“ CHIAM-SI- BIKIN GARA-GARA SY (WANITA) TDK BLH DEKET AMA ANAKNYA COWO, PADAHAL KAMI SDH SUKA SM SUKA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya bhante, sy mau nanya ni skrg mengenai mslh jodoh. skrg sy sdg mengenal seorg pria, sy bkenalan dgn dia melalui cici sy n papany yg mengenalkan kmi. papa n cici ώ tdk saling kenal tp kebetulan pas hari itu papany dtg k toko cici ώ n mrk tdk slg kenal tp kongko2, hingga akhirny mengenalkan kmi. lalu sy brknlan dgn cow ni pas p'tama x jmpa dya lsg mgenalkan sy dgn org tuany stlh itu dya lsg m'gatakan klo dia suka sm sy n sy jg. pas p'tm x jmp kmi mrskan hal yg sm2 suka. dya anak yg bae n berbakti kpd org tuany. slama ni sy jmp dgn pria blm prnh ad rasa c baru kali ni bhante tp di saat sy cocok.

yg mjd mslh adlh org tuany pergi thiu chiam n hasil chiam mgatakan klo sifat kmi tdk cocok n yg liat chiam si blg mau suruh kmi jalan, tp tdk berani mau suruh kmi putus jg tdk berani. hal ni membuat dya takut n sy jg shg skrg dya hany ingin b'tmn dgn sy krn dya anak yg sgt penurut mungkin papany jg tdk setuju krn chiam si blg sft kmi tdk cocok tp tdk ad mengatakan kmi bjodoh ato tdk.

jd sy skrg hny btmn dgn dia. tp kan bhante sblmny dya sdh prnh pcran n hampir merid krn sdh foto n psn restoran tp batal semua, krn papany yg suruh batal di krnkan ktny cew ni tdk bae, bs judi itu pengakuan dia. tp sblm jln sm cew ni dia jg pergi thiu chiam hasil chiam blg mrk cocok tp akhirny hubungan mrk berakhir.

Sorry bhante dia anak yg sgt patuh shg apa yg di katakan org tuanya dia slalu mengikuti org tuanya, dia anak yg tdk bergaul n sgt rajin dia tdk suka jj ke mal spt anak muda lainnya shg saya kasihan thdp dia n takut utk menyakiti dia. krn dia anak yg mudah stress krn dia tdk bergaul Dia suka sm saya tp dia tdk bs melakukan apapun.

krn papany p'caya sm chiam si n dya jg. bgmn yah bhante tolong beri saya petunjuk krn skrg dya memohon ingin mjd tmn dekt (pacar) dgn sy, yah sy jg baik tdhp dia n tkt menyakiti dia. Tp kmi hanya sebatas tmn biasa.

n mengenai hubungan ώ sm dya chiam si hny bilang sifat kmi Бå cocok shg sy mjd binggung. slama ni sy jmp cow lum ad yg sy suka, tp d saat jmpa cow ni kami sama2 suka tp begini jdny?

yg ingin sy tanyakan thiu chiam itu gmn yah bhante bener ato tdk sih?

Gimna caranya kstau dya d ortu soal chiam si?

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Kesimpulan: Teman2 maaf kl komen bhante salah. Masalah ini kan blm smp pacaran baru teman biasa. Akibat terlalu dipikir hingga timbul kemelekatan, sementara ortu tdk suka gara2 percaya dan melekat ama chiam si, akhirnya pusing, kesel, jengkel, dsb. Ini bahayanya krn terlalu dipikirkan dan diinginkan, lbh baik jng terlalu dipikirkan, santai aja berteman biasa dulu.
.
Pribahasa: Dunia ini bukan seluas daun jeruk, tp mahaluas, itu artinya pasangan anda yg menanti itu msh banyak. Buktinya ini di FB banyak yg msh nganggur, kayaknya blh di coba cicipin dulu berteman, asal jng mau dibawa kabur aja, sebab Nenek bilang Ber-ba-ha-ya-tauk..


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Ramalan atau chiam si dan sejenis nya itu memang kadang2 ada benar juga dan kadang2 jg meleset...dan si peramal bs tau itu semua karna hanya melihat masa lampau yg pernah kt alami,sedang kan hidup kt ini kan tetap berlanjut,dan ramalan apapun atau sejenis nya g akan tau apa yg belum kt laku kan...jadi segala sesuatu yg ada pda diri kt itu bs berubah...cocok g cocok itu tergantung kt yg menjalani...dan anda yg di pertemukan skrg ini anda sdh mempunyai ikatan karma,nah kl karma itu tetap anda pupuk di rawat dgn baik saya yakin anda akan menjadi pasangan yg serasi.jd jgn taukut thdp ramalan karna semua itu bs di rubah..salam metta..namo buddhaya..



2. Bnr tuh stj bgt dgn yg bhante blg d atas it...semua tergantu pd diri n pribadi msg2....bkn pd chiam...klu d chiam blg u akan jd org kaya,tp g krj ap bs kaya cb mkr....wkwwkwk..... Saya rasa bagusnya kamu yakinkan co itu dulu, kalo emang dia mau pacarin kamu, maka dia harus bisa taklukin hati ortunya dulu.. Ya mungkin cinta perlu perjuangan kali ye disini.. Hehehe.. Kamu bisa menerima co itu dah bagus, kalo co itu ngak bisa yakinkan keluarganya kalo kamu yang terbaik utk dia semuanya ngak kan ada arti kan? Sebuah hubungan apalagi kalo sampe pernikahan itu sangatlah perlu restu orang tua.. Jadi yakinlah dan yakinkahlah dia pasanganmu dan berbuatlah agar ortu mereka percaaya sama hub kalian melebihi kepercayaan mereka pada chiam itu..



3. cao an Bhante and temen2 sedharma...wah harus di pikir panjang nich... merit ama anak yg patuh ama orangtua dlm arti semuanya patuh and dia tidak bisa ambil keputusan sendiri ..itu susah loh.. apalagi nanti kalo sampe merit... semuanya pasti di setir ama orangtuanya..yg susah pasti istri nya.. saya cuma baca dari cerita Bhante and terapkan pada kehidupan sehari2.. karena saat kita merit kalo ada pihak ketiga rumah tangga pasti cekcok terus.. tapi kalo anda siap silakan aja di coba... maaf kalo komentar saya salah.. saya hanya sedikit kasih komentar.. yg saya tahu karena saya sudah merit..Namo Budhaya...Amitofo.



4. lucu jadi orang tua kok malah anaknya sudah suka sama suka baru di thiam si..... kok gak dr awal2 gitu..... jadi anak cowok jangan seperti kebo di cocok hidungnya.. di seret sana sini sama or tu ..... di mana kehidupan panjangmu ada di tanganmu... bukan tangan orang tua... laaa besok orang tua gak ada apa masi mampu bersikat tegas mengambil segala keputus asaan.... biasanya anak laki2 demikian plin plan... lebih baik jangan di ajak kawin deh.. susah di kemudian hari.... hari gini gak brani ngambil kepurusan sendiri.... mending suru sekolah lagi aja deehhh...... ada yang kurang... seperti katak dalam gelas.... bisa melihat tak bisa menggapai .. untuk apa... memalukan... hidup masi panjang kok semua mau di atur bapak... si bapak juga otaknya segede cacing...... waahh jangan jangan takut harta di bawa kabur engkali... hehhheheee...... keputusan ,,,... sorry




5. Namo buddhaya Met pagi bhante n teman2 Mengenai ciam si itu kepercayaan masing2 , Suka pd pandangan pertama dikatakan cinta pd pandangan pertama bukan keharusan menikah dengannya pertimbangkan dulu sifat dan karakter pasangan , dia tahu sifatnya namun cinta telah menutupinya mungkin lbh baik berteman dulu saja bila jodoh tak akan lari. kalo lari di kejar aja terus di tangkap.. tutup mata katakan ini jodohku ... hehhehe... muncul juga romo Toto Miming Gunawan ..



6. BHante kata mereka yg lagi dimabuk CInta tak ada beras SINGKONg pun jadi,,,,hahaha BHante lucu jg tahu soal liptik mahall kyk cwek aja. halooo.. 1 ini menuru saya yah.....sebenernya si papa mamanya sgt syg anak dia akan berbuat apaun demi sang anak.mknya dia mau cari yg terbaik buat anakkya,walaupun cuma modal jiam si dia percaya,,walau sdkit KUno ortu ttp demi anak .sianak jg tdk bs apa kecuali ikut ortunya,,,itu adlh masalh keluarga urusan dlm kita tdk bs ikut campur,,bagi seorg wanita yg mau menikah dgn anakkny berusaha ikut tradisi kel dia bljr memahaminya,sy lihat papa mamanya bkn jahat cm kolot..ingin yg terbaik buat anaknya,,,,

yang ke 2...dilihat dr sisi mata kita melihat keluarga tersebut.yg kasihan adalh anakknya di jd binggung tak berani berontak krn mgkn takut dgn ke2ortunya...alangkah baiknya ke2 ortu itu jgnlah mengikat anaknya apa maunya hrs ikut,,,buat apa percaya jiam xi...jiam xi blh saja percaya,tp jgnlah mati hidup anaknya tany2 trs sama 2 buah kayu,dan angka2 yg tertulis dikayu itu...itu sebenarnya buatan manusia.jiam xi ini cuma sbagai perantara aja krn DEWAnya tdk bs bicara jd dibuatlah alat itu,,

tp jgn lah dijadikan patokan,,walaupun si jiam xi berkata tdk baik,,sbgi ortu jg hrs dicek scr bnr nyatanya bgmn,,,kalau ingin merubah sifat ORtu yg kolot begitu sgtlah susah bs bs sampai matipun ttp kolot bgitu...bg wanita yg bnr bnr ingin nikah sm anaknya ,,,pahami ke2 ortu bgmn sift sebenarnya,tdk suka apa dr kamu,,kalau bs dirubah ,,kalau kau mau anaknya jgn samapi cm anaknya aja tp benci kpd ortunya,,hrs saling mengalh sdkit tak apa kan demi kalian ber2 kalau saling cinta,kalau ragu2 cari yg lain saja




7. kalo menurut saya..chiam si itu adalah tradisi kuno yg sudah sangat lama. sebenar nya hidup ini hanya bergantung pada diri kita sendiri saja. soal di ramal kn sifat tidak cocok...itu krn mungkin dari shio atau dari nama...atau dll yg mengakibatkan jadi tidak cocok. semua org sama...hanya takdir dia hidup di masa skrg baik atau tidak. menurut saya kita bisa cocok pada siapapun itu..krn kita semua sama umat manusia..di pandangan buddha kita semua sama..

yg membedakan kita hanya lah perbuatan kita saja...baik atau jahat. jika memang anda merasa cowok itu baik dan latar belakang sifat nya juga baik..tidak emosian..tidak ada kekerasan..itu sudah tidak ada masalah..sifat seseorg bisa saja jadi cocok..itu semua tergantung pada diri kita sendiri..jika sama2 mau saling mengerti dan saling percaya...tidak akan berubah...dan punya pendirian yg teguh pasti akan bisa jadi cocok.Lebih baik pisah aja. Dlm pdkt kan bs tau sifat masing2, tp yg menjadi masalah pasangan anda ga punya pendirian. Dan klo ortu yg benar n sayang pd anaknya sehrsnya bs memberi arahan yg benar, jgn egois hanya memikirkan pikirannya sendiri n memaksakan kehendaknya.



8. menurut saya..kita semua hidup didunia ini..susah atau pun senang semuanya itu bukan berasal dari ramalan...atau dll...akan tetapi krn karma atau perbuatan kita di masa yg dahulu...jika dahulu kita berbuat baik maka kehidupan sekarang otomatis pasti akan lebih baik...jika dahulu kita selalu berbuat jahat..maka kehidupan skrg pasti akan menderita..meskipun di kehidupan skrg kita selalu berusaha berbuat baik...ini semua di karenakan buddha selalu adil. lihatlah semua org yg hidup didunia juga tidak sempurna...saya hanya kasih saran saja...jika sudah yakin..maka berusaha lah meyakinkan ortu cowok itu agar bisa memandang lebih ke depan..memang ortu apapun akan selalu lakukan yg terbaik untuk anak nya...akan tetapi jika anak nya di kehidupan skrg memiliki karma yg baik, anak nya pasti akan hidup baik...

akan tetapi jika karma nya buruk, maka hidup sekaya atau semakmur apapun..atau secocok apapun pasti tetap akan menderita...kecuali anak nya dan ortu selalu menjalankan perintah dan larangan surgawi.. inti nya saran saya, jika tidak ingin menyakiti cowok itu, maka tetap harus membuat ortu dan cowok itu lebih memandang ke depan..dan jangan terlalu percaya pada ramalan itu. dan jika memang kalian berjodoh dan sudah di takdirkan pasti tidak akan lari kemana2.. saya hanya berharap agar semua umat manusia di dunia ini selalu berbuat baik dan damai...maka bencana juga tidak akan menghampiri kita. terima kasih.




9. maaf mengomentari ya,kalo menurut saya baiknya hub.td anda jalani aja dl.sambil mencari solusinya.memang berat jg kalo mslh menyangkut org tua dan tradisi.ada baiknya anda atau pasangan anda membicarakan mslh ini dg ortunya dg merujuk dr pengalaman pasangan anda terdahulu,dichiamsi co2k nyatanya bubar jg.sedangkan hsl chiamsi anda berdua dikatakan tdk co2k malah mungkin bs aja co2k.jd semuanya bs aja berubah.tergantung perbuatan apa yg kita lakukan.kita tdk tau hari esok,tp kita tau hr ini.




10. he3 masalah chiam ini bg sy tdk peduli....di kota sy malah suhu yg liat chiam cocok ga cocok..asal klo uda suka sama suka...chiam ga cocok bisa di bikin 'syarat' gt...klo sy pribadi soal jodoh ga gt pduli shio ato chiam....cm ada satu pndpt tmn sy plg masuk akal...di blg jodoh cocok ga cocok liat dr shio...bkn dr umur...satu shio hanya cong sama satu shio lain nya...misal naga ama anjing...kelinci ama ayam...dll...bg sy zaman uda smakin modern...masalah jodoh coba lah jgn sblm apa2 uda liat paranormal...ttpi sbaiknya jalani dulu...apakah bisa saling menerima baik buruk masing2..saling liat komitmen nya...dan benar2 saling suka apa adanya...jgn menipu diri sendiri dlm hal ini...sy rasa klo uda gt ga usah peduli lag soal ciong ato apa lag....sperti buddha bilang manusia yg nentukan nasibnya sendiri...bukan nasib yg nentukan manusianya...am mani pad me hum.


11. Mnrut saya thiu chiam jgn trllu d percaya.it hnya sebuah ramalan.jodoh,lahir,mati,skt sdh d atr.xo kalian mrsa cocok y lnjtin z hubungan kalian.blgin/nasehati ortu'a bae2.jgn lpa sllu berdoa pada sang buddah yg kamu plih adlh yg terbaik. anda telah mengenal sifat dr pasangan anda,berusahalah menerima kekurangan dan kelebihan nya.jgn jadikan kelemahan nya sbg suatu permasalahan.segala sesuatu yg jika dikemudian hari terjadi konflik dg pasangan anda,sadarilah bahwa anda telah memilih dia dg segala kekurangan nya.memilih dia dg menentang tradisi.jd tetap lah komit dg pasangan anda.karena dia adalah yg terbaik pilihan anda.jg jika ortu sulit menerima pandangan anda ber 2,mta lah tlng dg org yg bs diterima ortu pendapatnya,misalkan tante,pamam. dan org2 yg anda anggap bs membantu.semoga semua mahluk berbahagia.be happy. se7... kalo mang jodoh.. pasti kaga kemana...:) hadapi semua dengan penuh perhatian.. pasti ada jalanya..sadhu3x.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
Hi..
aku juga mau sedikit share mengenai hal ini.
Aku saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan anak surabaya.
kmarin sih tante saya coba buat chiamsi jodoh aku dengan dia, dan hasilnya katanya cwo ini tidak baik..
selama aku kenal dia sih fine aja, tapi kurang tau karena kami kan jarak jauh..
nah dari ortu dan keluarganya sndiri sangat mendukung hubungan aku dengan dia.

aku cuma tau dia tuh aktivis di salah satu vihara.
dan apa yg dia perbuat saat ini menurut aku positif koq..

aku tidak peduli dengan apa yg di ramalkan chiamsi, karena aku yakin kami pasti bisa melewati masa sulit itu.

mnurut bhante, apakah chiamsi itu benar? sedangkan orang yang menchiamsi itu bukan saya sendiri?

dan apakah bisa apabila kami sling berbuat kebajikan, dan dapat merubah ramalan tersebut?

salam metta,
sabbe satta bhavantu sukkhitatta.
semoga semua makhluk terlahir di alam berbahagia.

sadhu.. sadhu.. sadhu..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “