“ NIKAH BEDA AGAMA. GIMANA CARANYA AGAR MERTUA KASIH IZIN SAYA KE WIHARA? ”

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Budhaya Bhante..Bhante, aq mau tanya ya..aq py suami. suami aq ini agama Khatolik sedangkan aq agama Buddha.

aq mau ke vihara di larang mertua.

mertua aq bilang ke gereja aja.. ya aq ikutin aja ke gereja sma suami aq ini..
tpi sebenarnya aq pingin ke vihara utk sembahyang.

yang aq mau tanya ini gimana caranya supaya mertua dan suami mengizin kan aq ke vihara.. atas sarannya aq ucapkan Terima kasih..

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. ikutin aja kegereja juga kevihara kalau perlu juga kemesjid biar semakin bingung lama lama kan tidak ada larangan lagi. Memang susah klo cinta tapi beda agama, klo saya diposisi anda saya tetap pergi kevihara. Dan gak ada seorangpun yang bisa melarang. Nb: jangan sampai pdh agama ya. Saddhu saddhu saddhu. cari moment yg tepat utk bicara..bikin janji :seminggu anda temani dia kegerja..lain minggu dia nemani anda ke vhr..kalo dia tdk mau ke vhr tdk apa2...yg penting anda diberi izin pergi sendiri..selamat berjuang semoga sukses



2. Selamat pagi bhante, belajar ajaran dhamma nurut ku bukanlah berapa kali atau keharusan ke vihara tetapi bagaimana seseorang membingkai pikirannya dg pelatihan pikiran yang benar dalam hdup keseharian dg ajaran dhamma menuju kebijaksanaan dan mewujudkan keharmonisan dengan lingkungan dan keluarga. jangan tunjukan keegoisan tetapi gunakanlah kebajikan dhamma. kebaikan dan cinta kasih yang di tunjukan akan memberi keindahan dalam keluarga. Dengan pelahan semua keluarga yg lain akan sangat menghargai dan tidak akan menghalangi lagi,karena ajaran buddha ajaran yang sangat baik. Jangan tunjukan merek tetapi tunjukanlah kualitas, kualitas yang baik merek pun akan terangkat. Buddha bukan hanya ada di vihara,buddha itu ada dimana mana termasuk di pikiran,saat pikiran fokus kepadanya. namo buddhaya..



3. Namaste Bhante... Ni hao ma? Menurut saya agama apapun sama, semua baik, memang manusianya yg kdg bikin ribet hehehe... klo mau ke vihara ya pergi saja, minta izin aja sama suami & spy disampaikan kpd mertua. klo tidak dikasih, ya coba pergi diam2 sebentar :D ... tapi benar apapun agamanya klo hatinya mengacu pada ajaran yg diyakini itulah yg sebenarnya. Jadi klo ada pasangan yg menikah beda agama & mengharuskan masuk ke salah satu agama pasangannya meskipun hatinya tetap meyakini pilihan hati ajarannya maka sesungguhnya org tsb tetap beragama spt yg diyakini hatinya. Buddha ada dimana pun, tidak perlu ke vihara utk mencari Buddha. Jika di rumah pun bisa menjalankan Dhamma Sang Buddha maka sesungguhnya itu adl benar. Niscaya keluarga itupun akan baik2 saja, tanpa ada yg merasa tersakiti & hubungan suami-istri-mertua pun akan tetap harmonis. Sadhu 3x


4. bila kita mengerti dhamma , kita pun tahu dialam bhrama tidak ada perbedaan agama suku bangsa jenis kelamin , hanya di alam manusia yg membuat perbedaan , karena begitu tingginya kemelekatan tentang aku . pada waktu kecil saya selalu bertanya pada diri sendiri kenapa harus dilahirkan ? kenapa harus menjalanin kehidupan ini ? saya merasa bosan dgn tumimbal lahir yg tiada hentinya , saya ingin meng ahiri kelahiran yg ber ulang kali , tidak terlahir tidak meninggal , tidak bertambah tidak berkurang , tidak bersih tidak kotor , dalam dhamma yg agung aku mendapat jawaban nya , hingga ketenangan batin tercapai .



5. ke vihara atau gereja adalah wujud untuk berbuat baik dan benar , bila kita mengerti anicca dukka anatta dan 4 kesunyataan mulia , maka tidak ada masalah ke vihara atau gereja , dhamma bisa belajar dimana saja , bisa melalui internet , tv , radio , buku buku dan bincang bincang dgn para bhikku atau ariya . luangkan waktu untuk metta bhavana atau meditasi cinta kasih pada semua mahluk yg ada disekeliling tanpa batas , pancarkan metta pada sang mertua maka dalam waktu 3 bulan beliau bisa mengerti bahwa berbuak baik adalah ajaran semua agama . semoga bermanfaat .



6. menurut sy lebih baik dibicarakan bersama sesuai keinginan hati anda &jgn memaksakan pendapat krn bisa jd selisih paham. smua agama ajarannya baik u/ umatnya hny mslh nya adalah keyakinan qt yg membuat qt nyaman di bwh wadah sebuah agama. hanya ini komen yg bisa sy utarakan sebelum fb ditutup spt kata bhante td.sadhu. Ya semua itu tidak terlepas dari yang namanya sebab akibat,semua itu sudah digariskan , mau tidak mau,siap tidak siap ,pasti akan saatnya tiba ....segala sesuatu bisa dibrencanakan tapi belum tentu bisa terlaksana,ehemmmm.



7. Namo Budhaya Bhante and teman2 sedharma... Ni hao ma Bhante? hehehe.. koment dikit yach..menghadapi mertua harus sabar...tapi lama sabar jadi meledak hehehe.. walau itu susah.. ini pasti tinggal sama mertua nich yach??? xixixi coba latihan meditasi jadi ga susah dech di jamin hehehe. ya namanya juga mama ketemu gede pasti budaya and didikan nya beda..kalo saya jadi anda.. saya ga mau pusing.. saya pasti ke vihara diem2 aja tanpa sepengetahuan mertua.. beres kan?? jadi anda juga ga stres...enjoy aja hadapin hidup ini karena semua ini anicca... cia yo... Namo buddhaya Met pagi bhante n teman2 keputusan ada pd diri sendiri ......



8. klo masalah ini brkeluarga beda agama..apa sblm married nya uda blg duluan...misal suami minta istri ikut agama nya...ato masing2 jalani agama nya...jd inilah jawaban dr topik ini...uda jelas seandai nya misal nya uda berjanji ikut suami...y ga masalah ke gereja walau di hati kecil uda trtanam dhamma buddha...bg sy label agama nya apa ga brguna...tp prilaku nya sperti apa itu baru acungi jempol...skrg bukan di agama buddha aja y..ampir smua seorg guru agama scara teori uda top x...prilaku di dpn umum pun uda top x...tp keseharian nya msh jauh brbeda dgn apa yg di ajarkan....jd contoh master cheng yen dr tu zhi...tidak membedakan agama,suku,ras...yg penting semua nya mempunyai sifat2 bodhisatva....om mani pad me hum.


9. Namo Buddhaya Bhante.. kalo menurut aq c... istrinya kasih penjelasann sama suaminya dulu, kl dy mau pegi vihara.. minta tolong suaminya kasih tau mertuanya.. kalo ga berhasil.. besok2 dcoba lagi bhante... hehehe... mana tau dengan dy berusaha untuk ngomong gitu.. akhirnya mertuanya ngizini dy.. sadhu...3Xsebenarnya semua agama baik... cuma manusianya yg bikin rumit... hehehe..... : ia ni cece jangan begitu ah,hehehehe.memang akan datang saatnya,tapi jangan selalu di ingatkan dan di ungkit ungkit,kesan nya udah bosen banget sama kehidupan ,hehehehehehe.yang terjadi biarkanlah terjadi.



10. Nammo Buddhaya, Bhante. saya semula jg bukan umat Buddha. dalam perjalanan hidup sy, jalan hidup yg sy pilih adalah mengikuti Dhamma Sang Buddha. kebetulan mertua sy jg bukan umat Buddha. terkadang sy jg diajak mengikuti apa yg dianut. tapi sy tetap bertahan pd pilihan terakhir saya. SANG BUDDHA adalah panutan sy yg terakhir. dan sy jg berharap, di kehidupan mendatang, sy tetap mengenal Dhamma SANG BUDDHA. Agama adalah masalah kepercayaan/keyakinan dari hati terdalam setiap insan manusia yg bersifat amat personal sehingga tidak dapat ditekan oleh siapapun juga.



11. saya tdk bisa coment apa2,,karena saya lahir bayi lgsg dibaptis greja protestan sdh nikah,,suami org Budha ..lambat laun akupun terseret juga ke sana,,,karena kalau ke gereja tdk ada temannya, tapi terseretnya sdh 10thn kemudian,setiap pr BIksu atau tante2 ke rmh,mau lihat istrinya mn mau dibawa sembayang,akupun tak perna mau keluar kamar sembunyii,mertuapun marah yah ini dsr nikah sama anak2 tdk tahu dibahasa,,haha..akhir cerita terjebur kebudha vegetarian,yg lain malah tdk veg,,malah gua yg dl diajak susah sombong akhirnya malah yg paling rajin dtg sembayg. ya segalanya meski di pikirkan sebelum menikah, mestinya seagama, se iman dan Tuhannya yg di puja jg sama . jd g ada yg di ributkan ok....! betul kata koko Toto Miming Gunawan kit hanya menunjukan JALAN xd.



12. Pagi bhante dan teman teman,memang kalau mengenai berbedaan agama di dalam rumah tangga kadang sedikit susah,seharusnya kamu bilang aja sama suami anda,suruh bilang ke mama ,kalau ngak kamu bicara baik baik sama mertua kamu kalau semua agama itu baik,kalau ngak mau ngerti juga terpaksa deh.....




13. Balance-life: Benang kusut pekerjaan tidak akan pernah habis kita kerjakan. Sebaiknya kita juga menjaga keseimbangan tujuan hidup: Selain kerja, ada family (makan malam bersama, jalan2 ke kebun binatang, menonton TV sambil menikmati popcorn), kegiatan sosial (mengunjungi yatim piatu), persahabatan (telpon sahabat lama, makan siang, nonton bersama di Mall), ilmu pengetahuan (baca buku, liat ted, ik...ut seminar), olah raga (treadmill yang lama tidak dipakai dijalankan lagi), dan spiritual (ke Gereja, ke Masjid, ke Vihara, ikut Yoga, meditasi). Sabtu Minggu adalah hari yang baik untuk melupakan pekerjaan sejenak dan masuk dalam aktifitas lain untuk mencapai keseimbangan hidup. Salam weekend. dicopy dari tulisan Tanadi Santoso .


Kesimpulan: Teman2 maaf kl komen bhante salah. Pernikahan beda agama risikonya lbh berat dan hrs ada pengorbanan, selama pihak lain yg beda agama blm bs menerima. Kebanyakan malah dari pihak umat Buddha sering mengalah, sebab ajaran Buddha menekankan Toleransi beragama yg tinggi, dg rasa saling menghormati.

Utk membuat Mertua mau memberi kesempatan kpd anda pergi ke wihara, ialah satu2 jalan anda menyampaikan dg santun tp tegas menyatakan bahwa anda beragama Buddha dan tdk bs pindah agama lain. Krn itu, saat hari minggu anda minta izin sm Mertu utk dpt prg ke wihara. Bila anda Yakin, psti Mertua akan menghormati pula dan jalannya lancar, asal jng ragu2 dan takut. Tdk prlu takut akan bayangan d khayalan pikiran anda yg jd penghalang tindakan anda yg benar.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “