Fenomena Dhamma

Thursday, March 01, 2012

“ TATO DI TUBUH APA ADA ARTINYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Met sore Bhante..Namo buddhaya...sy ingin nanya soal ‘TATO TUBUH’ yg bergambar macam-mcam itu apa blh bagi umat Buddha?
Apa ada artinya utk yg di TATO, adakah pengaruh dlm hdpnya dan apa gunanya?
Mohon jelaskan krn sy juga suka dg TATO.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.
Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Kisah nyata, suatu malam kira2 jam 20an bhante diminta tlng baca paritta utk orang sakit di RS. Ketika smp, yg sakit msh muda usia 40an sdh tdk berdaya, berbaring spt pingsan. Sy minta kl bs dia cepat mati aja.

Bhante jawab: kita cuma berusaha dg baca paritta sediakan air minum, selain itu tdk bs. Jd, bhante bc paritta utk orang sakit spt yg ada di buku paritta sambil pegang botol air minum. Lalu, minta tlg pembantunya agar air minum bs msk diminum oleh yg sakit, lbhnya bhante minta agar di usapkan ke muka dan kepala. Sdh selesai, bhante spt dpt insting minta tlg pembantunya agar bajunya dibuka, setelah terbuka “Dadanya nampak ada TATO”. Bhante minta tlg agar airnya diusapkan ke TATO tsb, selesai lalu pulang.

Bhante pulang ke wihara cuma diantar oleh supirnya, biasa umat minta tlg kl selesai dia kadang ga mau antar pulang krn sibuk dsb. Namun, baru smp di wihara, kakanya tlp bilang: Bhante, terimakasih banyak yg sakit sdh ‘Game Out’ (mati), sy gembira dah.

Yg minta tlg kakaknya bsknya dtg dan cerita: bhante ni orang sakit sdh dibawa ke singapura, china dan ke paranormal di mana2, sekali pergi paling sedikit 5 juta abis, tp tdk bs sembuh2. Selain ngabisin anggaran sy juga kasian dia msh muda tersiksa, dulunya suka mabuk2an, berantem dsb. Skrng aman dah, sy tdk pusing ngerawat dia lagi, repotnya kesana kemari buang wkt dan banyak duit abis tdk sembuh2, jd sy usha tdk tenang.

Demikian pandangan dan pengalaman menarik dari bhante smg berguna dan maaf kl ada yg kurang berkenan dihati. Terimakasih atas partisipasi temen2 dlm diskusi ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Tatto sudah ada sejak Sidharta Gotama belum lahir.. Bahkan saya pernah lihat di Thailand, beberapa Bhante (sewaktu ber Pindapata) dijalan-jalan, ada yang mempunyai tatto ditangan kanannya, dan Bhante yang satu lagi mempunyai Tatto di kaki kanan bawah dekat mata kaki. Tatto bagi sebagian orang dianggap cerminan dari kriminalitas, tapi bagi sebagian orang dianggap suatu keindahan seni. Bagaimana dengan kaum wanita yang men tatto alis? apakah itu juga dianggap cerminan perbuatan buruk?


2. Namo Buddhaya, Stau sy blh saja, tdk ada arti apa2, tp tato it menurut sy malah memperburuk, serta tato juga mematikan sel kulit yg trkena tato, n smuanya Anicc, Maaf bhante, jka kurang tepat, tlng diluruskan kmbli jwbn sy.. Namo Buddhaya Bhante. Slmt pagi semua nya. Menurt sy org membuat tato di tubuh nya sekedar hobi. Untk arti tato kita hrs tanya ama org yg punya tato ini. Namo Buddhaya.... setahu saya..sah" saja...yg penting hati dan niat kita. baik dan positif..



3. Namo Budhaya...selamat pagi bhante... Klo menurut santi tato itu sbuah Seni..siapa aja bs/blh tato..dan gak ada Hukumnya atau dilarang..santi pun ingin tato jg Bhante..tp blm kesampean smpe skrg..hehehe..Trima ksh Bhante..amithofo.. Namo buddhaya. Tato sebenarnya boleh. Asal ada maksudnya. Kita tato gambar buddha, kan maksudnya untuk menghormati beliau, jadi setiap kita lg butuh bimbingan, kita bisa lihat tato Buddha tsb. Itu menurut saya. Sore Bhante, terima kasih .. saya banyak dapat hal2 baru dari Tato ...nga disangka ya ... tadinya saya pikir tato cuma u keindahan saja ternyata banyak hal lain disamping itu. Tapi dari semuanya tetap baca Paritta is the Best ya ..bhante


4. pagi bhante dan teman teman, terkadang gambar tato, mempunyai makna tersendiri, contoh saudara saya mempunyai tato di punggung bergambar dewa kuang kung , itu mentato punggungnnya , kerena dia memiliki indra ke 6,dan makluk halus sering mengangu dia,dan selalu ingin merasuki tubuhnya,setelah dia mentato punggungnya makluk halus tersebut jarang mendekati dia lagi.itu lah cerita saya.


5. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya tato itu tidak ada gunanya... Mungkin bagi suka, itu u/ menunjukan rasa seni yg bersangkutan. Dalam agama Buddha sendiri segala sesuatu yg tidak merugikan diri sendiri dan orang lain itu tidak dilarang. Tapi saya pribadi tidak suka, karna tato (tato permanen) sangat beresiko dan merugikan kesehatan.. Namo Buddhaya ...All....Klau menurut sy tato itu seni tapi dgn gambar yg indah bkn mentato dgn gambar yg tdk layak di lihat,tapi semuanya tergantung individu masing2.Jika Koment sy keliru Maaf ya....Thx


6. Tato...?? saya sependapat dengan Juli Lim.... tidak ada gunanya.... Tato ini dulu hanya di pakai oleh para penjahat, preman dan sejenisnya untuk menandai mereka... dan juga supaya kita tahu kalau mereka preman dan takut pada mereka.... itu dulu....kalau sekarang.... tato hanya sebagai gambar seni aja....kalau artinya... saya kurang mengerti mengenai itu.... tapi saya melihatnya sebagai seni aja... Suami saya jg bertato. saya liat murid bhante wongsin labhiko tattoan semua... hehehehe...katanya sbagai perlindungan dari gurunya... jadi bukan tatto sembarangan. tatto seni... banyak jg bhante yg bertato,tato adlh karya seni saya suka seni tatto TETAPI yang gak besar2 setubuh... itu serem... seni tatto di tubuh buat yang kecil2 terlihat indah..... jangan membuat tatto yang indah jadi serem ..hehehheee...... masalah tatto untuk mistik saya gak ngerti... hanya tau tatto itu seni aja.


7. banyak jg bhante yg bertato,tato adlh karya seni. menurut saya mungkin orang yg berani badannya ditato menunjukan keberaniannya yg tidak takut jarum padahal setelah ditato kalau bagus tidak jadi soal tapi kalau tambah jelek terlihat sepanjang masa , apasih manfaatnya tidak ada hanya berlaga sok saja. Pagi Bhante, u pertanyaan 1 biar dijawab oleh Bhante saja ... Arti u yang di Tato ? Wah harus nanya dulu ...tapi masing2 orang punya alasan yang berbeda : ada u mengenang org yg dicintai, ada u usir mahluk yg ganggu, biar terlihat sexy, dst. Pengaruh nya. ? Macam2 kali diantaranya biar terlihat sangar - seram, berwibawa ...jadi yg liat takuuut ...krn itu tambah pede ...dan banyak lagi. Gunanya ? Wah nga tau deh ..aku liat sih sama org terdekatku kebetulan bertato juga kayaknya nga ada ya .. Cuma bagus aja krn tato nya nga serem .. Aku sendiri suka asal tatonya indah dipandang.. Maaf ya kalo komennya salah.


8. kl tdk salah setahu bhante Tato itu makanan enak dijual di mall, cerpur dan gambarnya macam2... tul ga... ato bhante salah lagi.. eh iya itu sih POTATO...wah kacau lagi nih pagi lum ngopi kali... maaf hrs doping dulu ma kopi jahe nih soale mlm kedinginan ma ac.. pamit lah.. namo buddhaya, met pagi bhante n teman2, tattoo adalah seni yg diukir pd tubuh awal hanya satu krn kemelekatan akhirnya bertambah terus , mantab potato + kopi jahe full breakfast ..... ikutan jg achh. maaf saya tdk ngerti soal tato.kalau totok baru ngerti,,heheh,,,,


9. namo budhaya bhante.....Saya pengen tatto... Tapi gak ada ijin.. Jadi sampai sekarang tak bertatto... :))
tatto,,seni,indah unt di lihat. Namo Buddhaya semua, Saya pengen punya tattoo di tangan kiri, bertuliskan nama anak saya dalam kaligrafi china, Tapi masih mau nabung dulu duitnya buat nyicil rumah kalo uda punya rmh sendiri, baru deh tattoo-an, mahal soalnya. Sy lebih setuju ama bhante .. Dari pada tato badan mending makan potato.. Ɨƚǟ Ɨƚǟ•̃⌣•̃Ɨƚǟ Ɨƚǟ Ɨƚǟ Ɨƚǟ•̃⌣•̃Ɨƚǟ Ɨƚǟ. Kenyanggg lage..



10. kalau kita mau berpikir dan bertindak untuk mencapai kedamaian, kebahagiaan, di mulai dengan mau berbuat baik, berbuat baik itu dimulai kepada diri sendiri kemudian kita lakukan kepada orang lain( orang yang kita kenal, kepada orang tidak kita kenal) bahkan sampai pada makluk lain baik yang tampak, maupun tak tampak sekaligus kepada alam lingkungan kita.
Dan semua perbuatan baik itu bisa dilakukan melalui pikiran, ucapan dan tindakan yang terpancarkan dalam praktek pada hal-hal kecil. Dengan kesadaran itu mengenai boleh dan tidak boleh, dilarang atau diperintahkan melakukan sesuatu tak terkecuali pasang TATO tidak jadi ukuran dalam pola bertindak, yang sangat penting itu faktor nilai konsekuensi ,apakah pikiran atau tindakan itu bermakna atau tidak, merugikan atau tidak, mendatangkan kedamaian atau tidak.
coba kita analisa bersama-sama jika kita berbuat baik sekala kecil kepada diri kita sendiri tidak bisa, pikiran dan tindakan kita tidak mendatangkan makna yang baik ,mungkinkah kita bisa berbuat baik sekala besar kepada orang lain, makluk lain ataupun kepada alam lingkungan kita ....? Hidup ini tidak akan terlepas dengan hukum pengkondisian, Hidup ini tidak akan terlepas dengan hukum konsekuensi (sebab akibat) selama kita masih terkondisi. Selamat menempuh kedamaian http://www.pureawarenesstraining.wordpress.com/.


11. mnrt sy ga bagus ditato...nanti udh meninggal ditanya lg ...sama dewa nerakanya..berabe deh hehehe...slmt siang menjelang sore Bhante...Omithofo. Tuhan memberi kita keindahan kesempurnaan pada kulit kita kenapa harus di sakiti dengan di TATO.. saat buat TATO mengerikan sekali karena di buat pakai jarum sampai berdarah darah. kebaikan nya hanya sedikit bila dibanding dengan keindahan. bersyukurlah pada Tuhan yg telah memberi kenikmatan krn kita di beri kulit yang sdh Indah ini.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.
Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven. Sudhammacaro.

2 Comments:

  • At 8:46 AM , Blogger Suryono Zhuang said...

    namo budaya,, kalau menurut saya sah sah saja,,tetapi balik ke kita sendiri,,,gimana kita jalanin kehidupan ini.. tatto itu adalah seni.. bagi yang mengerti.. tergantung kita menjalanin hidup kita... kalau baik,,ya pandangan terhadap kitapun akan baik,,sebaliknya.. terima kasih

     
  • At 11:04 PM , Blogger lily chinx bert said...

    namo budaya.. jadi sebernarnya dalam agama budha diperbolehkan atau tidak mentatoo badan kita? terima kasih.

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home