Kisah Uang Rp 10.000




Dalam sebuah kesempatan, sebelum acara resmi dibuka, seorang motivator terkenal mengeluarkan selembar uang kertas yang baru dicetak pecahan nominal Rp 10.000. kepada para peserta, sang motivator berkata:”Siapa yang mau uang Rp 10.000?”Sebagian besar peserta mengacungkan jari mereka tinggi-tinggi sebagai tanda menghendakinya. Melihat tanggapan yang antusias dari para peserta, sang motivator melanjutkan pembicaraannya:”Baik, terima kasih atas tanggapannya.

Sebelum uang ini menjadi milik salah satu dari anda, tolong perhatikan saya.”Tiba-tiba sang motivator meremas uang kertas tersebut hingga menjadi kumal.”Sekarang siapa yang masih menginginkan uang Rp 10.000 ini?”Meskipun telah menjadi kumal, masih saja ada peserta yang menginginkannya, namun tidak banyak.

Tidak disangka sang motivator membuang uang tersebut & menginjak-injaknya. Uang yang tadinya rapi & bagus, kini menjadi kumal & kotor. Kata sang motivator:”Apakah masih ada yang menginginkan uang ini?”Saat itu hanya ada seorang yang tetap mengacungkan tangannya.

Dengan menanggukkan kepala, sang motivator berkata:”Pemirsa yang saya hormati, hari ini kita telah mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga. Bagaimanapun saya memperlakukan uang ini, anda tetap menghendakinya. Hal ini menunjukkan kita dapat benar-benar mengetahui nilai dari uang tersebut, tidak karena kumal & kotor lantas merasa nilainya berkuarang.”

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita merasa ragu-ragu untuk membuat keputusan/mengerjakan sesuatu dengan setengah hati. Ini semua disebabkan karena kita tidak mengetahui betapa berharganya hal tersebut. Orang yang tidak dapat memahami nilai yang sebenarnya dari sebuah hal, selamanya ia akan merasa bimbang dalam menjalani apa yang telah menjadi pilihannya.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “