“ SDH 2 TAHUN NIKAH TAPI ISTRI TDK PERHATIAN SAMA SUAMI “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

mau mohon maaf sebelumnya....mohon petunjuk bhante..gini bhante...saya dah nikah 2 tahun, tapi selama saya nikah saya jarang berkumpul karena saya kerjanya luar kota terus....sehingga kami hanya komunikasi lwt telp... tapi hampir tiap hari saya yg telp istri...klo saya lupa telp, istri marah... dan sbm nikah istri saya tau kerjaan saya...tp dia rasanya kurang mendukung kerjaan saya..

jadi saya binggung..bhante mohon petunjuk...sdh 2 tahun maksudnya.. setiap saya pulang mesti jalan2..kalo perhatian ke istri saya perhatian...

kadang saya ngiri ama temen saya bhante... setiap saat di telp istrinya diingetin dah mkn blm, lg apa, gmn kerjaan....klo saya yg gak telp ya gak ada komunikasi...sampe temen saya bilang......km kok sabar bgt... sampe saya dpt perhatian dr wanita lain yg selama ini blm pernah saya dapatkan dari istri saya..

apa yg saya inginkan sudah saya ungkapkan smua ke istri saya....tp kenyataaan gak ada perubahan. saya hanya kepikiran anak saya bhante..

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

1. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Ketika kita berkeluarga, maka hal luhur/baik dari berkeluarga tsb adalah bersama-sama pasangan kita untuk mencapai kebahagiaan, saling bantu mencapai kehidupan yang baik (atau kalau secara agama bearti lebih dekat Nibbana). Didalam mencapai hal tsb sudah pasti ada tantangan, tetapi sila dan dhamma lah yang jadi pedoman kita. Kalau kita hidup jauh dari keluarga, kesempatan untuk melindungi, memberi arahan yang baik dalam menjalani hidup dengan baik menjadi berkurang. Berkeluarga bukanlah sekedar istri dan anak diberi uang dan rumah, maka urusan selesai.

Jadi saya pikir masalahnya, bukanlah masalah istri telepon atau tidak telepon. Mungkin dia juga menyadari, bahwa kalau anda tidak bekerja, ekonomi keluarga akan tidak baik, tetapi hidup ditinggal suami dengan anak juga bukanlah hal yang enak. Jadi saran saya : 1. cari pekerjaan lain yg membuat anda dapat dekat dengan keluarga 2. istri dan anak anda pindah ke kota tempat anda bekerja. 3. kalau terpaksa, ya usahakanlah untuk sering pulang, dua minggu sekali atau sesuai keadaan. Sebaiknya didalam mengambil keputusan, pikirkanlah segala sesuatunya dengan baik, atas dasar tanggung jawab dan kebahagiaan keluarga.

Demikian menurut saya Bhante, Mohon koreksi dari Bhante, bila ada yang kurang mohon dimaafkan dan di abaikan. Semoga dapat menemukan solusi yang baik, semoga berbahagia. Terima kasih Bhante, semoga Bhante selalu sehat dan berbahagia. Sadhu 3x. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Menurut pendapat saya, kalau kurang berkenan mohon.



2. wuah topik kali ini jg mslh PRT...sy se7 komen bro hadi..sikapi dgn bijak..coba teliti dgn baik di mana letak kesalahan...sbaiknya selesaikan dl persoalan di dlm sblm menambah persoalan baru di luar...shingga kelak tidak menimbulkan penyesalan ato kesedihan di pihak mana pun....om mani pad me hum...


3. NAMO BUDDHAYA BHANTE....FEI MAU KASIH SEDIKIT KOMENTAR YA... PERMASALAHAN YG SEDANG DIHADAPI ADALAH KURANGNYA KOMUNIKASI N KETERBUKAAN.JIKA SALING TERBUKA, SALING MENGUNGKAPAN RASA SUKA DAN TIDAK SUKANYA ATAS SIKAP ISTRINYA YG ADA SKRG, MUNGKIN AKAN MEMBUAT ISTRINYA MENYADARI, KL SIKAP DIA MEMBUAT SUAMINYA TIDAK NYAMAN... TP UNGKAPIN HAL INI HARUS CARI SITUASI YG TEPAT...KL NGGA NTAR ISTRINYA NGAMBEK DEH.... KARENA DLM PIKIRAN ISTRINYA, SELALU DIPENUHI OLEH RASA CURIGA N CEMBURU YG BERLEBIHAN....(BNYK YG CURHAT MA SY TTG SITUASI INI BHANTE).
PIKIRAN INI YG HARUS DISADARI DL OLEH ISTRINYA... KEMBALI SALING MNEGINGATKAN BGMN HUBUNGAN AWAL YG MEREKA BINA HINGGA BERAKHIR KE JENJANG PERNIKAHAN SKRG... KL SEKIRANYA SI ISTRI BLM MENGERTI, SEBAIKNYA ISTRI DINASEHATI OLEH ORG LAIN(ORG BIJAKSANA , MUNGKIN DARI KELUARGA ATAUPUN ROMO/BHANTE DI VIHARANYA) INTINYA, PASANGAN INI HARUS MENYADARI KL KEADAAN YG ADA. DGN SADAR MEREKA JADI TAHU KESALAHANANNYA...

BHANTE. INI ADA SEDIKIT ULASAN DARI BHANTE UTTAMO YG PERNAH SY BACA.... dalam Kitab Suci Tipitaka, Digha Nikaya III, 152, 232 dan dalam Anguttara Nikaya II, 32. Diuraikan di sana bahwa ada minimal empat sikap hidup yang dapat dipergunakan untuk mencari pasangan hidup sekaligus membina hubungan sebagai suami istri yang harmonis Keempat hal itu adalah: 1. KERELAAN = DANA 2. UCAPAN YANG BAIK / HALUS = PIYAVACA 3. MELAKUKAN HAL YANG BERMANFAAT BAGINYA = ATTHACARIYA 4. BATIN SEIMBANG, TIDAK SOMBONG = SAMANATTATA.

DI DALAM WALL FB SY ADA URAIANNYA. SEMOGA RUMAH TANGGA MEREKA BS KEMBALI HARMONIS YA BHANTE... KL ADA PANDANGAN SY YG SALAH, SY MOHON BIMBINGANNYA BHANTE...FEI MAU KEMBALI KERJA....SELAMAT PAGI, NAMO BUDDHAYA..



4. Namo Buddhaya Bhante, (⌣_⌣!) нαiiiн... Masalah RT memang membingungkan ♉ª . Begini, tiap tiap orang mempunyai kepribadian, sifat dan cara berpikir yg berbeda seperti halnya juga istri anda dan istri teman anda tentunya memiliki sifat dan karakter yg berbeda. Mungkin istri teman anda org yg perhatian sedangkan istri anda mungkin agak dingin pembawaannya. Coba deh pikirkan lg kenapa sih, saya menikahi istri saya?? Apa alasannya? Jika anda sudah memilih u/ menikahi istri anda, artinya anda sudah berkomitmen dengannya. Dan itu harus dijaga sampai seumur hidup. Berkomitmen tidak seperti hubungan yg gampang diputuskan kapan pun. Ingat!! Rumput tetangga memang tetap lebih hijau.. Karna kita hanya melihat dari luar. Jalani saja kehidupan kita sebaik baiknya. Tidak perlu dibandingkan. Mungkin saja beberapa tahun kedepan, anda.sudah bisa berkumpul dengan keluarga.



5. Namo Buddhaya Bhante sy pikir masalah hubungan jarak jauh itu tdk menjadi alasan kita utk selingkuh ??? istri curiga wajar krn mungkin dengar kabar2 dr teman2 bahwa kl suami jauh dr kita pasti ada selingkuhan, nach disini bgmn dgn kita nya utk komunikasi dgn istri dan beri penjelasan dan keyakinan kpd istri bahwa kita tdk akan selingkuh, spt sy, sy juga kerja di tempat jauh dan jauh dr istri dan anak tapi hub kami tetap baik dan harmonis yg penting memang suami setiap hari apakah itu malam setelah plg kerja atau pd saat kita kangen hrs telepon ke istri utk menanyakan keadaan dia dan anak, kita jg jgn egois dan selalu mengatakan istri yg salah krn yg hrs diingat istri di rumah merawat anak2 kita, disini hanya masalah komunikasi jd jgn krn jauh jd beralasan utk selingkuh.



6. namo buddhaya bhante menurut saya hubungan suami n istri pasti berbeda2 jgn d sama2kan dgn yg laen,yg harus d pikirkan gmn cara membuat istri ato hubungan keluarga tetap harmonis,coba utk saling ngerti n jelasin sifat yg arus d ubah,jgn bandingkan dgn wanita laen yg ada sakit ati istri yg km terima.jgnlah berpikir selingkuh karna yg ada hancuran yg akan km terima....maaf y kalo ada kata yg salah,menurut saya sic gtu...



7. sy mau komen dikit...zaman smakin lama smakin mendekati zaman dulu di mana dhamma buddha blum muncul...inilah sy blg org2 zaman skrg sperti tidak tersadar mlakukan perbuatan buruk.....ada kasus sy liat pengurus vihara...siang hari berbuat baik...keesokan mlm pergi selingkuh cari wts...ketika sy tnyai dgn gampang jwbnya inilah kesenangan dunia...mknya zaman makin modern malah makin mendekati zaman dulu di mana dhamma buddha blum ada...sperti dl mabuk2an...skrg sabu2an...dl zinah skrg selingkuh...dl pertikaian skrg pperangan....dl org2 senang lakukan sembahan dgn kurban..skrg jg ga beda tu....lebih percaya kpd suhu ketimbang dhamma buddha...apakah ini mendekati akhir zaman...he3....om mani pad me hum



8. Namo buddhaya Met pagi bhante n teman2 Problema kehidupan berumah tangga dgn jarak yg jauh sering terjadi perselingkuhan ....Pagi bhante dan teman2 ia betul lebih baik dibicarakan lagi,kalau perlu di ajak aja tinggal di luar kota.jadikan lebih enak,ada yang menemani.


9. Namo buddhaya.. Bhante.. seblm nya sy minta maaf.. Menurut sy umat tersebut alangkah baik'y sharing ke yg org yg lbh tepat, klo bertanya ke bhante.. Bhante kan tdk menikah dan berumah tangga. Alangkah baik'y bisa meminta pendapat kepd romo pandita atau ramani. Nammo Buddhaya= mungkin ada pepatah klo mau tau ilmu pertanian..belajarlah pada petani. Klo mau tau cara membuat cangkul,pedang> belajar lah pada pandai besi.. Terimakasih..


10. NAMO BUDDHAYA BHANTE,PAGI BHANTE, KANGEN BANGET DAH LAMA NGGA BACA ULASAN BHANTE DI FB...SEMOGA BHANTE SEHAT SELALU YA... Namo Buddhaya Teman2, iya gitulah hdp ini kan anicca...latihan kangen2an sama bhante, jng kangen sama dia aja yah..


11. ini balasannya: HA HA HA...SAYA RINDU DGN PENGETAHUAN DHAMMA YG BHANTE BERIKAN...DHAMMA YG BHANTE BERIKAN MMG SESUAI DGN KEHIDUPAN SEHARI HARI ...N INI DIPERLUKAN UNTUK UMAT BUDDHA YG ADA SKRG BHANTE....



trims anumodana asal jng bosan2 aja bacanya, tp hrs sambil kerja tdk boleh sambil tidur2an yah...ntar jd PEMALAS..nenek bilang BERBAHAYA TAUK..


12. dan ini sebuah pengalaman pacaran sy 7 thn yg lalu sebelum pcr sy meninggal.segala sesuatu smuanya dr kita sendiri & ... di saat lalu sy prnh bkrj sebagai buruh krn sy hrs biayai sekolah sndr krn papa sy sdh meninggal & pcr sy anak org kaya. ‎& pcr sy seorang foto model.saat itu pcr sy jg tdk suka dgn pekerjaaan sy,tp sy menjelaskan keadaan sy apa adanya. pd akhirnya dia mau menerima smuanya.& masalah pasangan romantis at tdk adalah kepribadian masing2 orang. ‎& kesimpulan sy saat ini adalah dalam hubungan pacaran & suami istri yg sangat diperlukan adalah saling terbuka,.. saling menyadari kelebihan & kekurangan,saling jujur & percaya,saling berkomunikasi. dgn begitu maka tdk akan ada selisih paham & curiga terhadap pasangan qt. bhante,hanya ini komen sy untuk saudara qt dan semoga bermanfaat.sadhu.


13. Saran dari saya usahakan penjelasan secara jujur dan cari kerja yg dekat dengan rumah sehingga bisa tiap hari kumpul dengan keluarga itu lebih baik dari pada di luar kota . bila didalam pernikahan suami selingkuh maka istri jangan menyalahkan dirinya sendiri, ingat tidak ada satupun alasan yang bisa dijadikan tameng suami untuk selingkuh, tidak ada satupun kekurangan kita yang bisa dijadikan alasan pasangan untuk berselingkuh, menyalahkan diri sendiri hanya akan menyebabkan sipenyelingkuh makin merasa benar dan akan terus berselingkuh.selingkuh tidak akan menyelesaikan masalah justru akan menambah masalah makin runcing, jangan pernah membenarkn perselingkuhan , karena ini akan menjadi contoh buat generasi berikutnya, bila yang salah dibenarkan semua akan meniru perbuatan yang salah.


Suami Selingkuh? Jangan Lakukan Tiga Hal ini
Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika suami selingkuh.

Liputan6.com, Jakarta: Suami atau pasangan laki-laki Anda selingkuh? Gelagatnya pasti berubah dong. Mulai dari pulang larut, wangi parfum yang enggak biasa, sampai tidak bisa menjauh dari telepon genggamnya. Idealnya, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika suami selingkuh, sebagaimana yang dilansir laman YourTango, Senin (9/1):

1. Bereaksi Terhadap Kecurigaan
Emosi wanita dapat meluap-luap ketika mencurigai pasangannya selingkuh. Bahkan bisa tak terkontrol seperti langsung bertanya "Kamu gila yah selingkuhin aku?". Reaksi seperti ini salah. Sebab, suami Anda akan langsung membela diri dan memberitahu Anda yang gila, cemburuan, dan pararanoid. Tetap tenang, dan jangan lakukan poin kedua.

2. Bereaksi Tanpa Bukti Kuat
Jika Anda tidak memiliki bukti, tuduhan perselingkuhan hanya akan menjadi sampah dan tidak masuk akal. Tanpa bukti, pria akan semakin lihai menyembunyikan wanita simpanannya. Bukti yang baik adalah bukti yang kuat. Pesan singkat (SMS), telepon masuk atau keluar, dan e-mail, bukanlah bukti yang kuat.

Foto saat mereka berduaan makan siang? Sama saja. Bisa berdalih "Ahh... Dia cuma teman koh, Mah.." Lain halnya jika Anda mempunyai foto mereka berciuman atau saat kepergok di ranjang. Ingat, bukti harus kuat!

3. Menyalahkan Si Simpanan
Kebanyakan wanita yang menangkap basah pasangannya selingkuh, menyalahkan pihak ketiga. Ini juga salah. Wanita simpanan itu memang tahu suami Anda sudah berkeluarga dan dia seharusnya tak menjalin asmara. Tapi, suami Anda mengambil keputusan untuk memasuki dunia perselingkuhan dengan membuka pintu hatinya untuk orang lain. Di sini, sudah jelas, pasangan Anda berkhianat.

Tetap rileks meski sulit. Biarkan mereka bermain api hingga pasangan Anda sadar. Jika ia tak sadar, Anda dapat memulai pemulihan sakit hati sendiri. Jika sadar dan ingin melanjutkan hubungan atau pun rumah tangga, pemulihan sakit hati bisa dilakukan bersama-sama.

Ikhlas. Meski rasa itu sakit hingga menusuk hati, meski pengorbanan Anda tak ternilai lagi, meski semua itu pernah begitu indah...(MEL)

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven. Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "