“JODOH ITU ADA, PERCAYA ATAU TIDAK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Pagi Bhante..Namo buddhaya

Apakah Bhante percaya ‘JODOH’ antar manusia,karena ini saya rasakan sendiri dalam pergaulan dan pekerjaan sehari-hari. seperti ada sesuatu tirai tipis menutupi diri kita sendiri.

semuanya hanya manis diawal dan pahit akhirnya...mohon pencerahannya dari teman2 dan Bhante...terima kasih

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kl yg ditanyakan: Apakah Bhante percaya ‘JODOH’ antar manusia?
Bhante jawab: Percaya ada Jodoh antar manusia.

Lalu dia cerita: karena ini saya rasakan sendiri dalam pergaulan dan pekerjaan sehari-hari, seperti ada sesuatu tirai tipis menutupi diri kita sendiri. Semuanya hanya manis diawal dan pahit akhirnya.
Yg bagian cerita sptnya tdk ada pertanyaan dan maksudnya apa?
Krn itu umat kl bertanya baiknya yg jelas, agar kami dpt membantu memberi pendapat dg benar dan berguna. Demikian pandangan bhante smg berguna dan maaf kl ada yg kurang berkenan dihati.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo Buddhaya Bhante, ini sbnrnya pertanyaannya kurang jelas bhante. Jodoh apa maksudnya?! Menurut saya, semenjak kita dikandungan kita sudah beejodoh dengan ortu kita. Jodoh antar sesama manusia itu dipengaruhi oleh karma yg kita perbuat.. Bagaimana bisa mnis pada awalnya dan pahit pd akhirnya saya tidak mengerti.. Yg jelas, kalo mmg org yg berjodoh dengan kita itu sudah selesai hutangnya terhadap kita mngkin tidak bertemu lagi, krna hutang karmanya telah habis.



2. namo buddhaya, bhante...saya percaya jodoh itu ada....jodoh itu banyak macamnya
bukan hanya jodoh percintaan antara lawan jenis aja....ada juga jodoh terhadap sesuatu seperti tempat pekerjaa,tempat yang kita kunjungi,tempat yg kita tinggalin, kita berteman di fb walau belum bertemu secara langsung& bertatap muka itu termasuk jodoh juga...dll...ada pertemuan ada juga perpisahan
mmg ada yg manis diawalnya pada akhirnya terasa pahit rasanya begitu juga sebaliknya diawalnya terasa pahit dan pada akhirnya terasa manis rasanya, begitulah kehidupan selalu sirih berganti, tidak menentu, ada yang singkat dan ada juga yang awet....tergantung diri kita sendiri, bagaimana kita menjalin suatu hubungan bisa terjalin lama atau sebentar, itulah bumbu - bumbu kehidupan...
tanpa cobaan & rintangan dunia ini terasa hambar, manis,asem,asin,pahit ramai rasanya...hehehe.....



3. he3 sy komen mnrt pandangan sy...seseorg ingin mencari pasangan hidup tentu harus nya jgn trlalu egois...smua harus sesuai keinginan sendiri...ttpi sadarkah apakah sendiri sesuai dgn keinginan dia?...jd soal pasangan apakah jodoh ato tidak mank tidak trlepas dr jodoh...bisa bertemu aja tu adalah jodoh...tp apakah jodoh itu bisa menjadi rumah tangga itu ada di keputusan diri sendiri masing2..jd sy ibaratkan kehidupan manusia sperti kehidupan sebatang pohon...di mana sesuai kamma kita pilih dahan yg mana...jd misal di dahan itu sangat panjang...sepanjang dahan itu kita menjumpai kerusakan dahan sikit itu rintangan hidup...menjumpai bunga2 ...itu jodoh hidup kita..jumpa buah2 itu rezeki kita...jd semakin kita lewati bunga2 tsb...trnyata di ujung dahan sudah tidak berbunga mk org tsb tidak brumah tangga di kehidupan ini...bgtu lah pendapat sy...mohon maaf jk ngaco...om mani pad me hum.



‎4. "Jodoh hadir bkn krn dicari, tetapi krn dipertemukan". Tp kdng kala stiap ad pertemuan jg ad perpisahan. Jd Tentu aj kita percaya "jodoh", Jodoh akan berakhir mgkin krn mmg nggak berjodoh.
Tp gk semua berakhir dg menyakitkan kok.., Hal yg terasa menyakitkan krn hati qta tdk mau menerima kenyataan klo sbnrnya dia "bkn jodoh kita". He he.




5. Betul Sonji, saya setuju jodoh bukan krn dicari tapi dipertemukan. Knapa bisa berjodoh ? Saya nga bisa menjawab seperti knapa saya bisa ketemu kalian disini ... Dan benar juga setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan karna dari pertama nya sudah begitu ada kelahiran ada kematian. Dan tidak semuanya manis di awal pahit di akhir karna dalam hidup ini tidak ada yang pasti ...selalu ada perubahan.. Bisa juga awal pahit trus manis jadi pahit lagi lalu manis lagi sampai akhirnya mati .. Dan jangan pernah menyerah bila belum berjodoh ... Berasa pahit kasih gula dikit biar manis ..seperti seduh kopi hahaha jadi ingat kopi deh , dah diksh gula tetap pahit coba bisa diminum nga .. dipaksain minum nga bisa ..mau gimana lagi terpaksa dibuang..ambil kopi yang lain lagi seduh lagi ...mungkin begitu pula jodoh..tidak jodoh sudah...tapi jangan menyerah. Maaf ya kalo komen nya nga berkenan.



6. pagi bhante dan teman teman, menurut amin jodoh itu ada , dan jodoh terjadi juga karena buat dari karma baik dan buruk , shingga kita didunia ini bisa bertemu orang yang baik kepada kita ada juga yang jahat dan benci dengan kita. Huang Philip ...hahaha dikira masalah pasangan hidup. Di pekerjaan makin banyak menemui masalah, kendala dan kamu bisa menghadapinya akan membuat kamu semakin ahli ... Masalah dan kendala2 yang ada baik di pekerjaan maupun pergaulan membuat kita belajar,belajar dan belajar ... Inilah hidup ... Dan kamu akan buat yang pahit jadi manis pada akhirnya .. Betul segala sesuatu itu semua di pertemukan oleh jodoh,jadi buat apa dicari cari , jika berjodoh pasti datang dan bertemu,hehehe.



7. Maaf teman"...pertanyaan diatas berasal dr saya...mksd dr pertanyaan tersbt lbh condong ke pergaulan dan pekerjaan,setiap sy akan memulai sesuatu pekerjaan,pd awalnya lancar..seiring waktu berjalan.. lambat laun semuanya pasti terbentur masalah,pasti ada saja kendala/halangan yg tidak bs kita prediksi ...dan harus kembali dr awal lagi...begini seterusnya...Terima kasih teman"..Mohon advicenya... Trims teman" atas perhatian dan sarannya......Terutama buat Bhante yg telah menjembatani masalah yg sy hadapi ini...sekali lagi terima kasih....sadhu.




8. Namo Buddhaya Bhante... Kalau menurut saya, semua makhluk terikat oleh kammanya sendiri dan menerima hasil dari kammanya sendiri. Kita bisa ketemu siapa, benci begitu melihat org si A atau si B, merasa kenal bgt walau pertama kali ketemu, kaya, pinter, rupawan semua hasil kamma lampau dan juga kamma sekarang yaitu kamma yg di buat saat ini dan di terima saat ini jg.

Dlm kehidupan ini bisa pny pasangan atau tdk, pny anak atau tidak tergantung jg kamma lampau dan kamma sekarang.

Walau himpunan kamma lampau kita tdk mencukupi u/ membuahkan kamma baik tp bila dlm kehidupan ini qt byk berbuat baik & usaha yg benar pasti akan membuahkan hasil yg baik jg. Tp walau himpunan kamma lampau kita besar tp di kehidupan ini kita menyia2kannya, kurang pinter dlm bertindak tetap akan berakhir buruk.

Manis di depan pahit di belakang, bs byk faktor, kemelekatan akan "ego" masing2 pasangan, tdk mau mengalah satu sama lain, kurangnnya pengertian sesama pasangan, kurangnya kepercayaan sesama pasangan, terlalu menuntutnya salah satu pasangan ataupun krn pacaran uda lama & banyak hal sepele2 sewaktu berdua masih pacaran tdk di ulangin lagi spt bilang simple "I love you", atau perhatiaan2 kecil spt "sudah makan belum", waktu sakit tanyakan "ada apa atau jengkuk" (tdk sprt waktu pdkt yg super perhatian sesama pasangan) & terlebih lagi salah satu pasangan yg terlalu menuntut tnp dia sadari lewat ego dia yg hanya krn "g ini kan co hrs gini2" atau "g ini kan ce, ga mau ini itu", segalanya harus di lihat ke dalam diri dan jg pasangan.

Demikian menurut saya bhante... Semoga bermanfaaat..Buat kakak huang philip.ya memang begitulah hidup seperti roda yang berbutar kadang diatas, kadang dibawah,jalan dan hidup manusia itu ngak ada yang tahu dan pasti , tergantung karma serta jodohnya.



9. jodoh pny bnyk arti dalam kehidupan qt,jodoh adalah sesuatu yg telah di garis kan kepada qt baik suka maupun duka. sebuah jodoh itu sendiri tidak bisa qt minta maupun qt tolak dan bersyukurlah atas apa yg telah diberikan kepada qt. perbanyak berdoa untuk memperbaiki karma qt dan memohon diberikan yg terbaik buat qt. berikanlah rasa hormat qt & berterima kasihlah pd saat awal qt ingin berdoa atas smua yg tlah diberikan kpd qt hr ini. demikian komen sy & mohon maaf jk sy salah memberi komen.sadhu.



10. Yang saya tau, jika kita sangat membenci orng maka kelak dikehidupan selanjutnya qta bs berjodoh lagi dengan org, begitu pula jika kita berbuat baik bersama" dikehidupan ini qta juga dapat berjodoh dengan orng itu. Jd ada 2 hal yg membuat qta bisa berjodoh dengan seseorng.



11. kita harus percaya bahwa jodoh antar manusia itu ada, tp itu hanya Tuhan yang tahu. begitu juga kematian dan rejeki kita yakin ada dan itu hanya Tuhan yang tahu. manusia hanya bisa berencana dan berusaha tapi Tuhanlah yang menentukan. itulah sifat manusia selalu bermanja2, mesra , romantis saat pertama tp begitu lama waktu berjalan muncul persoalan, baik ekonomi ..anak2...beda pendapat dg pasangan itu pasti.untuk itu dalam keluarga harus kuat dasar agamanya atau keimanannya.



12. Iya Bhante , betul juga ada yang tanya jodoh apa ? Biasa nya sih orang menanyakan jodoh u pasangan hidup,persahabatan..tapi nga tau kalo u penanya kali ini ...tapi nga apa ntar bisa dipilah pilih sendiri u komen2 nya . jika berani mencintai berarti hrs berani disakiti...tdk hny jodoh manis diawal tp pait sesudahny...semua yg kita lakukan pasti bgt kecuali praktek dharma...setau sy si bgt...maaf kl slh... kita disini berteman sama siapapun itu juga karena jodoh seandainya semuanya hanya manis diawal dan pahit akhirnya, itu karena manusianya tidak tulus, kalau misalnya tulus tidak akan pahit akhirnya... ini hanya opini saya, maaf kalau ada yang tidak berkenan.



Namo Buddhaya ....All......Klau menurut saya ini semuanya karena Karma kita sendiri,jd di waktu Karma baik berbuah jgn lupa menanam kembali karma baik,jgn sampai terlena menikmatin terus karma baik yg berbuah,,,,yg terus di petik dan khirnya habis,krn tinggal karma buruk yg berbuah,,jgn di ssalkan ambil hikmahnya tdk apa kita menerima pahit tapi merupakan obat buat kita,,dari pada menikmatin yg manis tapi merupakan Racun utk tubuh kita,,,,,,ini lah hidup ada susah-senang,sedih-gembira,karena tdk ada yg ABADI,belajarlah utk MELEPAS,,,,,ini menurut sy jika tdk bener Maaf ya......Thx. lahir,hidup,jodoh,maut, ... Tiada yg tahu...lebih baik jalanin sesuai prosedur yg ada dlm Dhamma...awal & akhir semua itu serahkan saja kepada ALam Semesta ini...terpenting memenuhi norma2/Akhlak yg baik ...slmt siang Bhante...SSMHB.



Wah, kalo soal motivasi kerjaan, follow aja mario teguh.. Mantabs... Semua masalah pasti bisa diselesaikan, kalo memang berat, coba aja diterima dulu dalam arti kata, bener2 menerima keadaan tersebut memang berat, selanjutnya dipikirkan apa solusinya.. Yg jelas kita harus + thinking.. kalo sampai mulai lagi dari awal, berarti kita harus belajar dan belajar lagi... Yups saya percaya jodoh.. Dalam bentuh apapun.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “