menjadi “virus perusak” pada sekolah tersebut.
Bagian Kesiswaan lebih banyak dan lebih aktif menangani masalah kesiswaan, jadi minta tolong agar anak tersebut dinasehati, atau minta di jumpakandengan orang tua anak yang menganggu tersebut, dan sampaikan kasus tersebut dengan bijak, jangan bawa kekasalan saat berkomunikasi, kekesalan sampingkan dulu, atau emosi disingkirkan dulu. Semoga mendapat jalan keluar. Berarti anak anda lagi minder, kurang percaya diri...



5. Herni: ya mungkin juga karena teman2 nya bisa bahasa mandarin and english dengan baik.. All: anak saya sekolah di singapore karena saya stay di singapore... ya benar kata saudara Mei..saya pikir karena gurunya membela anak yg bersalah sebaik nya di pindahkan saja karena ternyata kelas siang pun ada anak India yg di pukul matanya oleh temen nya and orangtua memberitahu guru nya tapi gurunya membela anak nakal tsb..saya pikir sekolah ini tidak baik karena mereka lebih mementingkan orang lokal... ah sangat mengecewakan sekali.



6. Kalau soal bahasa, menurut saya sudah bagus, sebaiknya kembangkan bahasa Ibu di rumah, terserah pilih mau pakai bahasa Ibu apa, tapi komitmen, jangan campur2 bahasanya, biarkan anak belajar bahasa lain di luar rumah, anak itu super koq otaknya...

Oh ya soal, kita menegur anak yg nakal, susah2 gampang, karna kita bukan pihak yg mempunyai otoritas atas anak org. Mungkin si anak juga di rmhnya pernah dipukul oleh ortunya..
Anak adalah cerminan orang tua... Jadi kita sebagai ortu harus mencontohkan yg baik ke anak kita, kalau dia mencontoh dr luar, yah kita berusaha memberi pengertian yg baik...

kalau dr cerita lanjutan, berarti memang skolahnya yg kurang baik, jadi mgkn coba cari skolah lain aja....

@Bhante: iya Bhante, anak adalah komitmen dr sebuah pernikahan. Jadi kalau mau punya anak harus komitmen menerima sgala derita yg muncul akibatnya, tapi ada bahagianya juga.. Hehehehe.



7. ksth gurunya, dan bilangin ke guru,klu tdk diberitahukan ke ortu anak tsb,ibu lgsg aja ksth ortu,spy dia bs ksth anaknya,tp klu msh bandel bilangin ke anak itu pukul org itu salah loh, bs ditangkap polisi,nanti dia berhenti krn takut sendiri,memang lah klu udh bsr pukul org ya pasti ditangkap polisi, berarti smbil kt didik dia juga,atau ibu lgsg ksth anak itu,kalau pukul anakku lagi,ibu akan lapor polisi, jd dia bs berhenti berbuat salah melulu.sbb biasanya anak klu suka pukul org di sklhn, dianya sering kena pukul ortu dirumah,jd dia ikut2an pukul org diluar sklh,itu gejalanya.




8. Kalau lingkungannya kurang baik mending pindah aja...Kalau masih mau tetap disana, Bicaralah dengan anak anda, Jangan takut, Percaya pada dirimu bahwa kamu bisa walau kamu tidak begitu lancar dalam berbahasa, Belajarlah dengan giat suatu hari kamu bisa melebihi mereka...Anak anda lelaki tentu diam aja dipukul soalnya yg pukul perempuan, Coba sesama lelaki mungkin dibalas juga, Berarti anak anda menghargai perempuan...



9. waduh ,hehehe kalau diliat agama budha balik lagi ni ke karma , mungkin dulu di masa lampau anak anda badung juga kali, jadi kehidupan sekarang jadi berbuat deh karmanya,hahahaha.menurut saya anda juka datang kesekolah , ketika anda melihat anak anda sedang dipukul dengan anak tersebut ,langsung anda samperin dan pelototin mata anak nakal tersebut,serta raut muka yang seram,di jamin pasti anak tersebut tidak akan mengulanginya lagi.itu adalah salah satu trik untuk membuat anak tersebut takut dengan anda.




10. Pagi Bhante,, anak2 semuanya мέмªñǥ rata2 nakal. Apalagi anak laki2,, anak laki2 sukanya main perang2an, ♉ªα mungkin termasuk mukul2an, tendang2an ( padahal cm main2 αĴå) Ķάļo мέмªñǥ anak itu suka memukul, n ∫üϑά♓ diblgi kguru,, n gurunya blg. Anak itu baik,, Ķάļo menurutku baiknya dtgi saja anak itu trus bilangi langsung Jαπğαπ suka main mukul2,,gmn mis Ķάļo dy yg dipukul,, Ķάļo anak itu mmang baik, pasti dy akan mendengar,, thanks,,, Namo buddhaya..Anak ibu cuma diam ketika dipukul,
lalu guru blg anak orang itu anak baik kok, hmm..kayak karma aja nih ..Baiknya bawa anak ibu belajar kungfu shaolin atau silat gitu. Hehhe maap bila ada salah.



11. namo buddhaya,bhante, coba tanya ke anak anda, ada masalah apa dia dengan temannya kenapa temannya memukul dia diam aja, apa karena anak anda takut dengan temannya atau ada apa,apa ada sesuatu masalah yg tidak bs dia ceritakan, coba tanya dan dengarkan jawaban anak anda?
baru bisa mencari solusinya, anak kecil nakal itu hal biasa karena mereka tidak tahu dampak atas apa yg mereka perbuat. mereka hanya bisa meniru apa yg dilakukan & diperbuat oleh orang lain disekitarnya
tapi bila mereka besar nanti mungkin mereka akan mengerti bahwa perbuatannya baik atau salah..y mnrt sy klo dtgi guru nya ga ada hasil..nasehati anak pmukul tsb..ga brhasil jg..dtgi ke ortu anak tsb...ga brhasil jg..ajarin anak kt jgn bergaul ato deket2 dgn dia...gt aja x...om mani pad me hum.



12. Pagi bhante namo budhaya, klau pendapat sy sm sperti yg dikatakan ibu anie sulaiman, sperti judul lagu buddhis pengendalian diri baik dibalas baik jahat jngan dibalas jahat betul gak bhante? Mohon maaf klau ada ksalahan kata2 bhante mksh amithofo. ada kemungkinan anak itu pernah trauma berat hingga hatinya jadi bebal , biasa sering di pukulin di rumah mungkin? ada kemungkinan juga anak itu bisa mengendalikan batin dia,sehingga sudah bisa memandang dunia dari sudut pandang berbeda , tapi hal ini amat jarang, atau juga mungkin karna ia belum mengerti apa", bisa ketahuan bila sudah dewasa nanti :) saya jamin.




13. Namo buddhaya ibuk, Dengan penuh cinta kasih kepada anak orang itu, berkatalah padanya : hai anak, tidak boleh pukul sperti itu...tidak sakit apa?coba kamu dipukul mau tidak?? Asalkomen .. Hahaha..imho cmiiw. sang buddha membenarkan "pembelaan diri"... benarkh sy bhante...!!!! sprti cerita " tentara kebenaran ". atw harus berdoa "ucapan benar" yg hrs anak itu lakukan tidak membalas tp berkata "seingat sy tdk prnh berbuat jahat memukul atw melukai teman sy sendiri tp dia telah menyakiti sy,,,smoga dgn kbajikan yg sy peroleh menjauhkn sy dr sgl yg buruk" tp dlm kasus ini sm sprti dlm cerita jataka bhante dimana sang buddha menjadi seekor kerbau & diganngui seekor monyet stiap hari tp sang budha diam sj,,br menjwb saat brahmana mahluk adiami marah akan sikap kera.



14. ini kasus sama seperti kejadian anakku dulu waktu es de ..cao an suhu... Jauhkan anak anda dr anak yg suka memukul itu,nasehati anak anda sendiri untuk tdk bmain dgn anak yg nakal. masalah di lingkungan sekolah seharusnya di selesaikan oleh guru..aku hanya mengajarkan anakku untuk berteriak se keras2nya dan lari ke ruang kep sek.. biar di selesaikan di sana dan ke 2 orang tua di panggil dan akhirnya di pindah kelas dan masalah bisa ter atasi ... :)) .. semoga bisa terselesaikan.. kadang guru menganggap kenakalan anak2 wajar ... tetapi itu menjurus ke kurang di ajar .. hehehhheee... siapa si yang mau anaknya di pukul ..?? gak ada kan..???



15. Teman2 sedharma terimakasih atas jawaban nya...pertanyaan diatas berasal dari saya.anak saya 3 tahun laki2 And Anak yg suka memukul anak saya perempuan.saya liat sendiri saat mereka main bersama.anak saya dipukul kepalanya tapi tak keras dan anak saya Diem saja.2hari kemudian anak saya pulang sekolah bilang MA Clarissa hit My stomach And i am hurt. saya tanya kamu balas ga?dia menggeleng And saya tanya Ms tau dia bilang ya dan Ms marah.tapi kebesokannya anak saya jadi malem sekolah.sy datang in gurunya And saya ceritakan malah gurunya bilang anak yg pukul Good girl And anak saya pendiam.and mereka duduk satu kelompok.tapi hari ini saya bawakan candy utk sharing dg teman2nya. saya akan coba utk mendekati anak Perempuan itu...dg membawa makanan.ya anak saya pendiam karena tidak terbiasa dg bahasa Inggris And Mandarin disekolah.saya akan memberi nasihat sesuai teman2 anjurkan.terimakasih pada Bhante And teman2 sedharma atas bantuan nya.



16. namo budhassa..Ouw,ouw.so badly...! Cece hrs ajari anak na u/ blajar berani menggertak blk diawali berani brkt : stop beating me ! That's not good..Ajari dia keberanian u/ kebaikan diri na mengingat dia lelaki..mdh2an bs ya ce..sabar ya cecenamo budhassa. Ad 1 hal lg cece., agar cece ga trlalu khawatir/cemas "stiap suatu kondisi ga ad yg kekal" jd ga slama na buah hati cece akan bgt terus ,.suatu saat pasti ad perubahan... Ajari buah hati na disaat dia trjepit atw takut atw keadaan yg mbuat diri na nervus or else ... Just said "namo budhasa" kata2 in ad dlm salah 1 cerita sang budha,seorg anak saat dihampiri para raksasa dgn maksud jahat.. Anak itu brkt "namo budhassa" sketika para raksasa ktakutan&brblk malah menjaga melindungi&mberi makan anak itu. "kekuatan ucap kebenaran dhamma sang buddha tiada batas"



17. Nama Buddhaya All......Dulu anak sy jg sering di pukul temannya,,lalu si Anak sy ajak ngobrol dan sy bilang klau teman tdk boleh saling memukul krn sekolah hrs belajar yg rajin,dan sy bilang Papi nya Polisi lo...mau di tangkap???dan si Anak tdk pernah mukul lg,,,,semoga bermanfaat ya comen sy ini,jika tdk berkenan Maaf ya.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "