“ SELINGKUH APA ADA HUBUNGAN DG HUKUM KARMA? ”

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak dan kasih komen pertanyan dari Umat.


Pagi bhante. saya wanita mau nanya apa kalo pasangan kita selingkuh itu juga buah dari karma kita?dan jika itu terjadi apa yg harus saya lakukan?

Apakah saya harus menerima saja semuanya dgn lapang dada?

Maaf bukan Dadanya yg Lapang yah, tlg Laki2 jng salah bacanya, trims sebelumnya.


Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

Jawab: Teman2 maaf bhante tdk bisa memeberi kesimpulan yg tepat. Krn soal RT itu agak sensitif dan rumit, apa sebab Selingkuh terjadi? di dlmnya kita tdk tahu yg sebenarnya, yg tahu hanya mereka berdua. Alangkah baiknya kl istri minta sesepuh atau orang yg dianggap Panutan untuk dpt menasihati Suaminya. Itupun blm tentu mau menerima dan menurut. Namun, tetap hrs dicoba dg segala cara, termasuk komen2 dari Teman Dharma disini yg telah berpartisisapi eh maaf partisipasi. Semoga semua komen2 disini dpt memberi berguna membuka jalan keluar bagi semua Istri yg sedang mengalami hal yg sama dg Topik diatas.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Menurut sy.. Saatnya wanita intropeksi diri,. Napa. Suami bisa selingkuh.. Perbaiki sikap.. Semua yg terjadi dalam kehidupan baik yg menyenangkan atau tidak memiliki banyak faktor penyebab. . Knp suami bisa selingkuh? Tentu ada sebabnya? G mungkin muncul asap tnpa adanya api? Sbg istri hendaknya jg intropeksi apbl ad kekurangan at ksalahan shg suami bs spt itu. . Jk dlm istri tdk dtemukn ksalhn jg kekurangn lhatlah suami. . Apa pnyebabnya. . Jk tau sbabnya mka akn tau cra mgatasinya. .

2. NAMO AMI THO FUO, met pagi bhante, itu kita harus sabar moga suatu saat si suami bisa kembali memang mau jalan hidup bersamanya ,tapi gak mau pisah dari skrg dari pada mederita bukan , karna dikata teman tadi itu percis ama tema saya , dia bilang keluar dari pintu rumah itu bukan suami saya , udah 4 tahun lamanya dia ama suami kayak gitulah, karna demi anak dia sabar karna kesabaran itu bikin dia jadi sukses, akihrnya suaminya kembali sama dia udah 4 tahun maka,temannya blg dia gila sadhu.


3. Itu sebenarnya hati masing2 ya,yaitu cinta, kalau masih cinta mau dipertahankan pastinya apa lagi sudah mempunyai anak. tapi sang istri juga harus bisa mengintropeksi diri kekurangnya yang menyebabkan suami selingkuh. sekiranya kalau dikehidupan ini masih berjodoh pasti bisa hidup harmonis. semua makhluk hidup semua mempunyai jodohnya masing2 jika sudah sampai jodohnya ya harus dijalani dengan suka cita sampai batas jodoh itu berakhir. yaaa memank sudah karmany tuh cewe...mungkin dikehidupan yg dl dia selingkuh jg...terimalah dgn bijak knp bs bgt...intropeksi diri n merenung lah... itu lelaki mata keranjang. hahahahah.. pecat aja cowok gituan ...... hahahaha.


4. Namo Buddhaya Bhante, Pernikahan adalah kesepakatan dari 2 org dlm suatu janji yg harus dijaga untuk tetap harmonis, penuh ksh sayang, setia dsb, tapi pada dasarnya bila slh 1 selingkuh yg biasa dilakukan laki2x bukan berarti wnt tdk selingkuh loh, itu adalah konsekuensi dari perkawinan, sebab dalam perselingkuhan itu banyak sbbnya ada yg tdk puas, tapi umumnya sih karena Lobha, masalah karma bisa disebabkan karma lampau, tapi yg pasti kalau kita sdh melangkah dalam suatu perkawinan kita harus siap menerima segala konsekuensi dlm pernikahan, sebab semua itu tdk kekal,


dlm @ perkawinan itu harus dijaga sepanjang waktu sampai ajal tiba dgn ksh sayang, setia, dsb, apapun yg terjadi kita harus memberikan yg terbaik dalam perkawinan kita sebab tdk mudah menjaga @ perkawinan sampai akhir hayat krn penuh dgn tantangan n perjuangan yg panjang, jadi nikah atau tdk, masalah pilihan. Kalau sdh setuju jgn menyesal dikemudian hr krn semua adalah keputusan kita sendiri. Salam Metta.



5. Perselingkuhan itu terjadi memang merupakan Kamma, tapi perlu dilihat faktor pendukung apa yang menyebabkan Kamma tsb terjadi? Kalau kita memperlemah faktor pendukung Kamma itu terjadi, maka perselingkuhan tidak perlu terjadi. Faktor2 yang bisa memperlemah itu misalnya: membuat pasangan hidup kita nyaman di rumah, jangan terlalu banyak menuntut, sering komunikasi, demikian juga syarat2 istri/suami yang baik menurut ajaran Buddha (Bisa cari di text book). Selain itu, banyak faktor lainnya yang dapat dipelajari sedikit demi sedikit.


6. sy ikut jawab y...sebenarnya semua nya saling terikat dlm hukum kamma..tp kt terlahir sebagai manusia bkn lah slalu mencairkan sebuah masalah dgn melemparkan bahwa ini buah kamma kita....jd awalnya kita harus tahu terlahir di dunia ini adalh buah dr lingkaran kamma kita masing2...tp trlahir jadi manusia adlah makhluk derjat tertinggi dialam dunia ini...dgn trlahir jd manusia brarti kita brkesempatan membuat kamma baik...jd setiap masalah cobalah cari jalan kluar dgn bijak...seorg yg bijak pasti slalu bisa mndapat jalan kluar trbaik dr setiap masalah..ok tq.


7. sy tambahkan trlahir jd manusia adlah anugerah tertinggi...krn utk paling cepat capai ke buddha an adlah trlahir jd manusia...jd seorg manusia walau tau bahwa bahwa smua nya ini adlah ikatan lingkaran kamma ttp bknlah harus berserah diri kepada kamma...klo yg berserah diri thd kamma itu trlahir jd hewan...jd sbg manusia yg bijak slalu bisa kendalikan emosi nya..bisa bedakan baik buruk...jd setiap masalah jgn di diamkan...tp cobalah ddk bersama coba komunikasi bicarakan permasalhan dan cari jalan kluar bersama...bkn harus saling salah menyalahi..tp pandanglah sebuah masalah sbg anugerah...ketika kt berhasil memecahkan nya mk kebahagiaan di dpt...om mani pad me hum..


8. Suami selingkuh biasanya krn adanya tekanan dr si istri... atau pikiran sudah tidak lagi sejalan... masing2 maunya menang sendiri... Saya sbg wanita tidak menyalahkan kaum saya.... karena kadang laki2 juga sulit untuk dimengerti maunya apa... jadi saran saya... cobalah untuk saling terbuka dan saling mengoreksi diri masing2 (berlaku juga untuk yg pria juga... biar adil.Bhante...

9. BhaNte.... emangnya yang kerja cuman suami doang.... kwkwkwkw ... zaman sekarang istri juga kerja banting tulang demi keluarganya..... gitu loh bhante.... he" .. Semua coment saudara-i sekalian adalah benar... namun harus dimengerti terlebih dahulu, masalahnya dimana?... bisa saja perselingkuhan itu terjadi karena adanya kesempatan, atau istri tak punya keturunan, ataupun faktor lain. Zaman sekarang selingkuh telah tersedia sarana yg lengkap, Bukan salah wanitanya selalu, tetapi bisa terjadi dalam pergaulan bahkan untuk memperlancar bisnis.Oleh karena itu perteballah iman dgn berdoa langsung kepd yg diyakininya. Hanya ini cara untuk membebaskan dari hal2 nikmat dunia. Juga harus ingatkan oleh teman2nya kita ada keluarga dan keturunannya, inilah yg membuat sadar.


10. Menurut sy jgan lah kita sebagai umat Buddha, langsung memvonis segala sesuatu itu karna hk. Yg dpt menyebabkan pecahnya sebuah rt banyak foktor. Mis.nya kita sbgai istri yg kurang melayani suami, terlalu crwt ato sbgainya, atau mngkn suami rndh diri karna istri brpeghasilan tiggi..byak ♉ª.Atau mngkn suami bertm dgn mantan trus clbk. Byk ♉ª , jd kdua belah pihak hrs intropeksi diri.


11. Sy pernah nntn film di da ai tv.. Jdlnya saya lupa, pemrn utamanya bernm acua.. Itu bagus sekali ceritanya. Dan itu kisah nyata. Bahkan orgnya masih hidup. Tentng seorg istri yg berjuang, jadi ibu dan ayah ank ank, suaminya pemabuk, penjudi bahkan terakhir punya istri kedua..istrinya berjuang mencari uang u/menghidupi ank juga mertuanya.. Terakhir bahkan dia juga menghidupi suami dan istri keduanya.. Buat istri2 film ini patut diteladani.. Ktka acua asli ditanya, kenapa mash bertahan dengan suaminya?Apa katanya? Dia tdk ♍åΰ bertemu dgn suaminya lagi dikehdpn yg akan dtg... Jadi dia hrs membayar semua hutangnya dimasa lampau..


12. iya maaf Teman2 ini sebenarnya bukan wilayah bhante, porsinya untuk Pasutri yg sdh pengalaman. Tp bhante suka intip2 dengar aja, Laki2 yg suka Selingkuh itu bnyak Istri yg Suka lho malah sebagian justru Istrinya yg dorong, alasannya lelah ngurus Suami hrs masak, bikin kopi, palgi dah punya anak, ngurusnya jd dobel tiga, biar aja kata para Istri yg bijak, dari pada di rumah trus suami kasihan bosan. Bolak-balik itu2 aja, mau ngerain coklat tetangga yg lbh enak d lezat. Knp Istri mesti pusingin Suami Selingkuh, kan jd ringan kerjanya. Gitu kira2 hasil intip2 dengerin cas-cis-cus para Pasutri zaman Jablai. Buktinya banyak wanita tdk ada yg komen kan in berarti SETUJUUU SUAMI SELINGKUH...Terusin aja Selingkuhnya biar Istri enjoy..tdk banyak kerja..


13. Ada lg para istri yg bilang kl Suami Selingkuh itu tandanya Suami Gagah, Ganteng, Tampan krn laku keras sm wanita lain, biar aja siapa tau dpt yg baru dpt uangnya juga dan lumayan untuk jajan anak2, oh..ho..ho..ho ehehmm.. yg bhante lht faktanya semua suami yg selingkuh di matanya tdk ada Keranjang, knp disebut Laki2 Mata Keranjang yah..tdk msk akal nih.. iya mana berani Istri Pecat Suami, tar yg ks uang dapur sapa? hrs bijak dong kl jd istri hrs nurut sama suami gimana2 juga suami berjasa kerja siang smp malam cm utk istri dan anak2, kasihanilah suami..


14. ini komen titipan dari umat yg malu2; yg suaminya selingkuh ini biasanya istri tdk bs kerja dan emang tdk mau kerja, maunya enak trima bersih, di rumah juga pembantu yg kerja semua, istri cm moles pipi, ks merah2 bibir, beli yg mahal2 bikin mabok suami (uangnya ga tahan), jd saking gemesnya suami mau marah tdk tega, lampiasan ke Rumput Tetangga yg lbh oke gitu lho,hari gini masa kaga tau sih. maaf jng pada marah2 sama yg komen yah... iya bhante setuju sekali sama komen Juli Lim ambil contoh film DA AI TV bgs beneran, yah tp maaf jng smp suruh suami pada Selingkuh untuk uji coba kesabaran istri spt di film, tar tdk kuat...yg disalahin malah bhante gara2 baca komen2 diskusi Dharma wah payah dah... jd bgsnya gimana nih..apa biarin aja suami pada Selingkuh istri setuju atau cuek bebek aja ga ambil pusing..krn hdp aja udah pusing..


15. Jgn dong bhante, masa selingkuh dibiarin.. Kasihan ank anknya juga bhante..menurut saya sih sama2 duduk intropeksi lah.. Dimana mslhnya.. Buat para suami, tdk perlu u/ malu ato segan mengungkapkan isi hati..(Dia istri mu lo) meskipun sudah lama berkeluarga tdk berarti tbisa membaca isi hati. Buat istri juga hrs pengertian la.. Jaga rumah, jaga ank..dan suami juga tentunya..


16. Sebelumnya saya ingin bertanya terlebih dahulu, berapa umur ibu saat ini?... usia berapa saat ibu menikah?..apakah ibu menikah secara agama Buddha dan dicatatkan ke catatan sipil?..sudah berapa lama ibu menikah?..apakah ibu sudah punya anak?.. apakah saat lahir anak normal atau melalui caesar?..kapan ibu mengetahui suami ibu selingkuh?..sebelum terjadi perselingkuhan apakah ada masalah antara ibu dengan suami ibu?.... ga smua dr karma,ada juga karena imanny ga kuat..kalo byk baca kitab suci pasti de kamu ngerti ttg hukum karma..


17. pagi Bhante... terimalah namaskara saya... menurut saya yang bisa kita lakukan pertama introspeksi dulu kedalam diri kita apakah sikap dan perlakuan kita sudah baik thd suami?? kalau belum perbaiki sadari... apakah service kita sama suami sdh cukup (lahir dan batin lho... he..he..he..) lalu lakukan kebajikan itu dengan sabar dan konsisten... kalau suami kita masih selingkuh biarkan saja...

kalau mau nasehati begini.. bilang saja dengan lembut Papah... pulangnya jangan malem2 yach... jaga kesehatan papah.. mamah dan anak2 semua sayang sama papah... gitu... he..he..he.. (teori yach...), tetapi kalau suami masih selingkuh dan akhirnya kabur... ya lepaskan saja... (let it go..) sadarilah... bahwa itu hasil kamma lampau kita...

coba untuk tidak bersedih.. gunakan persepsi yang baik untuk melindungi perasaan kita... biarlah suami pengkhianat dicuri orang.. biarlah pergi... toh dengan anda dia bisa berkhianat, pastilah bukan orang yang pantas untuk ditangisi... alihkan perhatian anda pada anak2 dan berjalanlah dengan tegak demi kebahagiaan dan kebaikan... sadari semua punya jalannya sendiri2... (maaf yach.. bukan anjurkan untuk bercerai...) he..he..he.. sebisa mungkin untuk rujuk... maklum Bhante... yang kasih nasehat NUHIGA... he..he..he.. anumodana Bhante... mohon ampun karena banyak bercandanya... xi..xi..xi..

18. kalo kt memutuskan utk menikah berarti kt jg harus sudah siap menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan kt tentu nya.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

bredmart said…
Mari sebelum kita berbuat mari dipikirkan dahulu matang-matang. Agar tidak balik ke diri kita sendiri.kan kita juga yang rugi

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “