“ SUAMI SUKA GENIT ISTRI TAKUT JADI HARUS SIAGA 1 “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Budhaya bhante, w mo nanya tp maaf dlu krn ni soal RT: Akhir2 ni suami nampak genit sekli suka pakaian perlente, ingat dlu spt baru pacran aja padahl anak dua sdh remja.
w takutnya tergoda ma cewe muda yg murah meriah di kantornya krn kini zaman moral dah rusak.
Temen bilang istri skrang hrs tetap Siaga 1 (satu) ma suami, palgi dah mulai genit2an.
W ga ngerti Siaga 1 (satu) ma suami itu pa artinya d gimana?
Mint tlg temen2 ks penjlsan d solusinya dong biar w tdk slah pham, terimaksi.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: RT tempat belajar menyatukan dua hati yg berbeda, kl sdh punya anak tambah tugas lg. Adalah wajar andai suami kerja di kantor dg pakaian perlente dst, demi menjaga imij. Sungguh tdk baik bila suami kerja diluar bertemu banyak orang dg pakaian kumel. Toh akhirnya istri ikut dipuji bila suaminya rapih, bersih, necis dst.
Istri tdk hrs menaruh curiga berlebih kl tdk ada bukti lht sendiri bahwa suami nyeleweng. Alangkah baiknya istri dibilang hrs Siaga 1 itu merupakan wejangan dari temen, krn temen nampak anda selalu berpakaian kumel tiap hari. Sebab, wanita itu wajib dandan utk terlihat rapih, bersih dan menarik dipandang mata. Apalagi zaman skrang para wanita seakan berlomba penampilan ingin disebut cantik, menarik dan seksi, krn hal itu kebanggaan bagi naluri wanita itu sendiri.

Solusi terbaik, sering ajak suami komunikasi dg riang, menyenangkan hati dikala suami lelah sepulang kerja, dg sediakan minuman kesukaan dan makanan ringan sambil nonton TV bersama keluarga (anak2). Jauhkan isu2 negatif dlm komunikasi dg keluarga sebab sekecil apapun itu akan meledak bila sdh menumpuk satu wkt.

Tugas dan Tanggung Jawab Istri.

Seorang Istri yang baik pasti tahu dan mengerti tujuan hidup rumah tangga, dan setelah itu Istri langsung mengambil tugas dan tanggung jawabnya sebagai Istri sekaligus mengurus keluarga. Yang diutamakan sebagai Istri dan yang diharapkan oleh Suami adalah kualitas dalam memikiul tugas dan tanggung jawab tersebut.

Dalam Sigalowada Sutta, Buddha Gotama telah memberi pesan sederhana untuk seorang Istri yang baik terhadap Suaminya sbb:

1. Kesetiaan sejati.
2. Keramahan terhadap Suami, dsb.
3. Cinta-Kasih dan Rasa hormat terhadap Suami.
4. Perhatian penuh.
5. Menyediakan makanan yang disukai Suami.
6. Bisa menenangkan hati Suami ketika marah.
7. Terampil dalam mengelola keuangan.
8. Terampil dalam mengurus rumah tangga.
9. Terampil dalam mengasuh dan membimbing Anak-Anaknya.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Selamat pagi Bhante Sudhammacaro.....status yg sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari, suami yg mengubah penampilan setelah anak sdh besar2, diperkirakan suami berusia sekitar 40 an.Pada saat demikian suatu kinerja telah spi puncak karie seorang lelaki, hingga memang alangkah baiknya mengubah penampilan pada seorang pria untuk menunjang kariernya. Bila isteri spi curiga boleh2 saja, namun seorang isteripun harus intropeksi diri, mengubah penampilan, jangan hanya pakai daster terus dan bau ikan asin ataupun masakan saat suami pulang. mengerti profesi dan kelehan kerja pada suami, karena ada seorang suami bekerja dari sebelum matahari terbit dan pulang bahkan bisa diatas jam 12 malam, bahkan terkadang tdk pulang karena tugas nya.Disini peran isteri harus ada, bersikap sebagai isteri yg baik, berikan rasa nyaman dan aman di rumah saat suami di rumah.Semua merupakan basic dasar dari suatu pernikahan, di rumah bak suatu hubungan suami isteri, diluarpun akan tahan seorang suami thd setiap godaan.... Puber ke 2. namo buddhaya bhante....jawaban nya cuman 1, instrospeksi.....



2. Namo Buddhaya Bhante, dan met pagi semuanya... Mungkin yg d maksud siaga 1 adalah waspada... Klu menurut saya, positif thingking aja dan selalu lakukan yg terbaik untk anak dan suami, selebihnya biarkan karma yg bekerja... Karna mau d jg ampe gmn pun , jk suami mau selingkuh pasti bisa... Tp jk melihat gejala suami selingkuh, cepat di ingatkan jk d selingkuhin itu sakit rasanya... Karna rata2 org yg selingkuh itu hanya tau enaknya tp tdk sadar jk karma berbalik dia akan merasakan sakitnya d selingkuhi... Dan di ingatkan jk kita suka menabur angin , berarti kt uda siap mendulang badai...


3. Namo Buddhaya All........Siaga 1 berarti hrs hati2,tapi positif tingking aja,laki2 mangkin di larang malah mangkin berbuat,dan akhirnya jd byk bohong,ajak bicara aja Bu dgn baik2 apa solusinya atau krn suaminya minta di puji klau di rumah.semoga koment sy bermanfaat ya .. Siang Bhante, ...'Siaga 1' kayaknya harus waspada sekali ..kan kalo lg ada bencana alam dibilang 'Siaga 1' biasanya waspada lgs berhati hati banget . Nah mungkin sbg istri hrs waspada tp bgmn? Mungkin istri harus memperhatikan penampilan, rambut hrs ikut model skrg, baju juga, berdandan, badan hrs dijaga jgn smp melar . Suami kadang mau dimanjakan, disiapkan makanannya (ada lho suami yg suka disuapin kl makan)-bajunya. Diliat aja sukanya yg bgmn. Tuturkata harus tetap lembut jgn kasar walau lg curiga. Semoga aja walau puber ke 2 tapi nga smp selingkuh ... Maaf ya kl komennya salah.



4. klu suami biasanya tdk pakai perfume, mendadak perlente dan pakai perfume itu udh hrs diperhatikan lah, diawasi, dan sentil dia dgn kata2 jgn2 cb selingkuh,nanti kacau klrg.show km pny wibawa sbg istri hrs tegas.



5. Dgn melakukan Sammadhi yg Benar,Pikiran yg kalut akan TERANG,dgn berlandakan Pikiran yg Terang Hatipun akan berangsur2 Terang,tiada lg yg membebani si Pikiran dn si Perasaan,semakin besar rasa kemilikan akan semakin besar pula rasa cemburu yg muncul.Dgn Pengliatan yg Benar,rasa2 tersebut perlahan2 akan sirna,Aura yg Terang yg ditimbulkan oleh Sammadhi perlahan2 akan mempengaruhi sifat mahluk yg ada diseputar kita.Jgn mengambil jalan pintas,akan memperbesar rasa penderitaan yg akan dirasakan.Semoga semua mahluk menemukan Pikiran yg Terang,Hati yg Terang,dan Jalan yg Terang. Sadhu,,Sadhu,,Sadhu, Pagi bante. Menurut sy istrinya ubah penampilan sikit.. Supaya suaminya gak melirik yang lain..




6. Jgn pke siaga 1 siaga 1 an, langsung aj ditindak!. Jgn tunggu smpe kebablasan. . . Hehe. . ∂кů juga Gå ngerti siaga 1 artinya apa...mungkin lebih waspada ∂j∂ ..krna zaman skrng bukan krna co nya Ɣªπğ Gå bermoral tp krna ce nya Ɣªπğ lebih berani menggoda...lebih sabar ∂ɑπ berusaha melayani miswa dgn baik mungkin kunci utama miswa tdk tergoda.. Suaminya puber ke dua lagi bhante,lemahnya pengertian mengenai panca sila buddhist dan akibat dari perbuatannya sehingga pedoman hidup menjadi kurang bijaksana.anumodana bhante. waspada aja bisa itu tanda mau selingkuh atau juga itu hal yang biasa berpikir positif ajalah. intinya kembali pada diri. dulu sy pernah mengalami masa begini. tetapi dengan slalu ingat pada kewajiban pasti bisa diatasi. saya suka pendapat bante. semoga dalam damai.




7. @linna oen> setuju deh am kmu. Jgn melihat dr sisi buruk nya pria (suami) aja. Mgkin udh ad cwe keganjenan yg udh godain suami kmu. Jadi suami kmu mjd genit bkn krn dia ingin mjd genit, tp krn ad "penyebab" yg mjd kan dia mjd genit. Ya itu tadi..dosa sungguh dosa... Pagi bhante dan teman2 , ehemm berfikir positif aja,siapa tahu suami anda menjaga penampilan karena didalam perkerjaan terkadang membutuhkan penampilan yang baik,dan masalah untuk puber ke 2 bisa aja sih,hehehe.namanya manusiawi,hahaha,yang pasti bertanya,dan berbicara dengan baik,jangan asal main tuduh aja.ingat pertengkaran tidak bisa menyelesaikan masalah.



8. kita wajib mengerti "filisophy-hidup" sewaktu kita msh sekolah..SD = Sadar Diri. SMP = Sadar Mengenai Perbuatannya SMA = Sadar Mengenai Akibatnya. @Trah ,, mantapp budhis banget ya :-) ,, wkt jaman sekolah sy berpikirnya " muda foya2, tua kaya raya, mati masuk sorga" :-) .. masalah pasangan hidup jangan takut ttg tergoda cewe atao cowo tp yg harus di takuti pabila besok kita mati ,pa hari ini kita sudah berbuat baik?.. santai santai. kamsia kamsia kamsiaaaaaaaaaaa.


9. MAKNA & ARTINYA........> SIAPAKAH PARA ISTRI-2 ITU
????????????????????????????????????????????????????

Seorang laki-laki mempunyai 4 istri.

-Istri ke-1 tua dan jelek biasanya tdk diperhatikan.
--Istri ke-2 agak cakep, agak diperhatikan.
---Istri ke-3 lumayan cakep dan cukup diperhatikan.
----Istri ke-4 sgt cakep, diperhatikan & disanjung2 serta diutamakan.

Saat seorang suami mau meninggal,
~~~~~dipanggillah istri ke-4 yg cakep dan ditanya, “Maukah ikut menemaniku ke alam kubur?”

Si istri menjawab, “Sorry, cukup sampai disini saja saya ikut denganmu.”

~~~Saat dipanggil istri yg ke-3 dan ditanya hal yg sama, maka dijawab, “Sorry, saya hanya akan mengantarmu sampai di kamar mayat dan paling jauh sampai di rumah duka.”

~~Kemudian dipanggil istri ke-2 dan ditanya hal yg sama, maka dijawab, “Baik, saya akan menemanimu tapi hanya sampai keliang kubur, setelah itu goodbye.”

Sang suami sungguh kecewa mendengar semua itu, tetapi inilah kehidupan dan menjelang kematian.

~Lalu dipanggilnyalah istri ke-1 dan ditanya hal yang sama, si suami tak menyangka dijawab istri ke-1
........----“Saya akan menemani kemanapun kamu pergi & tetap mendampingimu”___.......

------- Mau tahu Apa dan Siapa istri ke 1 sampai ke 4 itu ------
???????????????????????????????????????????????????????

Istri ke-4 adalah harta kekuasaan dan kekayaan. Mereka akan meninggalkan jasad kita seketika saat kita meninggal.

Istri ke-3 adalah teman-teman kita. Mereka hanya akan mengantar jasad kita hanya sampai di kamar mayat atau rumah duka saat di semayamkan.

Istri ke-2 adalah keluarga, saudara dan teman dekat kita. Mereka akan mengantar kita sampai dikuburan, dan akan meninggalkan kita setelah mayat kita dimasukkan dalam liang kubur dan ditutup dgn tanah.

Istri ke-1 adalah Tindakan dan Perbuatan kita selama hidup di dunia.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “