“ MAITREYA ALIRAN BARU, GIMANA MENURUT TEMAN2 “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

Namaskhara Bhante,

Menurut saya umat Maitreya banyak yg sulit jodoh, usaha kdg ga lancar, kecantikannya kurang, suara gk gitu merdu, dll, --jadi se-olah2 masuk Agama Maitreya itu ga bgus atau sial gituloh. Hal ini yg saya lihat dan alami krn pernah ikut Aliran M.

Saya berkata demikian pada mereka, lalu ada umat M yg pindah agama (ke Agama Buddha misalnya/agama lain) gara2 saya.

Apakah dg perbuatan saya ada karma buruk bhante? Dan apakah Akibat karma buruk sy?

Karena saya berpikir, kalau misalnya umat Maitreya tetap ikuti aliran Maitreya, maka kemungkinan besar akan menjadi orang yg mau belajar Vegetarian dan hidup Vegetarian (tdk terlibat pembunuhan makhluk hdp).

Sdgkan kalau pindah agama, kemungkinan besar dia akan tetap makan daging, beli daging (yg mungkin seumur hidup), karena mungkin agama lainnya tidak begitu menekankan Vegetarian(terlibat pembunuhan makhluk hdp).


Jadi, Bhante, sy khawatir akan ada kamma dan akibat buruk itu, karena berdosa atau bersalah kpd hewan hewan, gara2 ada umat M yg Vegetarian dan pindah agama gara2 sya.

Andaikan pindah agama, aku takut dia tidak vegetarian (terlibat pembunuhan makhluk hdp), krn jika dia tetap aliran Maitreya, dia pasti ada potensi bervegetarian (tdk terlibat pembunuhan makhluk hdp).

Jadi, Bhante, apakah aku telah memiliki kamma buruk dan akan ada akibat buruk sehubungan dgn kelakuan sy? Dan apa mungkin bersalah kpada para binatang2. Namaskara..Namo Buddhaya.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

Jawab: Menganut agama/ ajaran itu hak bebas tiap orang dilindungi UUD 45.
Ucapan spt diatas kl ada niat negatif (agar pindah ajaran), pasti ada akibat karma entah tambah karma baik atau karma buruk. Namun, kita tdk tahu apa akibatnya. Aliran Maitreya entah knp bs menggunakan nama Maitreya?

Krn kl nama Buddha Maitreya blm dtg, walau sdh di nyatakan oleh Buddha Gotama bahwa yad akan dtg Buddha Maitreya, dan ajaran sama.

Sementara Aliran Maitreya ajarannya aneka ragam, konsepnya tdk jelas, cm yg terkenal Vegetarian.
Bhante tdk bs komen lbh jauh soal Aliran Maitreya ini, tp teman2 yg sdh jelaskan dg gamblang krn sdh ikuti jd tahu dan punya pengalaman pula.

Patokannya, Aliran apapun selama tdk merugikan pihak lain, dan kalau orang yg ikut merasa mendapat kemajuan spiritual is oke lah yah, terserah aja itu hak anda.


Namo Buddhaya untuk saudaraku se Dhamma! Setelah membaca banyak komentar saudara2 semua, menurut saya semuanya memiliki pandangan dan harapan2 yg baik, hanya saja kadang ada yg sifatnya keras dan kritis, namun jg ada yg netral bahkan mengerti pada saudara kita yg beraliran Maitreya. Saya dulu pernah minta ditahbiskan dlm satu upacara tanpa diajak oleh anggota mereka, hanya karena saya ingin menghormat Sang Buddha (krn ketika saya masuk ke dalam vihara tsb jg terdapat gambar Buddha Gautama dan di kota tsb sulit mencari vihara Theravada dsb).


Memang stlh saya mengikuti ceramah2 Dhamma disana, saya tdk mendapatkan ajaran Dhamma yg biasa saya dpt di beberapa vhr, tp saya mengambil sikap positif yg diajarkan oleh Guru2 mereka (spt vegetarian, cinta kasih, tidak membunuh makhluk hidup, dll yg baik). dan di vihara tsb saya mempunyai banyak teman yg baik, sopan, dan welas asih. Tetapi hal tsb tidak mengurangi keyakinan pada Ajaran Buddha Gautama yg tlh saya pelajari sebelumnya. Jadi kesimpulan saya, bahwa Dharma/Dhamma/Kebenaran Mulia ada dimana saja.


Karena menjadi baik, sopan, lemah lembut, welas asih, pengertian dan bijaksana itu tidaklah harus mengikuti Aliran atau Agama apapun juga, karena semua kembali kepada kemampuan orang yg menerima Ajaran2 tsb dan kemampuan utk mencerap Ajaran2 tsb jg membutuhkan proses utk diterima dan dimengerti oleh tiap2 individu. Kalau pikiran tiap2 orang sudah terbuka, maka tanpa harus kita bujuk, menjelek2an, atau kita paksa sekalipun, orang tsb akan dapat memilih dan menentukan Jalan Terbaik yg dapat membawa Ketenangan dan Kebahagiaan bagi hidup mereka masing2!

Dan utk Saudara2ku yg Baik, janganlah kita saling menuduh atau menghujat serta menganggap mereka buruk atau tidak benar, karena belum tentu kita bisa lebih baik dan lebih welas asih daripada mereka! Saya mohon maaf bila ada kata2 saya yg kurang berkenan bagi saudara2 yg berseberangan pandangan! Kita berbeda tapi Metta harus selalu di kedepankan, Sadhu!


1. anda terlalu cepat menyimpulkan bahwa umat m kurang sukses.susah jodoh.dll..yg ada lihat kan cm segelintir umat aja.blom ktm yg sukses.dll..byk kok yg sukses.dll lagian sukses.jodoh.tampang.dll bukan krn agama.tp krn karmanya masing2 org plus usaha yg benar menuju sukses.dll kl soal karma buruk buat org pindah agama pasti ada.apalagi kl org tsb sikapnya jd lebih buruk dr sblmnya dia pindah agama..


2. namo budhaya Bhante... selamat morning.. hehehhhee..... ini dia yang gak patut di contoh..... percaya karma ... ya semua akibat karma..jadi jangan TO CUE' hehehhhee....kurangi bicara,kurangi semua yang berlebihan...yang berlebihan selalu kurang sehat... pikiran,badan juga otak...jasmani rohanilah...


3. memberi masukan tdk lah asal ceplas ceplos hrs dipikirkan lg kedepanny...secara itu sdh pasti kena karma...ad sebab ad akibat....mohon maav bila ad yg salah.. semua ajaran agama itu baik.. Tergantung dri hukum kamma msing2.. Maaf jika ada salah dri koment saya.


4. Pagi bhante dan teman2,baru nyabung,dulu ya juga pernah ikut ajaran M disana saya juga ngak merasa nyaman,seakan2 amin terpaksa menjalani setiap ajaran dan doa.pembaptisanya aja menggunakan api ,dan mereka menyakinkan bahwa kalau sudah dibaptis pasti masuk surga,hehehe.wa wenak dong kalau begitu kalau di pikir.udah itu kalau berdana,semakin banyak jumlahnya nominalnya semakin besar yang didapat,wa itu sudah mulai salah jalur menurut saya.lagian mereka kan ada 2 yang satu baju abu dan putih.kebetulan aku masuk ke 2 nya,pas aku tanya mereka saling menjelekan satu sama lainnya,tambah jadi sangsi deh aminya,menurut amin ini udah menyimpang dari ajaran ajaran agama yang pernah aku masukin,kristen udah ,katholik udah,hehehe.tinggal hindu sama islam aja yang belum.ya menurut amin semua agama mengajarkan sama.ngak ada yang ngajarin berbuat salah dan jahat,semua mengajarkan kebaikan,cuma menjalankan nya aja yang berbeda.yang penting kita meyakinkan ajaran yang menurut kita baik.


5. Selamat pagi bhante, di katakan umat M,selalu sial,sulit jodoh,suara tdk merdu,usaha gak lancar itu mungkin tidak benar,soalnya liat saja umat mereka banyak yang kaya dengan sumbangan dana besar membgun vihara bertingkat serta setiap hari besar selalu ada acara pesta perayaan(khususnya di tempat saya)

di aliran M banyak yang di ajarkan kebaikan seperti yang di tulis oleh teman2 di atas.
Namun ada beberapa hal yang kurang tepat,
pemahaman mereka tentang ajaran mereka sendiri sangat dangkal,mereka tidak miliki pegangan yang kuat sebagai rujukan inti dari pembelajaran,yang ada hanya ambil ajaran lain di sana sini
sehingga akar kenyakinan mereka lemah,oleh karena itu mereka membuat ikatan yang kuat agar anggota tidak membelot di cipkanlah aturan 5 kata dan hukuman yang menakutkan.

disana yang mengajarkan tidak paham apa yang di ajarkan bgaimana yang belajar,
hal lain nya pimpinan mereka sangat menghindari tanya jawab dengan anggota karena mereka tidak akan bisa menjelaskan realitas ajaran yang ada pada mereka, bagi mereka terlalu bertanya berarti tidak nyakin,tidak nyakin berarti umat yang bodoh. namo buddhaya.


6. Namobudhaya bhante, Kenapa anda harus berkata begitu tentang aliran agama lain,memangnya jodohh,kecantikan,rejeki dll ditentukan oleh sebuah agama?itu semua kan sesuai dgn karma masa lalu kita masing2..lgi pula setiap agama pasti ad kok umat yg sulit jodohh,kurang cantik dll..umat matreia meyakinin ªª yg menurut mereka baik,begitu juga dgn agama buddha aliran yg lain..jd jgn membuat lain kehilangan arah đăň keyakinan..anda ada ambil bagian dr karma tersebut..Terimakasi bhante..


7. Sidharta gautama menemukan obat dr penderitaan manusia yaitu karma!bukan hanya untuk kita tau dan pasrah terhadap karma. Karma buruk dpt berubah menjadi karma baik jika kita mo merubahnya. Manusia itu berevolusi dngan cr berfikir yg lebih maju dan agama buddha yg slalu menerima perkembangan jaman.Seorang einstain jg berpendapat demikian.jd jika kita ini seorang yg beragama buddha kita harus bs menerima sesuatu perubahan baik disegi agama maupun sosial secara modern (sudut pandang gama buddha) sadhu.


8. nmbdya...Klo menurut saya jodoh,skt,tua,lahir,mati tu bkn krn msuk agama m tp krna karma kita..klo misal di bilang sial,ga mungkin donk umat maitrya banyak banget berarti mrka sial smua donk..klo pun mrka pindah agama krn anda berarti iman nya ga kuat.vege bagus kog buat kesehatan menghindari pembunuhan juga,ga salah donk..jd jgn liat dr sisi negative nya aja liat positife nya juga.thanks.


9. Klo Buddha : orang yg mencapai penerangan sempurna, Jd klo agama budda : ajaran yg mengajarkan orang untuk mencapai penerangan sempurna dong, Paling tidak orang tersebut berusaha mencapainya, Bagaimana kita bs disebut buddha ato penganut buddha klo fundamental dr ke buddhaan aja tidak ada dlm diri kita. Seberapa banyak amal ibadahnya dibandingkan ucapannya? Percuma bervegetarian jika ucapan,pikiran,mata pencaharian,kelakuan yg menyakiti mahluk laen bahkan bs membunuh contoh kecilnya fitnah,tipu daya,dusta,gosip yg menjatuhkan seseorang maupun suatu klompok, sadhu.


Namo Buddhaya, Bhante..setiap hal yang dilakukan pasti menghasilkan KAMMA,sekecil apapun itu..
Sebenarnya saya pernah dengar,kalau agama M itu maaf kata agama sesat..
Karna mereka gak mempunyai Sangha..Dan ad 1 alasan lagi..
Agama M punya 5 kata rahasia,katanya bisa digunakan pas lagi kesusahan dan gak boleh dikasih tau ke siapa2..Sekarang kalau orang tua kita pas dalam kesulitan,apakah kita sebagai anak tetep gak boleh membantu/kasih tau orang tua kita kata2 tersebut? Wahh..sungguh durhaka sekali.. :)
itu yang pernah saya dengar..Disisi lain sih agama M juga cukup baik,krn rata2 umatnya byk yang vegetarian seumur hidup..
Kalau masalah kecntikan/sukses/apa lha,itu bukan faktor dr agama kog,itu faktor dari karma masing2 :)
Memberikan pertimbangan kpda org lain itu boleh saja,tapi jangan sampai menjelekkan agama M dan sedikit terlihat memaksa serta fanatik..Kalau untuk masalah dapat karma buruk/nggak,seperti yang ud saya katakan, tiap hal yang dilakukan pasti mendapatkan karma, tapi kalau agama M (maaf) sesat, kamu berarti menolong umatnya, sejauh yang kita tau sih ajaran mereka baik.. Tapi banyak orang bilang sesat.. Jadi tergantung lha, apa itu dapat karma baik/karma buruk..Kalau masalah ini,saya tanyakan sama Bhante, menurut pandangan Bhante bagaimana agama M?


10. Nammo budhaya bhante,slmet pgy. Smua agma it baek ad ny,mngjarkan kpd umat cnta kasih pda smua makhluk..Pa pun aliran agma it,tdak shruz ny qta brkmentar bhwa agma dykini org laen it bruk atw sbgai ny...krna pndangan qta yg tdk benar..pdhal agma M it ngjarkn qta untk tdk mkan mkanan yg brnyawa..ambil pstif ny aj. Untk mslah rupa,usha,jdoh dan sbgai ny..it smua hsil karma qta sblum ny,dan sudah ad yg mnentukan jlan hidup qta akn spti pa. Yang hruz qta lakukan skrg,bnyak brbuat karma baik sja.


11. namo buddhaya bhante n all. menjelekkan agama lain pasti ada karmanya. pindah agama tdk ada karmanya, sebab masuk agama apa saja baik asalkan sesuai hati nurani dan dapat menjalankannya dengan baik. vegetarian bagus karna vegetarian mengajarkan kita tdk membunuh makluk bernyawa. ehipasiko : datang,lihat, dan buktikan.


12. Agm tdk menentukan nasib or takdir seseorang.. Apa Чªήğ dialami seseorang båîĸ atau buruk itu karna karma ϑî masa lalu. Bukan karna agm nya. Memang kalau umat agm M pindah agm ia lgsg jd cantik? Suara ny merdu? Tidak kan??.. Dan kalau untuk vegetarian, harus tulus dr hati, tdk ϑî paksakan. Kalau mmg org tsb sdh sadar kalau memakan daging sama dgn membunuh, maka ia akn sadar dgn sndiri ny. Dan tidak akn mkan daging lg. Itu mnrt sy.. Thanks.


13. Bhante, ini pas sekali topiknya dari dulu sy ingin bertanya. Bhante, sang Buddha tidak pernah merahasia kan ajarannya, kenapa Ўǻ̀ǻ̀°˚˚ dlam pelaksanaan agama M ada 5 kata yg katanya hrs dirahasiakan. Terus kenapa ♉ª, sya merasa meskipun sama2 Buddha kenapa ♉ª ajarannya agak lain. Apa mungkin ♉ª penekanan ajarannya lebih ke cinta kasih dari pada kepembebasan diri.?


14. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya pendapat tsbt tdk beralasan ♉ª, karna akibat dari perbuatan itu berasal dari karma. Nah kalau mengajak umat M pindah dengan menjelekjelekan agama M tentu ada dong akibat buruknya. Tp pindahnya umat tsbt dr agama M ke agama lain karna kata kata anda, berarti keyakinannya tidak kuat dong.. Berarti org yg hanya ikut ikutan saja. Mengenai vegetarian ♉ª, menurat sy, jika org tsbt memang sadar akan kebaikan bervegetaraian dan karma dr membunuh makhluk hidup tentu beragama apapun dia pasti berbervegetarian.


15. Pagi bhante n teman2.. Saking byk nya aliran budha, byk juga tata cara pelaksanaan peraturan yg berbeda2 ajaran di setiap aliran.. Menurut sy walaupun berbeda aliran tp kita harus tetap memegang teguh dari intisari agama budha , apapun aliran nya yg terbaik buat kita menjadi org yg lebih baik, lebih ber welas asih, lebih memiliki rasa kemanusiaan.. Masalah karma buruk pasti ada karena ada hukum sebab-akibat ,, ada kata juga dari Dalai Lama yg sangat bagus, "Berhati hatilah akan PIKIRANmu krn mereka akan mjd Perkataan,,Berhati hatilah pd kata2mu krnmereka akan mjd tindakan,, Berhati hatilah pd tindakanmu krn mereka mjd kebiasaan,, Jagalah kebiasaan mu krn mereka akan membentuk karaktermu,, Jaga karaktermu krn akan membentuk nasibmu dan nasibmu adalah HIDUPmu " .. Santai santai.


16. Namo Buddhaya Bhante... Saya mau tanya Bhante "... Kok di bilg agama Maytreya ? Apakah maitreya termasuk agama baru ? Klu ya apa nama kitab sucinya ? Trus maaf ya... Klu M ini misalnya masuk ke agama lain (bkn Buddha ) pasti itu uda d bilg ajaran sesat, contohnya ahmadyah yg tdk mengakui nabi Muhammad saw. Sebagai nabi besarnya.. Ya menurut umat Islam pasti itu ajaran sesat.. Sama seperti juga M tsb.. Padahal kita ketahui kalau Metteya masih Bodhisatva.. Kok dibilg Buddha dan uda menggantikan Buddha Siddharta gotama pula. Bukannya Metteya akan turun ke dunia dan menjadi Buddha setelah ajaran Buddha Siddharta gotama uda tdk d laksanakan (di lupakan ) orang d dunia ? Dan apakah dalam satu kappa bisa ada 2 Buddha.? Mohon petunjuknya Bhante... Namo Buddhaya...


17. slmt pagi, ku tlh mnyimak status y, jgnlah agama sbgai patok'n tuk sebuah alasa'n ini,itu,krn agama smua slalu mengajrk'n yg trbaik tuk umat y, slmt pagi. bukanlah krn perbedaan maka kita menjadi terpilah - pilah , namun mari kita memandang perbedaan itu adalah sebuah keragaman yg nantinya akan membentuk satu kesatuan , lima jari kita mempunyai bentuk dan fungsi yg berbeda , namun itu menjadi manfaat yg luar biasa buat kehidupan kita.


18. Namo Buddhaya, walaupun sy bukan penganut Buddha Maitreya, saya sangat prihatin mengapa umat Buddha bisa menyinggung perasaan org lain dgn menjelekan ajaran pihak lain yg berlainan dgn kepercayaannya. Semoga Buddha menyinarkan terang kebijaksaanan yg extra kepada mereka. Tony tan wijaya, kata tmn sya yg mnganut ajaran tsb kitab suci mrk adlh sutra intan,,, hny itu yg sya tau.


19. @indrawaty Tanida,mungkin masudnya bukan menjelekkan,tetapi mungkin si umat tersebut salah penyampainya,karna mungkin dia kecewa dengan agama tersebut,tapi kita sebagai orang berwawasan harap maklum lah dikit.bukanya bermaksud menjelek jelekan agama M,tapi kita di sini membahas kebenaran tersebut,dan sebisah mungkin menjawab pertanyaan umat yang membuat pertanyaan tersebut.dan mungkin karna ketidak tahuan mereka tentang ajaran tersebut jadi dia menulis kata kata yang sifatnya mengejek.maaf kan kami yang sudah salam kata dalam pembahasan dharma kali ini


20. Bhante apa benar kalau budha itu ada masa masanya seperti presinden,ada masa jabatanya,nah maitreya ini katanya yang akan mengantikan sidartha gautama sebagai budha selanjutnya,benar apa tidak bhante.. oh jadi itu benar,hehehehe aku dulu ngak percaya ternyata budha ada masa kepemimpinannya juga. Tapi ada satu ajaran yang menurut saya bagus,mengajarkan cinta kasih tzu chi.wah itu salut sama jasa jasanya,tampa membedakan ras,agama dan suku.mereka melestarikan bumi,menjaga bumi dari kehancuran.membangun rumah,sekolahan,rumah sakit gratis salut buat usaha biksuni master chen yen di hualien.


21. Khanda Paritta, Paritta Patikkamantu bhutani Soham namo Bhagavato
Namo asttannam sammasambuddhanam
Cinta kasihku kepada suku ular-ular Virupakkha
Cinta kasihku kepada suku ular-ular Erapatha
Cinta kasihku kepada suku ular-ular Chabyaputta
Cinta kasihku kepada suku ular-ular Kanhagotamaka
Cinta kasihku kepada makhluk-makhluk tanpa kaki
Cinta kasihku kepada makhluk-makhluk berkaki dua
Cinta kasihku kepada makhluk-makhluk berkaki empat
Cinta kasihku kepada makhluk-makhluk berkaki banyak
Semoga kami tidak mendapat susah dari makhluk-makhluk tanpa kaki
Juga tidak dari makhluk-makhluk berkaki dua
Semoga makhluk-makhluk berkaki empat tidak menyusahkan kami
Semoga makhluk-makhluk berkaki banyak tidak menyusahkan kami.
Semoga semua makhluk hidup
Semua yang dilahirkan dan yang belum lahir
Semoga semua tanpa terkecuali mendapatkan kebahagiaan
Semoga mereka bebas dari penderitaan
Tak terhingga adalah kebijaksanaan Sang Buddha
Tak terhingga adalah kebijaksanaan Dhamma
Tak terhingga adalah kebijaksanaan Sangha
Terbebaslah makhluk-makhluk melata
Seperti ular-ular, ketongging-ketongging, lipan, labah-labah dan tikus.
Telah kami panjatkan doa perlindungan
Telah kami panjatkan paritta-paritta yang suci
Silahkan makhluk-makhluk pergi dengan damai
Terpujilah Sang Bhagava
Terpujilah tujuh Samma Sambuddha. Maaf bhante kalo ad yg slah.


23. Maksudnya, umat Maitreya yang sering aktivis di Vihara, sering dgr ceramah Pandita, aktif ke Vihara. Saya merasa hidup saya sial, usaha ga lancar, dsb, saya juga melihat teman2 saya yang lain yang aktif ke Vihara Maitreya, juga ada yang sulit jodoh, lugu lugu bodoh bodoh seperti saya, ..tapi mungkin cuma segelintir, tak tahu kalau di kota2 lain...

24. Buddha Maitreya adalah penyelamat akhir zaman. Ajrn Maitreya tidak membedakan agama, ras, warna kulit, yang trpenting semuanya sama. Sebenarnya, Buddha Maitreya ajrannya Maha Tao Maitreya. Ajran ini tidk membeda"kan agama pun.. Intinya, Misi Buddha Maitreya adlh mewujudkan Dunia Satu Keluarga. Tuhan Y.M.E yg mnjdi smber dr semua agama.Brbgai alirn agm dpt saya ibratkan dgn brbagai alirn air sungai yg sdg brjaln mnuju ke 1 smber yg sma, yaitu LAUTAN.

25. Maksudnya wenz nie itu gimana? kalau ajaran maitreya itu tanpa membedahkan agama ? Berarti multi agama donk...klu menurut saya tdk ada yg namanya agama yg multi agama.. Maaf ya... Saya cuma pingin berbagi pandangan aja, karna menurut ajaran Buddha siddharta gautama , Bodhisatva Metteya akan turun ke dunia dan menjadi Buddha menggantikan Buddha Siddharta Gautama setelah manusia uda lupa ajaran Buddha Siddharta Gautama.

Dan saya jg pengen tanya sama wenz nie, ajaran Maitreya itu yg gimana ? kitab sucinya apa ? Trus Maitreya itu sama tdk dgn Metteya yg d maksud dlm ajaran Buddha Siddharta Gautama ? Klu sama , pernah tdk Wenz nie tau Bodhisatva Metteya tsb turun kedunia, mencapai keBuddhaannya, dan mengajarkan ajarannya ? Klu pernah tau dimana terjadinya ?... Sekali lagi maaf ya saya hanya pengen tau, jd mohon d jawab... Terima kasih sebelumnya...

nammo buddhaya bhante,,,
Mnrt saya,
Y untk menghilangkn rasa benci itu ngk ssh kok,,
Cma prlu proses ajj
Kunci ny cma satu yaitu cinta ksh,,
Krna lwan utama dri kebencian adlh cinta ksh ato metta,,
Jdi sering2lah menanamkn prinsip ''smoga smua makhluk hidup brbhgia''
Tanamkan prinsip itu n praktekkn melalui pikiran,ucapan n badan jasmani,
Maka klu ud lama2,akn menjdi suatu kebiasaan,,
Dijamin ssh klu pngen membenci ato menghrapkn orang lain itu mendrita,,
maaf klu ad coment yng slh bnte,mohon diperbaiki,krna saya msh dlm thp pmbljrn
Thx n nammo buddhaya. Nammo buddhaya bhante,,
menurut saya tingkat kesucian seseorng tidak dilht dri apa yng ia makan,,
Ttp dri apa yng tlh ia lakukan,,,
Jika orng tersebut bervegetarian namun perbuatanny ttp saja menyimpan(melakukan hal2 yng tdk bnr/buruk), maka menurut saya y sia2 saja,,
Tpi beda dngn orng yng makan daging tpi perbuatanny baik,,
Mngkn lbh baik,,,
Truss mslh jodh,karir,dll itu menurut saya bkn krna ia menganut agama a ato b dll,,
Tpi mmng ud merupakan hasil krma msa lampauny,,,jdi bkn krna agma apa yng dianutny,,
maaf klu ad coment yng slh bhante,
Hrp diperbaiki krna saya masih dlm thp pmbljrn
Thx n nammo buddhaya.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

erfin said…
Dalam aliran Maitreya dinyatakan bahwa kalau Maiterya terlahir maka itu adalah tanda untuk pulang surga bersama-sama...
erfin said…
Ga mungkin dong, kalo tunggu Maitreya baru lahir dan baru diajarkan gmn dapat membawa 1 dunia punya orang..
Maksud dari tidak bedakan agama.... Bahwa aliran Maitreya maha Tao itu bukan agama, karena tidak ingin memakai istilah agama lagi karena telah menimbulkan banyak konflik yg terjadi antar agama,
brandbead said…
Sang Buddha tidak pernah mengajarkan aliran,intinya aliran yang mengatasnamakan Maitreya adalah aliran sesat yang tidak jelas tujuannya
Hermanto sky said…
itu tao ,,maitreya great tao itu tao laotze cek aja hampir sama semua ajarannya cuma pake nama maitreya aja
Crying Water said…
Namo Buddhaya

Sebagai Buddhis saya sangat miris sekali membaca komentar dari aliran baru Metteya.

Apakah kita sudah tidak punya Saddha lagi terhadap ajaran Sammasambuddha Gautama sampai harus berfantasi menciptakan sesuatu yang belum jelas.

Boddhisatta Metteya masih di surga Tusita dan menunggu saat yang tepat untuk turun menjadi Sammasambuddha setelah Dhamma dari Sammasambuddha Gautama musnah dan tidak dikenal oleh manusia lagi.

Beliau tidak mungkin turun jika Dhamma dari Sammasambuddha Gautama masih dikenal dan dipraktekan oleh manusia.

AjaranNya juga akan sama. 4 Kesunyataan Mulia, dan Tilakkhana. Mungkin cara mengajar yang berbeda sesuai dengan karakter sewaktu menjadi Boddhisatta.

Manusia akan kebingungan jika ada 2 ajaran yang sama persis dan Semesta ini tidak akan kuat menahan kesempurnaan Parami dari 2 Sammasambuddha.

Jadi tidak usah berfantasi dan berhalusinasi macam macam. Aliran Maitreya Itu hanya perwujudan dari Tanha dan Avijja manusia saja.

Semoga berbahagia
Sadhu

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “