“ BISNIS DENGAN CARA MENIPU, GIMANA KARMA AKIBATNYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Bhante, bagaimana dgn org yg menipu dalam bisnis. cth produk di bgks bagian atas dikasi yg bgs tp dibwh rusak. kesanny kan bgs tp saat dibongkar br nampak yg jelek.

Trus kamma apa bila orang suka iri dan mengadu domba. bgm dgn org yg senang mencampuri urusan org lain. sy uda search di internet tp tak ketemu jd tlg dijawab ya bhante. Thx.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Manusia itu makhluk paling Unik krn pnya akal yg cerdik, kita bs pake internet krn akal cerdiknya manusia. Saking cerdiknya, Bisnispun gunakan akal cerdik tp busuk, jelek, buruk dan jahat.
Bisnis dg cara menipu spt itu tdk dibenarkan oleh semua agama, krn merugikan orang lain. Akibatnya pelanggan kl sdh tahu, tdk akan membeli barangnya lagi (kapok). Si pebisnis spt itu hanya dpt untung seketika, tp suatu saat dia akan bangkrut dan rugi besar serta tdk dpt kepercayaan dari orang lain lagi. Suatu saat kl sdh karma buruk berbuah dia akan kena musibah besar. Kl sdh mati bs msk alam menderita…
Akbat kamma bagi orang suka iri-hati dan mengadu domba dan org yg senang mencampuri urusan org lain, lama2 teman2nya akan pergi krn tdk suka dg sifatnya yg jelek, akhirnya tdk akan punya teman2 lagi. Kl sdh mati bs msk alam menderita…
Alam menderita ialah: alam Neraka, Peta, Asura, jd Hewan, atau kl jdi manusia dlm keluarga miskin terhina, dsb…
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.



Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Pekerjaan yang menyebabkan orang lain sulit/bersedih/rugi sudah pasti merupakan perbuatan yang harus dihindari, karena akan mendatangkan akibat tidak baik pada orang lain dan diri kita. Mengenai buah karma yang akan diterima, bagi kita semua memang tidak bisa menjawab dengan pasti, tapi buah karma bisa berbuah dikehidupan sekarang atau mendatang. Buah karma bisa bearasal dari satu atau beberapa perbuatan. Yang pasti adalah buah karma yang akan kita dapat masih ada kaitannya dengan jenis perbuatan yang kita lakukan.
Contoh : Di salah satu kehidupannya, Buddha Gautama pernah melakukan penghinaan, maka pada kehidupannya yg terakhir dia juga mengalami penghinaan dan fitnahan dari Cinca.
Mengenai hal diatas :
Pedagang yang curang atau orang yang iri, adalah orang yang kesadaran untuk menjalankan Dhammanya kurang, jadi dia sedang menanam benih tidak baik yg akan berbuah keburukan pada dirinya.
Sedangkan kalau sampai ada yang tertipu, maka orang yang tertipu tsb, harus menyadari bahwa dia sampai tertipu, itu karena karma buruknya berbuah(tidak boleh sembarang bertindak yg menyebabkan timbulnya karma buruk(maksudnya kalau bisa diselesaikan dengan kekeluargaan maka selesaikan dengan kekeluargaan kalau tidak selesaikan dengan hukum, tidak boleh menghina dll, karena penipuan itu terjadi disebabkan perbuatannya sendiri dikehidupan sekarang atau sebelumnya).
Oleh karena itu, sebaiknyalah kita memahami Dhamma dengan baik, dan menerapkannya dalam kehidupan kita, supaya di kehidupan ini dan mendatang kita akan sering berhadapan dengan kebahagiaan dan bisa lebih cepat mewujudkan Nibbana.
Demikian menurut saya Bhante, mohon koreksinya bila ada yg salah dan tidak tepat. Bila kurang berkenan mohon diabaikan pendapat saya.
Terima kasih Bhante, Semoga Bhante dan Kita Semua memiliki kesempatan yang banyak untuk melakukan perbuatan baik dan bisa cepat mewujudkan Nibbana. Sadhu 3x. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.



2. namo budhaya bhante.. selamat pagi...luar bagus dalamnya rusak... seperti kehidupan manusia... juga luarnya ganteng/cantik hatinya jahat,mulutnya rusak....
dalam penipuan begini yang harus waspada adalah diri kita.... penipuan akan mendapat karmanya entah berupa apa tentunya bukan kita yang tau atas hasil penipuan... yang ketipu adalah korban... iklaskan aja.... diri yang harus waspada..... di semua pembelian sesuatu apapun dengan siapapun... jaman sekarang sulit mencari kejujuran murni.....

karma apa yang akan di dapat pada orang yang suka iri dan mengadu domba juga mencampuri urusan orang lain..... menurut saya... tak akan ada yang tau.... karma merupakan misteri atas segala perbuatan manusia... karna dampak berbeda di setiap perbuatan manusia...
hasil buah karma ada yang mengatakan akan berdampak di kelahiran yang akan datang.... inipun merupakan misteri pula.... hasilnya kini yang akan datang maupun kelahiran gak ada yang tau pasti dan hasil karma di setiap perbuatan tak ada yang tau pasti... jadi jangan terlalu mau tau hasil dampak karma kesalahan ataupun perbuatan baik kehidupan.......

hahhhaa... seperti seporsi sayur capcai yang terdiri dari aneka sayuran yang di masak dan itu sudah pasti .... jadi karma dan hasilnya tidak bisa di pastikan hasil buahnya apa nantinya...


3. Namo Buddhaya Bhante, cau an... Org yg bebisnis dengan cara tidak jujur, sudah pasti apabila bila diketahui pasti bisnisnya tidak panjang dan tentunya berurusan dgn kepolisian. Seperti org yg memberi formalin pada ayam, mie dsb...setiap org yg berbuat, apapun itu pasti menghasilkan apa yg harus dia petik. Kita tidak bisa mengetahui dgn pasti karma apa yg diaterima kelak, yg pasti semakin sering kita berbuat baik. Karma buruk tentunya akan smkn sedikit jadi tergantung bgaimana seseorg itu berbuat. Apakah itu demi kebaikan org lain atau demi keuntungan diri sndri. Mencampuri urusan org lain. Sebenarnya tergantung juga, mngkin dia ingin mmbantu...ato malah merusak... Jadi tergantung tujuan dan mksud awalnya. Tidak selalu mencampuri urusan org itu salah (mnrut sy) terkadang seseorg itu bermaksud membantu...



4. Namo budhaya bhante..klo mnrut saia anggap sja pa yg trjadi pda qta adlah hasil kamma yg sdg brbuah..klo qta dtipu mgkn dkhdupan sblm ny qta jg prnah mnipu..klo da yg iri dan adu domba,mgkn dlu qta jg sprti it..yg pntg dkhdupan yg skrg qta mmprbaiki smua kamma qta,agr dkhdupan mndtang hdup qta lbh baik lg..trims.maaf klo ad kta2 yg slah.BBU all.


klo mnrt sy...biarkan aja klo org tsb mau melakukan hal buruk..ntar jg akan jd bumerang bg org tsb...jgn lah sbg umat buddha menanggapi masalah mau liat krn kamma apa ini itu...ckp menjadi org bijak uda bisa mendapat jalan keluar setiap permasalahan...klo org iri ato suka adu domba y penting ktnya sendiri jgn trpengaruh...buat lah bathin setenang air yg jernih...ibarat kan org tsb ingin hidupkan api pada kayu basah krn rendam air...shingga cepat lambat org iri itu akan menyerah krn apa pun yg di lakukan org tsb hanya sia sia....om mani pad me hum. Ya karma buruk orang itu lah.. Fiuhhhh..



5. http://www.youtube.com/watch?v=y346xcEtiEU share ini dan dengarkan semoga SELURUH MAHKLUK MENCAPAI NIBBANA

大悲六字真言急速加持祈请颂
www.youtube.com
大悲六字真言急速加持祈請頌 這個修法的緣起,來自上藏阿爾地區大成就者土登加波的化身大成就者赤誠榮布,他在人間活了130歲,但 是看上去很年輕很莊嚴,最終虹身成就。大成就者赤誠榮布親見觀世音菩薩,並親自傳授了這個法門。後來,上師蔣揚欽哲旺波在定境中,大成就者赤誠榮布親自現 前傳授這個法門,並且很多信眾都見到。如是,...




6. Sungguh memalukan ditipu,,,tetapi lbh memalukan lg org yg menipu... Org yg berbohong akan hilang kepercayaan dr org lain. Org yg mau mencampuri urusan org lain,,,sesungguhnya adalah org yg memiliki rasa simpatik yg tinggi. bisnisnya akan tidak bertahan lama - hidupnya tidak akan bahagia. jangan dong kasihan org yg beli nantinya,,orang beli sekali kapok.nanti semua pada tdk mau beli produknya nanti tak laku lagi.......!!!!



7. semua akan balikan kepada diri kita sendiri apa aku seperti itu kah diluar begitu baik tapi didalmnya bgt jelek bgtulah manusia selalu melihat diluar aja dan tidak pernah membalikan lihat kedalam diri kita. kalau kita masih suka lihat diluar dan tdk bisa membalikan kedalam diri kita makanya hidup tdk akan membawah kebahagian atau ketenagan. karma apa yg akan dia dapat, jujur itu juga bukan urusan kita yg bisa campur kan apa yg akan didapatkan karmanya.



8. Beda banget dengan profisi kami ,orang yg datang justru minta di tipu kalau tidak di tipu rasanya kurang puas , contohnya orang foto minta di bikin wajahnya cantik dan putih aslinya tidak begitu dan minta di beri pemandangan luar negeri padahal hanya di studio saja , kalau dikerjakan apa adanya kan orang kurang puas hitam jadi hitam wajah jelek tetap jelek berjerawat mana ada orang yg mau bayar kepeda saya ?



9. Kalau sdh tahu hasil y, berarti hrus waspada akan peristiwa yg sama,dan sebelum membeli hrus lebih telitih lg. Agap perstiwa itu menjadi pelajaran tuk Kedepan nya. _/\_ slam dharma...buat apa kamu sibuk utk mencari karma org lain, sebaliknya anda nanya bgt menanda in kamu juga suka mencampurin urusan org lain jugakan. dosa atau karma apa yg anda akan dapat.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "