“ KORUPTOR KARMA BURUKNYA BELUM BERAKIBAT “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK

Diskusi: Tanya; Bhante kenapa para Pemimpin Bangsa Indo dan para Pejabat yang KORUPSI tapi Karma Buruknya tidak berakibat, bahkan Makin Jaya dan Anak-anaknya Kayaraya ada yang dapat Kedudukan jadi Pejabat? Tapi Justru Rakyatnya yg Menderita d Miskin, jadi Pengemis dan Anak-anak Jalanan, jadi Pemulung? Menurut anda apa Hukum Karma Tebang-Pilih? Teman2 tolong kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Semua orang (agama) tahu bahwa Hukum Karma diibaratkan; siapa manabur maka dia yang akan menuai. Karma ada 13 jenis ada yang disebut; karma Sesuai Waktu (menunggu), karma Kelompok, karma Penghalang, Penunda, Penghancur, dsb. Soal pertanyaan diatas, barangkali ada diantaranya. Baik para pemimpin dan para pejabat yang korupsi dan Rakyat yang menderita miskin jadi pengemis, dsb.

Sebab itu, Buddha menyatakan bahwa hidup manusia ditentukan oleh Karma (perbuatannya). Faktanya; manusia bertambah banyak di dunia, padahal kematian setiap hari ribuan jumlahnya. Ini menunjukkan bahwa makhluk di alam semesta ini terus berputar atau evolusi dan berpindah tempat (alam).

Ada yang dari hewan, setan jin hitam, dsb, buktinya; banyak manusia yang sifatnya Jahat sekali mirip seperti hewan, setan jin hitam. Itulah uniknya dan kelebihan ajaran Buddha yang dapat menjelaskan perihal kehidupan semua makhluk dan alam semesta.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1.slamat malam bhante, ya ia mungkin terlindungi oleh karma baik yg pernh dilakukannya pada masa lampau, shngga punya kesempatan trlahr jadi pejabat, tpi sbgai pejabat ia tidak melakukan tanggung jawab dgn baik, malah mencuri maka karma buah baiknya tak bkal bertahan lama, mgkn besok2 malah jatuh miskin, sebgai akibat yg dia lakukan saat ini,ha ha ha. sdgkan terlahir menjadi anak jalanan mungkn merupakan buah akibat pencurian dmi pencurian yg pernah dilakukannya pada masa lampau.

2. nammo buddhaya bhante,karma tidak pernah tebang pilih, mungkin,karma buruk pejabat itu belum berbuah,mungkin karma buruk anak2 jalanan sedang berbuah,tapi saya yakin 1000000% pejabat akan menerima karma buruk. maaf,maksud saya Pejabat yang suka korupsi.

3. namaste bhante, blm saat karma buruknya berbuah.tunggu aja tiba saatnya.bbu.

4. Karma buruk dan baik pasti akan berbuah, di luar kita melihat mereka kaya raya,tetapi kita tdk tw bgaimana kehidupan mereka dan kesusahan hidup mereka. Orang kaya bukan berarti mrka hdup bahagia, Bencana bs dtg kepada sapa saja tidak terkecuali orang kaya,jika karma buruk sudah berbuah saat itu lah penderitaan hidup mulai menghampiri.

5. Nammo Buddhaya. Dlm khidupan karma itu pasti ada.. Saat ini mrk yg melakukan kjahatan dpt hdp bahagia dan serba enak, mungkin sj mrk saat ini sdg mjalani karma baik mrk di kehidupan yg lalu.. Saat ini smua karma baik mrk sdg berbuah,shingga mrk lupa akan Tuhan dan terus melakukan kjahatan.. Nanti setelah karma baik mrk sdh habis dan tak tersisa lagi, brlah khidupan yg penuh dg tangis,kesusahan dan kesulitan akn mrk jalani.. Krn saat spt itu karma buruk mrk ats hasil pbuatan mrk s1 sdg berbuah. Sdgkan mrk yg saat ini sdg mjalani khidupan yg penuh dg kesusahan n ksulitan,tp mrk sll bbuat baik n jujur adlh org yg sdg mjalani karma buruk mrk dmasa lalu.. Walau susah asalkan tetap sll brd di jalan yg benar n jujur,kelak stelah karma buruk mrk telah habis mrk jalani mk kehidupan bahagia yg selanjutnya akan mrk jalani.. Krn pd saat itu karma baik mrklah yg akn berbuah. Demikian pdapat sy.. Maaf jika salah. Terimakasih...

6. Nam0 budhaya bhante,qt hny manusia biasa yg jg sdg mjlni karma qt..qt jg hrz mnyadari kalu ni karma qt,pny pmpin n ngara sprti,qt hrz ttp msyukuri indnsia ngara mkmur mrdka.tdk smua pjbt korup or tak bae,mrk sdg mnikmati karma bae'y msg2.hukum karma adlh hukum alam yg maha adil.ttplah positf thking agar qt smua mproleh karma bae yg brbuah tmsk pjbt n ank jlnan jg smua mhluk.shadu.

7. Pejabat yg korupsi pada kelahiran sebelumnya telah menanam banyak karma baik hingga hidup mulia,tetapi saat hidup mulia bukannya dimanfaatkan agar kehidupan yg akan datang lebih baik.Malah terbujuk oleh nafsu,dan serakah.Tetapi setelah kehidupan sekarang,dia pasti mengulang lagi di alam yg lebih rendah dari alam manusia.Jadi sungguh disayangkan harus mengulang mengumpulkan karma baik kembali dan sia-sia roda kehidupannya yg sudah berada dekat dengan poros,menjadi paling bawah kembali.

8. Namo budhaya Bhante...kemungkinan yg pertama,karma buruknya blm berbuah, Kemungkinan kedua ialah pada masa lampau,kehidupan yg lalu ybs banyak menanam karma baik,shg ketika karma buruk itu akan berbuah,ternyata karma baiknya mendominasi. Shg karma buruk belum saatnya berbuah. Sbg contoh konkret koruptor yg telah ditagih karmanya ialah mrk yg ketangkap,dipenjara,dicaci maki,dan dimusuhi masyarakat...itu sekedar pemikiran saya yg awam...mohon petunjuknya dan maaf kalo ada yg tdk berkenan...SSBS.


9. Malem Bhante...sedikit koreksi bhante,kata indon lebih baik diganti indo atau Indonesia. Saja,btw terkait masalah pejabat korup...semua krn buah manis kammanya aja msh byk,toh sekrg byk Pejabat2 korup hidupnya susah dan sakit2an meski harta melimpah,dan byk jg yg dipenjara.


10. Pejabat itu dikehidupan skr memang sedang menikmati karma baiknya shg dia tidak sadar/tdk mau sadar dlm perbuatan buruknya.dan apabila krma baiknya tlh habis apakh prnh terbesit dlm pikirannya bhwa ini adalah karma buruknya telah berbuah?bs saja hanya beranggapan (sbg manusia umum) bhwa dia sedang diuji dan tdk mau menanam kmbli krma baik yg baru. sadhu..

11. Pejabat yg bisa korupsi = dia sudah pnya timbunan karma untuk melakukan korupsi, minim dia pnya kesempatan untuk korupsi. rakyat menderita = mungkin sama saja, pnya timbunan karma untuk d korupsi.. dan akan terus bergulir seperti itu,.. dan akan timbul karma2 baru yg lebih dasyat,.. (tp jgn putus asa karma bisa d hentikan)
◄heart► KESADARAN ◄heart► I've added smileys to this comment. Wanna see them? Go tohttp://d.smileysnow.me/

12. Namo Buddhaya Bhante... Klo menurut saya, orang yang korupsi tp masih bs hidup kaya raya itu karena karma buruknya belum masak dan karma baiknya yg masih mendukung dia terus. Seseorang yg melakukan suatu perbuatan baik tu kebajikan/kejahatan, ada yg langsung di balas di kehidupan ini (bisa hari itu juga, bulan depan, tahun depan, bbrp tahun kemudian) atau di balas pada kehidupan berikutnya bisa dia berbuah dan dia jadi sangat miskin, walau berusaha tetap miskin, jd bukan berarti tidak akan masak hanya belum waktunya & jika karma baiknya sudah hampir habis maka giliran karma buruklah yg bertindak. Kalau rakyat yg menderita itu bs jd krn karma mrk masing-masing & bs jg terikat hubungan antara karma buruk raykat pada kehidupan sebelumnya pernah jaat kepada si koruptor jd terkena impasnya (karma buruk pada masa lampau rakyat yg masak skrng). Sekiranya itu menurut saya Bhante... Sadhu3.

13. hukum karma berlaku abadi,lama proses bekerjanya kamma ada yg cepat,ada yg lambat.proses bekerjanya kamma lbh cpt lbh baik krn akibatnya ditrm di kehdpn ni akan membuat kita semakin menyadari & memperbaiki perbuatan kita.karma yg proses kerjanya lambat akan ditrm akibatnya di kehdpn berikut bahkan di bebrp kehdpn.
org yg memiliki kekuasaan&kekayaan disebabkan ia sdg menikmati buah karma baiknya.org yg miskin sdg menjlni hasil karma buruk yg dilakukan di masa lalu.

14. Namo Buddhaya Bhante, bukan tdk berakibat namun masih mewarisi karma baik yg diperoleh dr masa lampau, namun disaat skrg nampak lupa unt mengembangkan lbh lanjut atau paling sedkt mempertahankan jenis2 kebajikan yg tlah ditanam dimasa lampau sehingga kejayaan dll diatas dpt diperoleh pd saat ini, dan ini bukan tebang pilih krn akan tiba saat
unt mewarisi apa yg mesti diwarisi.

15. Selamat sore bhante:menurut sy hukum karma tidak tebang pilih apapun jabatan sesorang pasti bisa kena hukum karma.klo sekarang dia blm menerima karma nya mkn di kehidupan yg akan datang/blm waktu nya karma datang padanya atau budha punya perhitungan sendiri.contoh apabila sang presiden di beri karma bagaimana kehidupan rakyat nya? apa rakyat nya akan bahagia?...mhn maaf bhante apa bila ada salah dlm pemikiran nammo budhaya.
16. nunggu pejabat kena kharma.udah berapa juta org yg sengsara,yg benar hrs segera di berantas.para pejabat mana tau kharma...krn dia bkn beragama buddha. yg penting hdp di suatu negara hrs hukum yg di perkuat dan di tegakkan dgn benar dan tdk pandang bulu...kalau masalah kharma susah di pecahkan,krn kita org awam,bkn seperti sang buddha yg tau kharma seseorang...yg udah pasti???kita bs tinggal di indonesia itu krn kelompok kharma yg sama.

17. Namo Buddhaya Bhante,berkat bimbingan guru2 yg mengajarkan dhamma ajaran Sang Buddha yg menyebabkan kami lbh memahami sedikit cara bekerjanya hukum kamma.smoga baik yg kaya maupun yg miskin materi dpt meningkatkan kualitas batinnya menjd kaya batin dgn mempelajari,memahami,mempraktekkan dhamma,agar sll menyadari tindakannya melalui pikiran,perbuatan maupun ucapan.anumodana Bhante.

18. Setiap manusia akn mendptkan karma perbuatan baik n buruknya, bkn nya tak berbuah hy menunggu wktunya sj.

19. namo budhaya bhante, karma tdk akan pilih kasi coz tuhan memberikan ia tugas apakah di bs bnar dlm menjaninya or tdk dan karma yg akan mengikitinya stiap ia mengerjakanya ,
20. mgn karmanya akan berbuah dikehidupan yg akan datang,jd sekarang dia begitu menikmatinya sampai lupa diri...,ingat dosapun tak takut lg...sadhu3x

21. Karena mereka masih punya tabungan yg banyak di kehidupan yg lalu.

22. stock karma baiknya pejabat yg korupsi blm hbs sehingga dia msh kaya dlm kehdpan sekarang.anak jlnan karma buruknya sdg berbuah.pd akhirnya masing2 akan menerima hasil dr karmanya.

Kesimpulan: Koruptor Karma baik mereka dimasa lalu masih ada dan dinikmati, hingga hidup mereka makin jaya dsb..

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “