“ KIAT DAN SOLUSI MENGHADAPI PROBLEM RT “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Bagi anda yang sudah RT, dg pengalaman suka duka RT. Bagaimana cara/kiat anda dalam mengatasi/ solusi untuk menghadapi problem RT, agar RT tetap utuh, mesra, rukun, harmonis dan bahagia dg anak2. Untuk contoh generasi muda.Teman-teman tolong kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.

Maaf bhante tidak akan komen/ jawab karena bhante tidak berkeluarga, biar teman-teman RT yang komen untuk memberi arahan dan pandangan hidup RT, dalam menghadapi problem RT kelak bagi Generasi Muda. Semoga dapat memberi Inspirasi dan wawasan yang bermanfaat untuk bekal hidup RT, dan sebagai bahan Pembelajaran.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.


1. namo budhaya bhante,.. Slamat pagi...
1. Hormati swami
2.layani dengan baik saat pulang dan pergi kerja.. Beri senyuman..siapkan segala kebutuha(tentunya dengan keuangan kita)
3. Terima dia apa adanya, jangan mengeluh,atasi segala masalah rt sendiri(seijin swami)
4. Jangan se kali2 membicarakan masalah rt dengan orang lain,slesaikan secepatnya dan lupakan bila sudah dibicarakan bersama,jangan mengungkit ukitnya lagi).. Bila tak terselesaikan carilah ahlinya/ guru spiritual yng di percaya minta pendapat...
5. Kerjakan segala pekerjaan wajib kita sebagai seorang istri dengan tak terbebani.. Urus anak,dapur,dll...
6. Jangan suka membandingkan swami/istri kita dengan orang lain,... no 6 maksudnya adalah belum tentu indah di dalam... Maaf salah ketik..
Jangan suka pula iri hati dengan keadaan orang lain yng lebih dr kita
Semua yng terlihat indah di luar belum tentu indah di luar... Setiap rt manusia pasti ada problem,tergantung kita menyikapinya bagai mana..
7. Tugas utama istri adalah berdoa setiap saat unt keluarga... smoga slalu terbebas dr marabahaya setiap swami/keluarga keluar rumah...
Kejenuhan pasti ada... Dan bisa di atasi... Segala masalah bisa di bicarakan .. Pasti bisa selesai.. Damai itu indah... Awali damai dari rumah kita..
8. Memang berat skali menjalani rt ... Bila kita jalani dng tanpa beban tak akan terasa waktu berjalan dengan cepat..
Kehidupan kita adalah kehidupan yang TAU TAU .. Tau2 sudah punya anak,tau2 anak sudah kuliah,tau2 sudah punya cucu,tau2 sudah tua... Jadi nikmatilah tanpa beban...


2. Namo buddhaya, selamat pagi bhante. Pasangan hidup berumah tangga dlm keluarga yg
dibutuhkan hanyalah pengertian.Seorg yg kaya raya,pintar mengatur rumah tangga belum tentu bahagia, tapi mampu saling memberi pengertian maka kebahagiaan akan jadi milik pasangan hidup dlm berumah tangga. Krn dlm pasangan hidup sdh pasti ada perbedaan,
namun pengertian mampu menjaga keutuhan rumah tangga.Pengertian mampu menerima
kekurangan, perbedaan, dan menyelesaikan masalah apapun tampa menimbulkan kekacauan. Salam damai dan bahagia.

3. jujur n setia serta tanggung jawab. stlh itu terpenuhi maka perlakukan mslh hari ini, skrg ini hanya utk hari ini, skrg ini. mslh kmrn jgn dibhs lg cukup tuk kmrn aja n lupakanlah. mslh hari ini jgn dibw ke esok hari. cukup hari ini aja. hadapi dgn santai n pikiran dan perasaan terkontrol mk segala sesuatu akan terselesaikan dgn baik. mslh bsr dikecilkan, mslh kcl dihilangkan. kl sampai ada mslh yg blm dpt terpecahkan, biarlah wkt yg memecahkannya. itulah pengalaman saya selama ber-rumah tangga. thx.

4. Namo Buddhaya, pagi Bhante, $ε£α♏ατ Hari Kathina....RT adalah hal yg sgt rumit bila ke-2 belah pihak masih mmentingkan ego masing2. Satu hal yg membuat RT harmonis hendak nya suami/istri mempunyai prinsip "♏âµ membahagiakan" bukan "♏âµ bahagia" δεηƍαη tekad demikian tentu sgl macam ego ke-2 belah pihak αкαň musnah Ðαñ δεηƍαη sendiri nya keharmonisan αкαň tercipta, δεηƍαη kata lain bila kt ♏âµ bahagia bahagiakan pasangan kt dahulu maka δεηƍαη sendiri nya pasangan pun αкαň membalas u/membahagiakan pasanagn nya juga! Demikian pendapat sy Bhante, ma'af kl tdk berkenan Mohon pencerahannya Anumodana.

5. Dlm berRT pasti akn menemui kebahagiaan jg penderitaan dg memahami dhamma, semua itu akn dpt teratasi, kebijaksanaan akn timbul saat suka maupun duka itu dtg...tp kebijaksanaan ini hrs dilatih dg jgn lupa bermdtasi maupun berlatih vipassana...hrs ada keseimbangan antara mencari harta materi dg harta batin. Itulah pengalaman hdp sy bht...dan syukurlah smpi saat ini sy bs menjlni kehdpan ber RT dg baik...ank2 tumbuh dg sehat, mdh dinasehati, dan rajin ke vhr.klu hdp kita dlm jln dhamma semuanya akn lancar...u itu marilah teman2 yg sdh berRT jgn hy berteori, praktekkan dhamma...niscaya hdp kita akn harmonis, rukun tanpa dicari maupun diminta. Demikian bht...yg dpt sy share...smg semua mahluk berbahagia..sadhu...sadhu...sadhu.


6. Pagi bhante, kalau saya tdk suka ribut dgn istri...syukur sampai 7 tahunan kita blm pernah ribut (yg sering bikin sewot malah anak hehehehe)...jadi menurut saya kalau ada perbedaan pendapat, sebaiknya tdk terpancing utk bersikap keras (tdk mau ngalah) apalagi kalau hanya masalah tdk penting...inti utamanya dgn cinta kasih yg tulus, saling percaya dan menghargai, mudah2an dapat mengatasi problem tersebut...thanks bhante.


7. Namo Buddhaya, Bhante. Dalam menjalani hidup berRT, hendaknya hidup sesuai dg Dhamma. Segala sesuatu yg terjadi ada sebab akibat. Jika saat ini, kita dalam tekanan, mgkn hal ini diakibatkan buah karma yang lalu. Jadi kita hrs sadari hal ini. Bagaimanapun, jodoh suami istri bukan hanya ditentukan dalam satu kehidupan ini. Jadi jalinlah hubungan ini dg baik. Saling mengisi, saling memahami, sesuai dg yg tercantum dlm Sigalovada sutta. . BBU.


8. Tidak mudah untuk hidup bersama bagi 2 individu yang datang dari berlainan latar belakang. Tapi ada satu hal yang membuat rt pasti rukun, jika keduanya mau berkomitmen, bisa berkorban dan senantiasa bisa berkomunikasi dengan baik.


9. Namo buddhaya....met pagi bhante dan tman diskusi.kalau sy sdh 10 tahun mengarungi bahtera rt sampai skrg,sy klu ribut sama istri pling yg hal2 kecil sj.misalkan soal anak.saran sy sih masing2 harus menjaga ego.klu sampai ribut jgn di dpn anak.karna akan mempegarui anak nya.saling mengalah sangat penting untuk khidupan rt.jgn selingkuh karna selingkuh akan menghancurkan smua rt yg harmonis akan berantakan.sadhu3x


10. Komentar Ýåħġ gampang2 Susah, Kuncinya hanya 1 Saling menghargai dan slalu berpikir seandainya sy menjadi posisi Dia !! Contohnya sangat sederhana, sehabis makan (malam) pernahkah kita berpikir membantu dia/istri tuk mencuci piring, apakah kita pernah berpikir betapa susahnya dia menjiapkan menu makanannya? Dengan hal Ýåħġ kecil ini kita menghargai Dia.



11.namobuddhaya bhante & temen2 sedhamma, supaya kehidupan RT tetap langgeng pertama harus sama saddha (keyakinan),harus ada toleransi sesama, saling menghargai, saling mendukung,saling mengasihi dan yg terpenting adalah komunikasi, antar suami istri jgn sampe lost komunikasi..jika sampe hal ini terjadi maka berbagai efek negative akan timbul.."memiliki satu saddha didalam dhamma adalah kunci utama dikarenakan disaat ego timbul kita akan menyadari dan meminim pertengkaran itu terjadi ^^ " smoga smua makhluk hidup berbahagia sadhu .


12. Namo budhaye bhante,klo saya saling menghargai,saling mempercayai,dan saling bahu membahu.apabila suami sedang terpuruk maka tugas istri adalah menghibur dan memberi semangat.dalam rumah tangga harus ada cinta kasih,biasanya klo istri lagi sibuk maka suami akan membantu perkerjaan istri,begitu juga sebalik.dan juga harus saling mengalah klo istri lagi emosi maka suami akan meredakan begitu juga klo suami yg lagi marah maka istri akan mengalah untuk meredahkan amarahnya.dengan adanya cinta kasih,maka keutuhan rumah tangga akan terjaga.amithofo.

13. YM BHante; menurut saya: membina sebuah RT itu berawal dari adanya suatu kemauan dari Dua belah pihak yg saling mencintai, untuk menjaga kelangsungan dlm berumah tangga, harus memiliki sifat saling menghargai,saling Memberi.. jgn hanya bisa menuntut, maka akan lahir saling pengertian,dari saling pengertian maka akan muncul saling menyayangi dan saling melindungi, dgn demikian maka antara suami dan istri bisa saling dapat memaklumi serta bisa menerima kekurangan dari pihak masing- masing, bila hal ini bisa diterapkan dalam RT maka keharmonisan dan kedamaian pasti akan diraih. sadhu.....3x....

14. namo buddhaya bhante menurut saya klu kita membina RT kita hrs slg menghargai.slg mengalah satu sama lain jgn pk ego klu ada apa2 hrs jujur.kt jg hrs bs ngerti sifat pasangan kita.jgn mau mng sendiri mengalah bkn berarti klh tp mng pd akhirnya.

15. namo buddhya bnhte...tp buat orng skrng sudah sulit tuk bisa berbgi...yg ad hnya pad thun2 pertma dan strusnya pada bratem mlulu, sling tuding....yg ad skrng hnya sling mendahului siapa cepat dia yg dapat....


16. Bersedia dgn iklas untk berkomukasi dan saling mendengarkan.
17. Saling pengertian,, tidak ada kebohongan dan yang terpenting komunikasi yang lancar..
18. Saling jujur satu sama lain,jgn simpen uneg2 kalo ada masalah omongin baek2.

19. jika istri sudah menyusahkan serta membuat kita menderita serta ingin mengajak suami tinggal di neraka dunia maupun neraka sesungguhnya .mengapa kita tidak tinggal dengan istri kedua yang menjanjikan surga dunia dan kebahagiaan alam selanjutnya.demikan bhante shadhu shadhu shadhu.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “