“Romo pandita agama Buddha di Indon siapa yang mentahbiskan dan Sila-sila apa saja?”

Diskusi Dahrama facebook.


Diskusi: Tanya; Hanya di Indon ada Romo pandita agama Buddha siapa yg mentahbiskan? Apa syaratnya? Sila-sila apa saja yg Romo pandita terima wktu ditahbiskan? Apa tugas d tanggung jawabnya? Temn2 tlg ks komen yg benar d berguna, sadhu.


Jawab: Mohon maaf bhante tidak tahu, daripada salah lebih baik tidak menjawab.
Umat boleh Tanya langsung kepada para Romo pandita bila bertemu, karena sudah banyak yang ditahbiskan jadi Romo pandita di Indon.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.


1.yg mentabiskan seorang pandita adalah anggota sangha.sedangkan sila yg hrs dijalani adalah dasa sila(10 sila).sadhu*3


2. Namo Buddhaya Bhante, klo soal siapa yang mentahbiskan saya kurang tau Bhante, tapi klo setau saya, tugas Romo pandita adalah memberikan penjelasan tentang agama Buddha kepada siapapun yang berminat baik dari Umat Buddha itu sendiri ataupun umat" dari agama lain, pokoknya siapapun dari agama maupun kalangan apapun, asalkan berminat romo pasti menjelaskannya dengan lengkap Bhante, Udah segitu ajah Bhante, taunya cuman itu soalnya, hehee =DD
maaf klo ada kesalahan, mohon tambahan dari Bhante dan teman", Anumodana Bhante, semoga semua makhluk berbahagia,.


3. Namo budhaye bhante,menurut saya yg mentasbihkan orang sangha,yg didapat romo pelajaran tentang damm budha dansila2.maaf klo ada salah ya bhante.


4. Namo budhaya bhante mat siang.mnurut saya yg mentasbihkan. Romo adalah kaum sangha,klu syarat nya saya rasa hrs mengerti damma dan bisa membantu bhante /bikhu untuk meyebarkan ajaran budha.sila yg di terima adalah smua sila sesuai dgn ajaran agama budha.klu ada salah mohon bimbingan nya bhante.nb.bhante topik hari ini sama yg kmrn saya sangat suka! karna bisa memberi pegetahuan damma untuk saya.trus paparan darma nya bhante!!!!!


5. Sesuai dengan Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, pentahbisan pandita(upacarika) dilakukan oleh Pandita Senior yang ditujuk oleh dewan. Sedangkan tugasnya adalah memimpin upacara yang tidak bisa dipimpin oleh bhikkhu dan
membantu bhikkhu menyebarkan dhamma. Untuk syaratnya adalah umat Buddha berusia minimal 20 tahun, telah mengikuti Kursus-kursus (kursus dasar dan kursus pandita), tidak bercacat.


6. namo buddhaya, setahu saya yg tahbiskan nya adlh anggota sangha, tgsnya ya membabarkan dhamma, mengikuti upacara/kebaktian, termasuk pernikahan, kematian, dll, n sila yg dijalanin adlah panditasila, sama dgn pancasila, cm ditmbh sila ke 6,7,8. Sekian, penjelasan singkatnya. Anumodana.


7. namo buddhaya, setahu saya yg tahbiskan nya adlh anggota sangha, tgsnya ya membabarkan dhamma, mengikuti upacara/kebaktian, termasuk pernikahan, kematian, dll, n sila yg dijalanin adlah panditasila, sama dgn pancasila, cm ditmbh sila ke 6,7,8. Sekian, penjelasan singkatnya. Anumodana


8. menurut gw adanya romo ato pandita2 budhhis di indo' sangat membantu n bermanfaat banget untuk berkembangnya agama buddha,soale secara ga langsung udah membantu memberikan penjelasan2 dan juga sekalian memberikan bimbingan kepada umat yangingin mengetahui apa itu agama buddha dan bagaimana mempraktekannya sesuai dengan ajaran... dan seorang romo ato pandita menurut gw tentang tugas dan tanggung jawabnya sama juga dengan umat2 awam adalah yang mempunyai kewajiban untuk mempraktekan dan menjaga ajaran agar tetap bisa diselami oleh semua orang. bhante' met sore sebelumnya ,n mohon pencerahannya , namo buddhaya.

Kesimpulan:
Pertanyaan diatas bisa ditanyakan langsung kepada para Romo pandita yang ada di Indon bisa langsung tanyakan.

Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun.
Ven. Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “