“ SAYANG SAMA LAWAN JENIS SUDAH PISAH TAPI MASIH MIKIRIN DIA AJA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Budhaya.. bhante sy (wanita) pengen nanya:
Bhante rasa syang itu sebenary bgmn sie?
Walau aq dn dy tak sma2 lg, Tpi knp aq msh mikirin dy?
Aq makan tak enak tdr tak nyenyak krn inget dy aja.
Yg aq smpe skrg blm tahu dan memahami knpa aku syang banget sm dy.
Ap qt hrus slalu mengalah dlm setiap mslh sedih ini yg qt hadpin?
Sya minta bimbingan dri temen2 d bhante akan makna sayang sm dy itu ap?
Gimana cara atasin sedih pisah dg dy itu?
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Topik ini blh jd Pembelajaran bagi para Pasutri yg baru nikah atau yg sdh Kadaluarsa.
Manusia pasti butuh kasih sayang dan perhatian dari siapapun. Utamanya dari ortu terhadap anaknya. Tp kl dari lawan jenis, sayang dan perhatiannya berbeda. Krn arti sayang dari lawan jenis itu ada muatan Nafsu Kemelekatan. Sebab itu, ketika lawan jenisnya meninggalkan akan timbul rasa ‘SEDIH’ krn berpisah. Ini akibat dampak dari Nafsu Kemelekatan tsb (kilesa).
Banyak kasus yg menghebohkan di masyarakat akibat tdk bs menahan rasa sedih akibat berpisah. Utk mengatasinya, orang sdh terlibat kasih sayang (cinta) dg lawan jenis harap siap menghadapi Risiko yg terburuk bila lawan jenisnya meninggalkan, apalagi tanpa memberi alasan yg jelas. Yg sering terjadi dialami oleh pihak Wanita.
Bahkan yg sdh menikahpun pasti akan mengalami saat2 perpisahan, bila maut menjemput salah satu lawan jenis. Karenanya bersiap-siaplah menghadapi perpisahan. Sebab hal ini sdh Hukum Alam yaitu Lahir, Tua, Sakit dan Mati (berpisah).
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo buddhaya bhante __/\__ mf kl sy agk lncg,ap sbnrY yg mbwt dy bpsh dgn psgnY? Kl mmg syg,knp wkt bsma stp x mylsaikn mslh sllu dgn emosi? Sy n suami sk s'x btgkr krn bbda pndpt,tp smua itu kmbli pd dri qt sdri. Mw trs mylsaikn mslh dgn emosi at dgn kpla dgin? Sy n suami slh satu sllu ad yg mgala ktika bbda pndpt.. N akhrY mslh pun dpt dslsaikn b'sm. Kl rs syg itu timbul dr ht yg plg dlm.. Kl mmg mrsa ud g ad kcocokn krn psgn sllu mykti ht qt.. Knp rs syg itu msi dsmpn..? Cb d,cr kgiatn yg lbi ptg.. N sibukn diri km dlm kgiatn tsb,ykn lmbt laun km bs mlupakn n mlpaskn rs syg yg km rs'kn.. At g cb mbuka ht utk pria laen,agr pria yg br neh dpt mnemani hr2 km.. Bwt ap msi myygi dy n sllu mgigt ms lalu smntr dy blm tntu mgigt km.. Knp km bs btmu dgnY,smua itu tjd krn iktn karma.. Km hrs bpsh dgnY pn krn krma km dgnY da slsai.. Bpisah dgn yg dcnta,bkumpul dgn yg dbnci.. Smua itu tjd krn karma.. N cb'la bljr utk tdk melekat dgn suatu hal.. Krn kbhgiaan km,ad dtgn km sdri.. hahahaha cinta adl penderitaan...sejak dl begn lah cinta deritanny tiada akhir...enjoy aj n ikuti alur hdp...


2. Pagi Bhante. Setuju dengan sdri.Eva Yane. Pertemuan dan perpisahan itu adalah jodoh yg berkala, akan usai dalam masanya. Jika masih ada 'rasa' apapun itu, sebenarnya seperti "gaung" suara yg terjadi walaupun kita sudah selesai berteriak di goa/tebing, namun tetap terdengar pantulan suaranya, walau sering 'tak jelas'. Semoga pendapat saya ini bermanfaat. Nammo Buddhaya..Setuju juga dengan sdr.Ukky Huang.
Memang begitulah Cinta.



3. semua akan berlalu juga.... cinta sayang hidup kerja semua2 .. apa yang tak akan berlalu seiring dengan detik jarum jam.. ?? di sana dia berbahagia,tertawa terbahak bahak... sedangkan anda duduk menangisi penderitaan diri... hehehhee... salah besar,,... cinta dan sayang ibarat taik kucing rasa coklat.... saat manis terasa coklat... manis hilang asli taek nya keluar.. jadi biarlah semua berlalu,,,jalani hidup .. jangan menjadi orang BODOH yang membuat diri menderita pikiran dan sakit... bergembiralah seperti dia ... tunjukkan semua padanya bahwa anda bisa lebih baik tampa dia... jangan BODOH aahh... dah gak jamannya.... :)) hehehhe... seremmmm yaa.. namo buddhaya bhante..lupakan dia,krn bkn pasangan anda lagi.



4. Kl km syang sma org,org itu tdk akan membuat km jdi mendrita memikir kan dia merindukan dia sampai2 g bs tdr.rasa sayang yg km rasa kan itu hya rasa yg mengingin kan dia rasa ingin memiliki.kamu memiliki perasaan ingin memiliki maka nya km merasa kan rindu,rasa kagn itu timbul dan membuat km mendrita memikir kan nya.kasih sayang yg Buddha ajar kan ke kita, Bukan kasih syg seperti itu,tapi yg di ajar kan buddha kepada kita adalh kasih syg yg Universal, tidak ada rasa ingin memiliki,yang ada hanya rs syg tanpa syarat kepda semua mahluk..



5. mnrt sy rasa sayang berlebih adalah bentuk kemelekatan...dr ini contoh dr kemelekatan timbul penderitaan...gmn mau hilang kan nya....berlapang dada...jdlah org yg optimis...org yg selalu menatap ke depan dgn percaya diri...jgn menyesali masa lalu..masa lalu ckp di renungkan...apa hal2 yg dapat di ambil sbg pelajaran brharga...smoga membantu.



6. beginilah cinta deritanya tiada akhir klo kta om patkai hehehehe..... cara ilanginya rajin2 kebaktian dengerin ceramah dan terapkan dharma dikehidupan sehari2 km maka kebahagiaan akan mendekatimu Sadhu3x Namo buddhaya bhante ~~ inilah yang disebut kemelekatan. Menurut saya orang ini salah nanya kalau ke Bhante, jadi jelas Bhante gak perlu jawab pertanyaannya. hehehe . Kalau tanya jawabannya ke saya, jawabnya sederhana "ANICCA" renungkan saja itu.



7. Lie Po Hian ~ ya ... Gak salah dong, salah nya justru nanya ke orang seperti anda :)
Orang bertanya ke bhante,tentunya bhante lebih banyak menangani kasus apapun walaupun seorang bhante tidak menikah,tetapi umat dan pengalaman yang bikin seorang bhante lebih banyak tau dan solusi menenangkan .. Tentunya si penanyak tidak akan mengerti dengan jawaban singkat anda dengan "ANICCA" hhehee tentunya ulasan yang di perlukan seorang penanya bukan seperti yang anda beri jawaban.. Berilah solusi yang anda ambil posisi dia .. Makasi .. Bila tak berkenan tak apa .



8. Smua akar dr masalah adalah karna lobha,dosa n moha yg terlalu kuat melekat pada diri yg disebut mahluk hidup,berkaitan pd kasus si penanya sy mo berkomentar yaitu mungkin,ini mah mungkin x aj bener y...rasa sayang yg bgitu kuat mungkin dikehidupan yg lalu adalah spasang kekasih tetapi karna sesuatu hal maka dikehidupan skr gak bisa bersatu lg secara fisik tp tidak dgn batin'y,msh ada keterikatan.




9. namanya cinta susah emang... mau ga dipikirin ech tiba2 kepikiran.. lagi ngapain tiba2 muncul tuch dipikiran.. mau ngapa2 in selalu kepikiran dia mulu.. xixixi jalanin aja.. saya percaya dengan karma.. mungkin di kehidupan yg lalu kita pernah berhutang or punya hutang yg belum lunas dengan nya.. jgn di bawa stres.. kalo masih jodoh pasti ketemu lagi suatu saat.. kalo ga berjodoh ya.. enjoy aja..itu arti nya jodoh kita sudah habis mungkin nanti kehidupan YAD kita ketemu lagi dengan dia.. sekarang kita pikirin gimana supaya kita nanti terlahir menjadi yg lebih baik dari sekarang agar nanti dikehidupan YAD ketemu dia ga malu2 in hehehe.. cia yo...



10. Nama Buddhaya Bhante. Slmt siang Teman. Seru se x diskusi hour ini. Pk acara taik kucing rasa coklat xixixi. Tp sy sgt setuju dgn sis fera. Jgn jd manusia bodoh. Udh gak jaman nya lg. Ikt baca n tambh wawasn aja. Siang Bhante, yang komen dah banyak banget karena topiknya banyak orang pernah mengalaminya ..termasuk saya ..hahaha Cinta- Jatuh Cinta berjuta rasanya ...kalo u wanita nga usah terlalu dipikir banget karna katanya wanita lebih mudah melupakan cinta daripada kaum pria. Jadi sementara blm bisa lupakan biarkan dulu, cari aktifitas biar nga ngelamun trus ingat si dia. Bergaul lagi nanti kalo sudah ketemu penggantinya juga bisa melupakan yang lama. Maaf ya kalo komen saya salah ..



11. tepat skali! suatu kebodohan apabila melekt , smw bikin qt mendrita jika qt sayang/cinta tapi mlekat. oiy amboy. paling enak ya jlni aja slaraas dg alam smesta, ga usah memaksakan kehendak kita, yg blm tentu bnr.



12. Pagi Bhante.sulit mengatakan apabila menyangkut dgn cinta. Krn cinta jua la maka kita bs ingat ama dia. Berani buat kpts untk pisah berarti kita hrs berani ikhlas tanpa cinta dari dia. Sorry kalo ada kata yg tdk berkenan. Amitopo. Pagi bhante Dan teman-teman,dia mempertanyakan bagaimana rasa sayang itu ,looh bukannya dia sedang merasakaannya,hahaha.gara-gara rasa sayang kamu sama mantan kamu,ngak napsu makan,ngak bisa tidur.menurut Saya rasa sayang itu mengenai hati Dan perasaan.jika kita merasa nyaman dan senang,itu lah rasa sayang,rasa sayang itu meluas artinya,tidak selalu untuk pasangan saja,rasa sayang itu umum Yang penting hati kita senang Dan nyaman hehehe.



13. 'Sang Perasa/sang Penikmat' ini yg merasakan suka duka dr perasaan yg diterimanya,dr Perasaan inilah muncul ke Akuan,dr keAkuan muncul kemilikan,dr kemilikan muncul kemelekatan.dr rasa suka muncul sayang,dr rasa duka muncul Dengki.Suka & Duka sama2 didalam DUKKHA,Orang yg terbebas dr perasaan Suka & Duka,akan terbebas jg dr DUKKHA,akan muncul METTA (KASIH & SAYANG) yg bersifat Universal,sayang yg masih didlm prasaan adalh rasa yg masih akan mengalami perubahan,mungkin klo ingat dgn prilaku kasarnya akan berubah jd Benci,,hehehe begitulah permainan dr sang Perasa. yg buddha ajarkan ya itu UNIVERSAL.



‎14. "makna sayang" itu luas, terlalu luas utk dijelaskan dg kata-kata...Kesedihan itu lumrah, asal dihati mu slalu ad dia. Sejak dulu begitulah cinta. Deritanya tiada prnah berakhir. Jangan terlalu di pikirkan.Cari penganti yg baru aja kl gitu..... Mati 1 tumbuh seribu. Masih buayak koq cew di dunia ini yg lebih dari dia... Hehehehe....



15. Pagi Bhante, pagi teman2, sy hny ingin menyumbngkn pemikiran sy sj. Semoga bermanfaat bagi yg bertanya. Hny 1 jwbnnya : rasa syng itu adalh slh stu bentuk kemelekatan. Saat bersama, yg dirasakan ada saat2 yg "menyenangkan" kita, shg kita ingin dan ingin lg merasakannya. Mengapa sampai tdk bisa mkn tdk bs tidur? Krn melekat pd rasa "menyenangkn" itu. Cb direnungkan, sbnrnya apa sih yg kita "lekati" itu? Apa sih sesungguhnya yg kita katakan kita "sayangi" itu? Sgl sesuatu yg berbentuk, termasuk kesenangan indra, adalah tidak kekal, selalu mengalami perubahan.
Dengn MENYADARI (SADAR) hal ini, MAU MENERIMA KONDISI, dan kemudian MELEPASKANNYA, mk anda sedang berjln ke akhir penderitaan anda.
Semoga anda bisa terbebas dr penderitaan ini, sadhu...



16. bukan kemelkatan tapi itulah namanya manusia saat lagi disisi kita , kita tdk merasa kan btapa berharga, apabilang udah hilang baru merasakan btpa enting dia ada disisi kita. ingat jangan selalu memikirin masa yg lalu lihat kedepan karena didepan masih banyak yg harus kita jalanin, masa waktu bisa memutar kembali. Rsa syg memng wjar stiap mnusia pzt mrasaknnya apalg trhdp psangan yg sempat ada di hati qt.tetpi tdk slmax qt mlekatkn rsa syg it apalg smpi mnyksa batin sndri.mari plan2 qt renungi bhwa didpan sna msh bnyk yg hrus qt pkirkan dan qt jalani.



17. mungkin masih ada sesuatu yg menganjal di hati, jd membuat anda tidak bisa melupakannya...selalu memikirkannya...entar juga lama-lama lupa kalau udah menemukan orang yang jauh lebih baik dari dia... Saya tanya balik bhante, pada orang yg mengajukan pertanyaan. Yang sedang dibahas pagi ini. Klo memang cinta dan sayang kenapa harus putus? Kebanyakan manusia terlena dengan cinta. Omitofo. Krn masih sayang.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “