Kekuatan Bahasa



语言的力量
Yu yan de li liang

Pada suatu musim dingin tampak seorang tuna netra berpakaian compang-camping menahan dinginnya udara. Dengan bahasa tubuh mengibakan hati mengemis di tepi sebuah jalanan yang ramai. Di lehernya yang dekil tergantung sebuah papan kecil berisikan tulisan: sejak kecil buta. Secara kebetulan, seorang penyair berjalan menuju ke arah pengemis. Spontan si pengemis mengulurkan tangannya untuk meminta sedekah kepada sang penyair.

Sayang, setelah merogoh katung celananya sang penyair mendapati diri sendiri juga sedang tidak memiliki uang. Sang penyair berkata kepada si pengemis:”Maaf, saya juga orang yang miskin. Meskipun saya tidak bisa memberikan sedekah, akan tetapi bisa berbuat sesuatu untuk meringankan kesulitan anda.”Selesai berbicara, sang penyair mengeluarkan alat tulis, menuliskan sesuatu di papan kecil yang dibawa oleh si pengemis. Selesai menulis mereka berpisah.

Sejak hari itu, si pengemis mendapatkan banyak sekali simpati & sedekah. Si pengemis merasa bingung, ada apa gerangan? Pada kesempatan yang lain mereka kembali bertemu. Si pengemis menggunakan kesempatan ini untuk bertanya kepada sang penyair tentang pertemuan pertama mereka: ”Waktu pertama kali kita bertemu, apa yang anda tulis pada papan kecil yang tergantung di leher saya?”Dengan tersenyum & memegang papan kecil tersebut, sang penyair membacakannya untuk si pengemis:”Musim semi segera tiba, sayang saya tidak bisa melihatnya.”Selesai membaca, sang penyair mendapati si pengemis menangis karena tersentuh hatinya.

“Sebagai seorang manusia, maksud keberadaan kita adalah untuk memberikan manfaat/kegunaan yang positif bagi orang lain. Sebagai seorang pelajar, tujuan kita menimba ilmu adalah untuk membentuk sikap/perilaku yang baik dan benar serta Jujur.

Jadilah orang yang memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain serta masyarakat luas. Di dunia ini yang berharga adalah ketulusan hati (tanpa Pamrih) dan ke-Jujuran.”

母爱无处不在
Mu ai wu chu bu zai

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “