“ PEMUDA SDH 25 TAHUN MAU DIJODOHKAN ORTU, TP PEMUDA TDK SREG MAU NOLAK CARANYA GIMANA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak dan kasih komen pertanyan dari Umat.

Ini sambungan kemarin dari Pemuda yg bantu cuci pakean anak2 kokonya.

Satu lg bhante sekarang umur saya uda 25 thn, dan ortu saya uda carikan calon pendamping hdp buat saya, tp saya kurang setuju sama calon itu karna saya ga mau punya istri yg tidak kerja.

Menurut bhante gmn cara saya menjelaskan ke ortu saya tentang keinginan saya tersebut (menolak), saya ga macam2 cari calon istri bhante, yg penting dia bisa cari uang bersama saya, masing2 kerja demi menghidupi anak2 kami nantinya. tlg saran teman2 dan bhante,

kl cari istri yg kaya sama aja saya numpang hidup sama istri saya bhante, justru saya maunya saya dan istri saya berjuang bersama cari uang buat membiayai anak2 km nantinya


Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.



Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1.Selamat pagi, Kalo nurut pendapat har, semua tergantung dari komitmen kita berdua, kalo mau cari istri yang bekerja gak masalah, kalo memang menolak ya tolak saja, kan masih banyak juga wanita , jangan di buat jd suatu beban santai saja, jangan di buat ribet, dan cara menolak nya, secara halus dan sopan tunjukan sikap yg baik sbg seorang budhis, jangan sampai melukai ato mengecewakan orang lain apalagi menyakiti hati karena sepatah kata yg tdk baik bisa melukai org laen.



2. masalah ini si.. bisa di bicarakan dengan baik baik... beri alasan yang tepat ke or tu ... membentuk sebuag rumah tangga tidak segampang membentuk sebuah bangunan.... karna kehidupan ada pasang surut,suasana hati,pengertian,rasa sayang dan perhatian,tidak hanya mau mendengarkan tetapi juga harus dapat menguasai ke egoan diri...keinginan anda bagus bagi anda tetapi mungkin tak sebagus pikiran or tu anda.... kehidupan rumah tangga jaman or tu mu dengan kehidupan rumah tangga jaman sekaang itu sudah beda banget.

jadi carilah kesempatan yang baik suasana hati or tu lagi senang,, bicaralah dan beri alasan yang mmasuk di akal... jangan pertaruhkan suatu kehidupan yang tidak dengan keputusan diri ... penyesalan tak ada gunanya lagi karna waktu tetap berjalan.... kata kata penyesalan yang belum terlambat dalam kehidupan kini sudah tidak berlaku dan tidak cocok.... dengan jaman kini...

semoga anda bisa mengambil keputusan diri yang tak melibatkan orang lain... karna itu semua membuat anda bisa lebih dewasa dan tegas terhadap pendirian... usia 25 masi belum terlambat untuk memulai.. bagi seorang peria perjalanan masi panjang planningkan hidupmu kurang lebih jangan di perhitungkan... :))
selamat berjuang semoga bermanfaat tulisan ku....
Namo buddhaya Bhante Sudhammacaro .... selamat pagi... semoga sehat selalu....



3. iya dik Fera cau-an kasian anak muda sdh dikerjain kokonya, mau dinikahkan sama mama dg calon istri yg tdk kerja lagi, wah2 wah rumit yah hdp ini, untung bhante lari dari kerumitan tsb, gimana dik Fera mau ikut lari ga..dari pada pusing..ngurus duniawi ga ada abisnya..



4. hahhaha.... mau jadi bhikkuni aja.... gak fan'nao... kalo bisa gak terlahir lagi... hidup itu capex,, bhante.... tunggu anakku kasi ijin ya... hahahhaha.... kata romo sekyok .. saya gak cocok jadi bhikkuni... waahh patah semangat lagi nih... haha kasian sekali...ya untk yg hdp yg lbh baik nda ap lah....



5. Teman2 maaf topik ini bukan untuk ajang cari JODOH, juga bukan untuk cari MENANTU, kl emang sdh Jodohnya dpt dari wall bhante itu terima aja sebab yg atur pak Karma. Jd hrs ingat di wall ini bukan untuk ngaprukkeun ini bahsa sunda, aduh..bahasa Indony apa yah..ah..dasarnya orang cirebon ini ngomongnya pabalieut, soale pake bahasa sunda ya kasar, bahasa jawa juga bleutak-bleutuk (ngapak).

Jd kl nulis bahasa Indo juga terbawa KASAR maaf yah.. ini sdh lingkungan kali yah.. maunya sih pake bahasa Indo yg baek, tp baru sebentar eh..sdh balik lagi ke aslinya… yah..teman2 hrs nyadar sendiri aja..ginilah orang crbon palagi sdh tua gini..jd makin teu pararuguh... nulis sabab mata geus kolot teh kurang awas…cm lamun nempo artos mah teu pisan-pisan molotot na..jeung rarasaan teh teu pernah salah ningali artos mah.. ehehmm..


6. Pagi Bhante... terimalah hormat namaskara saya.. izin share yach... menurut saya.. ya jalanin saja.. apa adanya... kalau setelah di jalani sekian lama terasa tidak cocok ya.. katakan dgn jujur, bijaksana dan sopan... yg penting jangan buat komitmen macem2.. karena kita juga jgn mengecewakan Ortu.. untuk hal2 yg masih dapat kompromi... coba dulu baru tau rasanya... yang penting rasanya Bung... he..he..he.. anumodana Bhante...


7. pagi bhante maaf sebelumnya tadi ada kesalahan dikit,hehehehe.namanya amin manusia ngak luput dari kesalahan.menurut pandangan amin.kalau saya mah langsung bilang aja sama mamanya,katakan mah kalau jodoh ngak kemana,lagian yang seharusnya menanggung beban mencari nafkah sebenarnya pria,karna itu memang sudah hakikatnya kaum pria,sedangkan wanita itu mengurusi rumah tangga,kasian dong anak yang diurusin sama babysister,atau orang tua kita.kalau saya pribadi ma mau cari calon istri yang bisa mengurus rumah,suami,anak serta menyayangi orang tua kita,hehehehehe istri yang soleh gitu loh.kalau urusan mencari uang harus kepala keluarga.


8. Kita terlalu byk berpikir ttg "bagaimana kalo?.. Bgmana kalo nanti?". Akhirnya kita hnya terbelenggu dg pikiran tsb tanpa prnah melangkah ke tindakan yg ssungguhnya. Klo mmg iya katakan iya, klo tidak katakan tidak, kalo ragu lbh baik tidak. Hidup gk perlu dibuat sulit. Janganlah pula memaksakan diri.
Kita sendirilah yg menentukan. Realita dan polemik kehidupan kita tidak tahu hari esok seperti apa bersyukur dan menjalani apa adanya ...


9. sy ikutan nih...masalah jodoh trkadang diri sendiri jgn trlalu egois...jgn trlalu mau yg gini gitu...trkadang di kehidupan ini bnyk sesuatu tidak sesuai harapan...ortu mau anak sekolah tinggi ga taunya anaknya tawuran...he3...jd setiap punya keegoan yg tinggi ato rendah aja...



10. klo mank ga sreq di hati secara gentle utarakan baik2...tp klo sy blg jgn lah ambil keputusan dgn ke ego an...ok trim's. disini tidak disebutkan ekonimi si cewek ,calon masih nganggur biasanya anak orang mampu , kalau betul ini gampang aja suru buat suatu usaha yg nantinya bisa dikelola berdua.



11. loh cri caLon istri kan ga hrs bekerJa ... yg paling pntg itu suami yg harus mencari nafKah .. memank jmn skrg serba mahaL, tpi Kan klo si suami Gaji nya bs menghidupi keluarga nya ga mslh toh ... pd dsr nya kan wanita mengatur rumah tangga dr dLo, tpi skrg bnyk jg wanita berkarir ... tpi justru yg berkarir itu lah nnti nya tdk bs membangun rmh tngga yg harmonis apalgi klo udh punya ank nnti.. kurang perhatian ank nya .


12. Namo Buddhaya, seperti buah kuini cantik diluar belum tentu cantik didalam, jelek diluar juga belum tentu jelek didalam.. Saran saya, kenapa ga dijajaki dulu..tidak ker, tidak berarti tdk bisa ker. Berteman dan pacaran dahulu kalo cocok ♉ª dilanjutkan kalo tidak ♉ª berteman saja. Sy setuju dgn sdri Selly.. Beberapa hari yg lalu teman saya curhat "Jul, gmn ♉ª?

Sy kasihan sama mama sy. Istri adik saya, memang sih dia bantu adik saya jaga toko. Anknya dijaga mama. Mslhnya dia sama sekali lepas tangan jaga ank lo Jul, bahkan piring makan diapun mama sy yg cuci. hbs tutup toko, bukannya jaga ank malah masuk kamar main game.. " Nah.. ♍åΰ mamanya jadi pengasuh ank???

Mmg tdk semua istri begitu ♉ª,.. Tapi ♉ª, biasanya kalau ♍åΰ istri ker ♉ª ank terlantar, jd kita hrs bijaksana dalam memilih... Yg pasti,satu sama lain hrs pengertian..kl ekonomi mendesak istri tentunya ♍åΰ tdk ♍åΰ hrs bekerja. Kalau tdk, ♍åΰ mkn apa..


13. Pendamping hidup itu satu untuk seumur hidup kita... jangan punya perasaan tidak enak terhadap mama km.... yang mau nikah km bukan mama km.... Kalo km bisa mencari pendamping hidup sendiri akan lbh baik karena apa pilihanmu sudah tanggung jawabmu.. jd dikemudian hari jangan sampai menyalahkan mama km atas pilihan mama km...

14. anak laki2 yg tanya di topik ini selera tinggi kayaknya mau ngejar sukses jd orang besar, tp entah gimana caranya yah..wong saat ini aja msh cuci pakean anak2 kokonya..kacian juga..cita2nya smp ke langit tujuh puluh...kl bs smp langit tiga aja dah bgs ehehmm.. kl bener giat 5-10 tahun lagi bs ngelibas ko Miming lho, pasalnya tekadnya segunung karakato..ehehmm...


15. O iya emang Bhante sdh siap jd guru ??? Ga enak loh jd guru, krn zaman sekarang byk murid yg ga cocok dg gurunya, jd pd kabur n hidup sendiri2.

16. siang Seah Suryani maaf yah jd bhikkhu sm bhante hrs ada byar uang kaget spt msk PNS gitu mau cb2 ada yg mau ga yah..


17. Siang Bhante, kl menurut sy ga usah nikah aja. Nti kl sdh bosan jd Bhante aja he he he.... Jd kan makin byk pasukan Bhante nya.

18. waduh info istri kabur bukan cm di topik ini aja yah..di Bali juga ada istri lari dari rumah ninggalin 4 anaknya, suami dri Amrik rumah mewah uangnya banyak, tp malah memilih kabur..smp anak sulungnya bernama INDIGO bikin Sayembara utk nangkap Ibunya Sari Syahrini Ruka dg imbalan 20 juta. Hebat yah anaknya krn kesel ditinggal smp lapor polisi dan bikin sayembara.. oh..ho..ho..ho. .dunia makin lebar tp makin bnyak masalah d rumit..


19. lemot banget di kampung maklumlah, tp omong2 jodoh katanya gampang2 susah juga kl mau cari yg pas, maka bnyak yg pada kabur tuh istri2nya, sayangnya napa awalnya mau yah smp sdh anakan 2-4 baru ngeh...kan mata tdk buta..punya pikiran juga, apa awalnya cm coba2 ngerain derita gimana gitu yah..kasian sekali dah babak belur baru ngeh...ini anak muda di topik mau bikin istri kabur lagi kayaknya.. mau di kstau lbh baek ikut bhante aja ntar kl setuju biar nemenin bhante pergi2 ga ada yg bawa Tas agak Berat juga krn bhante dah tua tenaga turun dikit...kemana tuh anak mudanya..


20. yah... Bhante.... yang namanya manusia.... pastilah hidup ini ngak ada yg beres, slalu saja ada masalah.... he..he....klo dah beres ngak jadi manusia lage kali ya? .... udah untung bisa jadi manusia.... nah syukurilah dan terimalah apa adanya. .... semoga kelak bisa hidup dgn beres...e..e...baik , bahagia dan senang tenang bak di sorga, gitu loh .... yok rame" ke alam dewa..... wuih uenak loh... kwkwkwkw. Sekali2 jwbnya pake sigalovada Sutta Bhante.


21. Terimalah dan syukurilah tuk setiap masalah(karma) yg datang , jangan perhitungkan untung ruginya,janganlah dianggap suatu beban, anggaplah itu rezeki buat kamu untuk memupuk karma baik, semuanya anicca dan akan berlalu jua ... benar ngak ....???

Tuk masalah jodoh di atas.... dah bagus ada yg cariin jodohnya... mamanya sendiri pula tu, jadi ngak usah repot" cari lagi.... biasanya org tua umumnya punya firasat yg baik tuk anaknya.... dengarkanlah orang tua hitung" jadi anak berbakti.... pahalanya besar loh plus rezeki murah...he".

Ada kisah nyata, yang gue saksikan dgn mata kepala sendiri .... he"...izin share ya...

Ada seorang lelaki ( L) yang pacaran dgn seorang wanita cantik yg bekerja (W), namun org tuanya terutama mamanya ngak suka dgn W, Dimata mamanya ,si W bukan wanita yg baik dan sopan, namun kayaknya cinta itu buta,saking cintanya sama pacarnya itu, L rela melakukan apa saja termasuk melawan ortunya demi si W ..ck...ck... betapa sedih hati ortunya di kala itu ..... hik...hik...singkat ceritanya: akhirnya mereka menikah walau hati ortunya keberatan, demi kebahagiaan anaknya, mereka menyetujui .....

Mereka tidak dikaruniai anak. Belon genap dua tahun usia pernikahan merekaa, istrinya (W) kabur dgn membawa seluruh hartanya. Si L begitu stress dan sedih dah ditipu.... hampir gila dia memikirkan nasibnya ..... semua ludesss ..... he" tapi masih untung surat rumah ortunya ngak bisa diambil ama istrinya.....dan kemudian si L menyadari kasalahannya,dan sampe skarang blon menikah lagi ( MOGA" TAK TERTUTUP JODOHNYA)....

kESIMPULAN : jangan sekali" menyakiti hati / durhaka pada ortu kita... he" berbahaya.... berat dosanya ...waspadalah .... waspadalah ... hahahahaha... The End ......


22. Ya, semua itu ada solusinya. Bicarakan baik2 dgn ortu pasti beres. Semua ortu kan ingin melihat anaknya bahagia. Bhante gak ngerti sama sekali ngomong Sundanya. Maklum Wong Jowo. he he he...

alasan yg aneh... apa ga ada alasan yg laen lagi...kalau perempuan beralasan ga mau punya suami pengangguran itu wajar, tapi kalau pria ga mau punya istri yg ga kerja itu kan sama saja dgn menganggap diri sendiri ga pd (merasa tak sanggup) untuk memenuhi kebutuhan tumah tangga.

dan kalau emang alasan tsb hanya satu2nya alasan, solusinya gampang, carikan pekerjaan untuk calon istri. habis perkara.


23. Ha ha ha ha ha... Kl gw yg jd ceweknya juga ga mau nich nikah sama suami yg nyuruh kerja sesudah nikah... Mending sendiri lebih bebas..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "