“ TSUNAMI DAN BENCANA ALAM KRN TUHAN TDK URUS LAGI DUNIA, YG URUS HANYA HUKUM KARMA BENAR TDK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak dan kasih komen pertanyan dari Umat.

Slamat siang Bhante...pernah sy ketika liat video tsunami aceh terasa begitu sedih...lalu sy renungkan mengapa bisa terjadi musibah begitu...

apakah ini kehendak Tuhan pencipta....dr perkataan Buddha klo Tuhan tidak mngatur kehidupan manusia...manusia telah diwarisi oleh karmanya sendiri...

jd berhari hari sy renungkan...suatu waktu terbesit di pkiran sy klo di dunia ini kejahatan menang dr kebaikan...inilah dunia...dunia di ciptakan dgn hukum karma mngaturnya..di dunia trdapat manusia,dewa,hewan,hantu,dan setan...


jd trpikr klo setanlah ygg mnciptakan bencana...jd trus trpikr kenapa setan punya kekuatan menciptkan bencana...krn suatu tempat dimana manusianya sk melakukan karma buruk yg berat...trus menimbunnya..

mk ini akan memberikan kekuatan setan untk menciptkan bencana...jd sy renungkan knapa Tuhan tidak mampu mencegahnya?

Jd inilah bentuk keadilan Tuhan utk tidak mencampuri isi dunia ini krn sudah ada hukum karma yg mengaturnya...

Makanya Buddha hadir kedunia membawa pencerahan bagi manusia..jd ketika bencana, Tuhan pun mengetahuinya dan bersedih...tp umatnya trus melakukan karma buruk yg tanpa disadari nya....inilah jawaban renungan bencana itu terjadi (Tsunami, Gempa Bumi, Banjir) ...

Apa betul ato hanya imajinasi pikran sy aja tuh bhante...?

Teman2 tlg ks komen yg benar dan berguna sadhu.

Jawab: Banyak orang yg berpendapat spt itu (topik) termasuk umat Buddha, dg alasan yg sama spt yg anda Renungkan. Pendapat tsb muncul krn adanya Rasa Ketidak Adilan di dunia nyata spt manuusia.

Contoh para Koruptor tdk tersentuh Hukum, malah Enak2an punya harta dan Uang banyak hingga 9 turunan tdk abis, padahal Uang tsb hasil Kejahatan yg Menyengsarakan Rakyatnya.

Sejarah hdp manusia dari dulu spt itu (Kejahatan menang diatas Kebenaran), contoh; Mahatma Ghandi dan Anak-cucunya mati ditembak oleh rakyatnya sendiri, padahal membela rakyat. Presiden RI pertama Ir.Soekarno mati di Penjara oleh rakyatnya sendiri, padahal beliau Proklamator, membebaskan rakyat dari Penjajah Belanda wkt itu, hingga Merdeka.

Buddha mau dibunuh berulangkali oleh Murid dan Se-Pupunya sendiri, di cacimaki, di fitnah, dsb, padahal Buddha sdh mencapai Kesempurnaan yg tertinggi dsb.

Tuhan YME dan HK (hukum karma) rasanya tdk ada Korelasinya, artinya tdk sekongkol atau tdk kong-kali kong. Cuma, menurut ajaran Buddha; di alam semesta ini hnya ada Hukum Alam yg di dlmnya ada HK. Yg mengatur alam semesta dan seisinya.

Peristiwa Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, dsb, tdk terlepas dari Ulah manusia yg berhubungan dg Hukum Alam atau manusia tdk pandai Merawat Lingkungan Alam. Hingga terjadinya Bencana Alam, Musibah dsb, adalah krn hubungan Alam yg tdk seimbang oleh Ulah Manusia tdb.

Kira2 inilah pendapat bhante yg msh naif belajar Dharma di bandingkan Teman2. Semoga penjelasan yg singkat ini dpt bermanfaat membuka wawasan dan cakrawala cara berpikir Teman2 semua, hingga menimbulkan Kebahagiaan dlm Dharma.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Amitofo Bhante..Hmm.. Kalau ada Sang Maha Kuasa,Maha segalanya( TUHAN ) kenapa Tuhan tersebut tidak menggunakan maha saktinya untuk menolong semuanya? Kalau begitu,betapa kejamnya ya Tuhan yang maha Kuasa tak mau membantu umatnya sedangkan Tuhan bisa lakukan itu krn DIA berkuasa? Dalam agama Buddha,bencana alam memang ada hukumnya(maaf,tapi saya lupa apa namanya,dl saya pernah pelajari) Jadi ini bukan karna setan/tuhan..Setan itu berada dialam rendah,jadi tidak mungkin bisa lebih berkuasa/menguasai dunia/kita..


2. Nammo BudDhaya BhanTe...Sya jGa smpat brpkIr sperti itu Bhante... Karna BUddha prnah mnGjarkan hUkum Karma iTu Brlaku untk spapun n dmanapun dan dngan apapun bNtUk'a... Smakin bNyak org Yg qt mNabUr kBaikan mKa smakin tenTram Lah DunIa iNi..PerBnyak Lah PrbUatan BaiK...SuCikAn HatI n PkiRiN inIlaH ajRan SanG BuDDha..MakasI bHanTe... Namo Buddhaya met pagi bhante mulailah dari diri sendiri dgn perbuatan baik jgn menyalahkan setan dewa / dewi tuhan ato guru suci lainnya , alam jg selalu bergerak n tumbuh..


3. Weiiitzz itu mah cm imajinasi aja,,, mana ada setan mengatur alam? Terjadinya tzunami itu krn faktor alam, bumi ini sudah tua so jgn heran byk bencana, mslh banjir bukan diciptakan ama setan itu mah ulah manusia yg g̶̲̅ãk̶̲̅ disiplin , contohnya buang sampah sembarang tempat, yaa wajar ajalah banjir dimana", Kalau kita melihat bencana Ɣªήğ terjadi mungkin disebabkan karma buruk lagi berbuah krn bencana bukan diciptakan oleh setan. Kasian setan jadi kambing hitam terus, mereka sudah cukup menderita dgn terlahir di alam appaya harusnya kita mendoakan semoga bs terlahir dialam bahagia.

Kenapa kejahatan kelihatan menang dr kebaikan krn masa skrg makin banyak org Ɣªήğ memupuk karma buruk.jd semakin besarlah kekuatan kejahatan itu. Hutan ditebang sampai habis hujan turun tidak ada penahan air dari gunung langsung turun tanpa penghalang akar pohon akibatnya banjir bandang , sebetulnya ya manusianya sendiri pelaku seperti setan tidak menyadari prilakunya. hehehe...setan tdk bs berbuat apa2...tuhan itu absolut tdk terlihat tidak menyelma...bencana alam terjadi bukan krn setan...bencana terjadi dan terjadi korban adl karma bersm meraka...so rawat lah lingkungan kita ini..


4. Setiap makhluk memiliki karma masing2. Lalu mengapa bnyk ƴğ menderita pada saat atau tempat yang sama adalah Karma kolektif mereka berbuah... Makanya saat bencana terjadi, buah karma yang diterima jg berbeda2, tergantung pada bobot karma masing2. Mohon penjelasan dari Bhante... Anumodana. Dan satu lagi... Mengapa Ada bencana, kembali kepada Anicca, Dukkha, Anatta yang diajarkan olh Sang Buddha.

Segala sesuatu yang berkondisi dan perpaduan unsur2 akan mengalami perubahan Dan tidak kekal. PENYEBAB UTAMA TERJADINYA BENCANA DI DUNIA ADL MANUSIA SENDIRI. uraian singkatnya bg mana tu kawan? lho lho kok bawa2 tuhan sm hantu (setan) segala, katanya "penyebab utama terjadinya bencana di dunia adalah manusia", wuaah yg bener yg mana niiich ..... ???

wah kita harus pahami dulu,arti dari kata TUHAN menurut pandangan agama buddha.dan klo dibilang perbuatan setan,setan aja uda berbeda alam gmna bisa dibilang perbuatannya.dan satu hal yang kita mesti ingat "DHAMMA TIDAK MENGENAL ADANYA TAKDIR. Bhanthe klo menurut saya terjadinya bencana tidak lepas dari TILAKKHANA.(Anicca lakkhana,Dukkha lakkhana,Anatta lakkhana.


5. Mnrt sy bencana ad 2, bncana alam krn faktor geologis (gempa, sunami, gunung meletus), dan bencana alam krn perusakan lingkungan oleh mnusia sndiri (ex: banjir).
Kdng qta mnganggap bencana adl "cobaan/ ujian, hukuman atau teguran dr tuhan".
Tp smua kembali kpd diri kita sendiri, apakah dg bencana itu bs mbuat kita beriterospeksi atau tdk, bs mbuat kita lbh baik/bijak atau mlah lbh buruk dmasa dpn... Siapa yg disebut Tuhan? Yg mana yg disebut Setan? sudah takdir


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "