Fenomena Dhamma

Sunday, February 05, 2012

“ SURGA DAN NERAKA AGAMA BUDDHA SM ATAU TDK DG AGAMA LAIN, NIBBANA APA HANYA MILIK AGAMA BUDDHA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya bhante :) Sblmnya trims udh add ... w ingin bertanya,, apakah surga n neraka agama Buddha sama dg agm lain / berbeda?

N apakah Penjga nerakanya blh d bs di suap/sogok dg duit ato dg apa agr orang dpt prgi/ pindah dr neraka ke surga?

Apa hnya agma Buddha yg memiliki Nibbhana? Mohn Pencerahan teman2 d bhante yah trims.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

Walaupun kita blm ke alam surga dan neraka apalagi Nibbana, namun kita tahu dari ajaran Agama termasuk Buddha. Yg menyatakan surga (alam Dewa) itu alam yg penuh Kebahagiaan, dihuni oleh orang yg sdh mati akibat dari Karma baiknya semasa msh hdp di dunia. Sebaliknya, neraka ialah alam yg penuh derita, siksaan dsb, yg dihuni oleh orang yg sdh mati akibat dari Karma buruknya semasa msh hdp di dunia.

Sedangkan Nibbana ialah bukan alam makhluk hdp, krn sdh diluar 31 alam kehidupan, menurut Buddha. Nibbana tdk dpt diutara dg kata2, hanya dpt diselami, dirasakan oleh orang yg telah mencapai Kesucian batin tertinggi Arahat.

Semuanya, baik alam Dewa (surga), neraka, maupun Nibbana adalah Universal, jd tiap orang punya hak ke sana dan menikmatinya. Dg kekuatan karma baik dan buruknya masing2 orang.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


1. hahahahaha, ini perdebatan yg seru.....ibarat kita bertanya mana telor atau ayam duluan.....maaf kl saya orang awam & bodoh, krn belum pernah keatas atau kebawah, apalagi ke neraka atau ke surga. ini pengalamann pribadi saya sendiri....
sewaktu kecil, saya bersama papa pernah membeli rumah-2an, mobil, pesawat terbang & uang kertas, utk dibakar buat engkong saya. waktu itu dibakar di kelenteng di jln Jagalan - sby. yg mau dibakar dipisah 2-sisi. setelah sekian thn, pas itu papa ke kelenteng Nyamplungan bicara-2 dgn suhunya.

papa jg menyinggung apakah kl dikirimin kertas tsb bs nyampai ??????
Suhunya bilang bisa & papa minta digambarkan...... > 1jam lagi suhunya keluar dgn gambar sketsa, ternyata cocok posisinya, jamnya & macam barangnya yg disebelah kiri itu apa & yg kanan brgnya apa saja. jg ditulis dimana dibakarnya + jamnya tepat sekali.
Suhunya bilang brg kirimannya sdh diterima engkong & ada titip salam terima kasih.???????

hanya saja, sekarang ini kita hidup didunia,
HARUS menjalankan-mematuhi semua perintah-ajaran "NYA" (apapun agama-kepercayaannya) termasuk MENIKMATI SURGA DUNIA dulu.
setelah kita sdh tau & mengerti nikmatnya Surga Dunia barulah kita bisa mengerti bahwa Surga-Akherat yg dijanjikan itu JAUH lebih nikmat dr Surga-Duniawi saat ini.



2. Ini fakta & nyata alias TDK BOHONG..Semalam, Almarhum mama kandung saya, datang hanya berpesan, tlg makamnya minta dibersihkan & minta dikasih sesajen nasi kuning + mie. ? Maklum sdh 5thn belum berkunjung kesana sejak pindah rumah. Mau percaya ... Ok. ng percaya... Silahkan." TDK PERLU DIPERDEBATKAN " Rumah = makam. Sebelum mereka menjadi mahkluk halus "GAIB", mereka dahulunya adalah Mahkluk seperti kita < MANUSIA>. Kehidupan dialam sana sama spt disini, ada pasar gaibnya, ada bank gaibnya dll. jd mohon dimengerti, kl kita membicarakan alam gaib adalah spt alam nyata. Hanya 11111111-pesanku...jgn bermain-2 dgn dgn alam gaib, krn mereka isa menipu manusia..tp manusia TDK-BISA menipu gaib..




3. Namo buddhaya,,,,kalau setahu saya ada.mbah buyut saya waktu wafat muncul wangi melati semerbak,bahka beliau semasa hidup di penuhi KAROMAH(bisa dikatakan mukjizat/keajaiban)bagi yg membutuhkan,surga tuh mnurut saya alam dewa memang masa yg panjang (tergantung Karma juga)seberapa lama ia di sana ?begitupun dengan neraka.SOGOK PAKAI KARMA BAIK ANDA. Agama ada beraneka ragam di dunia tpi surga / nirwana dan neraka hanya ada 1.


4. Newbie Jawab sebisanya, maaf klo salah, 1. Surga n neraka sama adanya, cm pemahaman n konsep tiap agama berbeda2. 2. Pertanyaan ini mgkin muncul karena tradisi bakar kertas/rumah2an n sesembahan daging (samcian, ikan bandeng n dll) sampe skrg keluarga saya msh ngelakuin nih, padahal dah diingatkan ga usah #TepokJidat. Nyatanya, dr surga ke neraka bukan karena sogokan, tp karma baiknya berbuah dan jreng jreng jreng pindah ke surga..
3. Nibhana milik setiap org, bukan hanya agama buddha, tp cara mencapai nya sulitt bgt..



5. Waduh kalau saya enak milih Neraka karena ada discotik, bisa bersenang senang tahunya asyik de... Kalau Surga aduh repot tiap hari harus baca mantra, lalu harus penuh kesadaran, meditasi, vegetarian... Ah... Biar gimana enak neraka... Tapi kalau bisa masuk nerakanya pada bulan promosi.. Kalau tak ada bulan promosi ogah... Takut dilalap api... hahaha.


6. bener Bhante duit dibakar tak sayg,pdhal mahal lho.harg mercon..coba suruh lilitin uang bakar tuh uang pasti syg,,,dia org mgkn mau meramaikan thn baru tak apalah sthn sekali tdk tiap hari nanti kit koment2 syg duit dibakar tuh pabrik mercon pd bangkrut kasian bhante,kita sama2 cari uang cari keuntungan,okey,dan untuk mencari yg AMAN kita pilih yg tengah2 saja...bisa ke knan bisa ke kiri bisa kembali ketengah ,,modal cari AMAN saja,hahah. okey Bhante saya akan belajar,,,kalau bisa tak marah2 emosi ,maklumlah masih manusia........bay2 dulu ya,,,zai jian.
tuh bhantenya masih pikir2dulu,,,katanya kau dululah jln aku masih banyak kerjaan,KU lihat dulu perubahanmu setelah plg dr neraka ktnya,hahah,

Memang saya off di stasiun tv dulu.. Soalnya saya diajak anda jalan2 dulu khan.. Bgmn klo bhante'nya di ajak juga.. Ha5x.. Klo ke bei jing sama bhante, saya juga lom tau.. Mungkin ntar sehabis tugas dulu khan.. Ke neraka dulu trus ke sorga via bei jing.. Setuju ga tuh nyoo. Maklumlah bhante.. Namanya juga sutradara, semakin panjang episode'nya khan semakin dpt duit banyak khan.. Ha5x.. Saya pamit dulu bhante.. Namo buddhaya.. hmmm.... tentu saya akan mengikuti anda dulu yaa... salam.



7. Halo Bhante sory siap2 sembayang buat malem taun baru nich.. dulu saya selalu ikut nenek saya sembayang taun baru jadi sedikit banyak tahu..and setelah merit saya praktekan.. xixixi rasanya kalo taun baru belum sembayang tengah malem ga apdol Bhante...ayo Bhante mampir ke singapore,,,,kabarin ya kalo Bhante mau ke sini...di tunggu loh... maaf Bhante boleh bertanya pada saudara trah: kalo boleh tau pasang dupa 9 biji jam 9 malem itu buat apa kegunaan nya? and kalo saya di singapore jadi nya jam 10 ya?



8. Namo buddhaya Met mlm bhante asyik ada yg nemenin begadang. hi Bhante... saya jadi ngakak nich.. yg tadi nya ngantuk baca tulisan Bhante jadi seger lagi wkwwkwk iya nanti meli doain dech buat Bhante.. kalo meli pulang indo meli mampir dech dech ke Bhante,, minta no telp nya ya Bhante di inbox... Gong XI Fat Chai Bhante,,, udah jam 00 nich.. pamit mo sembayang dulu yach.



9. Namo Budhaya Bhante... saya terus terang ingin tahu juga nich.. karena pengetahuan saya tentang hal ini sangat kurang.. saya pernah dengar kalo yg bakar uang2 itu untuk leluhur or mahkluh halus yg ada di alam neraka..artinya kita kirim uang pada mereka. karena mereka membutuhkan tapi kalo mereka yg terlahir di alam baik tidak membutuhkan nya.. karena teman saya pernah mengalami nya (mama nya meninggal sebulan kemudian mimpi mama nya datang ingin selimut dsbnya teman saya yg beragama lain terpaksa datang ke vihara and minta Bhante mendoakan mama nya karena sudah di sembayangkan menurut agama dia, mama nya tetep saja datang)tapi kalo sogok menyogok itu pernah saya dengar juga tapi saya tidah jelas..mohon pencerahan nya..



10. Di dalam agama buddha alam kehidupan ada 31 alam,4 alam rendah,1 alam manusia,6 alam surga dan 16 alam brahma,4 alam jhana tanpa bentuk,kl di agama lain mereka hanya mengenal 2 alam yaitu alam surga dan nereka,kl di agama buddha surga mempunyai tingkatan,orang terlahir di alam surga sesuai dgn perbuatan nya,perbuatan manusia di dunia ini tdk ada yg sama mka nya surga ada tingkatan nya sesuai dgn kbjikan yg di perbuat,di agama budha tdk ada istilah sogok mnyogok,karna org yg terlahir di mana pun itu hasil dr perbuatan mereka..di luar 31 alam kehidupan agama buddha mengenal nama nya nibbana,nibbana itu bukan alam tapi melebihi dari alam karna nibbana melampaui dualisme..nibbana itu sulit di jelas kan dgn kata2,,,kl kt g tau rasa manis kt g akan tau rasa manis itu kayak apa rasa nya..salam metta...



11. sama ajalah surga dan neraka di agama manapun. kita sama2 tak tau bgm neraka atau surga, kan blm mati, tp sering diumpamakan duka dlm idup ibarat neraka. suka sama dgn surga. sebenarnya utk pa meributkan keberadaan surga dan neraka. cm di dongeng aj, penjaga neraka bisa disogok. ibarat batu pasti tenggelam dlm air begitu jg perbuatan buruk bs membawa kita terlahir di neraka. begitu jg ibarat minyak yg pasti terapung di atas air, bgt jg perbuatan baik akan membawa kt ke surga. org yg uda pernah merasakan neraka baru ingin ke surga. kalo kita tdk pernah merasakan dampak perbuatan jahat, pasti susah bg kita utk buat baik.



12. Namo Budhaya Bante saya akan Menjawabnya Maaf jika salah dan mohon di ralat supaya sempurna

Setiap manusia mempunyai karmanya sendiri baik / buruk itulah yang di punya dan iya lakukan didunia ini

Dimana Setelah ia meninggal apa yang di perbuatnya mempunyai catatan karmanya sendiri dari karma yang ia perbuat baik/buruk dimana iya akan mendapatkan tempat yang sesuai entah di alam sana sesuai tingkatannya

Jadi Intinya Setelah kita meninggal mewariskan karma sendiri maka disitu tercatatlah hsil warisan kita dan dimanakah akan ditempatka jadi mana bisa disana main sogokan seperti dialam manusia

Perbanyak lah Karma baik di alam manusia maka akan indah pada saatnya walaupun itu berat,susah dan ga ada yang enak.

Sabbe Satta Bhawantu Sukitata-Semoga semua Makhluk hidup berbahagia



13. Wah bhante jawabannya ini agak susah juga nih,,kalo tdk bnr kasih saran malu maluin Agama NENEK moyong GUa nih...musti terjun dulu ke TKP / tempat kejadian Pertannyaan NIh,supaya gua jawab tidak jangan pakai ALIs atau panjangnya Asal TUlis..saja....Harap BHante Tunggu yg SAbar ,mau meditasi dulu supaya bisa terjun keTKp,,dan kalau raga saya sdh keluar akan saya tanyakan kepada PARA DEWA yang berada Di ANGkasa LUAR..dan kalau lama sekali saya tidak kasih KOment.BERarti JASAD saya TDK bisa KELUar....!!!!!


14. Sang Budha telah membabarkan 31 alam kehidupan setelah kita meninggal dunia, kita yg menentukan alam mana yang mau kita kehendaki. Agama lain hanya surga dan neraka (baik atau buruk) semua tergantung kamma kita sendiri. Kamma yang kita buat tdk ada dpt diwakili apa lagi disogok seperti wacana diatas.



15.Tan kok hoat/jaksa BAO.
包青天/pao qing tian,您好nihao!如果ruguo有人带you re dai您去走走niqu zouzou,您答nin da;为什么不weishenme bu?
如果有两个人要带你去走走,
ruguo you liang geren yao dai ni qu zouzou
第一个人说;要带至您去看天堂
di yigeren shuo:yao daize nin qu kan tian dang
第二个人说:要带至你去看地狱
di ergeren shuo:yao daize ni qu kan diyu
你要选择去哪一路?先去看天堂或是先去看地狱?
ni yao xuanze qu na yilu?xian qu tiantang huoshi xian qu kan diyu?
为什么?
weishenme?
jaksa BAO,haloo!kalau ada yg bawa anda jln2 ,anda jwb: mengapa tidak?
kalau ada 2org yg mau bawa anda pergi jln2, org pertama:akan bawa anda ke Surga,
org kedua:akan bawa anda ke NERaka, anda mau memilih jln yg mana dulu?
mengapa? kalau jwban buat soal neraka ,saya binggung,,,kalau bilang surga di agama lain,atau berkata tentang neraka,belum pernah ada saksi yg bener2 bs ditanggung jwbkan karena para saksinya belum pernah ke surga atau nibana atau neraka .trus bersaksi tentang apa yg di bener2 di alaminya.semua tergantung kepercayaan nenek moyangnya atau org kepercayaan masing2,kalau percaya ya ada,kalau tak percaya ya tak apa apa,hahah!!!



16. Bhante permisi saya mau tny dulu dng Jaksa bao....hahah pengen tahu saja ,dia pilih yg mana,,,hahah. lagi zok gong zao loi/kerja cari duit,,,!!!! hahah mei lah,duo xiexie nin bi geng wo congming la/tdklah anda lebih pintar dr saya,,,makasih. kalau saya pilih menurut apa kata pepatah dadulu kala,nyaitu berakit2ke hulu berenang2 kemudian bersakit2 dahulu senang kemudian,jadi pilih ikut ke NERAKa dulu,baru ke surga Bhante hehehhe,,,, kalau jwban buat soal neraka ,saya binggung,,,kalau bilang surga di agama lain,atau berkata tentang neraka,belum pernah ada saksi yg bener2 bs ditanggung jwbkan karena para saksinya belum pernah ke surga atau nibana atau neraka .trus bersaksi tentang apa yg di bener2 di alaminya.semua tergantung kepercayaan nenek moyangnya atau org kepercayaan masing2,kalau percaya ya ada,kalau tak percaya ya tak apa apa,hahah!!!




17. alasannya knp tuh kan derita.. kalau pertama tahu yg menderita setelah jln keneraka pulang aku akan takut,terbuka hatiku dan akan melakukan semua perbuatan2 yg bisa membawaku ke surga,,nantinya,kalau ke surga dahulu tak tahu bagaimana itu NERAKa maka seplg jln2 tdk ada pencerahan yg ada setiap hari berandaikan disurga enaknya disn,,,!!!dan kalau dibawa ke neraka pasti tak mau krn tahu dr semua crita2 neraka itu menderita,yang pasti aku mau ke surgalah nantinya tapi apakah bisa?tak tahulah,,,,itu rahasia surga. salam jaksa bao.......lama nih tdk masuk serial tv lagi, jawaban anda sangat singkat dan jls tak bertele2,,baguslah,,,yuk sakit dulu,hahah.



18. alasannya knp tuh kan derita..kalau pertama tahu yg menderita setelah jln keneraka pulang aku akan takut,terbuka hatiku dan akan melakukan semua perbuatan2 yg bisa membawaku ke surga,,nantinya,kalau ke surga dahulu tak tahu bagaimana itu NERAKa maka seplg jln2 tdk ada pencerahan yg ada setiap hari berandaikan disurga enaknya disn,,,!!!dan kalau dibawa ke neraka pasti tak mau krn tahu dr semua crita2 neraka itu menderita,yang pasti aku mau ke surgalah nantinya tapi apakah bisa?tak tahulah,,,,itu rahasia surga. salam jaksa bao.......lama nih tdk masuk serial tv lagi, jawaban anda sangat singkat dan jls tak bertele2,,baguslah,,,yuk sakit dulu,hahah.


19. bener Bhante duit dibakar tak sayg,pdhal mahal lho.harg mercon..coba suruh lilitin uang bakar tuh uang pasti syg,,,dia org mgkn mau meramaikan thn baru tak apalah sthn sekali tdk tiap hari nanti kit koment2 syg duit dibakar tuh pabrik mercon pd bangkrut kasian bhante,kita sama2 cari uang cari keuntungan,okey,dan untuk mencari yg AMAN kita pilih yg tengah2 saja...bisa ke knan bisa ke kiri bisa kembali ketengah ,,modal cari AMAN saja,hahah.



20. Namo Buddhaya....Menurut pendapat saya,setiap agama pasti mempunyai 2 tempat yang akan dipilih oleh semua umat manusia.Yang pertama,adalah surga.Nah,surga adalah tempat dimana para manusia berbuat kebajikan semasa hidupnya.Jadi,jika anda berbuat baik,semoga anda dilahirkan di tempat ini.Yang kedua adalah neraka.Nah,neraka adalah tempat dimana para umat selalu berbuat kejahatan.Jadi,jika anda berbuat kejahatan,cepatlah bertobat.Di dalam agama Buddha,kita dikenal dengan 31 alam kehidupan.Nah 31 alam kehidupan ini terdapat 4 alam menyedihkan,kemudian 1 alam manusia dan sisanya adalah alam surga,dimana para umat yang selalu berbuat baik akan dilahirkan di tempat ini,sampai Kamma baik di surganya habis.Sedangkan,jika orang yang dilahirkan di neraka,haruslah mengalami penderitaan yang berlimpah-limpah.Itu karena perbuatan semasa hidupnya selalu berbuat kejahatan.Nah,perlu diketahui,bahwasanya jika seseorang terlahir di alam itu,maka harus mengalami penderitaan yang berat sekali.

Kemudian,katanya apakah penjaga neraka bisa disuap?Jawabannya,kalau di alam manusia,semua bisa terjadi suap-menyuap kan?Nah,akan tetapi,kalau untuk agama,baik dalam agama Buddha ataupun agama lainnya,jika bisa ditawar dari yang masuk neraka ke masuk surga,apa bedanya surga tersebut dengan neraka?Jadi,jika hari ini yang namanya Giam Lo Ong sudah akan mencabut nyawa anda,maka anda sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi.Karena ini sudah waktu anda untuk meninggalkan dunia ini.Jadi,ingatlah bahwa tidak ada "tawar-menawar" layaknya pasar.
Yang ketiga,apa arti Nibbana yang sesungguhnya?Nibbana adalah alam dimana tidak dilahirkan kembali.Betul tidak?Nah,jadi Nibbana itu ada dalam setiap agama,bukan tidak ada.Cuma persepsinya berbeda saja.

Kesimpulan:Setiap agama mempunyai persepsi dan konsepnya sendiri.Baik surga ataupun neraka,semuanya sama.Tidak ada yang berbeda.Nibbana pun juga tidak akan berbeda,hanya saja namanya yang berbeda atau dengan kata lain sebutan yang berbeda.
Itu saja yang bisa saya sampaikan,mohon maaf jika ada kesalahan.
Namo Buddhaya...


20. wadu kurang tahu ya amin,....belum pernah pergi kesana sih...wkwkwkwkw.ya semua perbuatan ada hukumnya maka itu ... maka dari itu neraka dan surga di buat...ya kalau suap menyuap mana ada sih enak aja emang duniawi yang kotor ini.keadilan disana pasti lebih baik dari dunia fana ini.semua perbuatan ada balasannya.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.
Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven. Sudhammacaro.

1 Comments:

  • At 3:51 AM , Blogger Mr.Jimmy said...

    Tidak... Saya sudah mempelajari tiap agama.. Akhirnya mendapat sebuah kepastian mutlak...
    Percaya atau tidak sama" mengajarkan untuk tidak melekat... Mengutamakan tuhannya di banding apapun, kalau di agama budha istilah (tuhan) adalah jiwa yang bebas yang berakar kepada kekosongan..
    Dan saya lihat sifat" dari tiap tuhan di masing" agama , 100% sama percis..
    Dan pantangan" tiap agama yang dianggap tabu adalah cara pengajaran agama mereka masing" agar dapat bertemu dengan tuhan.
    Semuanya masuk akal ketika saya belajar KUNDALINI ,,
    Ada bukunya ,, judulnya KUNDALINI , penerbitnya irmansyah efendi ..
    Demikian masukannya
    Shadu shadu shadu

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home