“ PACAR BEDA AGAMA, ORTU TDK MERESTUI, GIMANA CARANYA AGAR ORTU KASIH RESTU “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya: sy ingin minta solusi. Sy punya pacar yg berbeda suku tp agamanya sama Buddha.Orang tua sy tdk merestui kami berdua, kami harus gimana bhante?

Apa yg harus kami perbuat? Agar Ortu merestui kami berdua.Terima kasih.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Kesimpulan: Teman2 maaf kl komen bhante salah. Kl msh tahap pacaran jng takut ditinggal pacar krn tdk direstui oleh ortu. Namun, coba ajak pacar anda utk menunjukan rasa bakti dan hormat kpd ortu dg tulus hati. Misalnya, dg membantu pekerjaan ortu, memberi makanan yg enak2, pakaian dsb. Banyk orang yg awalnya benci atau tdk suka kl sering diberi hadiah2, dan kebaikkan hati, lama2 hati ortu melunak dan dpt menerima apa adanya.

Yg penting seorang anak bila tdk diterima ortu, jng melawan tp justru di dekati dg kerendahan hati. Inilah saran dan pendapat yg bhante sampaikan semoga dpt berguna dan dicoba siapa tahu akan berhasil spt apa yg anda cita2kan.




T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. PERTANYAAN YG SANGAT BERBOBOT....

1. PERBEDAAN SUKU....
siapa yg merasa bahwa dia keturunan suku *A* .... yg berdarah 100% suku *A* tanpa ada campuran darah di-LELUHURNYA dgn suku lainnya .... ?????????

... 2. PERBEDAAN AGAMA....
AGAMA = AGEMAN = PEDOMAN JALAN HIDUP
Ajaran-aliran 1 dan lainnya saling melengkapi, diambil yg baik utk melengkapi yg lainnya.

Sebagai contohnya.....
-SAYA-SUAMI- KETURUNAN TIONGHWA....pd saat kecil sangat terikat dgn tradisi KONGHUCHU. sering ke VIHARA & KLENTENG....SEKOLAH dgn pendidikan dasarnya KRISTEN dr TK sampai SMA. UNIVERSITAS di LONDON - UK. Berkumpul dengan Mahasiswa berbagai SUKU-NEGARA diseantero jagat dgn beragam AGAMA-KEPERCAYAANNYA. Disaat malam, kami berbincang & bertukar pikiran mengenai masalah termasuk membahas berbagai persoalan sosial & kepercayaan masing.

-ISTRI- KETURUNAN JAWA....
dr keluarga besar pendiri PONPES *1870* dikota Jombang - JATIM.
pd saat kecil sampai besar selalu menjalankan syariatnya & mengetrapkan apa yg tertulis didalm Kitab Suci AL-QURAN.

SETELAH MENIKAH.....
Dlm waktu perjalan hidup berumah tangga,
awalnya saya melihat & mengalami bahwasanya apa yg dijalankan dlm kehidupan sehari-2nya sangat baik & bijaksana dlm KEWAJIBANNYA seorang ISTRI ~100%-TANPA-CACAT ~.
Saya melihat & mempelajari bahwasanya JALAN HIDUPNYA sekarang ini adalah menjalan SYARIATNYA secara IKHLAS & TAWAKHAL sesuai ajaran-Agamanya.

AKHIRNYA, saya memutuskan dgn MANTAP & TANPA PAKSAAN utk mengikuti & menjalankan PETUNJUK JALAN KEBENARAN sesuai dgn ajaran AGAMA-ISLAM.

~~~TIDAK ADA PERTENGKARAN atau selisih faham didlm kehidupan rumah tangga ini sampai hari ini ~~~

CATATAN.....
SEBUAH RUMAH TANGGA ADALAH BERSATUNYA 2-SISI yg berlainan (IM & YANG ).

TUGAS SEORANG
-SUAMI- kepala rumah tangga & PEMIMPIN keluarganya. Mencari nafkah utk keluarganya.
--ISTRI-- Mengurus suami & anak-2nya, termasuk isi didalam rumah tangganya.

Kl sang Suami atau Istri berbuat JELEK, ini akan menjadi PANUTAN KELUARGA.

SUAMI-ISTRI HARUS !!!!!!! Saling berkomunikasi, saling menyetujui, saling keterbukaan, saling menghormati, saling menyayangi-mencintai & saling memberi.

> SEBAGAI ORANG TUA.
harus menyadari bahwa perkawinan anaknya adalah hak dr anaknya krn yang akan menjalani kehidupan sampai dihari tuanya adalah anak-2-nya.
kita sebagai orang tua hanya memberikan nasehat-saran yg terbaik menurut pandangan kita, tp keputusanannya ada ditangan mereka sendiri.



2. maaf ikut share bhante,kalo menurut saya,kembali menyangkut mslh tradisi.memilih pasangan u/anak,org tua berusaha memilihkan yg terbaik.baik dr sisi tradisi yg memang udah menjadi keyakinan ortu,yg dianggap yg terbaik,walaupun bkn yg terbaik bg sang anak.tp alangkah baiknya sbg anak tetap respek dan hormat dg ortu,dg keyakinan itu td,bahwa ortu berusaha memberi yg terbaik.jalani aja hub.anda.kenapa demikian?karena udah ada kecocokan persamaan keyakinan,agama td.itu yg utama.perlu pembicaraan dg ortu. dg santai,dg melihat sikon yg tepat.tp tanpa maksut menentang atau dg emosi tinggi.bersabarlah.berusahalah anda dan pasangan anda mengadakan pendekatan dg ortu.mungkin dg waktu kekerasan dan ketidak setujuan ortu dapat mencair dan merestui hubungan anda berdua.jangan patah semangat tetaplah komit,bahwa apapun yg terjadi hub.anda tdk tergoyahkan dan selalu dpt melewati setiap halangan yg menghadang...anumodana.



3. Pbedaan antara suku memang sangat sulit penyelesaianya tp brusahalah untuk mgerti org tua n keadaan,coba km braek dl sambil mberikan contoh yg baik antara pbedaan suku jgn tentang dl org kita beri mereka waktu bt bpikir n teruslah berbut kebajikan semoga jodoh kalian panjang,karma baiklah yg bs mbantu.



4. Sbenarnya bukan hanya perbedaan suku yg dilihat orang tua. tapi pasti ad sebab lain yg dipikirkan org tua agar anaknya hidup bahagia.... tapi sayangnya kebanyakan orang akan paham perasaan tsb jikalau mreka telah menjadi org tua.
kalau org tua tidak syg, org tua tdk akan pduli anknya mau gmn. kalau orang tua sudah tidak merestui biasa nya sudah ada tanda2 kurang bagus, dalam artinya ke depannya biasa tidak langgeng.....



5. Amithofo Bhante. Menurt sy perbedaan suku no problem asal 1 agama. Jadi komunikasi lbh gampg kalo 1 keyakinan. Anie sulaiman@setuju buanget buat pndapatnya. Org tua pasti mau ksh yg terbaik buat anak2nya,mungkin tdk setuju krn orgnya bkn krn suku nya,tp selama pacaran ada perubahan sikapp yg baik pasti di Restui. Kayaknya jalani ja dech,mg apa slhnya dngan suku.n ksh pngrtian lg ma ortu.



6. Selamat pagi... B'Sudhammacaro & tmn2. Salam sejahtera utk kt semua. Menurt sy, semua orangtua pasti menginginkan yg terbaik Dan tdk rela melihat anaknya hdp susah. Mengapa orang tua tersbt tdk setuju ? Pasti Ada sebab. Carilah terus penyebabnya, berikan pengertian-pengertian. Coba terus. Cari orang yg tepat, orang yg Biasa orang tua kita dekat .Jk buntu, jangan lupa surga Ada ditelapak kaki Ibu Dan kalau memang jodoh, tdk akan kemana. Balik lagi ke Kamma. Mohon maaf jika salah. Thank's all.



7. kalau soal nikah beda agama susah......lebih baik salah satu hrs mengalah,mau ikut yg mana,,,,,,,,kalau tdk waktu acara buat akta nikah saja ikut suami atau suami ikut agama calon istri sesudah acara nikah selesai ...kembali ke percayaan masing2..asal tdk ada yg keberataan termasuk calon mertua..kalau tdk setuju yah terpaksa ikut agama suami.......kalau dirinya tak mau yah cari calon suami yg lain lagi saja.dr pada nikah berumah tangga tiap hari cm ribut soal kepercayaan agama saja.



8. orang tua selalu menganjurkan menikahlah dengan yang sejalan... sudah sejalan ternyata tersandung lagi dengan perbedaan lain... waahh mboh bhante hehehhee..... mau ngopi dulu baru isa berpikir.... jangan menikah jadilah pembabar dhamma aja.. hehhhee... kaco deh saya pagi2 .... namo buddhaya met pqgi bhante n teman2, jalani saja sesuai kesadaran sendiri karena ke depan kita tidak tahu seperti apa.


9. pagi bhante dan teman-teman , kalau masalah setuju atau tidak setuju jalani aja , jika pilihan anda sudah tepat jalani terus,memang sudah sejak dahulu , cinta itu butuh perjuangan dari jamannya sam pek dan eng thay ,trus romeo and juliet , samsul dan siti nurbaya,mereka tetap berjuang untuk cinta mereka,hahahaha.nanti kedepan juga orang tua bisa mengerti keputusan anda.Bicarakan bagaimana baiknya brsama pasangan,benar org tua pasti inginkan yg terbaik untuk anaknya.
Jangan sampai hub yg kita jalin,melukai apa lagi membuat orang tua kita menderita..


10. Orang tua tdk memberikan ijin adalah benar, semua orang tua menginginkan kebahagiaan anaknya dalam suatu pernikahan, perbedaan suku berarti perbedaan adat istiadat maupun kebiasaan sehari hari antar 2 keluarga. pernikahan bukan hanya penyatuan 2 orang yg menjalaninya namun juga 2 keluarga. resiko perceraian perceraian selalu ada.......namun semuanya dapat diatasi kalau masing2 pihak mau mengerti dan menjalani adat istiadat yg berlalku di 2 keluarga. Akhirnya semua tergantung kepada ke 2 orang yg menjalaninya dan ke 2 keluarga seberapa jauh dapat beradaptasi dalam pembinaan suatu keluarga yg harmonis........



11. TAMBAHAN....-1- Wanita-Istri suka bersolek dan menghiaskan diri.
Dia menghias diri bukan untuk suaminya tetapi untuk ditujukkan kepada dunia.
Suka melawan.
Uangnya dihabiskan untuk membeli make-up, kasut dan barang kemas, suka belanja mewah yg tdk diperlukan didlm kehidupan rumah tangganya.
Wanita seperti ini juga sangat suka dipuji-puji.
Kalau dia kebetulan menjadi isteri orang ternama dan menjadi pula ketua dalam kumpulan itu, orang lain tidak boleh mengungguli dirinya.

-2- Kl suami pergi kerja, sang istri suka ke salon, ke mall, rapat & ngrumpi seharian, sampai kadang-2 suami sudah pulang dr kerjanya sang istri msh blm pulang rumah.

-3- Kl makan suka yg mewah & mahal, padahal penghasilan sang suami tidak terlalu besar bahkan tidak cukup utk kebutuhan didlm kesehariannya, tetapi sang istri tetap TDK-MAU-TAU.

-4- kl dia marah ketika makan, dan tidak mau makan kecuali dipisah dengan yang lain dan disendirikan bagiannya.

apakah wanita-istri spt ini yg bisa menjadi pendamping hidup sang pria-suami?

JODOH PILIHAN ORANG TUA.......Jaman dahoeloe kala, memang banyak pasangan suami-istri berdasarkan PILIHAN ORG-TUA, krn pd saat itu kehidupan anak-cucunya DITANGGUNG oleh org-tuanya. Jaman sekarang, kehidupan sehari-2nya suami-istri tsb ditanggung oleh mereka sendiri, jangankan org-tuanya bahkan saudara sendiri saja TDK MAU TAU.
RESTU DR ORANG TUA.....

Sebaiknya memang direstui oleh Orangtuanya masing-2.
tetapi kadang kala & sering terjadi adalah pilihan kita BELUM TENTU DISETUJUI ORG-TUA kita.

Tetapi seandainya pilihan kita tdk sesuai dgn HATI-NURANI kita, trus bagaimana ??????

Dulu semasa SAYA msh muda-bujang, ada gadis pilihan org-tua saya, cantik & KAYA-RAYA anaknya salah-1-KONGGLOMERAT.

Saya tdk mau menerima krn kl dr keluarga tsb pasti maunya SAK-KAREP-DEWE, ngk bisa diajak KOMPROMI, sdh kebiasaan hidup WAHHHHHH.

Akhirnya saya memilih pasangan-hidup saya sesuai dengan HATI-NURANI saya.
Sampai hari ini berjalan sgt NIKMAT & BAHAGIA bagaikan SURGA-NIRWANA didunia ini.

Didlm perjalanannya, setelah org-tua melihat bahwa pilihan saya BENAR & bisa MEMBAHAGIAKAN.


12. Menarik sekali pertanyaannya.. Intinya.. Klo ortu tidak setuju kena suku mndink stop aj hub e dgn cpat sih drpda djalanin lama... Hub itu kan tidak harus dipaksakan apa lagi klo msih seorang pacar.. Orang tua mana yg tidak mao anaknya bahagia.. Anak pun sharusnya mengerti perasaan orang tua.. Hahaa.


13. ini masalah klasik tp sy coba untuk mengomentarinya...keridlohan orang tua dalam hal kebaikan menurut tuntunan agama adalah keridlohan Tuhan. kita harus berbakti kepada orang tua, termasuk hal pacar orangyang akan masuk dalam lingkungan keluarga haruslah kepribadian nya jg jgn bertentangan harapan orang tua kita.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “