Kuda Kesayangan Raja




楚庄王Chu Zhuang Wang, adalah seorang seorang raja dalam sejarah Zhong Guo. Beliau memiliki seekor kuda kesayangan. Kuda tersebut mendapatkan perlakuan khusus: ditempatkan dalam sebuah kandang yang bagus, dikenakan pakaian yang indah, diberi makanan yang lezat. Karena mendapat perlakuan khusus, kuda tersebut menjadi jarang ditunggangi. Sehari-hari si kuda kesayangan hanya makan & tidur, semakin lama kian gemuk. Kesehatan si kuda kesayangan perlahan-lahan menurun, pada akhirnya mati. Chu Zhuang Wang merasa sedih karena kehilangan kuda kesayangan. Beliau memerintahkan para pejabat untuk melakukan upacara perkabungan. Batang kuda kesayangan dimasukkan ke dalam sebuah siupan yang bagus, akan dikubur dengan menggunakan tata cara upacara pemakaman untuk seorang pejabat besar.

Perbuatan Chu Zhuang Wang sudah keterlaluan, melampaui batas! Banyak sekali pejabat yang mengajukan keberatan terhadap rencana Chu Zhuang Wang. Mendengarkan banyak kritikan, sang raja menjadi murka. Chu Zhuang Wang mengeluarkan sebuah titah:”Barang siapa yang menentang upacara perkabungan untuk kuda kesayangan akan dihukum mati.”Karena titah tersebut, tidak seorang pun yang berani berkomentar lagi.

Mengetahui hal tersebut, seorang pejabat yang bernama You Meng优孟 segera menemui Chu Zhuang Wang. Setelah memberi hormat kepada sang raja, You Meng menangis terisak-isak. Chu Zhuang Wang merasa terkejut dengan sikap You Meng, lantas berkata:”Ada apa? Mengapa engkau menangis?”Dengan terbata-bata You Meng berkata:”Kuda kesayangan baginda raja kini telah tiada. Kerajaan Chu adalah kerajaan yang besar & kuat. Sungguh sayang bila hanya menggunakan tata upacara pemakaman seorang pejabat besar untuk menguburkannya. Saya merasa keberatan. Saya mengusulkan agar menggunakan tata cara upacara pemakaman seorang raja untuk menguburnya.”

Chu Zhuang Wang segera bertanya kepada You Meng:”Bagaimana tata cara upacara pemakaman untuk seorang raja?”You Meng menjawab:”Pertama siupan harus bagus & indah. Diiringi oleh semua pejabat & prajurit kerajaan. Setelah dimakamkan harus dibuatkan tanda peringatan agar semua orang tahu betapa anda begitu mencintai kuda ini.”

Setelah mendengarkan jawaban dari You Meng, Chu Zhuang Wang menjadi tersadar akan kesalahannya. Beliau segara membatalkan semua rencana pemakaman untuk kuda kesayangan, tidak lagi memberikan perlakuan istimewa. Bila beliau melaksanakan rencananya, semua orang akan mengetahui perilakunya yang tidak bijaksana.


Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “