“ ISTRI KOKO KABUR, ANAK2NYA MAMA YG URUS, SY ADIKNYA TDK TEGA LIHAT MAMA CUCI PAKAIN CUCUNYA, JD SY IKUT BANTU CUCI PAKAIN ANAK2NYA, SY MAU LARANG AP

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak dan kasih komen pertanyan dari Umat.


Bhante sy mau tanya dan minta solusi sama Teman2 juga.

begini ceritanya; ortu sy punya anak 6 bhante dan sy (L) yg terakhir kakak tertua udah menikah dan punya anak 4, skrang dlm keluarga kakak sy itu ada masalah istrinya kabur dan anak2nya di bawa plg ke rmh ortu sy, dan mamah sy yg urus skrang.

Nah maksud sy apa salah kl sy ngelarang mamah yg urus anak2 kokoh sy karena sy kasian sama mamah sy yg uda tua hrs urus 3 cucunya. Tp kesannya setiap x sy bicara se-akan2 yg lain tuh pojokin sy bhante. Mereka blg biarkan aja toh kl sy banyak mulut juga ga akan merubah keadaan, justru malah membuat mamah/papah sy kesal aja, toh kokoh juga sekarang nyerahin semua urusan anaknya sama mamah sy bhante.


Sekarang aja yg cuci baju anak2nya itu saya bukan papahnya (koko sy) padahalkan itu anak2 koko yg hrsnya tanggung jawab sebagai ayahnya.

Saya lakuin itu (cuci baju anak2nya koko) karna sy kasian sama mamah, sy takut mamah kecapean dan jatuh sakit. Gimana menurut pendapat Teman2 dan bhante apa solusinya?


Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Apakh koko km kerja cr nafkah utk anak2nya ?,klu dia kj cr nafkah, ya km hrs kasihan dia dong, dia kan sgt sedih juga istrinya lari, dan hrs tgg jwb cr nafkah utk anak2nya, tgg jwbnya sgt berat,mama km aku rasa juga tdk complain menjaga cucunya,sbb anak2 tsb tentu hrs dididik olh seorg ibu,cwe lah yg cocok didik anak,mama km pun merasa hrs bertgg jwb dgn cucu2nya,klu anak2 tsb udh tanpa ksh sayang ibu seorg cwe, trs mama km tdk jaga mrk lg, nanti udh bsr mrk mau jadi apa ?

Anak itu sgt perlu cwe yg didik tuh,cwo didik anak pasti akn berkuarng ,sbb wkt mrk lbh bnyk diluar cr nafkah.km sbg adiknya, tentu sgt bgs dan hrs bantu mama km dan koko km meringankan beban mrk, bukan complain kpd mrk, hrs berikan cinta kasih km sm mrk, mengerti mrk lah, mrk kan lg susah,jd km sehrsnya membantu mrk tanpa pamrih br bnr, dgn tdk hitung2an siapa yg hrs kj ini dan itu,hati km hrs buka dan hrs bnr2 bs kasihan sm mrk berdua,serta anak2nya baru benar,bukan membebanin mrk lg,km klu ada wkt kan bs bantu mama km selain cuci baju, bantu lg yg lain,

Aku juga tahu kakak km juga tdk mau klu istri lari, siapa mau ?,tp klu karma udh bgt , mau blgin apa ?. ya kan ?,hrs bs merangkul org rmh,ksh cinta kasih kpd mrk,mrk susah kt hrs bantu,klu ekonomi bgs ya ksth kakak km lah,agr dia bs cr pembantu yg dpt meringankan kj mama km, dan mama km sambil bantu lht2 disamping bgt aja.smg km bs bljr mengerti keadaan mrk lbh baik,smg mrk semuanya berbahagia.

1. namo buddhaya , cao an bhante..Berbahagia lah engkau ada kesempatan unt mengabdi terhadap or tu mu... Karna karma baikmu mencucikan baju ponaanmu akan engkau petik setelah anak2 itu besar dan mengerti... Dan mama mu akan bertambah sehat dengan mengurus cucu cucu nya.. Karna dia bergerak terus...

Dan juga untuk di ketahui hak penuh anak anak itu adalah koko mu sebagai seorang bapak.. Dan merupakan cucu dalam bagi orang tua.. Itu jalan terbaik "mungkin" di ambil dalam koko mu unt pisah dengan istrinya... Dan engkau harus belajar untuk mengerti bagai mana keputusan yang di ambil.... Anda tak menjelaskan "usia" di sini jadi gambaran mungkin gak pas aja...

Sebaiknya ada bersenang hati untuk menjalankan kehidupan sekarang,,dan trima semua dengan lapang dada dan berbahagia dengan ponakanmu... Keramain dengan anak2 di rumah suatu anugerah.. Saat anak2 tak ada/pergi disana akan anda rasakan sunyi tapa anak2... Nikmatilah... Itu anugerah,,jangan salahkan anak2... Mereka masi bersi dan tak tau apa apa... Urusan keputusan koko mu jangan ikut di risaukan... Jangan berat unt mencuci pakain anak2 ya... Sehat juga bagimu untuk menjalankannya.. Karna itung2 olah raga....

Maaf ya,,bila pendapat ini tak berkenan di anda... Buang jauh2... Bila berkenan di anda ambil dan bergembiralah... Dalam hal ini saya tak mau singgung buah karma.. Saya hanya memberikan yang masuk di akal aja.. Karna ini karma atau bukan hanya yang berwewenang yang tau...

CciiaaYooooo.... Semangatlah ponaanmu adalah "nyawa" yang perlu di selamatkan.... Dan anda adalah bagian dari ini... Jagan iri dengan koko mu yang tak mau mencuci baju anak2 nya.... Maaf kelancangan yang "mungkin" tak berkenan.




2. Berpikir bijak itulah kunci utamany jgn memakai ego...bnr yg disampaikan sodari ferra...ambil nilai2 positifny...sewaktu2 anda jg ank mempunyai seorang ank,n sekalian itung2 belajar mengasuh ank...soal karma,akn berbuah pd waktuny... namo buddhaya, bhante, setiap perbuatan yg kita lakukan baik buruknya, suatu saat pasti ada balasannya....

bila kita melakukan sesuatu hal yg baik, menolong, membantu di luar kewajiban & tanggung jawab kita, itu akan membuahkan pahala yg besar...suatu saat itu akan berputar dan terbalas...kita tidak tau hr esok bgmn keadaan atau masa hidup kita, selagi kita bisa menolong knp tidak...suatu saat bila kita dlm keadaan susah pasti akan ada seseorg yg membantu kita...jalaninlah dengan rasa bersyukur dan iklhlas
semuanya akan baik - baik saja....

3. Namo Buddhaya , Bhante.....Dalam hal ini kita harus berpikiran positif ya, jgn menganggap saudara kita membebankan masalah ke orang tua. Sebaiknya sesama saudara haruslah saling mendukung dan membantu. Kalau dlm pandangan anda, sikap kakak dinilai kurang baik/kurang perduli dgn ortu, sebaiknya minta tolong kepada saudara lain yg usia diatas kakak anda untuk memberikan nasihat....

Kalau kakaknya masih belum berubah jg, sebaiknya bicarakan dgn saudara anda yg lain, bagaimana cara agar ortu tidak terlalu capai mengurus para keponakan, misalnya misalnya sama2 kumpulinl uang untuk beli mesin cuci. Atau kl ada saudara lain yg punya waktu luang, bs bergantian dgn anda menjaga keponakan. Kalaupun masih tidak ada jln keluarnya, jalanilah aja semua ini dgn iklas. Anggaplah kita berdana dgn tenaga untuk menolong saudara kita. Setiap perbuatan baik, pasti akan mendapat buah kebaikan dikemudian hari. Kalau ada pendapat saya yg salah, mohon maaf ya....mohon bimbingannya jg Bhante, selamat pagi....Namo Buddhaya.


4. Namo Buddhaya... terimalah namaskara saya Bhante... semoga Bhante selalu sehat dan bahagia... mohon izin untuk share... menurut saya kita harus berangkat dari prasangka baik thd siapapun terlepas dari reaksi apapun yg muncul/diterima.., persepsi yg baik membuat kita lebih ringan dan sabar... lakukan saja apa yang terbaik menurut kita... karena kita tidak mungkin dapat merubah kondisi diluar menjadi spt apa maunya kita.., kalau kita melakukan kebajikan thd orang lain tetapi masih di pojokan dsb.. tetap jaga persepsi baik kita..,
tetap lakukan kebajikan dengan sadar(eling lan waspodo) sabar, lembut dan konsisten.. biarlah sang waktu yg menjelaskan.., biarlah kebajikan itu tumbuh, tugas kita cuma menyiraminya dengan penuh kasih sayang..., kalau belum bisa berubah juga ya.. kita harus ikhlas dan sadar bahwa itu hasil kamma lampau kita.., hitung2 kita berdana kepada keluarga sendiri... sebelum kita berbuat baik kepada yang lebih luas lagi... anumodana Bhante... mohon petunjuk.


5. Namo Buddhaya, dalam keluarga sebaiknya tidak ada dikotomi anak cowo ataupun anak cewe. Dan bersikap adil terhadap anak anaknya, walau pasti akan mendapatkan respon yang beragam dari anaknya. Siapapun menginginkan adanya keutuhan keluarga tetapi jika dalam kehidupan ini berkata lain apa daya. Untuk hubungan saling menolong/mengasihi dalam sebuah keluarga terkadang cukup sulit. Tak masalah bagi kita belum tentu bagi pasangan hidup maupun anak. Anggota keluarga bagaikan anggota tubuh yang saling melengkapi/menolong ketika dibutuhkan.

Sang Koko mempunyai tanggung jawab besar(dalam hal materi) jangan lagi membebani ortu yang sudah lansia/lanjut usia. Sang adik belum merasakan apa yang dirasakan ortu terutama ibunya, karena belum memiliki anak. Mamanya sayang Koko n cucunya, Dede sayang Mama Papa. Apakah salah seperti ini? Berkeyakinanlah Badai Pasti Berlalu. Dengan berpikiran positif seperti juga yang teman teman sampaikan. Hal yang kamu alami juga pernah saya alami sebagai pengalaman hidup ini. Sebab 2 dari keponakan saya dibesarkan oleh mama saya.


6. Kemarahan pd perbuatan istri kakaknya yg kabur hingga menutup pikirannya ,lepaskan beban itu biar semua berjalan seperti biasa lg .. sy coba ks pendapat aja...terkadang kesulitan hadir di hidup kita slalu di pandang dgn kebencian...klo sudah begini mk trasa kesulitan smakin sulit...ttp sharusnya sbg umat buddhis pandanglah sebuah kesulitan sbg anugerah...dgn hati welas asih...jd cobalah rundingkan baik2 solusi bersama...lalu semisal harus mngurus ponakan..lakukan lah yg terbaik dgn sepenuh hati ntar pasti mndapat hikmahnya...ketika kt melakukan yg terbaik mnghasilkan terbaik kt akan merasakan kebahagiaan..om mani pad me hum.. untuk sementara cari pembantu untuk atas hal tsb suru kaka bhante yg bayar setelah itu baru dibenahi satu persatu dengan pendekatan hati. ha..ha..ha..Idola P Di S, maaf ini soal orang lain yg tanya sama bhante, hati2 jng kesasar, tdk apa2 bgs juga kstau, misalnya kaka bhante kira2 gitu kali yah..oh..ho..ho..ho..abis nonton Sun Go Kong sdh mau dekat ke Barat jd bhante hrs sabar dikit ehehmm.



7. namo buddhaya...pagi semua mau komen pa lagi ya kayanya udah dijawab semua.inti dari permasalahannya semua sih ngak ada yang salah pertama koko kamu,ngak mungkin bisa mengurus ke3 anaknya,mungkin dia harus bekerja untuk menafkahi ke 3 anaknya,trus kedua ibu atau nenek tidak mungkin tega mengabaikan cucunya,dan kamu seharusnya bersyukur kamu bisa membantu mengurus ponakan mu,lagian anak-anak kecil kan lucu,bisa buang stress,sambi olah raga ngejagain ponakan,lagian didalam rumah jadi ngak sepi membuat penghuni rumah jadi rame,dan penuh tawa,hehehehe ya nama nya orang tua mana mungkin menolak cucu-cucu nya,walaupun mama mu sakit,dia akan tetap bilang sehat untuk menjaga cucunya,jika kamu melarang dia dia pasti akan bertambah sedih begitulah ketulusan seorang ibu .i love my mom


8. kenapa gak pakai mesin cuci aja.. Ampun Abah : masalah mesin cuci... disini tak segampang yang anda pikirkan.... karna itu mesin perlu dana.. dan mampu atau tidak sebenarnya tergantung masing2 aja. Namo Buddhaya Bhante. menurut saya penulislah yg bermasalah krn memiliki perasaan kesal. sedangkan untuk semua orang tua pasti mau berkorban untuk smua anaknya. sorry dilanjut.. sedangkan kokohnya pun pasti sdang pusing dengn masalahnya. lebih baik membantu daripada menambah permasalahan lagi.. thks.


9. Waahhh.... kok bisa yah ? Istri kok smp bisa kabur ? Dari sikap koko km sj udah kelihatan kalo koko km bukan orang yg bertanggungg jawab... harusnya mama km bisa bersikap tegas.. jika mama km bersikap lunak berarti sama saja membiarkan koko km menjadi anak yg tambah tidak bertanggung jawab.. baik terhadap dirinya sendiri yg berstatus "ayah" dan terhadap anak2nya.... Cobalah km nasehati koko km... jangan km yang bersikap kasian terhadap mama km... memang sih.. km baik.. tapi lambat laun hal ini hanya akan membuat suasana semakin tidak nyaman di rumah mama km... Ya namanya nenek ama cucu pasti sayang... Walaupun kokomu salah, mama n papamu juga ga bisa bilang apa2.


10. heran ya ...si istri ..., nape kabur ngak bawa" anaknya??? sayang sekale ..... hehehehe, ini para istri yg sdh di tinggal kabur suami gimana nih komennya, kl suami yg ditinggal kabur istri sih dah pastinya seneng..krn selain hemat biaya juga ada udang dibalik mata keranjangnya..ntar nyari lagi kali yah...ehehmm... Ini anak laki2 punya sifat baek cm msh ada rasa dugal kl bahsa jawanya kira2 grundel ah..apa yah bhsa Indonya, jengkel sm kakaknya yg masa bodoh sama anak2nya sendiri, tp syang sama mamanya yg hrs cuci pakean cucunya. Kyanya orang kurang mampu hingga tdk punya mesin cuci hrs cuci sendiri, berarti kalah sama para bhikkhu di kota yg sdh pake mesin cuci yah..kacian sekali, hari gini msh cuci pakean dg tangan sendiri spt bhante juga msh spt itu, lah apa daya krn tdk ada d bayar tagihan listriknya tak tahan mahal.


11. Anak laki2 ini ikuti komen2 teman2 bhante minta gitu biar dia belajar mencerna komen2 dg lapang dada, tar terserah dia mau ambil cara apa tuk atasi soalnya, namun, dilihat kasus kakaknya dan istri yg kabur jd agak kaget dan heran..kl blh bilang sih ASTAGAAAA.. kok msh ada istri mau2nya Kabur tinggalkan anak2, kl suaminya ditinggal itu perkara lain yah..ortu bilang Bodoh2 wanita pergi tinggalkan suami d anak2. Namun, kayaknya ada perkara berat dlm hatinya..kita tdk tahu...tar mau tanya lg agak komplit perkara apa istri kakaknya kabur gitu yah.. jng2 tuh istrinya yg kabur mau Selingkuh kaya kasus kemaren wah2.. Kl ada Anggota NUHIGA juga blh komen2 disini, cm jng bikin rusuh aja kl mau DEMO NTAR KL BUDDHA BAR BUKA LAGI YAH..


12. Namo buddaya bhante...kalu menurut saya memang sifat ortu tuh lbh sayang kpd cucu, walaupun dia bakal sakit dia ga peduli, jadi sebagai ADIk lbh baik kita rundingkan bersama si koko....mengenai pengurusan si anak...ya kalu bisa sih....di cari istrinya trs di bicarakan permasalahnya....pasti dia kabur tuh ada sebabnya...jadi kita jg ga blh mencap kalu si istri tuh jahat....mkn juga dia stress menghadapi hidup ini...intinya temukan si istri cari solusinya....supaya dia bisa bersatu lagi bersama suami dan terutama anaknya....karna ga ada ortu Чªлб mau ninggalin anaknya begitu saja....mhn maaf kalu pendpt saya slh. sudah suruh koko nya kawin lagi kalo perlu 2 wanita. susah susah amat sih. Sebab dipikirkan ga bisa ada jl keluarnya.


13. iya hdp awalnya tdk tau apa2, tp kl sdh dewasa jd ribet gini yah, tau kaya gini sih baek dulu jng keluar aja. Shambhala S emang nuruh kawin itu tdk pake uang zaman serba mahal kumaha euy emang beli mie bakso semangkok murah, buat cuci pakean aja nyerahin sm ortunya. kl ga salah sih istri kabur gara2nya duit juga agak seret kali yah...jd duit inilah racun utamanya tp sebaliknya duit bs hepi2an juga sih...gimana yah..nyari istrinya kabur kemana tdk gampang nyari orang, mendingan nyari kambing/ sapi ketauan nurutnya. wah...pala jd pusing gini yah baca komen2 hampir sama...yah bhante cm doain aja lah smg pada wktnya semua jd manis berjalan lancar..uang ngalir entah dari mana..tp rejeki dtg gitu lah, kasian orang smp nekad kabur pastinya gara2 duit kali yah...


14. Rasanya sich gitu Bhante n mungkin juga selain uang ada lg masalah 2 lainnya yg bikin istri kabur...Pasti dulunya cuma cinta aja yg bikin mrk nikah tanpa memperhitungkan ekonomi. Zaman sekarang kl ekonomi minus lebih baik tak usah nikahlah drpd susah sendiri...


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “