KENAPA JADI FACEBOOK MANIAK? KITA BAHAS APA SEBAB2-NYA?

Teman2 Dharma menurut anda Apa Penyebab Orang jd Facebook Maniak?

Coba utarakan dg jujur Apa Sebab anda Kecanduan Facebook?

Krn tiap orang berbeda Sebab2 Kecanduan Facebooknya, dg Ungkapan yg Jujur kita bahas tuntas Facebook Maniak.

Sekaligus kita cari Solusinya agar kita jng smp Terlalu Melekat dan ter-Gila2 dg Facebook.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

Jawab: Menurut penelitian para dokter ahli Saraf dan ahli Gizi menyatakan; Knp banyak orang kecanduan minum Kopi? Krn, zat Kafein mampu merangsang Saraf Otak hingga jd super aktif, dan mendorong peredaran darah jd kencang, ini sdh di coba ke hewan dan manusia. Demikian pula dlm Keju atau Narkoba ada zat Opium yg merangsang Saraf Otak hingga jd super aktif, menimbulkan ketagihan, dst.

Sedangkan, manusia memiliki Pintu Rangsangan Saraf yg berkaitan dg Panca Indera. Misalnya; Telinga ada Pintu Rangsangan Saraf dari Suara yg nikmat di dengar, dan Mata dg Penglihatan, Pikiran dg Objek2, lainnya spt tubuh dan lidah.

Pintu Rangsangan Saraf Panca Indera ini disebut Dwara-Winnyana (pintu kesadaran), yg bekerja menyentuh objek2nya spt diatas. Saat objek menyentuh Pintu Kesadaran akan timbul Suka dan Tdk Suka serta Netral. Bila objek itu bgs, menarik maka timbul Suka yg pertama, lalu Melekat dan Ketagihan (kecanduan). Sebaliknya, kl objek itu tdk menarik, akan timbuk tdk suka lalu menolak dan benci. Jika objek itu biasa saja akan timbul Netral, lalu tdk ada Reaksi apapun.

Akhirnya; Orang yg Kecanduan FB Game dsb, itu disebabkan Objek yg dia Lihat dan Baca Menarik (suka), lalu menimbulkan Ketagihan dan Kemelekatan. Dlm bahasa Dharma disebut awalnya timbul Tanha (suka, ketagihan) lalu Upadana (Melekat).

Saat orang sdh Suka, Ketagihan dan Melekat, berarti Racun Objek tsb telah nempel dan Melekat kuat pada semua Pintu Kesadaran atau Saraf Otaknya.

Hidup manusia yg terjadi tiap saat spt itu, dimana Objek yg dtg beraneka ragam, namun dia nyentuh Pintu Kesadaran Panca Indera, secara bergiliran dg kecepatan tinggi yg sulit di lihat oleh mata biasa, kecuali dg cara latihan Meditasi Samatha dan Wipassana.

Solusinya, Kita hrs pandai2 memilah dan memilih Objek yg dtg ke panca indera, andai tdk berguna lbh baik lewati aja, kecuali yg bermanfaat membawa kemajuan baik spiritual atau pun lainnya, blh kita cerna dulu lalu ambil.

Manusia umumnya suka yg baru (status foto dsb di FB) setelah dilihat akan bosan lalu terus mengejar yg baru lagi, demikian seterusnya, yg akhirnya Kecanduan FB.

Inilah awal dan Kecanduan orang sm FB yg dpt bhante sampaikan, semoga berguna utk menambah pengetahuan Dharma Teman2. Mohon maaf kl uraian bhante kurang berkenan di hati Teman2 semua.



1.facebook itu sesuatu penemuan masterpiece ,bisa buat pekerjaan,membantu iklan usaha ,mengenal sahabat baru,bermain game,tempat berkumpul sesama penggemar yang kita gemari,berbagi suka dan duka cita kita,tempat temu kangen dengan keluarga dan sahabat,tempat curhat dan masih banyak lagi.untuk sekarang ini amin merasa kegunaannya yang paling amin rasakan tempat untuk meyenangkan sesama penggemar/fans .karna di grup saya sekarang kami saling berbagi informasi ,gambar,vidio,dan cerita tentang orang yang kita fans tersebut.


2. ya jujur karna saya ingin selalu berbagi informasi berupa gambar terbaru dari fans kami tersebut,kebetulan yang selalu memberikan gambar terbarunya hehehehe.jadi mereka selalu senang melihat gambar terbaru yang amin kirimkan,mereka memberikan like dan komennya karna sungguh menyenangkan membuat teman kita bahagia dan senang karna foto fans baru tersebut,indahnya berbagiiiiiii ^_^ hehehehehe dan juga di tempat bhante kita selalu berbagi cerita mengenai dharma dan cerita lainnya sungguh menambah point baik buat facebook hehehehehhe^_^.


3. @ djohan anwar kita masih membahas tentang dharma kok,hehehehe hanya temanya hari ini tentang facebook,kan termasuk pembicaraan tentang kemelekatan terhadap facebook.lagian ngak selalu membahas tentang dharma juga kali ^_^ di sini kita membahas dan mencari solusi yang sedang kita bahas bagaiman baiknya menurut ajaran Buddha.


4. Bang Amin yg jujur sdh ngaku terang2an bgs.

Kl tdk salah, Indo termasuk negara no ke 2 atau 3 Pengguna jasa FB, yg jumlahnya 40 jutaan, setelah China atau Amerika, tlg kl salah di kstahu.

Jumlah pengguna FB di Indo sungguh Fantastik, dan pasti tiap tahun bertambah.

Kl anda main FB dsb sehari 2-3 jam, berapa wkt yg terbuang dlm sebulan, cb kl setahun jumlahnya capai 3X30X12= 1080 jam dibagi 24 jam perhari berarti 50an hari dlm setahun. Lalu, andaikata umur anda mulai FB dsb dari umur 30 th dan mati capai 70th. Jumlah yg terbuang utk FB dsb jd 40X50=2000hari selama hdp atau dibagi 365 jd 6 tahunan yg digunakan utk FB dsb.


7. Sorry di ralat kata2 nya bhante!cina ngak menggunakan jejaringan facebook dan twitter,china menggunakan jejaringan sosial weibo,yang mereka kembangkan sendiri,demi keamanan negara china,jadi fb,twitter,youtube dan google di blokir oleh pemerintah china.hebat ya china sampai segitunya hehehe.


8. Segala sesuatu yang bisa kontak dengan 6 landasan indria pasti akan nimbulkan 2 hal yang hakiki Rasa enak dan gak enak tak terkecuali FB an. yang penting atas respon mental kita terhadak kontaknya 6 landasan indria itu kita mau melatih kesadaran murni akan hal itu,ini realitas kehidupan...apakah setiap akibat proses mental itu kita damai ? Damai itu sumber kebahagiaan. Damai itu merupakani inpirasi dan pola mental tidak melekat pada hal yang enak dan tidak menolak(benci) pada hal yang tidak enak. survived to take the peace, may all beings be happy.www.http://pureawarenesstraining.wordpress.com/
Perluas Pratinjau


9. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya, biasanya yg sampai maniak fb tuh pasti karna gamenya. Kalau hanya u/ bisnis dan update status, kyknya gak mungkin sampai seharian terus. Ngomong soal game ol ♉ª, ini ngeri lo. Saya pernah baca dikoran, suami istri korea kecanduan game ol sampai2 bayinya terlantar. Sampai meninggal lo tuh bayi..coba bayangin lah.(⌣_⌣!) нαiiiн..


10. Kejadian seperti itu sudah banyak terjadi,dan korbanya karna kelalaian orang tua mereka yang keasyikan di dunia maya...itu lah dampak buruk dan pelajaran dapat di petik.karna keasikan di dunia maya atau facebook nyawa seseorang di pertaruhkan.coba anda bayangkan jika dokter lagi operasi sambil update status facebook apa jadinya,wkwkwkwkwk,atau tukang sate yang sedang memanggang satenya,yang ada satenya pada angus,wkwkwkwk.


11. Pg bht, namo buddhaya n pa kbrnya bht ? Hmmm seberarnya fb itu akn sgt bermanfaat bagi yg menggunakan apabila di gunakan utk hal2 yg sgt bermanfaat sprti shar Dhamma. N tdk menjd maniak jg bs di guanakan sbg anjang informasi kegiatan2 ke agamaan. Tp itu smua balik lg tergantung yg menggunakakan n memanfaatkan fb ini. Trm ksh n smoga smua makhluk berbhg. Sadhu..3x


12. Intinya facebook ada lah media kita untuk berkomunikasi secara universal.jadi kita harus menjagaa penulisan kata kata kita yang dibagikan ke fb apa itu pantas atau tidak.karna sebagian status banyak yang mengatai,atau mencaci maki...wehweh weh...menurut saya jika seseorang yang sudah menulis status yang intinya seperti demikian buruknya melambangkan orang itu sama buruknya dengan statusnya.


13. karena kesibukkan...tdk sempat bersosialisasi/tatap muka langsung dg teman2...dg facebook kita bisa bertemu semua teman lama mulai teman tk, sd, smp, sma, kuliah, kerja, dst...bahkan kenalan2 baru dlm Dhamma yg paling menggembirakan....jadi kita bisa melepas kangen kita kpd teman2 lama tsb...krn didunia yg serba persaingan ketat sungguh sulit mencari teman baru yg tulus...shg dg facebook kita bisa bertemu teman2 lama yg sudah teruji kualitas kebaikannya..atau teman sedhamma yg dpt bertukarpikiran ttg Dhamma shg me+ wawasan akan Dhamma...sedangkan supaya tidak timbul konflik dg pasangan ada baiknya semua kewajiban diselesaikan dulu baru setelah ada waktu bebas baru berfacebookan...pasti semua aman & berjalan lancar...:).


14. kalau menurut saya FB adlh Suatu wadah untuk Komunikasi dgn ora/teman yg tlh lm tdk kmnksi, krn dgn FB sy dpt menemukan teman lama. Menurut saya fb sangat bermanfaat jika di gunakan utk hal yg positif... Tetapi jgn sampai kta terlalu maniak terhadap fb.. Maaf bhante jika ada salah dri komentar saya, & yg terptg adlh FB t4 untuk curhat, bertukar informsi, n t4 diskusi. ma2f bhante klau jwbn sya begini,


15. NAMO AMI THO FUO, Mat pagi bhante, Itulah ada kesempatan gunakanlah yang berguna bukan di sialkan , untuk apa fb ini harus tahu maksudnya lAin dibuat juga lain dapatnya bukan.


16. klo sy sih ga pernah alami...tp dr tmn sy ada yg mania fb krn game online nya...bisa jg ada selingkuhannya..he3. Bisa menjangkau dan berinteraksi dengan mudah.


17. Iya tuh, Nah, tuh khan jd eror komenku. . Gara" fb an pake hp, sekali komen malah yg terkirim ampe 3x komen. Ntar dihapus slah satu, eh kehapus semua. . .. Td aku komen ap ya? Hahaha. Kalo maen pke PC takut kelewatan, dlu pernah maen pke spidy, akibatnya kehidupan ku cm berkutat didpn komputer aja, Jd lupa am dunia luar. Jd Lupa kalo sy ini manusia, bkn hologram. . Hahaha. Lalu bgmana kita mengatasinya bhante?, Krn akan sangat sulit utk melawan diri sendiri..


18. Wkwkwk@sonji adrian gan,makanya maen nya pake pc,pasti lebih wenak,hehehe.dulu g juga begitu main fb ogah ogahan,sekarang baru kena ni gila2 an main fbnya,hehehe,gara gara masuk kelompok hobby yang sama jadi kecantol lagi sama fb. Emang dunia maya bisa membuat ketergantungan,bahkan dulu ada anak main game online sampai 3 hari berturut a sampai meninggal,ngak tau ceritanya kata nya dia hidrasi dan kecapean,ya makanya kita harus bisa membatasi diri kita dengan yang namanya teknologi seperti game and internet.


19. Selamat sore bhante!,biasanya ke canduan fb di sebabkan kurang kerja/aktivitas,hiburan ataupun kurang pede bergaul dengan sesama kawan secara langsung ataupun ingin menang sendiri dalam pergaulan,apakah bhante termasuk ada dalam golongan tsb ?abaikan pertanyaan bila tidak berbobot dan untuk kawan kawan tak perlu di komentari akan sambungan ... supaya suasana tidak tambah keruh,bhante apakah betul perkataan sadyawa mahasi bahwa di lahirkan sebagai manusia sangatlah sulit sehingga kita harus tekun dan gigih dalam menjalankan sila,meditasi kemudian timbul panna sehingga berguna untuk diri sendiri dan orang lain,kamsia kurangilah,, kurangilah,,,,kemudian lepaskanlah ,,,,lepaskanlah,,,sehingga tidak ada tanha,, Kayanya semua ciri ciri yang kamu sebutin di atas semua condong ke kamu ya chandra halim,hehehehe.


Org mjd maniak fb, Krn dia hanya memiliki sedikit pergaulan di dunia nyata..


20. menurut saya sih, web ini adalah suatu wadah yg dapat menanpung kita,dan kita dapat saling berbagi cerita dan teman baru, walau pun kita sendiri tidak tau siapa dia sebenar...Inti y Facebook untuk sekarang ini menjadi tren Dunia...


21. selamat pagi Bhante menurut saya fb adalah alat komunikasi antar sesama bisa untuk ajang promosi suatu usaha serti saya yaitu menjual produc jasa dalam bilang foto grafi , dan bisa menyampaikan ide atau inpirasi walaupun semuanya terkadang semu.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "