“ SUAMI DAN ISTRI JADI FACEBOOK MANIAK GIMANA CARA MENGATASINYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

Bhante, sejak Facebook mengudara di dunia maya, suami sy jd berubah 200% lbh syang sm Facebooknya drpda sy istrinya. Kl main Facebook dri kantor, lalu pulang ke rumah cm makan dsb, main lagi hingga tengah malam jelang pagi, kdang bngun tdr pagi2 sdh main Facebookan lagi. Bila di tegur tersinggung marah2, sy heran knp bs gitu?

Bhante, istri sy sdh pindah cintanya bukan ke sy suaminya, tp sm Facebook. Bangun tdr pagi2 jam 04 sdh main Facebookan, sdh tdk rajin masak dsb. Dulu wkt msh baru jd pengatin rajin masak yg enak2 dsb. Sejak tergoda sm Facebook, jd spt orang Gila, krn suka Tertawa sendiri di depan Komputernya. Tdinya mau dibawa ke Psikiater diperiksa takut kl sdh melenceng Otaknya.

Anak2 juga ikut2an main Facebook tiap hari wktnya abis di depan komputer hnya Facebookan. GAWAT DARURAT semua sdh Gila Facebook.

Bhante d teman2 gimana mengatasi Gila2an sm Facebook? Tlg teman2 beri solusi.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


Kira2 yg benernya nih, main Facebook sih bgs krn banyak info yg berguna nambah wawasan dsb. Tp, baiknya ditarget wktnya kali yah.. jng smp lupa kerjaan yg permanen.


Misal;sebagai suami hrs tau tugas dan kewajibannya, pun istri tetap menjaga tugas jd gawang di rumah hrs beres, masak yg enak2 utk suami dan anak2, dsb. Tdk ada larangan main Facebook, cm batasi wktnya, kl pg sdh gatal pengen main facebookan blh lht status teman2 tp jng komen dulu. Ntar abis makan siang, wkt istrihat baru bikin komen dsb. Yg digunakan wkt utk main facebook pada wkt istirahat, jd tdk menyita wkt kerja. Malam, kl gatal lagi pengen main facebookan, juga hrs ingat batas jng terus kebablasan, jatah wkt smp 1-2 jam cukup, lbhnya wkt utk keluarga dsb. Gimana...bisa ga yah...coba ikuti saran bhante pasti enjoy semua...


Ketawa di depan komputer tdk dilarang, malah bgs bagi kesehatan...membuang pikiran negatif, krn orang tertawa itu sehat dan bahagia...Enzim positif bertambah dlm metabolisme tubuh kita. Sebaliknya, kl orang sedih, marah, gelisah, justru menguras energi atau Enzim dlm tubuh kita terkuras abis, maka akibatnya mudah sakit dsb, krn Enzimnya Positif abis/berkurang.


Buddha sdh menyatakan bahwa hdp kita ini sarat derita, ini sdh Harga Mati. Jd kita cari jalan tuk bebas derita, bhante sdh menyusuri jalan bebas derita menuju perjalanan ke Barat kata dik Fera, tp tdk mudah lho...Maka selagi kita lum nyampe ke Barat.. itu Deita jng di bawa2 terus, krn tambah berat beban kita. Minimal tiap hari hrs ada enjoy, ketawa, hepi2 dikit, dg jalan/ guyon2 atau humor...


jng selalu serius ibarat Syair Pengamen dlm kisah Petapa Gotama saat2 menjelang mati krn terlalu serius cara bertapanya, yakni; Bila senar gitar terlalu kencang, maka akan putus/ mati, sebaliknya terlalu kendur juga tdk enak suara gitarnya.

Kesimpulan; Hdp kita hrs Tarik-Ulur dlm melihat, mencerna, dan mengkaji segala sesuatu, jng hanya di Tarik terus.. pun jng di Ulur terus. Bila kita bisa gunakan cara Tarik-Ulur, Jatohnya Keseimbangan Batin, inilah yg dimaksud oleh Syair Pengamen itu. Maaf ini cm pendapatan bhante aja yg lain silahkan komen bebas aja.


Namo Buddhaya Bhante... Met pagi... Klu mnrt sy Bhante,.. Untk menghadapi masalah pasangan yg FB mania : jika suami yg FB mania , maka sang istri harus pura2 lebh mania lg dari suami tsb... Karna biasanya org baru akan sadar jk dia melihat dampak buruk yg d lakukan olh org lain, namun jk dia yg melakukannya dia tdk akan sadar bahwa org dekatnya itu tdk nyaman dgn kondisi tsb. Nanti ketika sang suami uda mulai komplain... Barulah istri memberi pandangan bahwa selama ini begitulah dampak negatif dari FB mania nya sang suami yg d rasakan oleh istri... Dan begitu jg sebaliknya... (semoga bermanfaat ).


Nammo Buddhaya bhante,slmat pgi...mnrut saya,mgkn mrka yg gila akan facebook bth prhtian dan share dgn org lain..jika sdh bosan,kmbli spti semula dan mnjalani tugas ny sbg istri..kita hnya bsa mngingatkan ny sja dan mberikan kasih kpda ny.maaf kalo ad yg salah.


Pagi bhante dan teman2 semua.wah ko bisa sama ya dengan saya,3 minggu belakangan ini saya juga jadi tergila2 dengan yang namanya facebook hehehe.pertama sejak bertemu sesama peminat hobby yang sama,jadi saya semakin sering sharing di fb,terus ketemu bhante di sini,tambah lagi deh gilanya,hehehe.dulu saya pulang kerumah jam 5 trus mandi,nonton acara tv,sambil jam 9an tidur bangun jam 7,hehehe.sekarang pulang rumah ,makan,mandi trus langsung buka internet and sharing di fb sampai jam 12an malam.gila dampak facebook yang buruk,sekarang bangun jam 6 rela menunggu status terbaru dari bhante dan teman2 yang lain.di kantor jadi ngantuk and ngak konsen sama kerjaan.hehehe.ntar lama2 juga bosen,wkwkwk.


kl menurut saya kl pasangan dah melalaikan kewajibannya cm demi fb ya mesti ditegur.ajak ngomong baik2.tp kl tetap begitu ya antara kitanya tetap sabar nunggu dia bosan ato dgn cara sindir blg 'aku akan cari istri ato suami baru kl km lebih cinta ama fb'.kl tetap gak berubah pura2lah selingkuh.pura2 sikap kita cuek ama pasangan.mulai genit dgn dandan.pura2 asyik nelpon lawan jenis.sering keluar rmh n lalaikan kewajiban thd pasangan.biar dia ngerasa perubahan sikap kita n mulai kebakaran jenggot..:p

kl anak2 yg gila fb.ya ortunya yg nasehatin.mantau.kl dah kelewatan mpe gak belajar.nilai turun disekolah ya tinggal sita hp.laptop.pokoknya akses fb nya.uang jajannya jg dipangkas biar gak bs ke warnet.itu diberlakukan mpe waktu tertentu.trus kasi lg fb nya tp dgn catatan kl ada pelanggaran yg udah disepakati.hukumannya adl xx terserah ortu hukumannya.kl single dewasa kan ada atasannya ditmp kerja yg negur.terserah mau pilih fb ato dipecat.kl wiraswastawan ya dia rugi sendiri kl customer dia lari..


Pagi menjelang siang bhante n teman2.. Kecanggihan teknologi bisa berdampak positif, juga bisa berdampak negatif.. Selama facebook an untuk hal2 yg positif yah ok2aja.. yg penting mah saling keterbukaan , setia , tau hak n kewajiban masing2 pasangan nya aja sudah cukup.. Sy juga sering liat facebook terutama posting an bhante,, seru,, byk ilmu nya yg musti sy pelajari,,


kdng2ketawa sndiri(istri liat "km uda gila ya liat FB ketawa tiwi sndirian") .. ga kalah parah nya hp BB bisa bikin org gregetan :-) .. canggih nya teknologi semua jd lancar, terutama komunikasi dan usaha dagang juga lancar .. positif2 aja deh dlm hidup jgn yg macem2(negatif) .. Santai santai.


klo mnrt sy mnghadapi org ego tinggi...ditegur marah...jgn nyerah...hadapi aja...misal slalu tegur...tentunya tegur dgn tutur kata yg baik...jd trkesan lembut...jd sewaktu dia marah..ttp kt hadapi dgn lembut....nanti cpt lambat dia akan sadar...om mani pad me hum.


Namo tassa bhagavato arahato samma sambuddhasa(3x).Coba di cari dulu penyebab suami gila fb mungkin istri sering ngomel2 dirumah sehingga suami lari ke fb untuk itu coba ikuti petunjuk sigalovada sutta arah barat mengenai keluarga( bereskan dulu diri sendiri/istri,suami baru anak).

Untuk istri yang gila fb uang belanja yg di berikan di kurrangi supaya dia tau suami nya tidak suka kelakuanrnya ,si suami perlu mengikuti petunjuk sigalovada sutta
Kemajuan teknologi adalah hal yang wajar yang tidak bisa di stop untuk itu perlu di gunakan sebaik mungkin untuk kemajuan diri sendiri dan orang banyak.kamsia.


cita cita membangun istana dibarat untuk kelak ditinggali bisa dimulai dari sekarang , kita bisa menabung kebaikan untuk fondasi tersebut sedangkan pilar dan atapnya bisa kita tabung dengan berbuat dharma termasuk berderma sedangkan isinya tinggal tunggu kapan ajal kita tiba tidak ada satu orangpun yg tau .


setuju saran Bhante lebih baik ngedan sisan , ora ngedan ora keduman.

Namo buddhaya Bhante ...met pagi teman2 se dhamma ....SOLUSI nya berMEDITASI vipassana (sadar apa yg kita perbuat ).



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “