“ PANDANGAN KELIRU TERHADAP AJARAN BUDDHA TENTANG POLITEISME ATAU BANYAK TUHAN DAN DEWA, BENARKAH? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante. Bhante saya ada tugas karya ilmiah.
Judulnya Anggapan-anggapan keliru dalam Buddhist ada 3 Pandangan.

Jadi saya mau tanya soal pandangan ke-2:
2. Sering orang menganggap Buddhist itu politeisme (banyak Tuhan/dewa)?

Menurut jawaban temen2 dan Bhante gimana mengenai apa yang sering di anggap keliru dalam Buddhist itu.
Mohon bantuannya temen2 dan Bhante. Semoga karya ilmiah ini bisa bermanfaat untuk perkembangan Buddhist di tempat saya. Soalnya sekolah saya Kristen.
Sabbe satta sabba dukha pamuccantu, sabbe satta bhavantu sukhitatha. sadhu.. sadhu.. sadhu..
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Sejak Buddha msh hidup ada 62 Pandangan salah (lht: Brahmajala Sutta) dari kelompok lain terhadap ajaran Buddha. Kl saat ini msh ada 3 Pandangan salah itu berarti blm semuanya. Maka, wajar saja mereka menilai spt dlm pertanyaan topik2 ini dst.
Umat Buddha perlu memberikan informasi yg benar dan dpt diterima oleh pihak lain. Agar mereka mendapatkan manfaat yg bisa membuka wawasan mereka.
Dalam topik ini, kita hrs menjawab: Bahwa ajaran Buddha tdk sama dg ajaran Tradisi orang China yg memuja banyak Dewa/ Tuhan yg dibuat patung2 dan dipasang di Klenteng2.
Buddha hanya mengajarkan Dharma utk mencapai Pembebasan dari Penderitaan yg diakibatkan oleh Kilesa (Serakah, Benci, Batin Gelap/ kebodohan batin).
Utk mencapai Pembebasan ini selain Gemar Berdana, ada 8 Jalan Mulia yg disingkat: Sila, Samadhi dan Pannya (Moralitas, Meditasi, Kebijaksanaan) sebagai Praktik hidupnya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Budhaya for all. Pagi Bhante. Kalo nurut sy, yg namanya Tuhan dan Dewa itu menurut kepercayaan aliran kong hu cu. Sdgkan didlm agama Budha kita hanya mengenal ajaran Dhamma yg akan menuntun kita dalam kehidupan ini. Sdgkan Sang Buddha adalah org yg telah mencapai penerangan yg sempurna. Maaf kalo ada kata sy yg salah. Tp ini hanya pendapat sy pribadi. Terima kasih. konsep Ketuhanan dlm agama BUDDHA memang berbeda dengan yg lain nya. yaitu Yg tak berkondisi namun ADA, yg Mutlak(Absolute).



2. Namo budhaya bhante dan tman2 smua mnrt sya dlm agama buddha tidak di ajarkan adanya konsep ketuhanan krna bhagava lah yang memberikan jlan penerangan bagi dari kekotoran batin yang ada dalam hati kita. Sadhu... sadhu... sadhu... Sang Buddha adalah Guru manusia & Dewa.... Yg membedakan sampai dimana kita belajar & melaksanakannya....Serta hasil yg kita dapat..




3. pagi bhante..kalo menurut saya,dalam pandangan buddhis yg saya tau..maaf kalo salah.agama buddha jg mengenal Tuhan.namun dlm konsep yg berbeda dg pandangan dr agama2 lain nya.Tuhan tdk terceritakan,tak tercipta,tdk dipersonifikasikan,tak terlahirkan dan mutlak.sedangkan kalo dr pandangan agama lain nya,Tuhan dipersonifikasikan,seperti sifat2 manusia,bisa mendengar,marah,dll dan Tuhan jg merupakan tujuan akhir dr setiap agama.misal:kembali kepangkuan bapa disurga atau semoga arwah nya diterima disisi tuhan...,kembali ke Tuhan yg maha esa dll sedangkan menurut konsep Buddhis Nibbana adalah tujuan akhir atau Tuhan td.sedangkan tentang keberadaan dewa,agama Buddha mengenal banyak dewa/surga,tp bkn untuk dipuja/disembah.dewa merupakan pencapaian dari hasil bnyknya manusia berbuat baik,melalui pengembangan dana,sila dan samadhi.setiap org bs menjadi dewa asal bnyk berbuat baik.anda,saya dan siapapun walaupun berbeda agama,bs menjadi dewa asal menjalankan banyak kebajikan melalui pikiran,ucapan dan perbuatan.




4. Menurut saya itu MICCHA DITTHI ,tidak ada dewa atau tuhan tg disembah/puji fan di agungkan yg ada ialah BUDDHA,mengapa buddha ? karena beliau telah menemukan kembali DHAMMA yang hilang,serta PARA YANG BIJAKSANA (para orang suci) serta orang bertekad mencapai pencerahan tertinggi yaitu NIBANNA. mengapa para yang bijaksana dan bertekad kesucian patut di puji ,karena mereka terbebas dari segala macam kekotoran bathin.dan terbebas dari tumimbal lahir,dewa-dewi sama halnya dengan manusia ada yg jahat dan baik ada pula yang bahagia di alam surga dan tidak tergantung karma masing-masing,tentang TUHAN buddha tidak mengajarkan dan menekankan ataupun tidak di tekankan sebab itu tidak bisa meraih NIBANNA. Namo buddhaya bhante, slmt pgi smua,,, agama buddha tdk mngajarkan ajaran tuhan tp buddha mngajarkan kita dhamma. Nammo budhaya semuah y...
Budha bukan lah tuhan,budha bkan lah dewa,beliau adalah (guru)guru agung kita,guru yg telah mencapai penerangan sempurna...



5. Agama buddha tidak mengenal ketuhanan, manusia 1& dosa ditebus. Omitofo. suci kan hati dan pikiran perbanyak amal dan kebajikan itu lah agama buddha...! Gate gate para gate para sangate bodhi svaha ...om mani padme hum...namo avalokitesvara buddhaya...namo amitabha buddhaya.,!sabhe sattha bhavantu sukhittata semoga semua makhluk baek yg kelihatan maupun yg tdk kelhtan agar selalu di ajarkan dharma selalu berbahagia. terbebas dr segala penderitaan saddhu.saddhu.saddhu...!



6. agama itu bermacam2 dan cara pandang tentang TUHAN pun berbeda, Agama langit: Islam, nasrani, yahudi menyebut Tuhannya Allah.....agama Budha , Hindhu, kong hu cu, tao , shinto menyebut Tuhannya Dewa. iman adalah keyakinan hakiki yg setiap orang pegang utk menjalnkan kehidupan...kitab suci lah pedoman hidup kita dan setiap agama punya kita suci... untuk itu kita harus banyak belajar tentang Siapa Tuhan itu? Tks.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Zul Fiqru said…
Mohon maaf saya juga masih belajar agama buddha, tanpa ada niat melukai atau menyakiti hati pemeluk buddha
Saya jadi ikutan mau nanya
1. Kenapa sidartha gautama bukan manusia pertama dibumi?? Ajaran buddha terlambat dong datangnya???
2. Dewa dan Buddha bukan Tuhan. Kenapa sembahyang dan memohon doa melalui dewa atau buddha? Kenapa ga langsung keTuhan
3. Kenapa ada patung buddha, apakah sidartha gautama dahulu juga membuat patung dirinya juga?
4. Kenapa setiap jawaban gak disertai/ berdasarkan kitab2 buddha?? Kenapa jawaban dari setiap pertanyaan seperti dijawab seolah keinginan penjawab saja? Padahal kita setuju, pedoman manusia dalam beragama ya harus melalui kitab2nya.
5. Menurutku nafsu itu harusnya dijaga, bukan dihilangkan!! Kita tahu manusia tercipta dari hawa nafsu, bahkan sidartha gautama terlahir melalui perantara nafsu orang tuanya, kenapa didalam ajaran buddha kita dituntut untuk meninggalkan hawa nafsu kita. Qlo memang benar hakikat kehidupan seperti itu ga akan ada namanya manusia dibumi ini lagi, ga akan ada juga namanya buddha/ sidartha gautama. Lantas coba pikir kenapa juga manusia terlahir dengan memiliki hawa nafsu!!!???
Wahyu Satria said…
1.Sang Buddha memang bukan manusia pertama karena menurut dhamma tidak ada manusia pertama anda bisa melihatnya di aganna sutta tetapi bukan berarti ajaran buddha terlambat sebelum sang Buddha Gautama sudah ada Buddha buddha yang dulu tapi tidak mengajarkan dhamma
2.kita umat Buddha Tidak memohon kepada dewa maupun Buddha tetapi sebagai objek meditasi dan penghormatan sedangkan Tuhan Bukan sosok pribadi dan Agama Buddha percaya semua yang kita alami berasal dari karma lampau ataupun karma yang sekarang yang sedang berbuah
3.Tidak Sang Buddha tidak membuat patung untuk dirinya karena Sang Buddha masih hidup saat itu buat apa dibuat patung bila sang Buddha sendiri ada pada zamannya sedangkan sekarang kita membuat patung untuk menghormati jasa beliau juga sebagai objek meditasi
4.Yang menjawab juga berdasar kitab suci Buddha seperti Tuhan Yang Mutlak tidak dilahirkan pada komen tsb itu berasal dari sabda sang Buddha dalam kitab Udana juga Kalimat Om mani padma hum juga dari ajaran sang buddha
5.Sang Buddha terlahir bukan karena nafsu ortuanya tetapi Ratu MahaMaya bermimpi gajah putih membawa sekuntum teratai masuk ketubuhnya sedangkan hawa nafsu seperti penciptaan alam semesta maklhuk maklhuk memiliki rasa ingin tahu lihat Aganna Sutta
Zul Fiqru said…
Kurang paham saya dengan jawabannya.
Inti dari pertanyaan saya "Kenapa kita tidak beeserah diri, dan memohon kepada Tuhan. Kenapa harus dibuatkan patung2 dewa dan buddha. Kenapa harus ada penghormatan berlbih?? Kita semua makhluk Tuhan. Kita menghamba kepada Tuhan. Tuhan maha besar, tapi gimana cara kita mencintai Tuhan jika kita sendiri tak tahu, tak kenal siapa Tuhan kit??
Semua manusia mempunyai hawa nafsu, dan sudah kodratnya dari Tuhan, kenapa diajarn buddha kita justru dianjurkan meninggalkan itu semua, tanpa nafsu. Manusia juga bakalan ga ada lagi, dan kehidupan jadi tak seimbang
Zul Fiqru said…
Sebenarnya inti dari ajaran buddha apa sih?
Qlo cuma berbuat kebaikan, semua agama mengajarkan kebaikan. Karena tidak ada keharusan yang mewajibkan sembahyang dsb. Lantas, apa peran agama buddha didunia??
Saya mau kenal Tuhan saya siapa? Dimana say bisa tahu Tuhan saya siapa, dan dari mana buddha itu menemukan ajarannya?? Dari Tuhankan? Lalu Tuhan kita itu siapa???
khoirul hidayat said…
Menurut saya semua agama mengajarkan kebaikan, seperti tidak boleh membunuh, mencuri, berzina dsb. Tetapi yang membedakan adalah keyakinan dan cara ibadahnya. Cmiiw

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “