Fenomena Dhamma

Sunday, May 01, 2016

Sebelum Manusia Modern, Peradaban Canggih Alien Ada Terlebih Dulu-Sabtu, 30 April 2016 - 06:03 wib-Drake Equation (Foto: Daily Mail) CALIFORNIA – Peradaban maju ternyata tak hanya ada saat ini, dahulu juga memiliki peradabadan modern dan maju. Adanya kehidupan maju sebelum peradaban saat ini, merupakan kesimpulan dari revisi terbaru Drake Equation, yang memperkirakan jumlah peradaban cerdas di alam semesta. Equation baru mencakup data terkini dari satelit Nasa Kepler pada sejumlah exoplanet yang mampu mempertahankan hidup.





Studi ini juga menunjukkan, jika kemungkinan kehidupan maju berkembang di planet layak huni bisa terjadi, maka manusia bukan satu-satunya peradaban maju yang pernah ada. Pada kenyataannya, kemungkinan peradaban maju membutuhkan setidaknya kurang dari satu dalam 10 miliar triliun bagi manusia untuk menjadi satu-satunya kehidupan cerdas di alam semesta.

Akan tetapi, data Kepler menempatkan mereka kemungkinan jauh lebih tinggi, artinya alien berteknologi maju cenderung telah ada pada suatu titik. Terlepas dengan jumlah peradaban yang ada saat ini, Adam Frank, profesor fisika dan astronomi di University of Rochester dan co-author, Woodruff Sullivan dari departemen astronomi di University of Washington, menemukan mereka bisa memperluas pertanyaan.

“Daripada bertanya berapa banyak peradaban yang mungkin ada sekarang, kami bertanya ‘Apakah kita satu-satunya spesies teknologi yang pernah muncul?” kata Sullivan.

“Satu dalam 10 juta triliun sangat kecil,” kata Frank. “Bagi saya ini mengisyaratkan, intelligent lain, spesies penghasil teknologi lain sangat mungkin berevolusi di depan kita,” tambahnya sebagaimana dilansir Daily Mail, Sabtu (30/4/2016). (din) 


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home