“ POLING DISKUSI DHARMA FACEBOOK INI DITERUSKAN ATAU TIDAK “

Teman2 Dharma berhubung ada teman kita yg Usulnya bgs, jd bhante lbh Sip/ bagus bikin Poling/ minta Pendapat dari Teman2, kira2 baiknya bhante bikin Diskusi Dharma di FB ini Anda SETUJU atau TIDAK SETUJU.


Kayaknya bhante diminta PENSIUN NIH..Mohon Teman2 Dharma komen “Setuju bhante Teruskan Diskusi Dharma ini” atau “Tidak Setuju bhante meneruskan Diskusi Dharma ini”.


Bhante tdk mau nyebut namanya krn yg nulis ini mewakili dari Teman2 lainnya, spt usul /masukan di bawah silahkan simak baik2.

Namo Buddhaya ...maaf tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Bhante Suddhammacaro dan rekan-rekan se-Dhamma... saya bukan ingin komentarin orang yg ingin cari istri...dan saya juga gak komentarin teman-teman yg lg ngomentarin...

tapi saya cuma mau kasih masukan sedikit kepada Bhante Suddhamacaro...Bhante ...sepertinya Bhante suka sekali dengan facebook....apakah tidak lebih baik kalo bhante bervipassana?

Sebab tidak sepatutnya seorang samana mengurusi hal-hal seperti ini .... ini cuma masukan dari saya aja. Lebih baik hal seperti ini dibicarakan oleh seorang romo Pandita yang memang memberikan upacara perkawinan nanti!
Bener gak Bhante dan teman-teman se-Dhamma? Sukhi hotu.

Teman2 Dharma tlg ks komen yg benar dan berguna trims sadhu.



1. Setuju amin seratus persen mendukung. Omitofo Bhante...setuju bhante teruskan diskusi dharma via FB. ayo pertahankan. Menurut sy sih klo bhante emang sk fban u/ saling bertukar diskusi dharma knp hrs dilarang gt, asal bs multitasking fban sambil melakukan aktivitas bhante sendiri, maksud saya adl bhante bs membagi waktu gt antara fban dan aktivitas bhante sendiri


2. Maksudnya saya setuju bhante tetap memberikan masukan di facebook.lagian ngak salah ko bhante diskusi di fb.apanya yang salah memberikan masukan kepada umat2 yang lain,untuk membagi cerita serta berbagi jadi so what gito loh hehehe. teruskan Bhnnte.....Sadhu3x

3. Lanjutkan bhante...krn diskusi di fb ini sangat membantu umat yg mungkin ingin bertanya kpd bht, namun krn tdk sempat ktemu. Jd bs bertanya online via fb... teruskan saja bhante,....

4. Namo Buddhaya..Menurut saya, ☺яα̲̅πğ ƴa̐ηğ memberikan masukkan buat bhante kayaknya pikirannya tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. FB itu hanya media bhante untuk membabarkan dhamma.. Kita semua tahu bahwa, manusia untuk mendengarkan dhamma itu sangat sulit. Dengan media FB, umat2 buddha ƴa̐ηğ tidak pernah, jarang maupun ƴa̐ηğ sering ke vihara, bisa mendengarkan, belajar ϑαή mempraktikkan dhamma dalam bimbingan bhante. Kenapa hal ƴa̐ηğ baik harus dipersoalkan? Lanjutkan saja bhante.. Masih banyak umat ƴa̐ηğ memerlukan bimbingan dari bhante..


5. Namo budhaya..truskan pembabaran dharma melalui media FB ini..dharma hanya bisa saya dengar di wihara setiap hari minggu saja tapi kalau melalui media FB setiap saat / setiap jam bisa saya baca..pro & kontra itu wajar..silang pendapat dalam argument itu wajar..sekumpulan manusia punya 1001 sifat berbeda begitu juga pendapat argumentasinya... Maaf sambung lagi takut kagak muat...jadi intinya saya dukung bhante untuk tetap membabarkan dharma ataupun tanya jawab soal kehidupan mungkin yg mau bertanya malu mengeluarkan uneq-uneqnya depan umum mungkin FB bisa menjadi sarana yg tepat..salam METTA nb: bhante laptop masi ok kan, kalo ada masalah jgn sungkan bawa ke toko AV Computer mangga 2 mall yah.


6. Namo buddhaya,,, lanjutkan saja bhante,, wlu saya jarang coment,, tp saya bisa membaca setiap saat,krn tuntutan kerja mungkin sebagian org sperti saya jarang bisa kewihara, tp dgn adanya media ini saya bisa menambah pengetahuan dharma, persoalan dan solusinya. namaskara bhanthe. menurut hemat saya yang bodoh ini pembabaran dhamma lewat jejaring sosial merupakan solusi terbaik untuk upasaka/upasika yg tidak memiliki waktu lebih untuk belajar dhamma. sekedar masukan bhanthe, kalau bisa hal-hal yang sifatnya kontroversi gak usah dimuat bhanthe ( contoh: tentang hal-hal yang terkesan memojokkan oranang lain/ kelompok tertentu) lanjudkan pembabar dhammanya bhanthe.anumodhana. Hati hati kena maaq nya bhante,jangan ngopi bayak2 biasakan minum air putih yang banyak.ingat umur hehehe.amin bawel ya wkwkwkwk.

7. sangat2 setuju...lanjutkan bhante diskusi dharma di fb..wong nda ad salahny ko...malah kita semua yg msh krng memahami dharma dpt lbh mengerti lg...sangat susah mencari guru dharma...sy terima kasih sekali sm bhante yg telah memberikan dharma ke kita semua...saya 1000000000000000000000% mendukung bhante untk diskusi dharma di fb...tq.


8. Namo Buddhaya , Bhante....saya sangat setuju kalau bhante tetap diskusi dhamma di fb bhante....saya pribadi suka dgn cara bhante mengulas permasalahan yg telah dihadapi oleh umat yg lain..kl soal guyon kan itu suatu selingan...seperti halnya seorang guru yg sedang memberikan pelajaran dikelas, kl terlalu serius kan kesannya jadi monoton dan kurang menarik. Dengan adanya sedikit humor, rasanya lebih segar ya...Kebetulan vihara tempat saya beribadah masih kecil bhante, dan jarang sekali ada yg membabarkan dhamma. Dengan membaca ulasan bhante, pengetahuan dhamma saya jg bertambah. Hal ini jg pasti dirasakan sama oleh teman yg lainnya....Saya tunggu topik selanjutnya ya Bhante...Nomo Buddhaya.


9. NAMO BUDDHAYA BHANTE.... DISKUSI INI WAJIB DITERUSKAN..! MANUSIA PENUH DGN EGO, SESUATU BAIK DAN BURUK TETAP AKAN DIKRITIK, JUST GO AHEAD AJAA BHANTE... WA TETAP DUKUNG BHANTE. Namo buddhaya bhante....diskusi ini harus di lanjut bhante....karna menurut saya di sini lah ajangnya untk belajar...belajar kesabaran,belajar mengoreksi, dan msh bnyk.....maju teruuusss Bhante... NB, Dari semua dana, dana berupa Dhamma-lah yg tertinggi.

Semoga semua makhluk berbahagia, Sadhu. namo budhaya....saya sangat setuju bhante terus membabarkan dharma. sebab membabarkan dharma ngak mesti divihara saja. dimanapun asal dapat dijangkau semua kalangan ya boleh2 saja. pantang mundur bhante!!!!!!!!sadhux3.


10. Namo Buddhaya Bhante... terimalah namaskara saya... menurut saya lebih baik Bhante lebih aktif lagi di FB sebab... sbg umat saya merasa kehadiran Bhante di FB terasa masih sangat kurang... seharusnya Bhante lebih aktif lagi.. dan kalau bisa jam FBnya ditentukan spt sekolah gitu... kalo ngak ada Bhante diFB sepi... @Bhante Sudhammacaro bikin hidup lebih hidup.... anumodana Bhante.... he..he..he.. Selamat siang bhante! Aku sangat setuju dan senang bhante mau berbagi damma.


11. Hanya lewat fb ini lah diskusi damma dan belajar sdkit demi sedkit bisa di lakukan, banyak teman2 fb yang jauh dr vihara dan sibuk kerja sehingga jarang mendengar damma langsung apa lg bertemu dan berdiskusi dg seorang bhante, dengan ada nya fb ini bhante sudah berniat berbagi damma,ini adalah tindakan yang mulia bukan sebuah tindakan yang tanpa hsil. namo buddhaya .


12. NB, Selayaknya umat bertanya hal" yg menyangkut pernikahan ke pandita/romo, karna bhikkhu sangha kita memilih jalan hidup yg berdeda dgn kita, u/ hidup selibat. Tapi u/ minta saran buat introspeksi diri versi budhhist ya gpp. Bhante pun ga mgkn menolak kalo ada umat yg datang menghadap minta saran....beliau kan membimbing umat juga, berbagi pengetahuan. Jadi intinya, kehiduapan samana itu lancar atau tidaknya terfokus pada tujuan utamannya tergantung dari perlakuan kita sebagai umat terhadap beliau. Kalo kitanya mengerti & ingin mensupport Bhikkhu sangha dengan baik, pasti kita tahu mesti tanya ini kemana tanya itu kemana kan? Dan ga semua masalah yg kita hadapi selalu dibawa ke meja Sangha. Kalo mmg pantas, silahkan, kalo merasa tdak pantas disampaikan ke bhikkhu sangha, kita harus mengerti sendiri donk. Skr dgn adanya umat yg keliru tempat buat bertanya, knp Bhikkhunya yg ditegur?Sdh menolong, tapi yg menolong yg malah kena.


13. Namaste Bhante, Maaf kalau saya malah bertanya,
Bhante update diskusi/status itu via apa? HP atau Komputer? kalo lewat HP? Di jaman sekarang apakah boleh seorang Bikkhu memiliki HP? Apakah kebutuhan Bikkhu sudah bertambah?
(Karna saya lihat skrg banyak Bikkhu yang punya HP)

Kalau menurut saya pribadi, memang lebih baik diskusi Dhamma diperluas dengan teknologi seperti ini, tapi sebaiknya itu di handle oleh seorang utusan Vihara ataupun siapa yg suka rela mengupdatenya, lalu akan ditanyakan kepada Bhante, jadi tidak direct seperti sekarang ini,

Karna, bisa dibilang teknologi memang bagus, tapi ingat itu merupakan suatu kemelekatan, krn skrg coba org disuruh lepas dari hape, pasti dia tidak mau, saya juga, tapi apakah seorang bikkhu juga harus sampai melekat terhadap suatu alat??

Seperti contoh, Ajahn Bhram, di FBnya beliau tidak dihandle langsung ke Beliau,

Saya juga umat yang masih banyak kurangnya, juga jarang ke Vihara, tapi akses mencari informasi luas koq, banyak blog2 tth Buddhis, buku2 yg dicetak, website2 ttg Buddhis, dll.

Maaf, kadang saya juga suka kaget, diskusi yg Bhante buka kadang bersikap provokatif, menjadikan org berfikir, dan berkata2 di FB dg tidak bijaksana,
Bukankah kita harus selalu ingat untuk berusaha berbijaksana dalam berfikir, berkata, dan berbuat, mungkin skrg ditambah lagi, berkata2 dalam menulis..

Maaf bagi yang tidak berkenan. Mohon maaf sebesar2nya kepada Bhante, apabila saya terlalu lancang, Terima kasih, Namaste Bhante.


14. NB, tidak ada yg keliru dengan teknology karna sifatnya netral. tapi bagus tidaknya teknology tersebut, tergantung yg menggunakan & manfaat yg ditimbulkan. Mari ber HP ria, tapi jangan sampai kita menjadi budak HP. apakah seorang bhante melepas kemelekatan bila pd suatu benda tp benda itu dibutuhkan tuk umat jg. kalo seorang yg ego dia akan lakukan tuk tdk menggunakannya, tp tergantung pd yg memberi n menerimanya yg penting tdk merugikan org lain.


15. Lanjutkan bhante, krn kadang kalo kita tidak sempat ke vihara kita bisa sharing lewat fb ini! Lagian bhante misalnya pun pake HP kan bukan buat smsan or telpon2an gosip yg ga jelas! Itu juga ada sisi positifnya, bhante juga pasti lebih tau kapan saat sharing di fb, kapan saat makan dan kapan saat bermeditasi! Engga sama kaya umat awam yg HP ga bisa jauh dari sipemilik mau mkn pegang HP mau mandi pegang HP mau tdr pun HP ditaro disampingnya! Bhante : lanjutkan yah diskusi dhamma dsini, banyak membantu kita bhante bagi yg kurang pengertian akan hidup dan bisa share dimana n kapan pun kalo hati lagi ga tenang atau pikiran kacau dari pada ngelakuin hal yg negatif! Trims... Namo buddhaya...


16. Maju teruss bhante.. Posting2 bhante kalo saya perhatiin banyak ilmu nya jd saya yang muda2 harus banyak belajar sama bhante ttg ilmu di kehidupan lampau, sekarang dan masa depan.. Dan juga ilmu2 dari teman2 juga sangat hebat , ada facebook komunikasi jd lancar coy.. :-) , *www.aliran santai.com* hidup jgn tegang harus santai agar pikiran jd positif.. Kita tidak tau besok kita masi hidup atao sudah mati, Jangan lupa ber DANA tiap hari:-) .. Santai santai.. namo budhaya bhante,dengan adanya diskusi dhama ini,menambah wawasan dhama buat sy, so sy setuju bhante teruskan diskusi ini, maju terus bhante.


17. iya sih suka bhante lanjutkan...he3 ini pendapat pribadi sy dlm memahami dhamma buddha...melepaskan kemelekatan...alias ketergantungan...jd nya kebebasan mutlak...liat film budha ato dewa cikung...ini sy liat cikung ini sudah mendapatkan kebebasan mutlak....tidak kaku...tidak ada ke aku an(ego)...tidak melekat pada apa pun...jd dia btul bebas..mau mkn daging minum arak bebas...yg penting smua itu tidak melekat padanya...sy suka pribadi cikung di film nya...om mani pad me hum. Jangan sampai hnya krn pendapat "satu org" lalu membuat bhante mundur..
Spt ungkapan "jika satu orang membenci kita, maka itu tdk membuat perbedaan apapun bgi kita. Tetapi jika semua org membenci kita, maka kita mgkin mmg hrus memperbaiki diri".
Tetaplah di forum diskusi dharma, Bhante.


18. BTW..kapan bisa nge teh (penganti kopi yg kurang sehat) bareng bhante..kangen mau kumpul dgn bhante lagi di jakarta..maklum kalo ilmu teknologi saya seh ok tp kalo dharma saya GAPDAR (gagap dharma).. Bhante, why not gitulo. teruskan aja. LANJUTKAN...nothing cant stop us now...LANJUTKAN... tidak ada tidak bisa berhenti kita sekarang.. Why not Bhante punya hP,laptop,dll... Asal sy yg bayar he he he he... sy tambah lg gambaran sosok buddha cikung...he3...ini bisa gbran bhante di minta mundur...sbnrnya ga ada masalah kasi masukan rumah tangga org laen..kan org tsb yg minta bantuan..sperti buddha cikung yg slalu hadir di mana ada kesulitan...dia ga peduli mau kesulitan apa pun...inilah bukti kebebasan mutlak...tidak ada pantangan...tidak ada aturan...yg penting berbuat utk kepentingan org banyak....jgn merugikan pihak mana pun...rasanya liat hari2 buddha cikung penuh kegembiraan....om mani pad me hum.


19. Segeerrr habis mandi... Sorry Bhante itu tadi komentar iseng dari saya..... Saya jd bingung umat zaman sekarang pada ngurusin Bhikkhunya soal hp, laptop dan mungkin yang lainnya. Mending kl yg ribut ini yg dana... Biasanya yg cuap2 ini justru yg ga dana...Sekarang gw jd mo nanya sama yg ga setuju kl Bhante punya hp. Bhante siapa di STI yg ga punya hp ???? (tolong yg di cek yg Thera n Mahathera krn yg muda 2 gw ga kenal) Apa ketua STI sekarang masih B Dhammasubho ??? Gw punya tu nomornya. Mantan ketua STI juga gw punya, Yg di ciapus gw juga punya. Yg di sebrang nusa kambangan gw juga punya. YG di jawa Timur, Kalimantan gw juga punya.


Zaman gw jd umat di VJDJ yg namanya B Sukhemo tiap hr kerjanya di depan komputer gw juga ga pernah komplain tu... Apa kalian yg oposisi kenal yg hidungnya merah ini ???? Titip salam ya sama Beliau kl kenal.....Naah kl yg in gw ga punya krn gw ga pernah nanya n kl mo ketemu tinggal datang aja/telp lbh murah... Gw ga bisa bayangin tu kl BHante2 semuanya ga boleh punya hp. Kl gw lagi perlu utk hub mrk mesti datangin satu2, kmd kl mrk gw undang mesti jalan kaki n mungkin berenang kl nyebrang lautan... Trus kpn nyampenya tu Bhante ??? Caappeee deehh gw nunggunya.... BIsa perbuatan baik tertunda deh sp kehidupan yg akan datang.


20. Namo Buddhaya.. Mengenai Bhante punya HP itu adalah hal wajar, karena itu adalah media komunikasi antara umat dengan bhante. Contohnya Dhammatalk bersama Bhante Uttamo di Pontianak yang akan diadakan tgl 17 Des 2011 ini, jika tanpa media HP/ Laptop/ Email, dan teknologi lainnya.. Saya rasa kami umat dari Pontianak akan sangat susah mengundang bhante dan mendengarkan pembabaran dhamma dari bhante-bhante yang ada diluar Pontianak. Jadi intinya, salah satu fungsi teknologi yang digunakan oleh bhante hanya lah sebuah media perantara para umat dengan bhante dalam membabarkan dhamma, dan kemudian dipahami para umat untuk dipraktekkan. daripada kita selalu mempersoalkan ini, akan lebih baik kita meningkatkan kualitas batin kita dan mempraktikkan dhamma..


21. MENURUT SAYA SEORANG BHANTE PUNYA HP/LAPTOP/N ALAT TEHNOLOGI YG LAIN BUKANLAH SUATU KEMELEKATAN? KARENA KITA HIDUP DI JAMAN YG SUDAH MODERN. DALAM HAL PEMBABARAN DHARMA SUDAH TIDAK SPT JAMAN DL. SKRG INI KL ADA KERAGUAN ATAUPUN ADA MASALAH, KITA BS SHARING TANPA HARUS BERTEMU LGSG(KRN KETERBATASAN JARAK) ...

CARA BHANTE SUDHAMMACARO MEMBAHAS PERMASALAHAN UMAT CUKUP MENYENANGKAN, TIDAK KAKU, TIDAK MEMBOSANKAN, MUNGKIN ADA ORG YG SUKA SALAH TANGGAP SEWAKTU MEMBACA KOMEN BHANTE YG DISELINGI HUMOR...
ITU SEMUA KEMBALI KEPADA PEMIKIRAN MASING2 PEMBACA.

20 TH YG LALU, SEWAKTU SAYA KELAS 3 SMA, SY PERNAH KETEMU SEORANG BHANTE(SAYA LUPA NAMANYA) WAKTU ITU SAYA BERTANYA, BHANTE....APAKAH SEORANG BHIKKHU BOLEH MEMEGANG UANG? BUKANLAH ITU TERMASUK KEDUNIAWIAN? JAWABNYA.....KITA HIDUP DIMASA SKRG....BUKAN DIMASA BUDDHA SAKYAMUNI...JD KITA HARUS BISA MENYESUAIKAN DIRI DGN MASA INI....KL BHANTE MAU PERGI KE SUATU TEMPAT, TIDAK SELAMANYA BHANTE HARUS MEREPOTKAN UMAT...JADI BHANTE BERKENDARAAN UMUM, UANG ITU DIPERLUKAN UNTUK TRANSPORTASI...JADI SEDIKIT CURHAT YA....KL PANDANGAN SAYA INI SALAH, SAYA MINTA MAAF YA....NAMO BUDDHAYA...


22. @rahimah mei : mengenai kalimat "Maaf, kadang saya juga suka kaget, diskusi yg Bhante buka kadang bersikap provokatif, menjadikan org berfikir, dan berkata2 di FB dg tidak bijaksana, Bukankah kita harus selalu ingat untuk berusaha berbijaksana dalam berfikir, berkata, dan berbuat, mungkin skrg ditambah lagi, berkata2 dalam menulis.."
Kalau menurut saya pribadi, itu adalah salah satu bentuk pembelajaran kita sebagai umat awam, yang pasti dari jawaban kita masih banyak kekurangan. Tetapi dari diskusi ini, kita bisa tahu masih banyak yang mesti kita pelajari dan dari diskusi ini juga dapat menambahkan pengetahuan kita bagaimana kita untuk mempraktekkan dhamma dalam kehidupan real. Daripada kita hanya selalu terpaku pada teori didalam buku² saja. yang belum tentu akan dibahas di dalam buku² yang ada.


23. Memang benar dalam diskusi ini, kadang para umat terbawa emosi dan minimnya pengetahuan akan dhamma, sehingga sering kali kita para umat masih banyak melakukan kesalahan. Akan tetapi, Jika kita melihat dari sisi lain.. dari sinilah kita belajar. Untuk memantapkan lagi pengetahuan akan dhamma, bagaimana kita berbicara, menulis, berpikir dan memperbaiki kesalahanan kita untuk terus maju dalam dhamma... Namste Bhante..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "