“ PENJAHAT, KORUPTOR BERDANA APA DAPAT PAHALA KARMA BAIK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Bhante kalau tahu itu Orang Penjahat, Penjudi, Pencuri, Rampok, Korupsi lalu berdana sama bhante, apa diterima? Apakah Penjahat itu dapat Karma Baiknya? Apa Alasannya? Teman2 Tlg Ks Komen yg Benar d Berguna, Sadhu.

Jawab: Tradisi para Buddha dan para Siswa-Nya menerima dana apa saja yang diberikan orang. Bhante hanya mengikuti tradisi tsb, walaupun tahu orang yang berdana Penjahat, dsb.

Andaikata dananya tidak diterima, berarti bhante menutup amalnya, menghalangi orang mau berbuat baik dan menghukum orang yang mau berdana. Siapa tahu dengan amalnya orang jahat itu secara perlahan akan berubah menjadi dermawan, akibat amalnya.

Kalau orang jahat berdana ditolak, lalu untuk apa bhante menganjurkan berdana kepada semua orang. Cuma, kalau sikonya mengijinkan waktu menerima dana, sambil diberi ceramah Dharma sedikit tentang pentingnya menghindari perbuatan jahat tsb.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1.Pagi bhante....bhante juga ga tidur?.....semua itu kan profesi...mau d bilang apa? Sulit juga jawabannya ya.....agama lain bilang uang haram....uang panas.....tapi kalo dia masih punya niat berdana bukan dia punya kebaikan? Kata master Cheng Yen.....kita harus mendukung org yg punya niat berbuat kebaikan.....krn dia punya niat baik pasti dia dapat karma baik juga dong......tapi kejahatan yg di lakukan mungkin lebih besar karma jahatnya.....ya di kurangi aja sama kebaikannya.....gmn bhante?.
2. semuanya itu di mulai hati nurani,klo berdana apakah semua penjahat itu py keikhlasan gak? namo buddaya Bhante.

3. Ditrima saja jangan di tolak... bilaman kita menolak,tentunya dia tak suka hati terhadap kita.. Jangan melihat kesalahan pekerjaannya tapi lihatnya ketulusannya unt berdana....dan juga ketulusannya kita mau menerima dananya,menerima dia sebagai teman,.... Siapa tahu dengan demikian dia bisa menyadari dan mau merubah jalannya yng salah.... Dan tentunya kita juga menyadari unt tidak ikut dengan kesalahannya yng dia kerjakan... Ujian di diri kita unt tak berbuat... Ujian di dia unt berbuat baik merubah jalan hidup dalam kebenarannya.... Omithofo... Semoga di mengerti slamat pagi.

4. namo buddhaya bhante.bhante klu menurut cyndi,ditrima/ga kembali lgi pda bhante apa bhante membutuhkannya/ga.maupun dia berdana tpi klu dia pencuri,korupsi,dll.lebih baik tidak usah berdana krna itu perbuatan yg berdosa&yg dilarang diajaran agama.klu dia mau berdana dia hrus cri uang dengan hasil kerja keras mereka.klu krma baik/buruknya cyndi tidak bisa comen.tpi klu bisa bhante nasehatin orang itu agar menjadi yg lebih baik.itu sih menurut cyndi loh bhante.maaf yah bhante klu ada kta2cyndi yg salah.thx.BBU

5. Amal baik siapapun tetap dihitung,amal jahat juga tetap dihitung,yang di lakukan kejahatan lalu berbuat baik karma buruknya dimasa lampau tetap berjalan dan karma baiknya juga tetap berjalan,pertanyaannya apakah dia sadar dan bertobat untuk tdk berbuat jahat lagi?

6. selamat pagi bhante...mnrt sy,angp sj bhante membantunya menyalurkan niat baiknya berdana.angp sj hny menyambung tgn kepd org yg mmbthkannya.terlepas uang itu dr uang haram ato tdk,yg ptg dia sdh berniat baik.drpd uang itu difoya2kan kpd yg tdk bnr.penjht tsb dpt karma baik ato tdk,itu hny yg diatas yg tahu.bhante hny memberi peluang pdny utk memupuk kebajikan mn tau dgn srg berdana,dia bs bertobat.tp,sekali2 undang org tsb utk terjun ke lapangan saat penyaluran bantuan kpd yg membthkn tnp mengistimewakannya.biar dia ngerasa tau malu dgn pola hdp yg dilakoninya.master cheng yen jg prnh berkt "Segala perbuatan yg dilakukan dgn niat baik adlh kebajikan".ssbs.

7. pagi Bhante, kalau menurut sy, apa pun pekerjaan`dan Profesinya selagi dia ingin melakukan perbuatan kebajikan asal, dengan kerelahan hati dia berdana Ok OK aja, setiap org punya masalah masing 2 yg Org lain tidak bisa memahami, situasi dan kondisinya, kita org cm hanya bisa menerka nerka, tp posisi kita, enga sm ? kalau sm bagai mana...???

8. Pagi bhnte,nam0 budhaya..qt gk bs mnilai kbaikan atw kburukn org dg lgsg menjudge dy sbg org bae/org jahat.sjahat2'y org,pasti dy prna brbwt bae bgtu sbliknya.mgkn dg bhnt mnrima dana tsb,bhnte dpt mbntu dy myempurnakn karma bae'y.smg niat bae qt dpt twjud dlm pbwtn n karma bae pula.cm hukum karma yg bs mgadili s'org tnp AKU n ktrikatan apapun.ssmb.

9. Namo Buddhaya'tentux seorang bhikkhu pasti sangat mengharapkan orang jahat jd baik karena itu adalah misi membabarkan dhamma'membuka kesempatan yang selebar-lebarnya untuk yg jahat dapat berbuat baik.hasil perbuatan baik itu tergantung pada sebelu,saat dan setelah berbuat baik jika d lakukan dgn pikiran benar dan kesungguhan tentunya kamma baik lah yg diterima..sadhu.

10. namo buddhaya bhante, stiap amal pasti ada balasan karma nya tergantung keikhlasan hati seseorang dlm beramal walaupun mereka penjahat toh karma tidak membedakan orang jahat or baik so apa yg di tanam itulah yg di petik
sadhu3x

11. Namo Buddhaya, semua orang berhak berdana, penjahat dpt karma buruk, berdana dpt karma baik, krn baik buruknya karma tergantung dr perbuatannya. Org tersebut tlah membuat 2 karma. Sadhu.

12. Namo Buddhaya Bhante. Yang penting niatnya untuk beramal, kalau masalah karma adalah cetana, jadi tergantung kuat yang mana. Terima kasih, mohon bimbingannya bhante kalau ada salah.

13. kalau Tau sesuatu yg akan di danakan adalah hasil dari perbuatan jahat, maka jangan terima, tetapi berikan nasihat; jangan ulangi lagi perbuatan yg tdk terpuji itu. Sebab konsekwensi buruk dari perbuatan jahat mencuri, merampok dll adalah kesengsaraan, kekecewaan, dan penghidupan tergantung orang lain.

14. pg..Namo budhaya bhante.sy stju dgn sanny ang, Kalw mnrt sy,niat baikny dtrma ttpi karma baikny tdk D dpt,krn uang yg dy pk brdna bukn mlikny.sprti hal ny robin hood bhante,wlw hsl ny dy ksh k yg mmbthkan tp cara/jalan dy mndptkan ny tdk baik.it pndpt sy bhante.trm ksh bhante.

15. Kalu Tau sesuatu yg akan di danakan adalah bukan hasil dari perbuatan jahat, maka terima lah dana itu.

16. Didunia ini tidak ada yang absolut, sebaik2nya seseorang,pasti ada ketidaksempurnaan....demikian juga sejahat2nya seseorang,pasti ada sisi baiknya. Sebagai sesama manusia,bagaimana harus kita yang menentukan karma untuknya?
17. Karena yg mau berdana adalah penjahat, penjudi, perampok, koruptor dan tidak tau apakah dana yg akan didanakan itu hasilnya datang dari mana, boleh saja diterima dgn hati".

18. Benda tdk baik bila digunakan untuk kebaikan maka menghasilkan suatu kebaikan.
19. Met pagi..Bhante..Namo Buddhaya..seseorang yg ingin brdana kpd anggota Sangha/Bhikku,iadalah suatu prbuatan baik wlpn orang tsb sering brbuat jahat..dia tlah memupuk karma baiknya..amal baik seseorang jgn kt menolak org yg ingin brbuat baik...Semoga Semua mahkluk Berbahagia.. Sadhu 3x.

20. Apakah penjahat itu dpt karma baiknya?? Apa alasannya?? [ dlm hal berdana]. Yg hrs dipahami adalah Karma adalah suatu perbuatan dgn kehendak atau niat. Kriteria Baik dan buruk berlaku pada aksi Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan, maka dari itu, tindakan tsb blm dpt dikatakan baik atau buruk, tetapi hanya kehendak dan pikiran yg membuatnya demikian.

21. Namo budhaye bhante,menurut saya biarpun dia orang jahat tapi klo mau berdana dengan hati yg iklas dan tulus pasti ada karma baikny.jadi tergantung yg berdana niat apa gak?klo dia berbuat jahat karma pasti berbuah.

22. Budha membrkati. Mengingatkn sy pd prtanyaan bbrapa buln lalu. Prtnyaan yg sm versi yg brbeda. Bhante hrs menerima.
Pnjaht itu ttp dpt khamma baik. Yg d lakukn pnjaht itu tujuan'y benar. Cm caranya yg salah. smoga org2 yg profesinya salh cpat2 mnyadari n mmprbaikinya. Budha mmbrkati.

23. saya setuju dengan ci Lidya, segala sesuatu itu ada sisi positip dan negatipnya dan disamping itu setiap orang punya pemikiran sendiri. Jadi sangat susah dibilang diterima atau tidak , lebih bijaksana saja. seperti contoh robinhood baik tapi salah, coba kalau semua orang punya pikiran seperti robin hood , bisa gawat juga.Apalagi kalau seseorang itu koruptor, penjuual narkoba dan bandar judi serta menbuka tempat maksiat. Kalau saya tanya teman teman apakah kalau bos yang buka BUDDHA BAR di menteng itu menyumbang kita mau menerimanya? Jadi bijaksana.

24. TEMAN2 SE'DHAMMA RASA MALU BERASAL DARI DALAM DAN RASA MALU JUGA BAGIAN DARI MENTAL. BUAT TEMAN2 YG MASIH ADA RASA MALU UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DARI DISKUSI YG BHANTE PIMPIN, SUDAH BUANG SAJA RASA MALUNYA. KAMI SANGAT INGIN BERBAGI PENGETAHUAN DHAMMA MAUPUN SOSIAL. TERIMAKASIH. SALAM KENAL.

25. Siang...klo menurut saya pasti diterima,kan bhante ga mgkn tanya dr mn uang itu saat sdg berdana?? Yg pasti msh ada jiwa sosialnya....smoga perbuatan baik yg meraka pupuk berbuah n merubahnya menjadi lbh baik dlm segala hal... :)
Mohon dikoreksi jk ada saya,bhante. Namobudaya.

26. Karma baik dapat, Karma buruk juga dapat ;) Karma baik : niatny berdana pada Angota Sangha. Karma buruk: cara memperoleh dana dgn melanggar sila ke-2. Namo Buddhaya Bhante

27. Pagi bhante!menurut sy tiap hal didunia memiliki 2 sisi,baik dan buruk slg melengkapi tergantung mana yg ingin kt tingkatkan.buddha pernah berkata dia tidak akan bs menjadi buddha,klu saja Mara td mengodanya.sungai tdk akan menjd asin jk hanya dituang secangkir garam,tp secangkir air akan menjd asin jk dituang sesendok garam. Bgt jg dgn jasa kebaikan dan kejahatan.

28. Namo buddhaya bhante met siang.klu org yg mau berubah ya harus kita sambut dgn snang hati.apalagi klu dia dgn ihklas meyumbang,mungkin ini bisa megikis perbuatan karma jelek nya.sadhu3x

29. Namo buddhaya bhante, sejahat2 nya manusia pasti memiliki sisi baik, begitu pun sebalik nya, dan kembali lg kpd org yg memberi dana, apakah tulus atau tidak wkt memberikan dana itu, dan semua itu sudah ada buah karma nya masing2,
terima kasih.

30. Namo Buddhaya Bhante....klu dia mencuri n merampok spt yg Bhante katakan diatas..kita py akal n hati ,kita yg menentukan jalan hidup kita,baik buruk kita yg tanggung,sama spt dia mau berdana it jg hati n akal kt yg menentukan,kenapa tidak boleh diterima danaya,klu gak terima berarti bhante pun memilih kelas atau status dr org yg berdana,sdgkan yg jahat dia akan menerima karma yg jahat jg sdgkan yg baik diapun akan mendapat yg baik...POHON APA YG KITA TANAM BUAH IT LAH HASILNYA,mohon maaf klu ad kata yg tidak berkenan...sadhu3x

31. namo buddhaya. Tiap manusia bole berdana,.ap lg yg namanya penjahat,penjudi,pencuri,rampok. Asal dgn hati tulus,karma baik bs mgikis karma buruk...tp bgaimana pun jg akan tetap mdptkan hukum sebab akibat dr perbuatanya dimasa yg akan dtg. Slam sejahtera...sadhu 3x

32. bhnte..bgaimna dngn nasib kluarga nya termsuk anak2 mrk yg korban dr orng tuanya yg tlah berbuat jaht..misalkan dgn mnglapkan uang yg bkn mlik sndri dan mnsubsidikan kpad kluarga dr phk lki2 sndri...dan bgai mna dgn perslingkuhan prmpuan yg sdh berkluarga.....apakh dgn berdna di kuil klenteng bisa mringankn karmanya....sdngkan prpuan tersebut mkin kaya dgn hasil duniawi. tapi bgiman dgn dana yg slalu mnglir deras kdlam orng yg slalu mlkkukan kjhatan...apakh dgn cra ini smua karma bisa terkikis. apkah adil buat orng yg tidak bersalah dan berdosa.

Kesimpulan: Ajaran Buddha tidak melarang orang berdana, adapun uangnya hasil Kejahatan dsb, itu urusan orang yang berdana. Memang faktanya; Negara di dunia bisa maju kebanyakan hasil dari uang Judi, Korupsi, Narkoba, dsb. Hal itu sudah rahasia umum.

Orang berdana tetap akan menerima karma baiknya, besar atau kecil karma baik tsb, sesuai dengan niatnya waktu melakukan.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “