“ ORTU SUKA ATUR HIDUP ANAKNYA GIMANA TUH? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Bhante saya mao tanya, Saya ɑ̤̥̈̊ϑɑ̤̥̈̊ 1 org tman Ɣªήğ hidup ny di atur oleh ortu ny, dan ortu ny juga mengharuskan ia untuk menikah dngan orang kaya, krna dia juga org kaya.
Tp dia tidak pernah bergaul dngan teman2 gtu. dia juga merasa kalau org gemuk ƍäª bakal dapet cwo sesuai keinginan ny.
Skrng dia takut kalau dia itu ƍäª bakal dapet pasangan, krn sampai skrng dia belom pernah pacaran.
Mnrt bhante dan temen2 sikap orang tua ny bner ato Ϟƍƍαќ sih?
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Ortu mengatur hdp anak2nya demi masa depan agar hdp anaknya lbh baik, maju dan sukses serta bahagia. Walaupun, ortu mengatur spt itu tp blm tentu sesuai spt apa yg diharapkan.
Pertama, yg penting orang itu hrs bergaul dg teman2 yg baik, krn dari bergaul itu bisa belajar menambah wawasan dan ilmu memilih yg cocok dg hati.
Kedua, hari gini kl orang tdk pernah bergaul dngan teman2 yah.. rugi krn bisa ketinggalan segalanya.
Ketiga, hrs gemar berdana sebagai bekal utk masa depan agar hdpnya lbh baik, maju dan sukses serta bahagia.
Terakhir, gemuk atau kurus maupun cacat tubuh bukan halangan utk dpt pacar atau jodoh, krn pacar atau jodoh bs dpt dari pergaulan, niat, dan mau menerimanya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Siang Bhante, menurut saya - Ortu pada dasarnya baik, ingin anaknya hidup senang tidak susah makanya dijodohkannya anaknya. Dan anaknya hrs banyak bergaul , baik di vihara dsb. Jangan merasa minder krn gemuk , banyak berbuat baik krn banyak org cari pasangan lihat sifatnya bukan fisik. Yg dijodohkan Ortu dilihat siapa tau orgnya baik, bijak, elok rupa , rajin , siapa tau cocok ..kan smua senang. Ditambah kaya ..nilai plus lg. Jgn berpikir negatif dgn pilihan ortu. Apa sikap ortu bener a nga ? Bisa bener tp bisa nga, sikap mengatur yg baik ya..benar tapi kalo terlalu mengatur sampai harus ..kayaknya nga benar ya.. Maaf ya kl komen sy salah. Jodoh ada karma.Nya masing2, kalau tdk ada hubungan Karma pasti tidak jadi menikah meskipun didasarkan rasa suka tak ada jaluR.nya ke pernikahan.



2. Namo Buddhaya Bhante. Slmt pagi semua. Menurt sy mungkn ortu nya tkt kelak anknya tdk punya psgn krna Ank nya tdk mau bergaul. Kalo Ank nya mau bergaul n byk Teman, mungkn ortu tdk akn memaksa nya. Mohon maaf kalo comment sy salah. jodoh kita cari sebisanya,yg terbaik sesuai kemampuan kita masing2, tak harus kaya. jodoh kaya bisa malah jadi beban yg berlebihan. Perkawinan adalah bukan fisik dan harta benda melainkan hanyalah masalah kesetiaan. Apa guna semuanya itu kalo tidak didasari kesetiaan yg hakiki.



3. BiasaY ap k'ign'n ortu adl yg tbaik bwt ank2Y. Tp.. Pnkhn jg hrs ddsri rs cinta. Pcrn adl awl dr prknln n pjajakn.. Skrg cari aj dl tmn sbyk2Y,krn jodoh g ad yg tw dtgY lwt mn?Nrt ortu mmg hrs..Tp qt jg pny prinsip n kptsn.. Krn nti qt sdri jg yg akn mjlni. Mamanya kolot ky zaman siti nurbaya hdp mewah cm hnya sementara buat apa hdp kaya klw gk bs berbagi pd sesama.slamat pagi bhante slm dlm dhamma Namo Budhaya. Apapun keinginan ortu ingin anaknya bahagia, kekayaan tidak dibawa mati. Kamma kebajikan akan mengikuti masing2 individu.



4. selamat pagi Bhante .ortu tsb takut masa depan anaknya kekurangan bila dapat orang miskin jadi dia ingin menjodohkan dengan orang kaya, tapi perlu diingat orang kaya yg mau dijodohkan mungkin anak yg penurut alias kuper baru mau kalau ketemu kayanya cocok , tapi bila ini dipaksakan mungkin juga kurang bahagia , sebaiknya serahkan saja pada sianak biar dia memilih sendiri , masalah kekayaanpun juga nantinya pasti bisa dipertahankan asalkan orang tua ikut mengatur dengan bijak dan adil.


5. Jodoh kta itu udah diatur sm Tuhan, walaupun org tua udah jodohkan kta dgn si A, sementara kta pacaran dgn si B, tp bs jd yg menikah dgn kta adalah si C, hidup kta ini adalah karma dr perbuatan kta sendiri baik dikehidupan lampau mwpun dikehidupan skrg, krn itu marilah kta berbuat kebajikan selama kta hidup agar bs mendptkan jodoh yg baik, sdgkan org tua adalah perantara kta hidup di dunia ini, mrk hny ingin yg terbaik bwt ank2nya. Namobuddhaya bhante.



6. ♌⌣__ ⌣♌◦°◦ººĦнммMм susah2 gampang dalam penerapannya: yups, setiap ortu pengen yg terbaik buat anaknya, tapi ingat juga, anak juga merupakan satu pribadi manusia yg berdiri sendiri, ortu hanya bertugas mendidik, membesarkan sampai anak tsb dewasa, kalo untuk atur2 hidup anak, biasanya ortunya yg kurang bener, coz dia pengen anaknya spt dia, atau malah sebenarnya dia mengatur anak demi cita2 ortu yg ga kesampaian...

Setiap manusia bergantung sama karmanya sendiri, jadi ga perlulah atur2 hidup org lain...

Kalo saya pribadi, mudah2an bs komitmen: setelah anak sudah besar, ya biarkan saja dia mau gimana, asal bertanggung jawab, dan tugas saya sekarang memupuk iman, memupuk kepribadian anak dg semaksimal mungkin, tar kalo uda gede mau jadi apa, mau ama siapa, ya dia sendiri yg mutusin...




7. Met siang bhante...nammo buddhaya...menurut saya jodohin pa ga sama aja...jk kt bs membuang perasaan ga suka...lambat laun pun bs jd suka...dan ada kedekatan seiring waktu pun bs jd dekat...ga peduli penampilan fisik ato materi dgn kedekatan semua pasti bs. Mnurut saya. ortu nya gak salah, tapi jg tdk bs dianggap benar. Tenang aja dech, klo emg sdh saat nya ketemu jodoh ya kagak kemana. Smua akan indah pd waktunya...,hehe o ya, sy jg lg jomblo loh, Hehe.



8. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya semua ortu pasti menginginkan anaknya bahagia. Meskipun kadang salah dalam penerapannya. Seharusnya ortu kpda anknya mengarahkan dan memberi contoh yg baik, tidak perlu memaksakan. Mengenai jodoh, ada tidaknya jodoh seseorg bergantung pada karma masing2 jadi tidak ada hub.ny dengan fisik dan rupa. Jadi, kenapa tidak jalani saja hidup ini dengan bahagia? Jadi diri sndiri dan bersyukur?



9. Oya coba mampir http://tamandharma.com/ , kayaknya ada kontak jodoh ...siapa tau dapat jodoh ... Kalo ingin dapat pasangan hidup berusaha berteman sebanyak mungkin .. Nga boleh putus harapan berusaha ...berusaha .. Bisa sambil berdoa menurut agama masing2 ... Dan u fisik kalo gemuk. Juga boleh berusaha u menguruskan .. diet, olahraga... Kalo berhasil jangan lupa undang2 kita-kita yah .. Maaf kalo salah ya ..



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "