Fenomena Dhamma

Sunday, February 12, 2012

“ OBJEK MEDITASI APA YG BAGUS DAN BISA MEMBAWA KEMAJUAN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan2 di bawah ini dan kasih komen.


Teman2 Dharma kali ini bhante mau membuat Selingan Simulasi Pertanyaan Dharma dlm Latihan MEDITASI agar bisa membuka Wawasan dan Pengetahuan Dharma. Tp mohon jangan Salah Paham bila ada kata2 yg tdk berkenan di hati anda semua.

Kalau anda suka dan mau MEDITASI, Objek apa yg paling anda suka digunakan dlm Meditasi, Utk menunjang Latihan MEDITASI tsb agar mendapat kemajuan dan membawa manfaat bagi anda?

Apakah dg Objek yg anda gunakan dlm Meditasi anda mengalami Kemajuan? Atau Sebaliknya, tdk ada Kemajuan dlm Meditasi anda?
Mengapa dan apa Alasannya?

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


Kesimpulan: Temen2 maaf kl komen bhante salah. Tiap orang berbeda pengalaman dan hasil dari latihan meditasi. Krn itu jng terpengaruh oleh ulasan bhante, lht contoh Y.A. Ananda saat atau jelang mencapai Arahat, dg posisi yg Unik tsb, tdk ada dlm seluruh Teori yg Buddha ajarkan. Apalgi, kl kita baca Kisah2 Guru Zen yg murid2nya dpt meraih Pencerahan dg Aneka kisah yg Fantastis dan Aneh2. Bagi sebagian orang yg terikat kaku dg Teori buku akan mentertawakan atau tdk percaya dg kisah2 Zen tsb. Namun, kl kita kembali mengkaji dg saksama Uniknya kisah Y.A. Ananda raih Arahat, maka akan terbuka wawasan Dharma kita.

Hening disini, tdk ada bentuk pikiran, perasaan sdh tdk bekerja (tdk ada sakit dsb), suasananya sejuk dan nyaman, bhante tdk dpt uraikan lbh jelas. Sebab, hal ini hrs dialami sendiri dg latihan meditasi tentunya. Yg hrs dipahami, proses ini bukan berarti mencapai tingkat kesucian batin.

Menurut buku Dharma; Pengalaman ini, hanya bagian dari proses hasil meditasi tingkat rendah, namun sangat berguna utk kita jdkan modal bila kita menghadapi problem hdp ini. Msh jauh utk capai tingkat kesucian batin.


1.MET PAGI BHANTE....FEI COBA BERBAGI PENGALAMAN SEDIKIT YA...

PADA AWALNYA SY BERMEDITASI DG CARA MENGAMATI OBJEK.SY MENGGUNAKAN PERNAFASAN. WAKTU ITU SY HANYA BERFOKUS UNTUK MEMUSATKAN PIKIRAN PADA KELUAR MASUKNYA NAFAS..TERKADANG PIKIRAN BISA BERKONSENTRASI DGN TERUS BERFOKUS PD NAFAS. TP LAMA KELAMAAN TERHANYUT DGN MEMIKIRKAN KEADAAN YG LAIN..SPT SUARA YG TIMBUL, RASA DINGIN, RASA GATAL DLL.
DISAAT FOKUS SY BERLARI, SY DIINGATKAN UNTUK KEMBALI KEPADA PERNAFASAN LG BHANTE...
SY MERASA KEADAAN INI BIASA AJA.
SAMPE BBRP WAKTU YG LALU SY PERNAH MEMBACA SUATU ULASAN DARI TEMEN TENTANG MEDITASI DGN MENEMPATKAN DIRI SEBAGAI OBJEK.SAAT ITU SY MULAI MENCOBA UNTUK DUDUK DIAM DGN MERASAKAN FENOMENA YG MUNCUL DLM DIRI...MULAI DARI FENOMENA BATHIN SAMPAI DGN FENOMENA RAGA...
RASANYA SY MULAI MERASAKAN ADA PERUBAHAN DLM BATHIN SY BHANTE..
DL SY SEORANG YG MUDAH MARAH ...TP SKRG INI DISAAT RASA MARAH ITU MUNCUL...SY DIAM , SY RASAIN FENOMENA BATHIN DAN DIRI SY, SEHINGGA PD AKHIRNYA NGGA JD MARAH BHANTE...
SY TERUS BELAJAR U.NTUK MENERAPKAN DALM KEHIDUPAN SEHARI HARI...DAN BERHARAP AGAR SY DPT LEBIH BIJAKSANA LAGI DLM BERTINDAK..

SEBELUMNYA SY MINTA MAAF KL ADA KATA2 YG SALAH..MOHON BIMBINGANNYA YA BHANTE ATAS PENGALAMAN SY INI...NAMO BUDDHAYA.



2. JD SPT ITU YA BHANTE....FEI DL WKT DAH MERASA KAKU KEBANYAKAN MENYUDAHI..KRN MERASAKAN TIDAK MAU DIPAKSAKAN....KL BEGITU NANTI DICOBA UNTUK TERUS BERLATIH BHNATE...TERIMAKASIH ATAS PETUNJUKNYA BHANTE..


3. Namo Budhaya Bhante... ah serasa di bangunin dari tidur.. baca ulasan Dharma Bhante and teman2... saya jadi inget dulu waktu kecil berbagi sedikit pengalaman ya...dulu waktu SD pagi2 sebelum mandi...duduk dulu di meja makan tadi nya mau makan tapi ga ada makanan hehehe terus tiba2 liat jendela keluar and tiba2 termenung lihat pemandangan and langit biru yg bagus... ada kali sekitar 15 menit kebesokan nya diulang lagi and terus aneh nya enak sekali buat pikiran and badan..selang beberapa bulan sepulang sekolah lihat tangga or benda seperti pernah alamin kejadian tersebut and terlintas bayangan2 seperti pernah mengalami tapi entah di mana and kapan seperti di mimpi tapi bukan.. and aneh nya beberapa hari kemudian hal yg tsb terjadi... itu dulu.. waktu saya belum mengenal meditasi...sekarang di pikir2 tanda di sadarin dulu saya bisa meditasi kali ya..tapi sekarang mau meditasi kok susah yach...apa udah tua yach hahaha..sekarang meditasi fokus ke pernapasan pernah tengah malem malah ada suara aneh jadi merinding and bangun.. apa harus meditasi lihat langit lagi kali yach??? apa itu di sebut hening ya Bhante saat meli bisa lihat langit and bisa menyelami ke dalam pikiran and diri meli terus tiba2 bisa lihat kejadian YAD?? tapi sekarang udah ga bisa karena jarang meditasi lagi.



4. wuah benar2 bagus ulasan meditasi dr bhante...sy slama ini blajar meditasi dgn sendirinya tentunya bersumber dr buku2 dhamma...yg sy baca awalnya fokus pada pernafasan...lalu berlanjut pd objek yg bisa di pertahankan terus mnerus...jd singkatnya sy baca tingkat akhir meditasi ketika mencapai kekosongan...ini awalnya sy terapkan fokus pernafasan slama seminggu...lalu sy coba memilih objek dlm meditasi...ini sangat sulit trfokus...krn sulit sy mncoba mngganti objek2...dan akhirnya sy memilih objek dr buah2an...he3...apa bisa? Salah satu buah tsb bisa fokus di meditasi sy...he3..: dan ketika sy fokus ke buah tsb dlm waktu lama...mk buah tsb sirna...masuk ke keadaan putih kosong...ga brgembing...ini sedikit membuat sy takut....apakah ini hening di maksud?..krn hal tsb sy pkr sendiri apakah hal tsb sebuah kekosongan??? Jd mulai sy mencoba2...memikir objek kekosongan abadi...mutlak...pikir2 saat ingin memulai meditasi sy memandang ke sekeliling sy duduk sy menatap langit biru...sy trpikir langit ini adlah kekosongan yg di maksud dhamma buddha...mulailah sy coba fokus objek langit ini...ini yg sy blg terbuka lembaran2 pikiran sy...uda sy hentikan meditasi ini krn sy mndapatkan diri sy dlm keadaan shari2 sperti bisa masuk ke keadaan kekosongan...jd sperti org lugu gt....lalu bisa jg mmbuat pandangan sy trhadap objek2 jd lebih jelas dan sy merasakan keanehan..mknya meditasi sy hentikan...



5. : @Lee wei, keanehan2 yg muncul pada saat dan atau setelah meditasi itupun fenomena bathin, cukup diamati aja, tapi jangan diikuti. ntar juga keanehan2nya ilang sendiri... untuk bisa memasuki arus musti siap terseret arus, tapi jangan sampe hanyut, jadi kalo udah bertekad utk memasuki arus lanjutkan meditasinya, tapi mesti pake pembimbing krn arus yg mau dmasuki sepertinya udah lumayan dalem, kalo ga ada yg bimbing tar waktu keseret dan hanyut kaga ga ada yg narik keluar loh! hehehhh....



6. namo buddhaya bhante n smua saudara ku.ini hanya komen sajadr saya n maaf jika saya salah.menurut sy keheningan meditasi. adalah disaat kita merasa keadaan menjadi sepi tanpa sebuah suara apapun tp qt tetap sadar,dan qt juga tidak merasakan. sebuah gigitan nyamuk maupun keramaian/suara disekeliling qt tidak akan qt rasakan lg tetapi qt sadar klo qt meditasi. di kehenigan tsb qt dapatkan sebuah perasaan tenang & damai.mslh objek adalah maksud & tujuan untuk apa qt mau meditasi. ‎& klo sy sendiri mengambil objek budha dg tujuan mengembangkan perasaan cinta kasih dlm diri sy.demikian koment sy.sadhu. NB: menurut saya meditasi yg paling enak adalah menghadap langit dan bumi.


7. Menurut para guru Meditasi kl objeknya sukar ditangkap, cb2 objek lain pilih dari 40 objek ini hrs lht buku krn bhante tdk hafal dah tua, dulu apal, cm krn umat tdk mau belajar teori buku jd umat hanya taunya Anapanasati aja, padahal ada 40 objek ini Buddha yg memberitau krn menyesuaikan dg karakter orang tsb.. kl dikaji bener2 dlm buku Dharma objek meditasi itu lbh dri 40 artinya tak terhitung, alasannya objek awal itu hanya utk mengantar ke pintu masuk ketenangan batin, saat sdh tenang diam dan hening, akan timbul proses lain sesuai dg karakter orang tsb, yg dpt masuk ke Wipassana. Demikian pula, posisi meditasi tdk hrs duduk melulu, bahkan Contoh Akurat; Y.A. Ananda wkt mencapai kesucian Arahat dlm posisi tdk bukan berbaring, bukan duduk, dsb tapi hampir berbaring tiba2 mencapai Arahat. Ini satu Pengalaman meditasi yg Unik dan Langka, yg perlu kita analisis dg baik d benar. Jd jng terpaku dg oleh Teori kaku maksudnya.



8. Fei Ling ini contoh pengalaman Wipassana dg metode yg mudah, bila di telusuri meditasi itu amat mudah kl kita sdh tau caranya...tdk lain ialah pertama dasarnya kita hrs bs fokus (ini yg sulit), setelah fokus akan timbul tenang diam d badan spt kaku tdk bs bergerak, lanjutkan jng bangun/ menyudahi lalu timbul damai d hening...bahagia... oang kl sdh dpt ke tingkat hening, bs dijadikan modal utk menghadapi segala problem hdp ini. Contohnya; Bila anda dpt tugas/ problem berat yg tdk tahan lg/ mentok, pikiran semua orang kadang spt itu krn daya pikir itu ada batasnya, spt mesin mobil kl di gas pasti ada batasnya. Sementara probelm/ tugas berat blm selesai, anda tinggal masuk ke sikon Hening d diam sejenak spt yg sdh anda latih. Dlm wkt sekian detik problem/tugas yg berat tsb akan ada jalan d dpt terpecahkan dg aneh, inilah rahasia metode Wipssana yg mudah tp dampaknya luar biasa bgs dan sangat bermanfaat utk kita dlm menghadapi masalah berat dlm hdp ini, Makanya, Buddha wkt di hina, di caci-maki itu selalu menggunakan cara diam masuk ke hening sejenak, lalu probelm tsb bs lewat. cuma sayangnya sikon Hening d diam dlm fokus ini, tdk Gratisan, hrs di latih rutin, inilah yg membuat orang malas, sebab umumnya orang mau cepat hasil. Hening d diam ini bs di ibaratkan spt Pisau yg sdh di asah jd tajam, maka dpt digunakan utk memotong sayur dsb kl di dapur..misalnya gitu.




9. Hening disini, tdk ada bentuk pikiran, perasaan sdh tdk bekerja (tdk ada sakit dsb), suasananya sejuk dan nyaman, bhante tdk dpt uraikan lbh jelas. Sebab, hal ini hrs dialami sendiri dg latihan meditasi tentunya. Yg hrs dipahami, proses ini bukan berarti mencapai tingkat kesucian batin.

Menurut buku Dharma; Pengalaman ini, hanya bagian dari proses hasil meditasi tingkat rendah, namun sangat berguna utk kita jdkan modal bila kita menghadapi problem hdp ini. Msh jauh utk capai tingkat kesucian batin. Eli S, maaf anda baiknya jng terpengaruh lht titik putih tsb, kembali ke objek nafas, topik ini lanjutan, dari awalnya ada cara persiapan meditasi itu baca Paritta dsb, baiknya anda baca aja di bawah..



10. Mula2 yg penting itu latihan Relaksasi seluruh tubuh dulu, tubuh dibuat smp lemas, rilek jng ada ketegangan, seluruh tubuh ini terdpat otot d saraf2 yg halus, cb latihan dilemaskan hingga rilek lentur, cara ini aja sdh bs menghilangkan Perasaan di seluruh tubuh kl sdh bener2 rileks. selama anda blm bs rileks tubuh meditasi tdk akan lancar, krn perasaan msh mengganggu spt sakit, gatal, panas, pegal, dsb. Kl sdh terasa rileks tubuh, perasaan2 tsb hilang sendiri, mirip orang mau tidur. Tp hati2 jng smp terbawa ngantuk lalu ikut tertidur pulas. Dg Rileks ini, bentuk2 pikiran sdh tinggal dikit, tp kesadaran makin kuat.



11. yg dominan orang itu dikuasai oleh Perasaan dan Pikiran yg kuat dtg silih ganti, hingga membuat orang itu kelelahan, krn ikuti jalannya perasaan dan bentuk pikiran yg tdk pernah abis, akhirnya Energi terkuras timbul Lapar, Haus, dsb. Bila anda ikuti bentuk Pikiran dan Perasaan, Kesadaran anda dibawah pengaruh mereka. Sebaliknya, latihan Meditasi ini melatih Kesadaran agar lbh kuat hingga mampu mengatur bentuk2 pikiran dan perasaan. Jd, pentingnya meditasi ialah agar orang tdk dikuasai oleh bentuk2 pikiran dan perasaan, sebaliknya Kesadaran yg dpt mengaturnya. yg penting lg saat mau meditasi jng ada timbul keinginan utk cari ilmu gaib lah, kesaktian lah, mau bs lht Kwan Im dsb, hal2 itu yg dpt menimbulkan penampakan beraneka macam mengikuti keinginan yg sdh tertanam dlm hati saat anda mau meditasi. Sebab, tiap bentuk pikiran langsung masuk ke alam bawah sadar, yg kelak akan muncul wujud beraneka macam. disamping itu, bekal meditasi msh bnyak yaitu; Gemar berdana, menjaga Moralitas (sila), ini amat penting yg sering dianggap sepele oleh umat. Orang pelit tdk suka berdana sulit bs meditasi, orang tdk bermoral tdk akan maju meditasinya dg bener. alasannya: sebab Meditasi itu menuju Kesucian Batin, artinya bs diibaratkan anda mau cuci mangkuk, tentu hrs gunakan sabun agar bersih. Nah, Meditasi ini tujuannya utk mencuci batin agar beresih jd syaratnya ada yaitu gunakan Dana dan Sila. Kira2 gitu. mengapa dana sebagai syarat, krn orang yg suka berdana, pikran dan hatinya lembut, juga mengumpulkan bekal karma baik utk menunjang ke arah kesucian batin tsb, dg cara meditasi.



12. oh ya yg paling bagus bila meditasi,,pikiran bs baik,,dlm menghafal catatan ,saya thn kemrn di sby juara membaca kitab dao 1buku 33 hal,tanpa lupa titik komanya,banyak tante2 jga sih hafal 5org ada,tapi waktu final dipecah pecah sambunganya tdk hafal,jd tante itu kalah ma saya,dalam bhs mandarin tuh bhante,dulu sklh aja bodoh,trus saya dikasih lagi buka DI zi GUI disrh hafalin nanti dibawa tanding di malaysia ,tapi saya dgr umat bilang percuma hafal artinya tahu jg tdk,jadi bukunya tdk saya baca cuma 1/2 aja,malas diblg sok pinter,iDI zi gui sheng ren xin shou xiao di ,zi qin xin fan ai cong er jin ren you you li zhi xue wen,,,,bhante pasti tahu tuh,betul jg saya tdk tahu arti buat apa hafalin,,,hhaha,santai sekarang bs fb an,,,kalau tdk tiap mlm baca terus ,cuci piring baca,jln jg inget2 hafal trs kayak org gila,hahah.



13. Pagi bhante dan teman2 , kalau amin lebih suka meditasi dengan mengunakan musik instrumental , karna membuat lebih nyaman dan tentram,tapi meditasinya ngak berhasil juga,hehehe .di coba dengan pernafasan keluar masuk juga ngak bisa juga,hehhe.solusinya gimana ya,mungkin harus ada yang membimbing kali ya baru bisa



14. karena saya disini bukan pengikut aliran apapun saya tdk ngerti bhs sperti wipassana dll.8thn lalu sy seorg protestan dr bayi,.krn lama tdk kegereja tdk ada tmn,,ikut2 aja ke vihara DAO sm tante,disn dibagi buku gratis tng meditasi,,gaya supre master ching hai....krn iseng dan tdk ada kerjaan sy pelajari yg dibuku sampai skrg,,,dan saya jg beli buku meditasi dr reiky tumo..simbol 3s ( senyum senyum santai) dibaca tiap mlm beli buku perpaket 1jt,,bagi sama tmn cm 500rb dia dpt kaset saya lpilih buku saja.sampai paket 2,saya jg pertama baca CHING hai master mulai veg sampai skrg,,dan jg bc buku REIKY yah namanya belajar tanpa ada guru seperti seorang pesilat membeli buku wasiat kungfu dipasar....sy belajar pertama nafas terdengar heeeh heeh skrg tak terdgr lagi bunyi nafas setiap meditasi,kecuali saya lagi sakit flu.fokus di antara 2 mata atau didahi saja,pengalaman byk tp kalao cerita tdk muat disini..dan jg pasti semua yg dgr jg takut krn sy belajar tanpa guru n hanya modal buku saja,,,hahah. saya kalau lihat hantu pura pura saja tak lihat,,,saya dulu pertama teriak takut tp skrg biasa saja lu setan mau lewat lewat saja asal lu jgn cekik leher gua,


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home