“ CHENG BENG ORANG HAMIL BOLEH PERGI KE MAKAM ATAU TIDAK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Sore Bhante, apa kabar? Bhante, saya mau tanya nih, Nih kan lg bln Cheng Beng (Berziarah ke Makam), trus tmn saya kan lg hamil.
Qt ada kepercayaan klo yg lg hamil g blh ke t4 yg kek gt/ yg berunsur negatif gt. Tp di lain pihak yg mau dikunjungi ke makam itu adalah Mertua nya yg br meninggal.
Klo dia g pigi salah, klo pigi tkt g baik bt dirinya n janinnya. Jd skrg dia lg bingung hrs gmn.

Mohon Bimbingannya Bhante.dan temen2 thanks.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Cheng Beng ialah tradisi Berziarah ke Makam ortu/ mertua d para leluhur.
Sebenarnya tdk ada halangan/pantang/ciong bagi siapapun yg mau Berziarah ke Makam ortu/ mertua d para leluhur. Namun, kl lg hamil baiknya ga usah pergi utk menghindari hal yg tdk diinginkan, spt terpeleset atau jatuh krn di Makam itu tempatnya msh spt tanah lapangan basah banyak rumput.
Jd, bukan krn hamilnya, cuma watir terpeleset atau jatuh akan berbahaya buat si Ibu dan Janin yg sedang dlm kandungan. Maka, lbh baik tdk usah pergi, tp hrs memberi alasan yg jelas dan benar secara jujur, bukan malas pergi.
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Pg bhante,kl mnurut sy seh,lbi baik jgn prg.. Bkn tdk mghormati lluhur,tp ini dmi kbaikn ibu n bayi yg dkndungnY. Bkn pcy at g pcy dgn mitos,tp mhluk halus yg berbau ngtf tu ad.. Bkn mertuaY yg br mninggal yg sy mksd,tp lgkungan dsktrY. Bkn g pcy dgn parita suci,g smua mhluk halus negatif tkt dgn paritta suci. AlY hl ini prnh tjd dgn ma2 sy.. Bliau kmsukn roh negatif smp dgn 4 roh,dhri apesY. Kbtulan bi2 sy org vihara,bliau smp mgundg 3 bhante utk mnyembuhkn ma2 sy.. Tp ttp g bhsil.. AkhrY mw g mw pggl org pintar,n slsai smuaY,n kmbali normal.. Lbi baik mjga kn dr pd mgobti..? Krn stp org pny hr apes.. Tmsuk bhante sx'pn. Mf bhante kl jwbn sy krg bknan..Pergi2 aja ke makam leluhur, toh hanya mitos klo hamil ga bole pergi ke makam.. Mank klo pergi ke makam langsung keguguran ? Baca parita2 suci aja. Jika selama itu cetanna baik,mengapa tidak?



2. Namo Buddhaya, ak krg ngerti dgn masalah blh / gak org hml ke leluhur termasuk kuburan, krn kmrn semasa istri ak hamil beliau sering dtg ke makam alm ibux n tdk ada apa2.Secara Buddhis rasanya tidak ada pantangan..tp secara tradisi mmg ada pantangan..sekarang balik lagi ke diri sendiri, jika Ibu Hamil kuat dan sehat serta penuh keyakinan tidak tersugesti hal2 Ƴƍ tahyul pergi saja ziarah, gak apa2. Tetapi jika keyakinan akan tradisi begitu kuat dan sugesti negatif jg kuat sebaiknya Ibu Hamil di rumah saja. Krn bagaimanapun di lokasi kuburan mmg Hawa Yin nya sangat kuat. Untuk ibu Hamil juga ga usah kuatir komentar org lain, jika ga pengen pergi bisa beralasan lagi "Mual-Mual"... Ibu Hamil selalu jd prioritas.. Dan 'alm' mertua jg ngerti kog, so don't worry..pergi atau tidak is Űr choice.



3. Eva benar.. Di kuburan hawa Yin sangat kuat., makhluk halus di mana2..jika tidak kuat atau karma buruk sdg berbuah akan banyak hal2 negatif Ƴƍ terjadi.. Kadang2 Paritta pun tdk 'mempan'.. Saran Śγ sbg Wanita Ƴƍ pernah Hamil.. Lebih baik diam di rumah aja.. Nikmati 'prioritas' sbg ibu Hamil..Cobalah berfikir Terang dan Benar,utk benar2 memahami makna dr Silbbata paramasa,,Bebaskan pikiranmu dr belenggu Tahyul. Mau tidak mau,suka tidak suka suatu saat kita jg bakal jadi penghuni kuburan jg.mengapa hrs percaya mithos.anumodana bhante.



4. lakukan pelimpahan jasa untuk Mertua yg meninggal, bacakan paritta di rumah, akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk mertua, tapi juga bagi yg bersangkutan dan semua makhluk. Demokian smg semua bahagia. Sadhu. @LPH.. Śγ setuju dgn usulmu..krn sebenarnya Pelimpahan Jasa itulah Ƴƍ dibutuhkan oleh para leluhur dan makhluk2 lainnya..bukan sekedar sembahyang.. Klo mau pelimpahan jasa divihara buddha meta arama, karena sedang membuka pelimpahan jasa untuk arwah leluhur.



5. namo budhaya bhante,.. selamat pagi. hehehhhee.... minta pendapat dari keluarga mertuanya... boleh pergi atau tak boleh pergi... ambil suara dari keluarga swami..... atau tanya swami mengijinkan gak perginya... ???
kalo masa kandungan 3 bulan lebih dan janin sehat tak ada masalah dengan kandungan saya rasa gak apa2 .. yang rawan adalah masa kehamilan sampai 3 bulannya.... setelah itu bila tak ada gangguan tubuh yaa... gak masalah.... masa riskan masa di mana penyesuain tubuh dengan benda asing berupa janin yang baru tumbuh.....
bergejolaknya boleh atau tak boleh itu tergantung diri sendiri... bila di pikirkan terus yaaa.. maka akan jadi masalah unt diri.... bukan masalah dari luar diri ... yaitu pikiran yang dapat membuat semua keadaan menjadi menderita....



6. Namo Buddhaya bhante..Kbetulan skali istri sy jg sdang hamil, kmrn pergi sm sy melayat...
Sy rasa she gk da masalah ya.. Kelahiran Dan kematian khn 1 paket. Lahir... Tua...Sakit... Mati.... Semua ada di Rumah Sakit...Apa ada yg takut ke Rumah Sakit ?? Ke kuburan ??? Ga terlalu penting sich.... Paling juga utk mencegah omongan family n kel... Mo pergi boleh ...Ga juga gpp... Yg penting datang ke vhr kmd dana kepada Sangha trus pelimpahan jasa deh utk yg meninggal....



7. Pagi Bhante komen saya kalau sudah ada pemikiran seperti itu buat apa pergi dengan rasa waswas lebih baik lain kali saja kan masih ada kesempatan , kecuali waktu itu hari kematian mertua walau hamilpun rasa rasanya ikut tidak masalah kecuali sudah masuk hamil 8 bulan keatas sangat riskan. Tnykan dl sm kel kl kel ga izin jgn pergi tp kl kel izin ya pergi,itu cm tgantung piikiran aja.



8. izinkan saya menjawab, sebenarnya tidak ada larangan untuk pergi mengunjungi makam atau melakukan cheng beng dalam tradisi tionghoa, walau keadaan hamil sekalipun, Hanya kalau memang kondisi penanya untuk kawannya yang sedang hamil mengunjungi mertua yang sudah meninggal, cukup bawa barang item sebagai berikut, Jahe, kunyit yang sudah dipotong itu meningkatkan energi yang di dalam tubuh, setelah selesai sembayang buanglah item ini ke perempatan jalan.

ke dua gunakan pao shen hu atau embelem, ruan/ liotin yang sudah diblesing, berangkat, atau saat mengunjungi makam bacalah parita karaniya sutta boleh, ta pei cou boleh (maha karuna dharani), kegunaan baca parita adalah meningkatkan energi positif atau yang kepada si pembaca sehingga terhindar dari hal yang buruk. itu saja cukup. Anda sudah bisa mengunjungi makam keluarga tanpa rasa cemas. tambahan saya lupa, boleh dengan membawa permen jahe atau air jahe Bisa dibeli dari tukang Jualan Sekoteng,dimakan pada saat di kuburan, dimakan atau minum, berguna untuk tubuh menghindari energi negatif, terutama mahluk halus itu bersifat energi yin atau energi negatif, dilawan atau sinyalir dengan jahe kerena mengandung energi yang lebih.Paling penting si Teman anda yang sedang hamil jgn cemas kalau cemas itu energi negatif, netral saja, dan biasa saja, semua akan berjalan dengan baek. Sekian terima kasih.



9. Pagi bhante....kalu menurut saya itu semua balik ke pikiran kita masing....maksudnya kalu kita berpikirnya positif pasti hasilnya juga positif....kalu kita berpikirnya negatif maka hasilnya juga akan negatif....jadi menurut saya kalu sedg hamil mau ke kuburan ya oke2 aja selama kitanya ga punya pikiran yg negatif....maksih bhante. bante berikan komentarnya dong !! sebagai seorang panutan kami ingin mengetahui pendapat bante. Ada baiknya bante berkomentar. kalo kaya gini yang satu ngomong gini yang lain ngomong begitu makin kaga jelas.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "