“ WIPASSANA PRAKTIKNYA GIMANA SAYA JADI BINGUNG “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya bhante,!
saya ingin sekali mengerti meditasi vipashana, teory yg saya dapat dri masing2 guru
(via facebook) cukup banyak.. tapi dlm prakteknya; justru saya bingung 'bhante..
saya sprti gk tau arah, mungkin karna batin saya, slalu bertanya:
"apa sih yg kita harus lakukan dlm meditasi vipassana?

apa sih tujuannya?

krna dlm prkteknya, batin ini sprti kacau, "bhante, gk tau yg mana batin, yg mana pikiran, yg mana "aku". trima kasih bhante, Namo Buddhaya.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Meditasi ada 2 macam,yaitu vipassana dan samata,vipassana untuk mencapai penerangan terang dan samatha untuk ketenangan batin...dalam melakukan meditasi vipassana tugas kita mengamati objek.objek nya ada 4 yaitu 1)kaya nupassana(pengamatan terhadap jasmani) 2) vedana nupassana(pengamatan thdp perasaan) 3)cita nupassana(pengamatan terhdp pikiran. 4) dhamma nupassana(pengamatan thdp penomena alam)..samatha ada 40 objek..10 kasina(objek benda).10 asubha( objek menjijikan) 10 nusati(perenungan sifat luhur).4 apamana(keadaan tanpa batas).4 ruang tanpa batas..1 atara(makanan menjijikan..1 unsur( padat,air,api dan udara)..dlm melaksana kan vipassan kt hanya mengamati objek,dan samatha kt memegang kuat objek..pikiran hrs selalu tertuju pada objek...tujuan dalam melaksana kan meditasi hanya untuk mencapai pandangan terang dan ketenangan batin bukan yang lain nya..kl pun ada tujuan lain nya berarti itu bukan meditasi buddhis...



2. Namo buddhaya semuanya.. newbie ijin komentar, sbg pemula lbh baik latihan samata dl dgn objek anapannasatti (pernafasan), jgn buru2 vipassana. Menurut saya, jika samata blm kuat, akan sangat sulit latihan vipassana, sebab akan muncul kenangan2 yg ekstrim, seperti kesedihan yg mendalam n dll yg malah bisa bikin terguncang..

N jika mau melaksanakan vipassana alangkah lbh baik ada guru yg membimbing langsung, seperti retreat meditasi vipassana, jd bisa bertanya/berdiskusi langsung dgn pengalaman yg kita rasakan.
Terima kasih, jika ada salah mohon dikoreksi dan dimaafkan.



3. Dalam meditasi kita kalau mau cerita apa yg dirasakan setelah meditasi byk..kita bisa lihat cahaya terang...dan byk yg lain,,kalau diceritakan akan menambah binggung yg dengar .krn yg merasakan bdn sendiri bedanya stlh bbrp thn meditasi.kalau di ceritakan ok lah sdkt saja tdk apa kalau bykbyk cerita dikira kita membual/sok pinter,,,jd alangkah baiknya meditasi dilakukan setiap hr rutin bagi yg pengen tahu rasanya meditasi kalau ada kemajuaan dlm dirinya br dia sendr yg tahu....tdk mgkn org lain jg bs merasakan,,,,seperti kita mkn masuk ke mulut sendiri..lalu bertny sm teman kamu kenyang,,,yg mkn yg merasakan kenyang bkn org lain yg bs rskan kl kita kenyang baru mkn,jd alangkah baiknya dirsakan dicoba asal tak takut kesurupan...maaf kalau kt2 sy menyinggung pr pembc ,krn sy jg krg penglaman,,dan bukan seorg yg pinter dlm per meditasian.


4. Meditasi menurut Buddhadhamma yg sebenarnya justru yg sangat dianjurkan adalah Vipassana bhavana karena dengan samadhi pandangan terang ini akan menuju lokuttara dhamma yaitu kondisi mengatasi keduniawian. Vipassana bhavana adalah pengamatan total terhadap tubuh jasmani, pikiran, perasaan dan juga dhamma itu sendiri.



5. Sadari terus menerus setiap pikiran yg muncul secara konsisten, baik itu pikiran yg baik maupun buruk, sedih maupun bahagia, dll. Hanya menyadari, tidak merespon ataupun sejenisnya..begitu terus sampai pikiran berhenti dengan sendirinya. pertanyaan yang bagus dan mantap.......
tapi gak bisa jawab hehhee... morning bhante... _/\_ namo budhaya....



6. mank klo awal2 meditasi kt sperti mengingat kembali kejadian2 yg lalu..tp sy abaikan aja..tetap fokus pada objek...ttpi bg sy plg bagus..stlh memahami dhamma..lalu lakukan meditasi..dpt ketenangan bathin...yg plg perlu kita pratikkan ke khidupan sehari hari...jd jgn trlalu dlmi teori...sperti sy brtekad ingin pratik...trjadi emosi yg sungguh tdk mnguntungkan...yg ada merugikan diri sendiri....malam meditasi renungkan apa2 kesalahan di perbuat...keesokan hr sadari utk tenang...wah dlm bbrpa hr terap pratik bagus dr dhamma..trasa hati tenang..ringan...gembira..



7. meditasi adalah observasi di mana anda turut mengambil bagian.. apa yang sedang anda tatap dengan merespon pada proses melihat.. apa yang sedang anda tatap tetap adalah diri anda.. dan apa yang anda lihat bergantung kepada bagai mana yang anda rasakan.Hasil meditasi ada yg lokiya dhamma n lokutara dhamma... tergantung karma masing2 bisa mencapai yg man... Utk pemula sebaiknya ikut group meditasi yg diselenggarakan di pusat2 meditasi...


8. namo buddhaya bhante & smua sdr ku.ini hny komen saja dr sy & mohon maaf jk sy salah & mohon petunjuk buat sy. sdr ku,hasil sebuah meditasi kadang tdk diungkapkan kata2 akan tetapi hasil sebuah meditasi bisa qt rasakan di kehidupan. cnth: mngkn dulu qt seorang tdk sabar tp stlh meditasi qt menjadi lbh sabar,dll deh.hny ini aja komen dr sy. mhn maaf klo sy salah maklum br beberapa bulan belajar meditasi.sadhu.



9. @Huang Fei Ching, knp tidak bisa diungkapkan dgn kata2? Dan hanya dapat dirasa? Karena pd saat Anda mengungkapkan dgn kata2, maka kata2 itu adalah buah 'pikiran', itu alasannya. Tp ingat Anda bisa sampai pd saat dimana ada kata2 yg bukan hasil pikiran tp kata2 yg muncul dr keheningan. Dan kata2 tsb bahkan tidak mampu dicerna oleh 'pikiran' itu sendiri. namo buddhaya koko ahai lim,adik mengucapkan banyak terima kasih atas petunjuk nya buat adik.sadhu.



10. pagi bhante...bagi sy utk pemula meditasi yg sulit y mulailah dr awal...jgn buru2 kepingin capai tahap apa...ckp fokus pada kluar masuk pernafasan...pas masuk kt hayati seakan udara yg masuk itu mengalir keseluruh tubuh kita...misal pas meditasi bagian bahu kita pegal...cobalah pakai fokus nafas...nafas yg di tarik kt hayati sperti kita alirkan ke bahu yg pegal...lalu pas nafas di keluarkan jg scara pelan...jd semakin lama akan semakin halus...klo di pertahankan trus pun akan memasuki keadaan tenang...damai...rileks...sperti tidak trdgr suara apa pun di sekitar kita...ini mungkin bagus utk pemula...tp mohon di koreksi klo salah y....om mani pad me hum.



11. pagi bhante dan teman teman, memang susah untuk benar benar bermeditasi,pengen rasain jika meditasi berhasil rasanya seperti apa ya bhante?katanya jika kita sekali meditasi sudah berhasil,akan lebih muda lagi jika kita bermeditasi di lain hari , benar ngak bhante,tplong ceritain menitasi berhasil itu rasanya gimana sih bhante??? pagi bhante...trim's y...mank plg bagus dr dhamma buddha adalah pratik nya...trkadang sblm benar2 pratikan org mnganggap spele n mudah...pdhl ketika benar2 kita terapkan mk ujian2 akan datang....klo kita menyadari nya bathin kita merasa bahagia...om mani pad me hum.


12. sederhana menurut aku,,,vipasana,,,,itu bahasa jaman dulu,,,diterjemahkan kejaman sekarang,,,ya jadi intropeksi,,,artinya kita tidak hanya duduk diam,,,seperti patung,,, tetapi mengoreksi diri,,,secara intensif,,,yang baik dikembangkan yang jelek dikurangi,,,hal baik yang belum muncul,,,segera dimunculkan,,,,harus diaplikasikan dalam tindakan nyata,,,,perbuatan nyata dalam kehidupan,,,,misalanya mengembangkan cinta kasih dalam meditasi,,,,ya segera juga dilakukan dalam kehidupan nyata,,,,tidak marah2,,,memberi kebahagiann untuk orang lain,,,,soo kurang optimal kalau hanya meditasi didalam pikiran,,tetapi setelah keluar selessai meditasi,,,,nggak tauu tindakannya,,,,meditasi tindakan nyata juga perlu dilakukan,,,secara kontinyuuu.



13. Konsentrari aj lom mantap gmna mo praktek vipassana,kuatkan dulu ketenangan bathin baru terusin vipassana,ntu seh teserah yg laen klo pd stuju ya ikutin,klo gak jg gpp,suka2 kau lah.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Tokoblanja Onln said…
Mengapa juga aku masih bertanya ?
tidak aawal sebuah perjalanan dimulai dari langkah pertama atau tidak sama sekali !
Tokoblanja Onln said…
Mengapa juga aku masih bertanya ?
tidakkah awal sebuah perjalanan dimulai dari langkah pertama atau tidak sama sekali !?!@$#@%$%^%$

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “