“ WANITA MAU CERAIKAN SUAMI KRN TDK MAU NURUT USUL ISTRI “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Bhante sy (P) lg bnyak masalah dlm rumah tangga saya.. Blh ga aķΰ bercerai sm suami ЌäĽ☺ suami tdk ♏ªŮ menuruti kemauan sy?

Menikah udh 5 tahun, punya anak 2 org, besar umur 4 n kecil 2 tahun, suami kebanyakan pro ke keluarganya, rumah-tangga sendiri di no 2 kan.

Kemauan saya adalah agar usaha kanvasnya di buatkan pembukuan, agar bisa terkontrol keuangannya , tujuan agar kelak tidak menimbulkan hutang ЧaΩƍ banyak. Tp suami tetap pd pendiriannya tidak bs buat pembukuan.

Suami sepakat untuk bercerai jg Bhante.. Mohon petunjuk jalan keluarnya teman2 dan Bhante.


Jawab: Teman2 maaf bhante tdk bs komen sebab msh di bawah umr baru 16 tahun jalan...biar jd pembaca yg baik sambil duduk manis d ngopi aja yah...yg sdh RT psti ada pengalaman lah..dikit2 tlg ks pencerahan Umat yg tanya ikutan diskusi juga lho..hati2 jng nulis sembarang ntar dia marah2nya sama bhante...jd mau dpt karma baik malah dimarahi yg nanya ..ehehmmm..


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Namo Buddhaya, pagi Bhante, Dilema..Oohh Hidup...Bila tdk bercerai dan menuruti kemauan suami tiba2 bletak muncul hutang segunug, anak istri ikut menderita, permintaan ma'af krn tdk mendengarkan saran istri adalah percuma, bila bercerai kasihan anak tdk punya σгαπƍ tua utuh!

U/istri pikirkan masak2 αpαkah bs jadi seorg single parent, ϑαn apakah mslh ÿğ ϑȋ hadapi sdh fatal ϑαn tdk άϑά jln keluar nya, Apakah siap menyandang stts Janda? bila YA, hrs berani ambil keputusan cerai, krn masa dpn masih panjang, hrs berani mengambil keputusan, tapi harus ϑєπĝαπ bekal si istri hrs mempunyai kemampuan u/berdiri ϑȋ kaki nya sendiri, bila tdk mslh lain akan kembali bermunculan!

Kehidupan rmh tangga ÿğ baik, ϑєπĝαπ seorg istri ÿğ baik pula, ibarat istri adalah leher suami adalah kepala seiring sejalan baru ada kemajuan. Ma'af kalau salah yah Bhante, Anumodana, Namaste !


1. Terkadang teori tdk seindah ϑαn semudah praktek, mslh ini spt nya bkn hanya mslh membuat pembukuan, krn sdh άϑά kesepakatan u/cerai ϑȋ kedua belah pihak. seseorang ÿğ sdh tertutup mt hati nya ϑєπĝαπ uang ϑαn keberhasilan nya akan melupakan segala nya, boro2 dia akan sadar ϑєπĝαπ membaca semua hal baik ϑαn indah ϑȋ beri nasihat dari σгαπƍ bijak pun akan pura2 tuli.

Bila mmg suami berada ϑȋ jalur ÿğ benar yah mmg tdk άϑά salah nya u/menurut ϑαn mendengarkan, bila tidak, segeralah ambil keputusan!


2. Anda ber2 pst lg emosi,jd bicarakn lah baik2 ϑëπƍάπ suami anda,,,,smua itu rencana utk masa depan kt n anak2...andaikn dia ttp pd pendirian ny,tny kn knp...??? N diskusikan ber2 masalah ini,pst akn ada jln keluar ny,krn perceraian bkn lah kehendak Tuhan,kelak hny ada rasa penyesalan,jd sblm anda menyesal,pikirkn baik2...krn pernikahan kn βϋκαη utk bercerai...


3. Menjadi seorang istri itu dibilang gampang juga gak... dibilang susah juga gak... istilahnya harus bisa menjadi pendamping suami tapi harus menutup 1000 kata jika ada sangkut pautnya dgn keluarga suaminya... ckckckckc.... haaahhhh... gak adil banget yah... tapi semua masalah yg spt ini hrs ditanggulangi...

Coba deh... kamu dekatin keluarga suami... jangan smp terjadi adanya suatu "gap".. jangan membuat dirimu merasa termusuhi oleh mrk.. krn bagaimanapun mrk sudah menjadi bagian dlm hidupmu... Sebisa mungkin hindari perceraian.. lain halnya jika kalian belum mempunyai anak mau cerai tdk akan membuat anak2 terluka hatinya yg hanya akan membuat trauma yg berkepanjangan.... Jangan kaget dengan hidup berumah tangga.... memang banyak variasinya... kita sbg seorang istri hrs bisa membuat suasana keluarga menjadi tenang..


4. pagi bhante namo budhaya.wah hari ini komennya berat ni,tapi amin akan berusaha memberikan masukan.pernikahan adalah janji yang sakral,di saat upacara pernikan kita sudah berjanji sehidup-semati sampai maut memisahkan,pernikan karna didasari cinta,kepercayaan,saling mendukung,dan saling melengkapi.menurut saya ini cuma hal sepeleh,kepada istri mungkin bisa mencoba lagi dan menjelaskan tentang gunanya pembukuan,jangan langsung urusan kerja suami langsung kamu handle semua,jangan mau menang sendiri,yang membuat suamin harus menuruti keinginan istri,

mungkin suami juga punya pendapatnya sendiri.saran saya kalau jangan terlalu mencampuri urusan suami,apa apa harus istri yang ngatur,jadi lah istri yang patuh kepada suami,suami mungkin punya pikirannya sendiri,yang belum kamu pahami.sayang loh sama usia pernikahan kamu,baru seumur jagung,hehehehe,udah itu kasian anak,mental dan prilaku mereka bisa berubah loh.


5. Keinginan cerai adalah obat sementara untuk menutup kecewa, sebenarnya anda egonya besar tidak mikir masa depan anak jangan jangan anda sudah ada rencana yg lain , kalau tidak kenapa ingin cerai ???? cerai bukan jalan yg terbaik anak akan jadi korban yg selamanya tidak bisa dihapus dari ingatan , biasanya kata cerai keluar disaat adu mulut / ribut , pernahkah anda bicara disaat anda senang berkumpul keluarga dalam suasana bahagai terus kata cerai diutarakan ,


pasti tidak itu keluar di saat anda ribut atau masalah muncul yg rasanya sulit diatasi baru cara paling gampang yaitu cerai , bila itu pilihan anda untuk cerai pilirkan lebih dewasa cepat atau lambat anda sendiri yg akan menyesal .!!!!!!!!!!!!!!!! tidak ada masalah yg tidak bisa diatas , semua ada jalan keluar yg baik harus ada salah satu yg mengalah.



6. ya hal bercerai akibat pikran emosi sesaat...klo uda berat x coba lah refreshing dulu...dlm berumah tangga sbaiknya jgn dua2nya skeras batu...klo satu uda batu satunya haruslah mengalah jd air...trkadang sy blg bagi seseorg utk mngalah itu sulit...tp jk seseorg uda melatih diri utk memahami isi adlah kosong...dan hukum kamma pastilah org tsb bisa mengendalikan pikiran nya...bkn pikiran mngendalikan diri kita...om mani pad me hum...


7. kok aneh suami setuju cerai krn gak mau buat pembukuan aja?ada yg disembunyikan pastinya.kl istri minta cerai cm krn gak ada pembukuan n pro ama keluarganya ya saya sarankan jangan cerai.toh suami anda tdk menelantarkan anda n anak2.kasian anak2.coba dibicarakan baik2 isi hati masing2.saling mengerti n mengalah kl yg lain kekeuh ama maunya.soal takut utang saya sarankan anda mulai menabung.kl perlu pk nama org lain.jd kl ada sita harta buat byr utang.tabungan anda gak keambil.jd ada uang dikitlah buat hidup. Iya ya. Masa gara" pembukuan trus minta cerai?, sy gak bs komen, soalnya sy msih jomblo. blm prnh nikah, Sy akan menyimak aja.


8. oh ya.kl bs anda mulailah cr uang tambahan dg kerja sampingan yg gak menelantarkan keluarga misalnya home industry.bisnis online.ato anda py ketrampilan apalah itu diberdayakan.jd anda tdk ngatur suami yg udah kerja.pikirannya tentu dah penuh n kalut ama kerjaan dia.anda jg tdk terlalu khawatir ttg ekonomi keluarga lagi.soal suami sering pro ama keluarganya itu wajar.kan dia dibesarkan disana.pasti py ikatan batin kuat disana.anda pro aja n tunjukkan kl anda jg sayang ama keluarganya.suami bs tmb syg anda.


9. @Bhante Sudhammacaro... terimalah hormat namaskara saya..., mohon izin utk share ya....., wahai ibu yang baik... niat anda mulia pada suami anda..., mengapa ibu harus memaksakan kebaikan (buat pembukuan) dengan berbuat yang tidak baik (bercerai)...., sabarlah dalam kebaikan... kasihan anak2 ibu.......,

wahai ayah yang baik... mengapa anda tidak belajar mengerti niat baik isteri anda.... cukupkan perhatian pd isteri dan anak2 anda.... beri ia pengertian........, sesungguhnya anda berdua berniat baik tetapi hanya kurang sabar dan kurang pengertian saja.........., << ingat syair ini >> : "kalau kita berbuat kebajikan dalam 10 kali kehidupan pd pasangan kita.... kita baru bisa bertemu dan saling melihat....,

kalau kita berbuat kebajikan dalam 100 kali kehidupan kepada pasangan kita....., kita baru dpt bertemu didalam satu perahu......, dan apabila kita telah berbuat kebajikan dalam 1000 kali kehidupan kita... barulah kita dapat hidup disatu ranjang/atap dlm rumah tangga... sungguh sulit perjodohan ini..., peliharalah... selesaikan saja "hutang-piutang kamma" anda berdua.... dengan sabar, dengan saling asih, asah dan saling asuh..... demi kebaikan semua....., Semoga kita semua dapat hidup rukun damai dan sentosa sampai akhir masa...... anumodana....


10. selamat pagi menjelang siang bhante, Masalah rumah tangga yang tidak rumit tapi di rumit rumit kan hingga jadi bola liar bergerak tidak terkendali. Dua duanya di kuasai rasa egois atas pemikirannya yang menimbulkan pilihan yang sulit. Begitu mudah nya minta cerai hanya karena masalah ini.

jika si suami lbh berpihak pada keluarganya mungkin dia punya alasan yang kuat,selama itu tidak mengganggu keuangan keluarga itu tidak akan menjadi masalah, Jika terjadi masalah lebih baik di bicarakan dengan hati ke hati dan alasan yg masuk akal,bukan dg ancaman minta cerai. Omitofo.


11. Siang bhante n teman2.. Waduh dalam keluarga dikit" mengeluarkan kata cerai jd serem juga y.. kalo menurut sy dalam ber keluarga itu harus di latih pikiran "CIN CAi" .. Org tua sll menasehati kita kalo mao hidup byk sahabat, relasi publik yg baik, keluarga harmonis, usaha lancar dan hidup mjd SANTAI dan enjoy, maka jadilah org yg CIN CAi.. Belajar lah menjadi CiN CAi , Org CiN CAi selalu mengalah dan memberi, Toleransi dan pengertian, Gampang bekerja sama, mudah di ajak berunding shg byk sahabat, Usaha Ramai, keluarga Harmonis, hidup nya ceriah dan enjoy.. *www.aliran santai.com* jgn lupa ber DANA:-) santai santai.


12. Mungkin juga suaminya udah gondok juga sama istrinya,ampe suami juga udah siap di cereikan tuh,ya di minta kesadaranya aja,apa kah istri sudah semestinya menjalankan kewajiban kepada suaminya apa belum,apa terlalu banyak mengurusi urusan pekerjaan suami hingga suami juga mulai bete,ya kalau amin si sayang ya kalau ampe mereka bercerai,pikirkan nasip ke 2 anaknya,
kasian mereka masih pada kecil beban dan mental mereka akan semakin berat menjalankan kehidupan mereka kalau ke dua orang tua mereka sampai bercerai.I hate broken home hate hate hate. cuma karena suami gak ikut kemauan istrinya , lalu minta cerai. Cinta apaan tuch ? cinta duit ya , takut miskin ? kalau suaminya bangkrut minta cerai , tapi suaminya gak membuat pembukuan tapi tambah kaya , apa masih minta cerai?


13. hidup memeng penuh dgn rintangan dan cobaan.tapi jika kt sedang ada masalah ,cobalah anda berpikir kalo masih banyak org yg lebih susah dan lebih banyak masalah lg,tapi mereka begitu tegar.saran saya jgn lah buat keputusan disaat emosi,penyesalan selalu datang terlambat.kita tidak bs memaksa org lain utk ikt jalan pikiran kt.walaupun itu suami kt sndr.setiap manusia dilahirkan dgn sifat yg berbeda.

Menurut sy setiap manusia hidup itu pasti ada masalah/Dukkha, tergantung kita yang menerimanya, lbh baik kita lihat dulu ke dalam diri kita. ada kata2 Sang Buddha :" Menaklukan ribuan orang tak dpt disebut pemenang, tapi menaklukkan ' Diri Sendiri ' adalh Penakluk Gemilang " . itu yg belum bisa diterima banyak orang, juga dg sy yg msh harus byk belajar ..


14. Johanes chandra» jgn menhujat sebelah pihak, hdp rmh tangga tdk semudah ÿğ terlihat, ÿğ ϑȋ butuhkan tdk sekedar hanya cinta, wktu pcran modal cinta sj dunia sdh begitu indah, stlh menginjak hdp rmh tangga cerita nya sdh berbeda, mslh ini tdk ϑȋ jlskan secara gamblang αpα lg selain mslh pembukuan, ada kala nya setelah bercerai khdpn anak ϑαn istri malah semakin membaik (kasus suami ÿğ tdk baik) kl ϑȋ pertahan kan malah membuat khdpn neraka dlm rmh tangga krn masing2 mempertahankan ego, pernah dgr tdk seorg ibu bunuh diri beserta 3anak nya? Krn mslh rmh tangga?

Malah tanpa sadar seorg ibu menyiksa anak krn depresi ϑαn stres ÿğ berkepanjangan krn ulah suami? Ibarat duri dlm daging αpα salah nya mencari jln terbaik ϑєπĝαπ membuang duri tersbt.

Karma seseorg u/berjodoh bisa habis ϑαn selesai kpn saja, ada baik nya ÿğ bersangkutan u/merenungi sendiri semua ini, krn ada kala nya bnyk bertanya malah byk bingung, dukungan ϑαn rangkulan keluarga lah ÿğ sgt ϑȋ butuhkan dlm hal ini.


15. masalah materi selalu jadi permasalahan dlm rumah tangga,suami menyokong keluarga hrs ada batasannya pula krn dia sdh jd kepala keluarga dari rumah tangganya.. si isteri pun ga sehrsnya berkeras hati tuk memaksakan keinginan walaupun itu benar..mungkin krn sudah segudang permasalahan yg besar siapa tau begini siapa tau begitu dlm pemikiran suami yg sedang berusaha.. si isteri jgn membuatnya tambah pusing.. bila keuangan yg keluar yg ga pasti baru cari tau sedikit demi sedikit... keputusan ada ditangan kamu berdua jd jangan jadikan yg lain korban dari keputusan itu. pastinya ada jalan keluar suatu saaat nanti..


16. Benar jg ya. Dulu semasa pacaran hanya ad Cinta dan Cinta. Lalu stlah menikah yg tersisa hanyalah "ego". Dahulu Cinta tp tanpa ikatan, kini ada ikatan tp tanpa Cinta.
Benar2 rumit masalah ini. begitulah hidup perlu proses tak seprti yg kita harapkan kita harus kuat menghadapi semua proses itu.


17. Harus cooling down, bila tdk ada mslh rumit lain nya, pergi lah berdua sj tanpa anak, tanpa gangguan tlp sana sini, lepaskan kepenantan, pergi lah ke †ємρα† dimana semasa pacaran sering ϑȋ kunjungi, tentu memori indah akan terekam ϑȋ sana, ulangi lg keindahan ÿğ pernah terjadi, sambil saling merangkul dan berpengang tangan tentu hanya cerita indah ÿğ akan tersisa, lalu lontarkan pertanyaan "Haruskah kita bercerai ϑαn mengakhiri semua keindahan ini???"

Naaahhh.......di sanalah akan ϑȋ temukan jwban nya akan terlihat seberapa besar siihh cinta ÿğ mereka punya u/saling mengasihi....semoga ÿğ akan terjadi semakin erat rangkulan ϑαn pegangan tangan nya hingga tdk mau ϑȋ lepaskan........honey don't leave me....so sweetttttt....indah nya dunia....


18. Namo Buddhaya, buat sdri sedharma disana, saya ♍åΰ tanya, adakah suamimu selingkuh? berjudi? Mabuk2an? Memukul istri? Kurangkah dia memberi nafkah? Nah, kalo tidak, saya rasa tidak perlu bercerai. Pernahkah terpikir berapa banyak wanita diluar sana yg memberi '♉ª 'u/pertanyaan diatas tapi mrk masih bertahan?

Perbedaan prinsip dan cara berpikir itu sudah biasa.. Kita lah yg harus belajar saling mengerti. Suami lebih membela kluarga, sudah pasti..iya to?! Wong keluarganya.. :) coba saudri yg diposisi suami.. Meskipun bgtu mmg keluarga tidak selalu bnr dan istri tidak selalu salah..kita hrs pandai memilahnya.. Coba.
Beri pengertian suami, kita sebgai istri juga hrs mengerti posisi suami. Ga mngkin dong melawan ortunya gr2 kita. Mmg ada juga suami yg tdk pengertian, dimatanya kita selalu slh. Tp coba deh, sabar, turuti kemauannya, sayangi keluarganya.. Saya jamin deh, lambat laun dia pasti akan lebih mengutamakan keluarga kecilnya.. Ingat!! Perceraian bukan solusi, malah menambah masalah..


19. Perceraian suami istri yg memiliki anak berarti org tua meminta anak berkorban demi org tuanya... Apakah anak umur 4 dan 2 tahun pantas untk berkorban gara2 ke-egoisan ke2 ortu nya... Klu menurut sy ke2nya hrs intropeksi diri...

Pertanyaannya untk sang istri : apakah anda ttp akan meminta cerai jika suami tdk membuat pembkuan ttpi yg dibantu olh suami anda adalh dari pihak anda (istri )?.. Pernahkah anda berpikir bahwa apa yg di buat suami anda dgn menyokong keluarganya akan membawa karma yg bisa membuat anda dan suami kelak akan d sokong oleh putra anda ? Coba pikirkan dan renungkan kembali...
Jgn karna suami lebh menyokong keluarganya lantas istri meminta untk d buat pembukuan... Ttpi sang suami bukn mencium niat baik istri, ttpi yg tercium malh rasa curiga sang istri yg ingin mencari tau, berapakah yg diberikan suami kpd keluarganya ?. Sehingga suami ttp tdk mau membuat pembukuan karna hal tsb... Trus pantaskah karena hal tsb lalu istri meminta cerai kpd suami ? Apakah tdk ada solusi lain ? Hhaha......hayu loh Bhantee.Sy takut jg aahh, takut salah comment, Ikut Bhante aja duduk ϑȋ belakang Bhante sambil ngintip baca comment nya.......hihihi...Piisss yah sista kalau αkù salah kasih masukan.


19. lusiana lusi : kalau dari ceritanya diatas , tidak diceritakan adanya kekerasan dalam rumah tangga(KDRT) , karena yg mempunyai niat bercerai adalah sang istri , bisa diartikan sang istri yg tidak dapat menguasai egonya , sudah tidak tahan lagi sehingga muncul ide untuk cerai. Seseorang yang terpojok pasti mengambil jalan keluar yg paling pahit baginya dan menharapkan hasil sesuai perkiraanya.

Pertanyaan saya adalah 'Dalam keadaan keuangan suami masih dapat mensupport keluarga , tidak melakukan perselingkuhan , tidak melakukan kekerasan rumah tangga , seburuk apakah sang suami tersebut ?' , apakah yg dibenci cuma sang suaminya tsb cenderung memihak keluarga laki-laki dan lebih sering mengabaikan saran sang istri'. Pernikahan mereka masih muda , cuma 5 tahun. Memangnya 5 tahun lalu istrinya perasaannya dulu seperti apa ya ? menghayal?


20. Johanes Chandra» maksd nya emosi ÿğ tdk stabil tuh spt anda yah? Hhihihi
ga ikut merasakan aja sdh emosi gmn kl merasakan? Waduuhh..Perlu kamu tahu usia tdk menjamin kebijakan seseorang, begitu pula dgn usia perkawinan, tdk menjamin keberhasilan dlm menaungi bahtera rmh tangga! Maka dari itu sy pertanyakan adakah mslh polemik lain nya selain mslh ϑȋ atas, kt ϑȋ sini semua tdk pernah tau bgm perasaan ÿğ menjalani, kita hanya mengetik ϑєπĝαπ jari kita, bila anda atau kita semua ϑȋ sini ÿğ mengalami blom tentu kt bs mengatasi ϑєπĝαπ baik toh!


21. Johanes Chandra» maksd nya emosi ÿğ tdk stabil tuh spt anda yah? Hhihihi, ga ikut merasakan aja sdh emosi gmn kl merasakan? Waduuhh...Perlu kamu tahu usia tdk menjamin kebijakan seseorang, begitu pula dgn usia perkawinan, tdk menjamin keberhasilan dlm menaungi bahtera rmh tangga! Maka dari itu sy pertanyakan adakah mslh polemik lain nya selain mslh ϑȋ atas, kt ϑȋ sini semua tdk pernah tau bgm perasaan ÿğ menjalani, kita hanya mengetik ϑєπĝαπ jari kita, bila anda atau kita semua ϑȋ sini ÿğ mengalami blom tentu kt bs mengatasi ϑєπĝαπ baik toh!


22. Memang seharusnya suatu usaha itu dibuat pembukuan, biar jelas dan tidak kebobolan..tapi ♉ª, kalau suami bersikeras tidak ♍åΰ..♉ª, ikuti saja.. Kan cuma mslh kecil.. Kenapa harus sampai cerai. Menurut saya, coba deh intropeksi kemudian minta maaf ke suami, minta balik lagi, kasihan lo ank2. Apalagi masih kecil mengalah bukan berarti salah lo..(Laki2 mmg egonya tinggi) yg sabar saja deh.

Yg penting rajin nabung. Suatu saat pasti berguna. Kalau diantara suami tak ada kecocokan lagi,dgn saling mencurigai,bertengkar dgn emosi,tak ada kedamaian di rumah.ini akan mempengaruhi mental,moral anak2.apalagi sampai mau makan/minum juga dicurigai...wah ini gawat...
kalau sudah begitu,dan masing2 masih muda, lebih baik berpisah secara baik2,dan mulai cari kehidupan masing2...saya berpikir begitu karena jangan sampai udah usia senja,punya tekad tapi tak punya tenaga baru bercerai ini lebih parah lagi...xixixixi.


23. sy rasa anda dan suami anda sgt tdk dewasa, hny krn mslh sepele buat pembukuan, tp kalian akan hancurkan rmh tangga ? apakh itu tdk aneh mendengarnya ?. pernahkah anda berpikir hny krn egoisnya dlm hal tdk sependpt,tp kalian hancurkan perasaan anak2 kalian,masa dpn mrk,sy rasa kalian membayarnya dgn sgt tinggi hrgnya.dan tega kalian hancur masa dpn anak hny krn pembukuan?

dimana hati nuraninya sbg seorg ayah dan ibu ?, ego kalian luar biasa.sehrsnya kalian pikir itu hny maunya kalian berdua, tp blm tentu maunya ank2 kalian,klu namanya udh berklrg, ya yg hrs kt pikirkan sdh bukan diri kt lg, hrs pikirkan suami kt, anak2 kt.apalagi hal yg terjd hny mslh sepele bgt, dan sy rasa seorg istri tdk ush terlalu mengurusi bisnis suami, kt sehrsnya udh ckp bersyukur bhw smp saat ini suami msh memberikan kt nafkah dgn cukup, tdk berkrg ya udahlah.knp hal bisnis dia kt hrs urusin ?

suami nikah dgn kt bukan berarti semuanya hrs kt urusin smp sedetail2nya urusan keuangan dia, kt hrs tahu bersatunya dua insan adlh saling mengisi,bukan saling menguasai,mengontrol dll yg melampaui hak individu privacy msg2.bergabungnya dua insan adlh saling care,saling membantu,saling sharing,saling menghormati, tp bukan saling hrs bercampur dlm sekecil2 hal privacy individupun hrs kt urusin.mudah2an anda bs berpikir lagi lbh mendlm.
hormatilah hak2 anak km utk dpt hidup dan menjd dewasa dlm klrg yg bahagia.jgn mencabut hak mrk,dan membw mrk ke lingkungan yg tdk bgs utk dipraktekan.



24. Usia sangat menentukan cara berpikir seseorang. Faktor yg mempengaruhi ekskresi hormon tubuh , perkembangan/pertumbuhan otak , tingkat intelekgensia (IQ) , tingkat Emotional (EQ) dan faktor lainnya seperti pengaruh pergaulan keluarga dan linkungan , tingkat pendidikan. Kalau mau dibuat eksperimen ilmiahnya hasilnya bagaimana nich ? diambil sampel 200 orang , 100 sample berusia < 19 tahun , 100 sample dari > 25-35 tahun. Atau mau cari cara tercepat bisa baca literatur dari penelitian sebelumnya. kalau berdasarkan cerita diatas , tidak ada polemik lain selain keluhan dari sang istri yang tidak terpenuhi egonya.

Kalau pun ada pemicu hal lainnya , seharusnya dia menyadari bahwa apa yg terjadi sekarang adalah cobaan bagi komitmen utk sharing kehidupan bersama suaminya. Apa yg telah terjadi jangan disesalkan , jangan dikeluhkan , jangan menyalahkan siapapun dan apapun , terima aja karena itu adalah bagian kehidupan. mengamati beberapa orang teman yg mempunyai istrinya suka mengatur-gatur keuangan suami .....

kadang gak berkutik diatur-atur istrinya , mungkin takut suaminya menyembunyikan uang utk berselingkuh dan dibagi-bagikan kepada pihak keluarga laki-laki. Note: Tidak saling mempercayai = Bukan Cinta Sejati. Termasuk type apa saya? baca aja buku sigallo sutta ,kamsia.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

father frogs said…
Adik yang baik,perceraian nih bukan PERSOALAN sesungguhnya,analisa inti PERSOALAN nih adalah mempertahankan EGOIS yang sangat merugikan.Adik yg baik apa yg sudah kamu pikirkan benar dan cukup baik,kekwatiran yg kamu anggap mengerikan tuk waktu yg akan datang.panggil dan duduk bersama bawa dlm dharma.keluhan kamu utarakan sejelas jelasnya ,begitu juga kamu mendengarkan keluhan suami kamu.Tapi ingat jgn minta jawaban saat itu juga.karena intinya kebersamaan nih hanya tuk mendengarkan masing2 keluhan.dan tentukan wkt bersama lg tuk solusi keluhan keluhan kalian bersama.semoga mendapatkan yang terbaik.Jangan berontak atas ketidak seimbangan DIRI kita,karena akan melahirkan KARMA BARU dlm kehidupan.salam tuk kawan se Dharma

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "