“ RENUNGAN PIKIRAN BISA MENDAPAT JAWABAN MASALAH HIDUP APA INI MEDITASI? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak dan kasih komen pertanyan dari Umat.

Maaf y bhante..klo sy bertanya terus menerus...apakah klo sy merenungkan sesuatu dan mendapatkan jawabannya itu pada saat meditasi...bisa mata terpenjam..ato mata terbuka...yg penting konsentrasi renungkan permasalahannya...

Karena ada saat sy jumpa permasalahan dlm keseharian..sy renungkan akhirnya bisa terpikir jalan keluar yg sy pratikkan ternyata benar...emang sy pernah melatih meditasi..tp sebentar aja...tidak ada capai apa2...

Tapi sekarang ini asal sy ada permasalahan sy renungkan bisa dpt titik cerahnya...apakah ini termasuk meditasi yg benar?

Teman2 tlg ks komen yg benar dan berguna sadhu.

Jawab: Iya kadang Proses pikiran spt itu (topik diatas) namanya Konsentrasi yg benar, tp hanya sesaat.

Andai bisa sering dilakukan dan bertahan sampai ber-jam2, Konsentrasi tsb bisa masuk ke tingkat Jhana2 yg sangat bgs. Namun, tdk mudah krn umat maupun bhikkhu sering tdk sabar, maunya cepat dpt hasil, dan mudah terganggu oleh suara2, lamunan, ingatan dsb, akhirnya tdk bisa bertahan lama.

Sementara untuk masuk Jhana menurut para Guru Meditasi di Myanmar, paling tdk hrs bisa mempertahankan Konsentrasi benar tdb sampai 4-5 jam duduk tanpa berubah posisi, dan nancap pada satu objek tsb.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. setau saya dalam meditasi kita tidak bisa menemukan jawaban dari permasalahan kita. kita hanya berfokus pada objek atau mengamati saja tanpa memberikan reaksi apapun juga.

yang benar, ketika kita merenungkan suatu masalah yang sukar dan kemudian kita mendapatkan jawaban itu, maka jawaban itu berasal dari alam bawah sadar kita. alam bawah sadar kita memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan yang tidak bisa kita atasi dengan pikiran sadar. meditasi dalam hal ini hanya mengarahkan pikiran kita pada keadaan hypno atau sebagai pengantar/transport pikiran kita pada kondisi relax sampai pada titik tertentu dan pada saat tercapai titik itulah, alam bawah sadar kita mulai menjalankan tugas nya.

begitu yang saya ketahui. meditasi Buddhis itu ada 2 yaitu Samantha dan Vipassan Bhavana.

secara garis besar meditasi samantha itu bepegang dan fokus pada suatu objek misalnya nafas, api, mayat, dll. sedangkan Vipasana itu lebih cenderung pada menyadari berbagai objek - objek batin yang muncul dan lenyap. kl menurut saya, apa yang anda lakukan belum sampai pada tahap meditasi Buddhis. meditasi buddhis tidak mencari sesuatu. itu adalah hal umum yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. mungkin ada baiknya anda belajar meditasi dengan para Bhikkhu atau yogi yang sudah mengenal meditasi di vihara agar bisa praktik langsung.

2. Bisa aja sih meditasi utk menyelesaikan masalah sehari2. Coba ditingkatkan lg utk dapat hasil yg lbh tinggi... Selamat pagi Bhante Sudhammacaro...meditasi prinsipnya adaalah menenangkan diri dan menyadari kekuasaan YANG DI ATAS...saat saaya menghadapi masalah maka saya akan bermeditasi dan setelah selesai biasanya saya akan dapat jawaban untuk melakukan apa yg akan saya perbuat dan apa yg telah saya perbuat ....


3. Namo Buddhaya Bhante, Ikut komentar ya Bhante, untuk meditasi dalam pemecahan masalah diatas kemungkinanan bukan masuk kealam meditasi, tapi karena jiwa & diri bisa tenang makanya pikiran yg tadinya ruwet penuh masalah bisa mulai terurai satu persatu permasalahannya sehingga pikiran dapat tenang untuk mencari solusinya , seperti air yg keruh tidak akan nampak dasarnya tapi bila kotorannya telah mengendap maka akan nampak dasarnya, untuk meditasi biasanya kita berlatih untuk menenangkan jiwa dgn tujuan mengurangi keserakahan, kebencian & kegelapan batin, sehingga jiwa ini dpt tercerahkan dalam menjalani hidup yg sesungguhnya. Salam Metta.


4. Bhante.Pagi. Nammo Buddhaya. Menurut saya, itu hanyalah konsentrasi pikiran-pemusatan, sehingga jika ada masalah maka akan diusahakan jalan keluarnya. Bukan meditasi. Tapi tujuan meditasi adalah melatih rkonsentrasi pikiran. Anummodanna . meditasi tdk selalu memejamkan mata...jd setiap kita merenung secr konsentrasi pasti akn mendpt jwbanny.. dg meditasi dan pertolongan Tuhan, semoga masalah terpecahkan. Perenungan ato meditasi bisa mendapatkan ketenangan pd pikiran , bila tenang kita bisa berpikir utk solusinya .

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "