“ Apa tujuan hidup anda? “

Diskusi Dharma Facebook.

Diskusi: Tnya;Jadi Apa Tujuan Hidup Anda? Apa yang anda lakukan untuk mencapai Tujuan Hidup anda? Apa alasannya? Teman-teman tolong kasih komen yang benar2 jujur dan berguna, sadhu.

Jawab: Orang hidup harus punya tujuan yang jelas dan pasti, karena dengan tujuan yang jelas dan pasti. Anda akan termotivasi (terpacu-terdorong) untuk melakukan sesuatu seperti apa yang dituju, demi mencapai tujuan hidupnya. Ibarat orang mau pergi dari rumah, kemana tujuannya? Walaupun ke Mall hanya sekedar untuk main dan lihat-lihat sambil menikmati AC yang Gratis, tapi dari rumah sudah ada tujuan yang jelas. Dan alasannya ada yaitu mau main sambil menikmati AC, dst.

Anadaikata anda hidup tanpa tujuan yang jelas, wah…hanya buang waktu sia-sia, akhirnya sesal kemudian tak ada guna. Contoh lagi: Anak sekolah pagi-pagi bangun pergi ke sekolah ada tujuan yang jelas dan pasti, yaitu untuk belajar, agar naik kelas, dst.

Barangkali ada sebagian orang yang tidak punya tujuan yang jelas, akibat daya pikir yang lemah atau kesadarannya lemah, orang seperti ini pasti selalu menuntut terhadap ortu dan familynya. Menuntut maunya enak dan bebas dari kerja, karena orang yang daya pikir dan kesadarannya lemah, pasti pemalas akut.

Kalau dianalisa, orang yang tidak punya tujuan hidup yang jelas menurut ajaran Buddha dia baru lahir jadi manusia yang awalnya dari seekor Hewan akibat Kebodohannya, yang tidak mengerti arti hidup dan tujuan hidup.

Coba perhatikan Hewan; dia tidak tahu yang benar dan salah, tidak punya rasa malu dengan telanjang dan mengambil makanan seenaknya.

Banyak orang yang tidak punya tujuan hidup yang jelas, akhirnya sering buat Onar, hobi rusuh dan mencari keributan, sebab kesadaran dan cara berpikirnya lemah. Dan tidak tahu yang salah dan benar, tidak punya rasa malu dan takut berbuat salah dan jahat. Orang seperti ini amat berbahaya, mudah tersinggung, mudah salah paham, mudah marah, dendam iri-hati, sirik dengki sama orang yang lebih maju, suka menghasut, dst.

TEMAN-TEMAN TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOMENNYA.

1.Namo Buddhaya,.Bhante.Walaupun saya bukan anggota Shangha tp tujuan hidup sy mencapai nibbana,utk itu sambil mendidik dan membesarkan anak sy terus melatih diri utk tdk melekat,hidup sederhana,menjaga sila,belajar meditasi.smoga sy bs mencapainya dikehidupan ini.mohon bimbingannya Bhante..terima kasih.

2. namo buddhaya bhante. Tujuan hidup saya adalah membahagiakan keluarga saya, terutama orang tua saya. Dengan cara berbhakti, bekerja keras dan terus belajar untuk dapat membahagiakan mereka, baik di dunia maupun setelah mereka meninggal dunia. Karena, saya ingin melakukan kewajiban seorang anak kepada orang tuanya dengan cara berbhakti kepada mereka. Sekian dari saya bhante. Namo buddhaya.


3. nammo buddhaya bhante. Tujuan hidup saya mjd org yg berguna n' dapat membahagiakan keluarga saya
Mungkin saya akan bekerja dengan giat. Saya melakukan itu karena setelah keluarga saya berbahagia saya akan memperbaikin kamma saya agar cepat2 mencapai nibbana. Sadhu..3x


4. Nammo Buddhaya. Tujuan hidup sy hanya mencoba melengkapi parami. dgn melakukan perbuatan baek.Bhante...
@all:Selamat dan semangat pagi. Semoga semua berbahagia.


5. Tujuan hdpku adalah ingin mengakhirkan smua bentuk2 perasaan ini. Yg menyebabkan penderitaan.

6. Pagi bhante,ikut share ya. Tujuan hidup sy memiliki kebahagiaan dan kedamaian batin. Cara'nya adalah mengembangkan sft2 positif sy. Mlkkn kbajikan,bljr menerima knytaan hdp,dan tetap semangat. Meski sy sadari trkadang sy pun masih merasakan ksedihan krn adanya proses ' anicca '. Tp sy akn trs belajar dan brusaha untuk mcapai tujuan hidup sy itu. Namo buddhaya bhante.


7. Nammo Budhaya. Tujuan hidup sy simple aja, sy cm mau mjadi org yg berguna bagi org banyak n bs mbahagiakan semua org.. Bukan hy org tua & keluarga, tp smua org yg ada di sekeliling sy.. Mk dr itu sy sll berusaha u/ tetap hidup di jalan Dhamma.. Dan sll mbuka tgan untk mnolong siapapun yg mbutuhkan.. Krn bg saya, kebahagiaan itu adalah pd saat sy bs berguna & mbahagiakan org lain.. Itulah tujuan hidup dr sy. Nammo Buddhaya.


8. Namo Buddhaya Bhante... Tujuan hidup sy pingin jd lbh bijaksana, damai dlm bahthin, mempunyai pengetahuan luas tp tdk sombong tetap rendah hati & berani agar bs bebas dari kebodohan bahtin & pny usaha sendiri agar bs jg menunjang hidup lbh baik tp tetap bs taat beragama & pelajari Dharma agar bs melepaskan diri dari kotoran bahtin sedkit demi sedikit & jg kebodohan krn di bodohi pikiran sendiri serta menjalankan sila, samadhi & panna agar meski idup lbh baik tdk diluputi kekotoran bahtin spt kesombongan & lupa diri & menjd org yg angguh... Sadhu3.


9. Namo Buddhaya Bhante..met pagi...kalau sy, berusaha semaksimal mungkin untuk diri sendir maupun org Banyak melakukan yg terbaik dlm kata yg positif positif aja enga, melangar sila, maupun tidak melangar hukum...yg dibuat oleh negara...dan tidak merugikan orang disekitarnya.


10. namo buddhaya bhante... tujuanan hidup sy adalah..tentunya ingin lebih maju dalam segala hal yg tentunya bersifat positif. dan memacu semangat dalam mengembankan tugas yd telah dibabarkan sang buddha. menerima karma apapun yg datang padaku.baik itu karma buruk ataupun karma baik.( yam kam mam karissanti,kalyanam va papakam va tassa dayada bhavissanti. )maaf kalau sy salah menulis bhs pali bhante.

11. Pagi bhante ,tujuan hidup sya adl ingn berbakti sm mama dn bs menyenangin wlupn papa sy tiada sy akn brusha mengwujudknny wlupn byk hambtan dn halangan it yg skr ad dibenak saya.

12. Namo budhaye bhante,tujuan saya saat ini ingin membahagiakan keluarga,mendidik anak agar tumbuh menjadi anak yg berbakti kepada orang tua juga taat beragama.setelah anak mandiri saya ingin menjadi seorang vegetarian,menjalan kan dhamma sang budha,semoga saya bisa menjadi seorang sangha seperti bhante.klo tidak bisa setidaknya saya bisa vegetarian dan menjalankan dhamma dan sila2 budha.semoga keinginan saya tidak berlebihan,maaf klo ada kata yg salah.sadhu.

13. namo buddhaya bhante,terus terang sebelumnya hidup saya tanpa tujuan,karena tdk mengetahui sama sekali apa yg di tuju,sekarang setelah mengenal sedikit dhamma,akhirnya saya mengetahui tujuan hidup saya yg sebenarnya,yaitu berusaha tuk tidak terlahir kembali.

14. yg pasti nya tujuan hidup saya berawal dri hal yg kecil dulu,berawal dri diri sndiri dan keluarga saya dahulu.

15. Namo buddhaya bhante, tujuan hidup saya untuk meraih kebahagiaan dan berusaha mengurangi rentetan panjang kelahiran dan kalau bisa mengakhirinya.sadhu 3x

16. Tujuan hidup sy yaitu ingn mencapai kbhgian sejati (seutuh'y) ,.namun sy sadar prlu brjuta"kappa untk mncpai kbhgian trsebt ,.sbb krma yg kita lakukan skrg blum membantu untk mncpai kbhgian trsbt ,.sprti yg dikatakan guru agung kami brjuanglah dgn ksdaran penuh ,.dan berilah makan batin anda dgn brmedhitasi agar pikiran kita dpt menerima keseimbangan ini ,.Smile.

17. Namo buddhaya bhante, tujuan hdp sy bahagia dan kalo meninggal di tempat damai...agar bhgia sy hrs berpegang pd dhamma...sbg pedoman hdp ku....tks.

18. Baiklah, Bhante. Tujuan hidup tdk lain adlh utk mendapatkan kebahagiaan. Kondisi sosial, pndidikn ataupun ideologi tdk dpt mmpngaruhi hal ini. Sjak lahr stiap org mngingnkn kbahgian, bukn pndritaan. Cuma satu yg psti dgn cra yg bnar n bnyk brbuat baik. Itulh tjuan hdp n itulh kbahgiaan. Salam.. Bhante.

19. tujuan hidup aq : mencapai apa yg disebut bahagia sejati & berusaha menghilangkan kemelekatan dlm hidup skarang ini agar nanti reinkarnasi mndtg dpt lebih baek dr ckarang.... namo budhaya all.
20. tujuan hidup saya adalah bagaimana agar kita bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain maupun bagi diri kita sendiri,dan harus kita mulai dari sekarang,kita mulai dari hal yang kecil terlebih dulu.
21. Namo Buddhaya Bhante & teman diskusi semua. Tujuan hidup saya adalah menjalankan ke-5 sila sesuai ajaran Budha. Caranya berusaha untuk ingat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih Bhante & teman semua.
22. namo budhaya, selamat pagi bhante. tujuanku cuma satu menuju kenibanna. walaupun dikehidupan skrg blm capai, tapi aku bertekad terus berlatih sampe tujuan tercapai walau berulang kali mengalami kematian. sadhu sadhu sadhu.
23. omi tho fut...bhante. Tujuan hidup sy pengn lpsin kduniawian. Tp saya bingung bhante..
Krn msh ad sifat keterikatan duniawi. tp sy msh berush ters mnrs meditasi bt cr jwban di dr sy. mohon kasih kasi jln khdpan ne bhante.
24. Namo Buddhaya,tujuan hidup saya sederhana saja,mengabdikan diri pada masyarakan sesuai kemampuan, tidak merugikan orang lain dan selalu berusaha mencari kebahagiaan dgn cra menjalankan sila dgn baik.
25. Namo Buddhaya, Bhante. Tujuan hidup saya hanya ingin BAHAGIA. Bisa dicapai bila saya sehat, berarti buat sekitar, berkecukupan materi, dan tak punya (banyak) musuh. Jadi usaha terbaik adalah hidup teratur (kerja teratur, istirahat teratur), bekerja dengan jujur, menjaga sikap, dan mengendalikan keinginan (biar gak boros). Hehehe.
26. ‎7an hidup sy : menjadi orang baik diantara yg terbaik.semoga tercapai.
27. Namo buddhaya bhante met siang.tujuan hidup sy adalah ingin membahagiakan kedua org tua sy dan keluarga.mudah2an sy akan menjd anak yg berbakti kpd kedua org tua sy yg tlah melahirkan sy.saddhu3x
28. tjuan hdp q adlh untuk bhgia'kn k'2 0rg tua,n bhgia kn 0rg yg aku syg.apa pn it akn aq lk'n dm kbhgian mrk n aku.alsn:krn memg it yg aku ingn'kn, Met pg bhante.
29. Namo Buddhaya Bhante,tujuan hidup saya ingin bebas dr lingkaran samsara/tumimbal lahir&penderitaan,agar bs mencapai kebahagiaan sempurna,tetapi hal ni tidaklah mudah,pa lg yg plg sulit adlh mengendalikan pikiran dr munculnya kekotoran batin&sifat ego,menaklukan diri sdri,hal yg bs saya lakukan adlh smoga di kemudian hr saya memiliki semangat/tekad dlm melatih diri saya bertahap2 dgn melaksanakan sila,samadhi,panna,sabbe sata bhavantu sukhitata,anumodana Bhante.
30. Namo buddhaya bante,tujuan hidup saya ingin mengerti dharma,mengambil intisarinya,mempraktikannya dan menyebarkan dhamma yg sya ktahui kepada semua mahluk,serta membahagiakan orang2 yg saya sayangi.
31. namo budhaya bhante...slmt siang,pertnyaan bhante sama persis spt prtnyaan yg sell diminta jwb o/psgn sy...hehehe...tp maaf,jujur saja,smp nw...w blm tahu pst tujuan hdp sy....maybe...tujuan hidupku a/membayar karma masa lalu,diberi tugas jd ibu ,yah melakukan sebaik n bljr bijaksana thdp tugas itu.melunasi karma dgn hdp bajik,bijak,hdp sederhana dn puas dgn apa yg kudptkan,sentiasa ingat bersyukur,,,,just do whatever must i do....do w/the best...alasan.,yah itulah hidup,butuh pertanggungjawaban.
32. namo budhaya Bhante....sy smp sekarang jg gak tau apa tujuan hidup sy n mengapa sy bisa hidup...mgn untk bayar utang karma,budi atau menereima org yg mau bayar karma at budi pada diriku...MEMBAYAR n DIBAYAR.
33. Tujuan hidup saya mencari kebahagiaan dan membahagiakan org lain. Caranya berbagi dgn org yg kekurangan dan memandang masalah secara positif.
34. namo buddhaya bhante.... met sore......tujuan hidup saya sih belum pasti karena takut tidak akan tercapai...alasannya takut keburuh kiamat bhante...jd pemikiran tentang tujuan hidup saya itu pastinya mau menjadi orang yang bisa membahagiakan orang lain saja tidak lebih tidak kurang.
35. Bhante, tujuan hidup manusia adalah mencemerlangkan Hati Nurani sendiri dgn berpikir, berucap kata dan berbuat, seia sekata. Sehingga yang harus dilakukan adalah memperbanyak Kebajikan dengan Beramal/Memberi setiap potensi yg ada dalam diri untuk makhluk hidup dan lingkungan. Alasan ini yg memperkuat bahwa setiap perbuatan akan menghasilkan akibat reaksi dari perbuatannya. Ini juga yg akan memperkuat manusia ketika menjelang kematiannya.
36. namaste Bhante , tujuan hidup saya membangun karma yang lebih baik di kehidupan yang akan datang. Bolehkah ?
37. Tujuan hidup saya adalah menjadi org sukses agar bisa berbagi dg sesama, hidup setiap detik spt di surge.
38. Walau sulit sy ingin hdp baik scr materi & spiritual. Jlni kehidupan saat ini dg baik & bertekad agar dapat mencapai nibana. Sadhu 3x :)

39. Namo budhaya bhante..sejak saya mengenal ajaran Buddha ,saya ingin menjadi org suci seperti Bhante.tapi sy punya tanggung jawab moral kepada orang tua yg telah mendidik dan membesarkan saya,setelah menikah saya mempunyai tanggung jawab untuk mendidik dan membesarkan anak2..kini tujuan hidup saya memberikan kebahagiaan pd anak2,org tua,dan bisa memberikan kebahagiaan bagi org lain, selalu ingin mengenal Dhamma l
lebih banyak lagil.
terima kasih amitofu

40. namo buddhaya, Bhante... tujuan hidup sy adl menjalani hidup ini dgn sebaik2nya, sebisa mungkin tidak menyusahkan org lain, dan terus memupuk kebajikan utk mengikis karma buruk saya di masa lampau.

minimal kehidupan akan datang lebih baik dari kehdpan sekarang.baik belajar maupun praktek dharmanya.

41. oh..tujuan hidup hanya untuk menyadari dukkha dan melenyapkan dukkha.

Namo Budhaya Bhante. Dulu waktu remaja tujuan hidup ingin menjadi Bhikhuni. Tetapi Sekarang setelah berumah tangga dan pernah mengikuti meditasi 10 hari+ menjalani berdiam diri yg mulia. Pandangan saya berubah, ternyata sulit yah hidup menjadi seorang Bikkhu, karena Bikkhu itu bukan profesi bermalas2an, sulit loh krn harus bekerja didalam diri dan melayani umat. Duduk bermeditasi 1 jam tanpa bergerak(mempertahankan sikap), bekerja didalam dgn memperhatikan perasaan2 yg timbul, serasa berjam2. Saya salut dgn mereka yg telah menjadi Bhikkhu dan tetap mempertahankannya. Saat ini tujuan hidup saya hanya ingin menjalani kelahiran sbg manusia ini dgn sebaik2nya, menjalankan Sila+samadhi+panna, berguna bagi makhluk lain dlm hal positif dan melakukan perbuatan baik untuk melengkapi Parami, sehingga apabila saatnya berbuah saya juga dpt mencapai pembebasan (target saya mudah2 pd saat kelahiran Bodhisatva Maitreya kita semua sudah mencapai pembebasan, sudah mahir bermeditasi vipassana). Krn terlahir berulang2 dlm roda kelahiran sangat melelahkan. Harus menjadi sesuatu dan berulang2 terus. Seperti kaset nyangkut.

42.Namo Budhaya Bhante,Menjadi orang baik,mati dengan tenang dan terlahir di alam yang lebih baik,Nibbana?jika memungkinkan akan menuju ke sana.Anumodana Bhante.
43. namo buddhaya bhante..tujuan hidup cyndi:cyndi mau berbakti sma orang tua,menjadi anak yg baik,mengikuti ajaran buddha,membahagiakan orang tua&keluarga..dilakukan dengan cra:mematuhi smua nasehat orang tua,membantu smua perkejaan orang tua,tidak berbohong,tidak membunuh,berdoa&membaca kitab suci. membuat ortu&keluarga happy&krna pa2cyndi dah meninggal jdi cyndi cuman bisa doain pa2supaya hidup tenang&bahgia&masuk sorga.pokoknya yg pling utama adalah Tuhan&ke2 adalah keluarga..itu tujuan hidup cyndi.BBU.

Kesimpulan: Bila anda punya tujuan hidup yang jelas dan pasti, selanjutnya anda tinggal berusaha dengan penuh semangat bagaimana untuk mencapai tujuan yang diharapkan itu.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “