“ KARMA YANG SEKARANG ADALAH HASIL DARI YANG LAMPAU BAGAIMANA KITA TAHU PERBEDAANNYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Met sore Bhante..Namo Buddhaya sy mau nanya nih: bagaimana kita mengetahui perbedaan kamma yg kita dpt skr ini adalah kamma yg efektif seketika,
dgn hasil kamma yg kita pupuk di masa lampau?

mohon penjelasannya bhante ......sadhu 3x

sabbe satta bhavantu sukhitatta, semoga semua makhuk hidup berbahagia, makasih bhante.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Utk mengetahui perbedaan kamma yg kita dpt skr ini adalah kamma yg efektif seketika, dgn hasil kamma yg kita pupuk di masa lampau, adalah dg cara melihat kehidupan kita saat ini.
Sebab, menurut Buddha; hdp kita saat ini adalah cermin karma kita dimasa lalu. Begitupula utk melihat masa depan kita hrs menelaah karma/ perbuatan kita saat ini dst.
Contohnya: saat ini kl kita tba2 tertabrak mobil atau motor, di tipu orang, di rampok, dicuri dst. Padahl kita ingat2 selama hdp tdk pernah berbuat jahat spt; sama teman atau sama siapapun itu (orang jujur, baik).
Demikian pula saat ini kl kita tiba2 dpt lotre smp miliaran rupiah, atau dpt untung dlm bisnis yg nilainya diluar nalar kita.
Ini membuktikan bahwa ada Hukum kamma/ Hukum karma/ akibat perbuatan yg efektif seketika, dgn hasil kamma yg kita pupuk di masa lampau.
Demikian pandangan tentang Hukum karma yg bhante ketahui, semoga berguna membuka wawasan dan menambah pengetahun temen2. Maaf bila ada yg kurang berkenan dihati.
Pribahasa bilang: JNG SIMPAN JARUM DI DLM LACI.
Artinya: JNG SUKA MENYIMPAN DENDAM DI DLM HATI.
SEBAB NENEK BILANG BER-BA-HA-YA…

T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. sangat sulit membedakan karma yg kita dapat pada hari ini adalah merupakan perbuatan masa lampau atau perbuatan dikehidupan saat ini juga, dan saya sependapat dgn sdr sakya sila bahwa hanya buddha dan arahat yg memiliki abhinna khusus yg dapat mengetahuinya dengan pasti dan dapat mengetahui prosesnya dengan detail. Sedangkan bagi orang biasa Buddha pernah mengatakan mencoba memikirkan proses/cara karma bekerja hingga serinci2nya adalah 1 dari 4 hal yg bisa membuat orang menjadi gila.

namun bila mau digambarkan secara perumpamaan hukum karma itu serumit benang kusut dan selengket jaring laba2, rumit bagai benang kusut bagi yg mencoba mengurai proses cara kerja karma, lengket karna karma akan selalu menjerat kuat2 orang yg telah membuat karma.

sementara berbuahnya karma sendiri hampir tidak mungkin terjadi seketika, selalu ada jeda waktunya dan lama waktunya ini disebabkan karna ada banyak faktor pendukung yg menentukan masaknya buah karma.

Selain itu karma tidak bekerja sendirian, karma hanyalah 1 dari panca niyama, oleh karna itu masih ada 4 hukum alam yg juga mempengaruhi hukum karma. bila diibaratkan menanam biji jeruk adalah berbuah jeruk, maka faktor2 pendukungnya ada banyak seperti seberapa rajinnya kita menyiramnya dengan air, lalu faktor sinar matahari, berat jenis tanah, kelembaban, cacing dan lain sebagainya. dan itu sebabnya kenapa buah dari pohon yg sama tidak selalu memiliki rasa yg sama, tdk selalu memiliki ukuran yg sama, tidak selalu memiliki warna yg sama. apalagi bila buahnya berasal dari benih yg berbeda dan ditanam di ladang yg berbeda. Dan inilah alasannya kenapa sang Buddha mengatakan Sangha adalah ladang yg subur bagi yg ingin menanam karma baik.

Karna tidak terjadi seketika inilah manusia memiliki kesempatan untuk memperlambat dan mempercepat berbuahnya karma, mempercepat habisnya karma yg sudang berbuah, melemahkannya (dgn pelimpahan jasa), bahkan melenyapkannya (ahosi, pari-nibbana).

demikianlah pendapat saya, semoga bermanfaat, mohon dikoreksi bila salah.


2. satahu saya hanya buddha sendiri yang secara pasti mengetahui sebab dari suatu karma yang berbuah,baik ataupun buruk...yang pasti,hasil sekarang adalah sebab dari sebelumnya...yang sangat tidak mungkin bagi kita org biasa untuk dapat menguraikannya satu persatu...saya rasa jawabannya...we will never know..


3. cao an suhu... namo budhaya..hehheee... bagus nih pertanyaan... karma baik buruknya masa lalu kini dan hasil yang akan datang ~ persis sama seperti kita berbelanja... ada kembalian,, atau kita kekurangan uang unt membeli sesuatu yang kita mau..jadi membeli sesuatu di lihat nilainya.. ( ini yang susah dalam karma ) bila uang lebih karma baik akan berjalan dengan baik... bila mana uang kurang maka karma buruk akan berjalan... atau pas pas san .. ini nih... yaaa..... aman lah kehidupan.... datar2 aja..... bila salah tolong bhante luruskan.. karna bhante lebih tau tentang karma hehehheee....dah ngopi bhante.?



Kl karma skrg seketika itu mungkin lebih mudah diketahui misalkan kl mencuri mungkin buah karma buruknya pny kita jg akan hilang tp kl karma lalu itu yg susah diketahui,padahal kita merasa ga berbuat kok ada karma yg seperti itu datang pd kita. Namo Buddhaya. Cepat atau lambat karma pasti akan berbuah. Dan selain itu kita juga mengenal Hukum Sebab Musabab Yang Saling Bergantungan. Dengan hukum ini kita akan berhubungan karma dengan orang orang terdekat kita misalkan keluarga. Maaf jika ada kalimat tak berkenan.



4. Karma lampau: seperti terlahir cantik atau ganteng atau buruk, cacat, terlahir dikeluarga kaya raya atau miskin, terlahir dikeluarga bahagia atau cerai berai. Karma efektif sekarang : seperti kita tersenyum dan ramah maka orgpun senyum dan ramah, kita jutek orangpun segan, kita menolong spontan, orgppun langsung menilai kita baik...



5. sy se7 dgn komen temen2..sy tambahi aja...ambil contoh aja...kamma seketika di byr...abis mencuri ketangkap masuk penjara...hasil kamma lampau...penyakit...bisa jg ga ada angin ga ada hujan jatuh trpeleset..benjol...ha3...smua itu hanya perlu di pahami agar kt trsadar utk tidak mlakukan kamma buruk lg...om mani pad me hum



6. Sang Buddha mengatakan, sebagai berikut: Semua makhluk adalah pemilik kamma-nya sendiri, pewaris kamma-nya, kamma-nya adalah kandungan yang, melahirkannya, dengan kamma- nya dia berhubungan, kamma-nya adalah pelindungnya. Apapun kamma-nya, baik atau buruk, mereka akan mewarisinya. Karma / kamma artinya perbuatan / tindakan mengacu pd kehendak pikiran , ucapan dan jasmani kita namo buddhaya ..



7. Pagi Bhante .., Karma sekarang atau masa lampau ? Mungkin begini ..kadang kita suka merasa koq aku dijahatin knapa ? Diingat ingat kayaknya nga pernah deh berbuat jahat koq sekarang dijahatin ... Nah kalo dah diingat ingat tetap aja lupa mungkin karma masa lampau yang berbuah ... Tapi kalo misalnya kita ingat ..mis habis pukul teman trus nga lama ada orang pukul kita ..kan kita msh ingat tuh...ya itu karma sekarang yg langsung berbuah ... U penjelasan lebih mendalam dan detail, Bhante aja yang jelaskan . Maaf kalo komennya salah .



8. Met pagi Bhanteeee sdh seduh kopi blom Bhante?? pagi ini sy mau nyapa Bhante aja deh, soal nya pemahaman sy ttg cara bkrja kamma masih sgt2 dangkal takut salah hehe mungkin tmn2 yg lain pengetahuan nya jauh lebih luas..... Anumodana. Namo Buddhaya Bhante. Mau jd pembaca aja Buat tambh pengetahuan. Selamt pagi Bhante Dan semua Teman. Slmt beraktifits.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "