“ HIDUP YANG SOLID DALAM KELUARGA GIMANA CARANYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Budhaya bhante, saya mau bertanya bhante,gmana caranya hidup yg solid atau akur dalam keluarga...

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Cara hidup yg solid atau akur dalam keluarga sumbernya ada di ortu. Krn Ortu yg tanggung jawab dlm Keluarga utamanya Ayah, dan Ibu yg pertama mendidik anak2nya, dg kasih sayang dan perawatan yg maksimal. Sebab itu, sebelum jd Ortu baiknya banyak belajar ilmu pengetahun yg luas, dan ilmu spiritual (agama) hingga memiliki bekal yg lengkap, agar menjadi bijak dan adil dlm mendidik anak2nya.
Ortu hrs menanamkan kpd anak2 utk rasa hormat dan patuh/ taat kpd ortu, antara anak2 hrs ada rasa saling menghormati, yg lbh tua hrs menghargai dan membimbing yg lbh muda, yg muda hrs tunduk dan hormat kpd yg lbh tua.

Kl terjadi cekcok dlm keluarga, Ayah hrs segera bertindak bijak dan adil dlm mendamaikan. Ortu tdk blh pilih kasih terhadap anak2nya, bagaimanapun anak tsb nakal atau bodoh, ortu hrs adil dan bijak dlm artian hrs penuh kasih sayang terhadap anak2nya. Banyak ortu yg tdk berperan spt ortu yg diharapkan oleh anak2nya. Maka terjadilah cekcok dsb.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo budhaya bhante,slmt pg. Kl mnrt sy,dlm satu klrg asal sm2 ad pgrtian n mw slg mgalah,bs ko tjd kkompakan antr satu dgn yg lainY. Mf bhante,kl jwbn sy krg tpt. Trm ksi. Nammo Buddhaya Bante...Hidup yg solid & akur dlm keluarga adalah kualitas kebersamaan & komunikasi yg baik. Namo buddhaya bhante , hidup solid n akur dlm keluarga hrs mengurangi EGO masing2, perbanyak meditasi n cinta kasih. Komitmen, tenggang rasa, sadar diri.. sudah ada di Angutta Nikaya. rumah tangga yang ideal sudah pernah dibabarkan sang Buddha dengan sempurna. sederhana aja.... dan ada dalam hati masing2... mau gak .. itu aja .. Nammo budhaya bhante,terimakasi bhante saya sudah di kasih saran yg baik oleh bhante,smoga ini berguna bhante sadhu'


2. Namo Buddhaya Bhante, pertanyaannya gampang jwbnya tapi susah dalam penerapannya. Ini saya alami lo bhante.. Suami saya termasuk yg egonya tinggi, sangat susah mengalah tipe org tiongkok jaman dulu artinya mrk lebih beranggapan wanita harus mengalah dan pria lbh berkuasa..dan saya sndri sudah pasti bukan tipe pengalah alhasil hampir tiap hari kami cekcok dan bertengkar.. Ada 3 tahun lbh juga sampai sekarang kami masih srg selish faham... Tapi skrg saya belajar lebih bijaksana. MENGALAH. Yah... Sampe skrg sih sudah jrg skli kami bertengkar. Mudah2an seterusnya ♉ª Bhante. Intinya, dalam berkeluarga, mmg dibutuhkan pengertian dr masing2 anggota klarga agar terwujud keluarga yg harmonis. Tetapi, kita tidak bisa memasakan org lain utk mengerti kita. Karna itu lah, kita sndri lah yg harus lbh bijaksana bertindak. Tutup mata, telinga dan mulut..



3. Namo Buddhaya All... Klau menurut saya kita hrs saling mengerti,apa yg kita perbuat harus mikirkan org lain,bayangkan org tsb adalah kita apakah kita bisa menerimanya?klau tdk jgn kita lakukan. namo budhaya.. bhante,, hidup berkeluarga dengan rukun amat di junjung tinggi dalam agama budha.. namun , bila saatnya kita ingin mencari sebuah kebenaran sejati.. ada kalanya kita akan melepas keluarga kita.
jadi apa inti sebenarnya dari hidup berkeluarga itu sendiri bhante? bukankah hanya bagai sesuatu yang tak kekal dan akan hilang sewaktu waktu? bukankah itu sesuatu yang menghalangi kita mencapai kebuddhahan? tidakkah sebaiknya kita melatih batin, untuk mencapai penerangan sempurna? mohon petunjuknya bhante .. shadu shadu shadu



4. Namo buddhaya bhante, pertanyaan ini sama seperti pertanyaan mantan pacarku padaku. "tinggal berdua disatu rumah tp tak pernah saling bicara/ saling diam, gak pernah cocok dalam bicara, gak pernah sepaham dalam banyak hal, saling cuek biar terhindar dalam cekcok, jarang komunikasi... kalo tengkar saling menuduh n slg menyakiti dgn bicara.... tiap hari cecok APAKAH SEMUA INI BISA DIKATAKAN SEBUAH RUMAH TANGGA? Pagii bantee...Susahh yahh pertanyaannya.. Kalo jawab yang baik baik ma gampang.. Jalanin nyaa yang susahh.. Ɨƚǟ Ɨƚǟ•̃⌣•̃Ɨƚǟ Ɨƚǟ Ɨƚǟ Ɨƚǟ•̃⌣•̃Ɨƚǟ Ɨƚǟ.


5. boleh sy tanya dulu di mana ada jumpain sebuah rumah tangga yg selama ini tanpa keributan..petengkaran??? Ini lah kehidupan manusia...baik buruk dlm kehidupan manusia slalu ada...jd bukan cara gimana ya suatu rumah tangga tanpa keributan...tetapi latih diri masing2 jd seorg yg bijak...shingga setiap masalah bisa di pandang dr sisi positif..maka kita tidak akan berkeluh kesah ketika menghadapi rintangan..om mani pad me hum. Menurut saya harus bs menerima setiap kekurangan dan kelebihan msg" saling intropeksi diri. Saling menghargai privasi antar saudara.


6. waduh ketinggalan lagi ni..hahaha.malam bhante dan teman teman .kalau pemikiran amin sih,dalam berkeluarga sesama orang tua dan kakak adik kalau untuk solid dan akur si gampang aja ya, yang penting dalam berkeluarga kita ada rasa sayang dan hormat kepada anggota keluarga kita,tanamkan rasa sayang kepada orang tua dan saudara, serta hormat kepada orang tua dan saudara.intinya kita sayangi mereka seperti diri kita.karena sampai kapan pun , dan apapun yang terjadi mereka tetap saudara kandung kita. Menurut aku hidup akur itu ialah BERSABAR,WELAS ASIH.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “