Logika seorang Pencuri Ayam



偷鸡贼的逻辑
Tou ji zei de luo ji

Suatu hari, seorang pejabat kerajaan Song yang bernama Dai Ying mencari Meng Zi. Dai Ying berkata:”Tuan, saya telah memikirkan segala macam cara, berharap agar anda dapat membantu saya mencari jalan keluar.” Meng Zi balik bertanya:”Apa masalah anda, rupanya sangat rumit untuk diselesaikan.” Dai Ying menjawab:”Berdasarkan pengamatan saya, pajak yang kami pungut dari rakyat terlalu tinggi. Rakyat sangat terbebani.

Karenanya tahun ini saya berencana untuk mengurangi sebagian pajak. Tahun depan baru membebaskan rakyat dari segala pungutan pajak.” Usai mendengarkan penjelasan dari Dai Ying, Meng Zi menjawab:”Alkisah, hiduplah seorang pencuri. Setiap hari ia mencuri ayam milik tetangga. Suatu ketika, ia menyadari perbuatannya adalah salah. Karena itu, ia memutuskan untuk mencuri sebulan sekali.

Tahun depan baru berhenti mencuri. Coba bandingkan pemikiran anda dengan pola pikir si pencuri ayam, apakah berbeda? Jika mengetahui perbuatan kita salah maka harus segera dihentikan, untuk apa harus menunggu tahun depan?”

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “