Fenomena Dhamma

Sunday, August 01, 2010

“Meditasi yang Benar dalam Keseharian”

Pengantar
Meditasi bukan ritual agama, meditasi bukan dogma agama. Tujuan meditasi bukan untuk mengubah orang berpindah agama Buddha, Meditasi melampaui batas dan sekat agama, bangsa, ras, kedudukan, status, dsb. Meditasi bukan belajar magic, hipnotis, mentalis, klenik, santet, dan sihir. Meditasi bukan mau menjadi paranormal, dukun, ahli santet, sihir, feng shui. Tapi meditasi bisa mengubah orang jahat menjadi baik dan benar, bahkan bisa jadi orang suci.

Meditasi adalah esensi (intisari-pokok) ajaran Buddha Gotama untuk mencapai hidup bahagia lahir dan batin. Karena itu, umat manusia perlu mempelajari dan praktik meditasi, tidak peduli orang itu agamanya apa. Sebab, meditasi adalah pelatihan menenangkan pikiran dan akhirnya untuk mengendalikannya. Alasannya manusia punya pikiran, karena pikiran adalah ‘pilar’ yang amat menentukan hidup manusia.

Para doktor ahli psikologi dan kedokteran ahli bedah otak dari Barat dan Eropa telah menemukan bukti, gejala orang setelah berhasil meditasi ternyata otaknya membesar dan lebih cerdas dari semula. Juga hidupnya lebih bahagia akhirnya tentu merasa lebih bermakna dan lebih berguna bagi dirinya dan orang banyak. Silahkan buktikan sendiri dengan latihan meditasi yang benar.



Diskusi: Tnya; Bagaimana mempraktikan MEDITASI dengn benar dalam kehidupan kita sehari-hari? Teman2 tolong kasih komen yang benar dan berguna, sadhu..



Jawab:

Meditasi intinya adalah pelatihan pikiran agar jinak, lalu kesadaran akan berkembang kuat. Untuk itu, bagi Pemula latihan Meditasi harus rutin tiap pagi bangun tidur, setelah berbenah diri, lalu puja bakti dulu baca paritta, dilanjutkan meditasi. Sore atau malam sebelum tidur juga lakukan seperti waktu pagi dan diakhiri pelimpahan jasa kepada para Guru Dharma, para leluhur dan orangtua serta semua makhluk yang telah meninggal dg membaca Ettawata.

Objek meditasi bagi Pemula ada 40 macam, tapi bisa kita pilih yang cocok misalnya perhatian pada masuk nafas dan keluarnya nafas di rongga hidung. Bisa juga perhatikan gerakan perut, atau sebut nama Buddho, Om-Mani-Pedme-Hum, dsb. Semua objek meditasi sama hanya pengantar untuk mencapai ketenangan pikiran, hingga berhenti.

Saat pikiran, ingatan dsb, berhenti, kesadaran makin kuat, konsentrasi kita makin tajam, berarti kita berhasil. Biasanya akan timbul rasa gembira, tenang, damai, sejuk dan bahagia luar biasa, hingga lupa waktu, makan dan segala. Inilah hasil awal meditasi.


Bila ada waktu luang panjang, boleh ikut program meditasi yang 10-30 hari Wipassana. Dengan ikut latihan Wipassana berarti pengalaman sudah berubah dan tambah maju. Diharapkan teknik dan pengalamannya harus dicatat dan diingat dengan benar dan teliti. Sebab hal-hal itu yang kelak akan dibawa dalam kehidupan keseharian kita, dan bisa membantu kondisi batin kita.

Maksudnya, hasil dari latihan rutin dan wipassana itu yang mampu menjadi alat pengendali batin atau pikiran dan perasaan kita, yang sering kali mudah bergolak, bila menghadapi setiap problem yang berat maupun yang ringan. Batin bergolak timbul ketika melihat seperti Polemik Buddha Bar yang tak kunjung selesai.

Batin bergolak: Mudah emosi, benci, dendam, iri-hati dan dengkian terhadap kemajuan orang atau pihak lain, mudah prustasi, kecewa, jengkel, mudah tersinggung, mau menang sendiri, tak mau mengalah, ego kuat/sombong, gengsian, sok pandai, sok suci, sok benar sendiri. Intinya: Lobha, Dosa dan Moha (keserakahan, kebencian dan kebodohan batin) kadang disebut pikiran negatif.

Batin bergolak mudah timbul dan tak terkendali itulah yang amat berbahaya, bagi dirinya sendiri, dan merugikan sendiri dan orang lain.
Setiap saat batin kita bergolak ketika bersentuhan dengan objek yang kita lihat, dengar, kecapan di lidah, sentuhan di tubuh, dan khayalan. Pada saat itu kalau kita tidak terkendali dalam kebijaksanaan hasil meditasi, kita mudah terpancing, terbawa emosi atau menyukai dan melekat terhadap objek tsb.

Teknik dan pengalaman wipassana itulah alat pengendali batin kita tiap saat/hari yang suka bergolak, bila bersentuhan dengan sikon dimana kita berada.

Bila sudah mahir cara mengendalikan batin bergolak, anda disebut orang yang paling bahagia, damai dan sejuk batinnya, sebab tak terusik oleh sikon dari luar maupun dari dalam batin sendiri. Cirinya prilakunya sabar, cinta-kasih, peduli, rendah hati, dsb.

Keahlian atau kemahiran dari hasil latihan Wipassana dalam meredam dan membuang gejolak batin (pikiran negatif), dengan cara menyadari itulah disebut Meditasi yang benar dalam kehidupan sehari-hari.

Meditasi harus dilatih secara bertahap, dan rutin dengan semangat, rajin, ulet serta sabar. Jangan terlalu mengharap hasilnya dulu, namun latihan yang diutamakan.

Dianjurkan latihan meditasi membaca panduan buku meditasi dulu, atau dibawah bimbingan Guru ahli meditasi.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.



1.Namo buddhaya Y.M Bhante. Sepengetahuan saya dengan memusatkan suatu objek.


2. Namo Buddhaya Bante
Kykna duduk bersila gt,trus kta atur nafas kita dan memusatkan pkrn kita it bante



3. namo buddhaya Bhante. Praktek meditasi sebaikknya dilakukan secara teratur setiap hari. Untuk pemula bisa dimulai dari sepuluh menit terlebih dahulu seiring berlatih terus bisa ditambah waktu na hingga maksimal.
Meditasi sebaikknya jangan dipaksa tapi atas kesadaran, objek yang lebih mudah digunakan menurut saya ya objek pernapasan, menyadari nafas keluar dan nafas masuk. disaat meditasi yang paling penting adalah kesadaran, sadar akan pikiran. Kadang2 pikiran kita akan tidak bisa tinggal pada objek (nafas).
Mengembara ke masa yang akan datang maupun ke masa lalu, cukup sadari saja, jangan di tolak, jangan diikuti, jangan dimarahi, jangan disesali, cukup disadari saja. hal yg paling dibutuhkan untuk melatih meditasi adalah kesabaran.Menurut saya begitu Bhante, Mohon wejangan nya. Selamat malam Bhante,



4. Meditasi tidak harus dilakukan dengan cara bersila dan mata tertutup...ketika qt sedang melakukan sesuatu qt tetap dapat melakukan meditasi dengan memperhatikan dengan seksama apa yg sedang qt lakukan..jadi meditasi qt tidak akan terputus...sepanjang hari qt tetap memiliki perhatian penuh.


5. Saya pernah dengar Suhu Mudita bilang, meditasi itu, tidak hanya dengan berdiam diri memusatkan pikiran saja, ketika orang lain berbicara menyampaikan pesan kepada kita dan kita mendengarkannya dengan seksama ( dalam hal ini kita ngerti dan tangkap dengan informasinya ), kita sudah termasuk meditasi Bhante, tapi klo orang itu ngomong kita gag ngerti / gag konsentrasi, berati kita tidak meditasi, jadi meditasi juga bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, bukan hanya duduk memejamkan mata dan memfokuskan pikiran, selain itu, dalam ajaran Zen pernah dikatakan kalau waktu tidur kita tidurnya nyenyak, waktu makan makannya enak serta waktu berkegiatan kegiatannya enak, itu juga termasuk meditasi Bhante ( maksudnya, jangan lagi waktunya gag pas kita paksain meditasi, itu meditasinya jadi sia" Bhante ), :)

Segitu ajah Bhante, mohon masukan Bhante dan teman", maklum pengetahuan saya masi kurang, Anumodana.



6. Untuk rekan2 yg ingin tahu bagaimana cara bermeditasi dgn bnr..dpt membaca buku superpower mindfulness karangan bhikkhu ajahn brahm...buku ini sangat bermanfaat.


7. namo buddhaye bhante. Mnurt sya brmeditasi tdr. Dan tenangakn pikiran.


8. Namo Buddhaya Bhante,kalau dgn saya sendiri sih kapan aja dan dimana aja kita bisa bermeditasi. Meditasi bukan hanya mesti dgn posisi duduk bersila,tapi di waktu kita lagi berjalan dan berdiri jg bisa melakukan meditasi,walaupun hanya sebentar tetapi sangat bermanfaat bagi kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau mengatasi sebuah masalah. Yang paling penting kita harus memusatkan pikiran kita pada masalah tersebut,dan saya yakin masalah yg kita hadapi akan lebih gampang kita dapatkan solusinya. Itu aja yg dapat saya sampaikan dan mohon Bhante & teman2 se-Dharma bisa ngasi masukan ke saya bila kata2 yg saya sampaikan itu salah ataupun kurang,tq.


9. Itu namanya Meditasi Aktif, pkiran fokus pada apa yg dikerjakan, gak kemana2.
Tp jngan pula menyampingkan meditasi pasif, krn dari meditasi pasif, trdpat intropeksi diri, pengenalan diri, penenangan hati yg bergejolak stlah seharian braktifitas, perhatian pd kesadaran dan mental, jdi jnganlah pula mengeyampingkan meditasi berdiam diri, sebb ini pokok Ajaran Sang Buddha..hrp krksi.


10. namo buddhaya bhante. mohon masukan dr Bhante en teman". kalo dalam mdts trs serasa kyk mau terbang gitu.. kenapa ya? makasih atas masukanny... omitofo... sadhu... sadhu... sadhu.



11. Malam bhante,namo budhaya:MEDITASI=BERNAFAS,orang yg bisa bernafas pasti bisa bermeditasi,masalahnya yang sulit orang tidak pernah punya waktu bermeditasi,tetapi selalu mempunyai waktu untuk bernafas,terima kasih bhante.


12. Selamat malam Bhante,Sering saya mendengar meditasi Vipasana/ pandangan terang .. Bagaimana cara melaksanakannya? Mohon dicerahkan .


13. Mungkn b'bda2 cra org br'mditasih. Mka'y d dlm agama budha ada buku ttng mditasi dan tingktn2'y. Klo sy mf, stiap sa't adlh mditash.


14. Maaf....Bante saya mencoba menyalin buku dari seorang bante thailand( Sebuah buku Meditasi Bodhiyana)...beliau menganjurkan kpd umat budha....utk melaksankan Budha Dharma...dasarnya, Ibarat Org yg ingin pulang kerumah, tdk sekedar duduk dan memeikirkan perjalanan yg akan dilalui. Mereka hrs benar-benar melakukan proses perjalanan tahap demi tahap, dan pada arah yg benar sampai akhirnya tiba dirumah, jika mengambil arah yg salah, mereka mungkin akan mengalami byk kesulitan, misalnya berjumpa dgn rawa, atau hambatan lain yg sulit dilalui. "Dharma Sejati" Ujar Sang Budha kpd Ananda, hanya dpt disadari lewat pratek, bkan Teori atau njanji-Njanji" Cara kita berlatih adalah dgn melihat setiap hal dari dekat dan membuatnya menjadi jelas. kita teguh dan mantap, tidak terburu-buru dan tergesa-gesa, tidak juga terlalu lambat. Bagi kebykan dari kita, saat mulai berlatih, tdk ada lain kecuali "NAFSU" kita mulai berlatih, karena menginginkan sesuatu. pada tingkat ini, kehendak kita itu adalah kehendak yg salah, yakni utk mengatakan bhwa kehendak itu kotor. ia adalah kehendak yg bercampur dgn pengertian yg salah. tapi jika tdk ada keinginan, maka tdk ada jalan utk berlatih. Bagaimanapun, seperti inilah kita hrs memulainya. kita memulai sbg mahluk duniawi, sbg mahluk yg penuh kekotoran, dgn kemauan tanpa kebijaksanaan, maka kedua keinginan akan melawan kita. mau atau tdk mau. dua-duanya adalah kemelekatan (Tanha) tdk ada yg datang secara langsung, jdi pada permulaan kita tdk dpt melihat hasil dari latihan kita. Sang Budha mengajarkan kpd kita utk merenungkan badan kita, Misalnya, rambut dikepala, bulu ditubuh, kuku, gigi, kulit....semuanya yg ada pd tubuh, amatilah, kita disarankan utk memeriksa tepat disini. Latihlah konsetrasi merupakan cara utk membuat pikiran kuat dan seimbang. pikiran yg kuat dan seimbang membawa kedamaian. pikiran kita yg biasa tdk terlatih, suka berkeliaran kesana kemari; Ia resah, sukar dikendalikan. Pikiran bergolak sprti Arus Air yg mengalir ke mana-mana. tpi slalu ketempat yg lebih rendah, Beliau berpesan melatih meditasi bukan duduk langsung berhasil hrs melalui berbagai proses.


15. namaste bhante kita bs meditasi kapan saja,waktu duduk,berjalan,berbaring.untuk pemula bs meditasi samatha bhavana.untuk sdh lama(mahir)bermeditasi bs level yg lbh tinggi yaitu vipasana bhavana,kita jg bs belajar dr guru meditasi. banyak sekali penghambat untuk meditasi salah satu suara.jd kalau mau meditasi harus ditempat yg sepi sunyi.ini sekedar saran dari sy,smg ini berguna.



16. Bhante, sebutannya sama:MEDITASI, tapi tiap ajaran mempraktekannya berbeda, ada yang MEDITASI dengan merenungkan ayat kitab suci, ada yang MEDITASI dengan mendengarkan musik dan banyak lagi... dan mereka men"klaim" bhw itu semua benar... Padahal MEDITASI yang sangat sederhana saja mereka tidak mampu:"Makan disaat sedang makan, tidur pada waktu tidur, dan kerja disaat bekerja" Sangat sulit untuk mengendalikan pikiran, tapi mereka justru harus membuat pikiran bekerja.



17. Menurut saya meditasi yg bnar adalah, pikiran dan hati kita hrs bnar2 bersih dan membuang sifat2jelek yg slma ini kita perbuat, bukan hanya ddk bersila saja, renungkan dalam hati,kosongkan sgala pkran yg ada dan membaca parita dan bayangkanlah wajah sang budha yg sdg tersenyum.sadhu.



18. Tetap sadar eling dan waspada bhante.


19. Setahu sy sblm meditasi,jalankan sila dulu dgn baik(bg umat awam pancasila buddhis)setlah itu samadhi pilih objek sesuai.


20. Saudara2 ku se Dharma...semua pengalaman meditasi masing2 berbeda tergantung pribadi..dan kesanggupannya.meditasi dengan jalan merasakan nafas...
(ini umum dilakukan), meditasi dengan mengamati benda(benda mati/hidup atau unsur2 alam) meditasi sambil membaca buku...terkonsentrasi pada buku...dan pembahasannya.dll.(sangat banyak) meditasi punya banyak objek...dan meditasi juga punya banyak tujuan.tujuan ini yang sering berbeda2...menjadikan hasil yang didapat dalam meditasi juga beragam. dan meditasi yang di puji oleh sang Budha adalah meditasi yang langsung membawa pada pengertian yang bijak.(Pandangan Benar)
Pengertian setiap orang terhadap pandangan benar ini pun ternyata beragam.
-ada yang berpedoman pada pikiran
-ada yang berpedoman pada prinsip
-ada yang berpedoman pada perasaan sayang(Cinta)
-ada yang berpedoman pada tanpa aku
-ada yang berpedoman pada Tuhan
-ada yang berpedoman pada Hal2 gaib yang didapat
-ada yang berpedoman pada ajaran agama dll.
kebiasaan yang sering saya lakukan dalam meditasi. -saya tidak mencari apapun
-saya merasakan nafas yang keluar masuk.-saya membiarkan pikiran untuk lari jika dia mau...pulang jika dia mau.(Dengan diikuti Batin...tentunya)
-saya merasakan setiap gigitan nyamuk samapi selesai.
-saya merasakan pegal dan semutan sampai tak tertahankan.
pada batas tertentu.saya tak memaksakan kaki saya untuk tetap seperti itu...saya ganti posisi dengan tetap merasakan setiap gerakan yang dilakukan.
-beberapa kali terasa seperti ngantuk...tapi bukan tidur...hanya hilang.
-entah sudah benar apa belum...yang jelas saya menyukai meditasi yang saya lakukan.
trimakasih kesempatannya.





21. Namo Buddhaya Bhante, selamat malam:Meditasi yg benar menurut sy adalah pikiran kita selalu fokus pada apa yg sdg kita kerjakan dgn mengembangkan kesadaran penuh pada segala gerak gerik pikiran maupun badan.Kita bisa fokus dan sadar pada waktu sdg melakukan kegiatan sehari-hari,sprt sy ktk sdg menyapu/mencuci piring/menulis/berinteraksi dgn konsumen/berjalan kaki atau ketika menjalankan beberapa tgs sekaligus(mengoperasi 2 msn hitung sekaligus)jg menghitung uang kembalian,itu bisa kita lakukan dgn konsentrasi.Mnrt sy,itu termasuk meditasi.Entah benar/tidak ya pendapat sy ini Bhante,mohon bimbingannya...sblmnya ANUMODANA Bhante.



22. meditasi yg paling utama adalah menghilangkan segala keinginan dari pencapaiyan sehingga kita terbebas dari beban keinginan dan menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.


23. Maaf ya Bhante,ini ada tambahan sedikit,mnrt sy MEDITASI bisa juga mencegah penyakit ALZHEIMER (DEMENSIA/KEPIKUNAN),jd sangatlah bagus utk mempraktekkan meditasi dlm kehidupan sehari2,apa pun caranya yg sesuai dgn kita,asalkan kita merasa nyaman2 sj ktk bermeditasi.


24. MEDITASI:ada usaha benar,ada perhatian benar dan ada konsentrasi benar,faktor pendukung atau penopang yang paling kuat adalah:MORALITAS,jadi kalau mau hasil meditasinya baik,laksanakan sila dengan baik.


25. Namo Buddhaya, Bhante. Meditasi dlm khdpan sehr2 = menyadari setiap gerak-gerik pikiran,perkataan+perbuatan. Buat baik,sdar sdg buat baik. Buat jahat,sdar sdg buat jhat.


26. namo buddhaya bhante..klo d tanya meditasi saya masih awam bgt... klo saya pempraktikan meditasi dgn menyadari dan merasakan apa yg terjadi pada keadaan fisik pada saat bermeditasi... anumodana.


27. namo budhaye bhante,ddk bersila,ksngkan pikiran,sml membaca om mani pad me hum, dn mepunya sifat welas asih.



28. Namo buddhaya bhante.saya pribadi,untuk meditasi,malam sebelum tidur..saya mendengar musik buddhis atau lantunan om mani pad me hum.
Setelah pikiran dan hati tenang,baru duduk bersila dan merasakan pernapasan.
Durasiny,tidak pernah saya pat0k,sampai saya merasa cukup.
Terkdang,bila sdang ada masalah,sulit untuk tenang,bila dipaksakan meditasi,pasti hanya sebentar.M0h0n k0reksi dan masukan ny..


29. Namo buddhaya.Mulailah bangun tidur dengan penuh perhatian,
Gosok gigi dan mandi dengan penuh perhatian,
Makan dengan penuh perhatian,
Berkendara dengan penuh perhatian,
Bekerja dengan penuh perhatian,
Bersantai dengan penuh perhatian,
Di sela-sela waktu ruang cobalah berfokus pada nafas beberapa saat (Bisa 30 detik, 1 menit, 3 menit atau berapa aja yang memungkinkan),
Saat melakukan aktivitas, jangan muncul pikiran terburu-buru, pikiran yang melayang kesana kemari, memikirkan hal2 yang tidak berhubungan dengan yg sedang dikerjakan.


3 0.Namo buddhaya.Buddha menjelaskn tentang perhatian trhdp pikiran,seorg meditator shrsnya jeli memperhatikan apkh pikirannya memiliki sifat dosa,adosa,lobha,alobha,moha,amoha atau apkh pikirannya terkonsentrasi,buyar,meluas,menyempit,dll,jd seorg meditator shrsnya menyadari sifat pikirannya ,atau menyadari sifat kesementaraan pikirannya yg muncul dn lenyap,atau mengetahui dn mengingat bahwa pikiran memang ada,dn ia tetap membiarkan dirinya terlepas dari segala keterikatan.
Ktka ia memperhatikan unsur mentalitas buruk yg muncul didirinya,ia akn memperhatiknnya lenyap segera dgn sndirinya,ktka ia memperhatikan unsur mentalitas baik yg muncul di dirinya,ia akn memperhatikannya berkembang dgn sndirinya di dirinya. Laksana seorg tentara yg sedang berperang,siapa musuhnya?
Ketdktahuan,kemarahan (kebencian),keterikatan dn kesombongan adlh musuh2 utamanya;mereka itu tdk diluar,tetapi didalam,dn hrs diperangi dgn senjata kebijaksanaan dn konsentrasi meditatif.Sadhu3x.


31. Bila ada hal2yg terjadi dihidup kt,jangan langsung mengambil kesimpulan/keputusan,hrs direnungkan terlebih dulu utk mencari jalan kluar yg baik dan benar yg tdk merugikan org lain dan berdosa,direnungkan dan dicerna utk kmudian diresapi.


32. namo buddhaya... Meditasi sebaiknya punya objek masing2, tp yg sering saya pake adalah obyek pernafasan. Yang merasakan setiap tarik nafas yg mulai masuk dari hidung dan keluarkan dari hidung juga. Setiap pernafasan dirasakan berulang2 kali. Saya yakin, tmn2 sedhamma bs tau arti dr meditasi. Anumodana.


33. Namo Buddhaya.Meditasi yang saya jalankan dalam kehidupan sehari2 yaitu berusaha selalu sadar dengan semua aktivitas yang saya lakukan.
Karena banyak orang yang salah persepsi ketika meditasi banyak yang menganggap cukup duduk penjamkan mata kemudian berharap dengan pengalaman gaib yang akan didapatkan dalam meditasi.... sehingga orang awam yang ketika menjalankam meditasi banyak yang stress karena tidak mempunyai motivasi yang benar ketika mulai menjalankan meditasi.
Padahal tujuan meditasi adalah melatih dan membangkitkan kesadaran kita menuju kesadaran sempurna dalam hidup ini sehingga kita memiliki pandangan benar. dari pandangan benar maka timbul kehendak dan perbuatan yang benar.
Mungkin banyak orang tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan meditasi karena kegiatankehidupan sehari2 kita sangatlah menyita waktu.
Padahal kita dapat melakukan meditasi ketika kita melakukan aktivitas kehidupan sehari2.Misalnya:
* Ketika bekerja lakukanlah dengan penuh konsentrasi dan penuh kesadaran. Hasil: Pekerjaan yang kita lakukan akan lebih baik.
*ketika makan, coba pikirkan dari mana asal makanan yang ada dihadapan kita kemudian makanlah, nikmati makanan itu sadarilah bila kita sedang makan dan sangat menikmatinya.Hasil:kita akan dapat menjadi orang yang penuh rasa syukur.
*Ketika berbicara, sadarlah dengan apa yang kita ucapkan dan sadarlah dengan siapa dan apa yang dibicarakan orang.Hasil: kita lebih dipercaya orang,tidak mudah ditipu orang,dekat dengan kebenaran jauh dari kesalahan walaupun belum sempurna dapat melindungi kita dari kamma buruk ucapan.
danlain sebagainya.
Jangan meremehkanhal ini karena dapat mempengaruhi pola pikir dan membangkitkan kebijaksaan kita dalam kehidupan sehari2 selalu sadar dengan apa yang dilakukan sehingga ketika kita benar2 melakukan meditasi kita dapat lebih cepat memusatkan konsentrasi dalam memasuki meditasi dengan bathin yang penuh keseimbangan.
Selain itu yang dibutuhkan dalam meditasi adalah praktek kehidupan sehari2 kita yang sesuai dengan Pancasila Buddhis dan jauh dari Lobha, Moha dan Dosa. Tapi ini akan dipermudah bila kita menjalankan aktivitas sehari2 kita yang penuh dengan kesadaran.
Kalau ada kata2 yang salah mohon koreksi dari Bhante dan teman2 sekalian. Semoga berguna.... Sadhu. Sadhu. Sadhu.




34. Tnya; Bagaimana mempraktikan MEDITASI dengn benar dalam kehidupan kita se-hari2 ? # USAHAKAN SELALU SADAR DI SETIAP HARI DARI SISI PIKIRAN, UCAPAN, PERASAAN DAN PERBUATAN.


35. Sebenarnya penerapan meditasi dlm kehidupan sehari2 cukup sederhana, kita cukup tingkatkan kewaspadaan/kesadaran kita, amati saja setiap gerakan/reaksi kita yg paling dominan, cukup amati, jangan diberi label, jangan pula dianalisa. Misalnya ketika kita kaget/marah/jengkel, perhatikan/amati saja perasaan yg timbul, jangan larut didlmnya, jangan pula dianalisa, cukup amati saja, dstnya.



36. Murid2 Budha semuanya pinter2dan bijaksana,Budha senang skali mendengarkan kalian semua pinter2,tp benar2 hrs dilaksanakan ya dlm kehidupan sehari2 apa yg sdh dibicarakan.


37. Namo Buddhaya,meditasi bisa kita lakukan dlm kehidupan sehari-hari,.posi2 meditasi tdk hanya du2k saja,tapi berdiri,berbaring dan berjalan. Inti dari meditasi adalah kesadaran atau perhatian terhadap objek,.misalx kita sedang berjalan,sadarilah bahwa kita sedang berjalan dan pikiran memperhatikan pergerakan kaki saja atau apa yang di kerjakan d perhatikan pikiran tidak d biarkan berkelana,thank's.



38. Ada seribu cara dan konsep berbeda-beda,melakukan meditasi,
begitu juga sebaliknya seribu manfaat bagi org yg rutin bermeditasi.Semuanya
tergantung guru masing2 mengajarkannya.Atau dipelajarinya sendiri dari
naska dhamma.Meditasi pengembangan tdk selalu harus dilakukan
bersila dan duduk,tapi bisa dilakukan saat berartivitas sehari-hari,
bagi org yg sdh maju bermeditasi menjadikan meditasi sebagai gaya hidup.
Ilmuan di amerika serikat yg mengkonfirmasikan bahwa sesunggunya
penganut agama Buddha yg bermeditasi lebih bahagia dan lebih tenang
daripada org-org lain. Penelitian yg dilakukan di amerika tersebut
mengungkapkan bahwa wilaya-wilaya otak yg bermeditasi terkait dgn
suasana hati yg tenang, dan perasaan2 positif lebih aktif.
Para peneliti di san francisco medical centre universiti of calipornia
juga telah menemukan bahwa praktik meditasi ini dpt menjinakan
amigdala,yakni suatu wilayah otak yg merupakan pusat ingatan rasa takut,
mereka menemukan yg bermeditasi secara teratur lebih kecil kemungkinan syok,putus asah,kaget,marah daripada org lain.

Para ilmuan di university of wisconsin di Madison mengunakan sannin baru
utk menyiliki aktivitas otak sekelompok buddhis, penelitian mereka
mengungkapkan bahwa kegiatan {frefrontal lobes} otak bagian sebela kiri
dari para pelaku meditasi buddhis yg berpengalaman
menjadi lebih aktiv. Wilayah otak sebelah kiri tersebut terkait emosi
positif,pengendalian diri, dan temperamen.Wilayah otak para buddhis ini
ternyata terus menerus menyala,bkn hanya pada meditasih saja menurut
para ilmuan hal itu mengisyiaratkan bahwa org-org ini lebih mengalami
emosi positif dan dlm berada suasana hati yg baik.
Lebih 2500,thn guru agung mengajarkan meditasi, hari ini bisa dibuktikan
oleh para ilmuan dgn nyata kebenarannya. Namo Buddhaya Salam Metta.


39. Terimakasih atas semua pencerahan dari teman-teman semua terutama Pada Bhante yang menyediakan kolom dalam pembahasan tentang meditasi .. Semoga kita semua dapat mempraktekan dan berlatih setiap harinya agar memiliki pandangan benar dan pengertian yg benar dari unsur 8 jalan utama yang telah dibabarkan Sang Buddha dan kembangkanlah cinta kasih dan empati thd penderitaan mahluk lainnya agar (Aku) Ego bisa dieliminir diperkecil hingga Ego tersingkir karna tidak diberi makan lagi..
Tamu yang datang biarkanlah ia masuk.. Apabila ia pergi jangan ditanya hendak kemana.


40. Namo budhaya.@nancy wong..
Air hujan yg sama jatuhnya berasal dr awan,hanya tumbuh-tumbuhan yg berbagai ragam menjadi basah menurut porsinya,banyak atau sedikit sesuai dgn kebutuhan dn masing-masing dpt tumbuh berkembang.Sebagaimana halnya dgn samudera raya yg hanya mempunyai satu rasa yaitu; garam,demikian pula Dharma hanya mempunyai satu rasa yaitu; Rasa Pembebasan.
Org yg pandai tdklh cukup melindungi kebenaran dgn membuat kesimpulan; hanya ini saja yg benar dn yg lainnya adalah keliru.Bila kita berpikiran bahwa semua org akan mengerti ajaran buddha,maka kesimpulannya jg bahwa dimasa buddha semua org telah mengerti ajaran beliau.Heliluya..moga yesus memberkatimu.


41. Namo Buddhaya Bhante, klo menurut saya, meditasi sehari2 adalah mengawasi pikiran (mengetahui arah jalan pikiran kearah pikiran neg / positif dgn kesadaran), berusaha u/ tdk melekat dgn keduanya, fokus dgn apa yang kita kerjakan pada saat itu juga, sadar pada perubahan perasaan (emosi), pikiran yg timbul terhdp tanggapan diri akan objek luar, sadar thdp hal yg trjd pd qt (mis. anggota tubuh gatal (pala, tangan, dll), sadar pada setiap gerakan tubuh qt... Apakah seperti itukah Bhante? Atau itu hanya semacam bentuk pengendalian diri saja?


42. Namo Budhaya Bhante
menurut saya, ada niat dan sadar dalam melakukan segala hal konsentrasi terhadap segala sesuatu yang kita lakukan dan kita perbuat.



43. Penelitian Para Arkeolog dan Sejarawan, bhwa Banjir Bah pd Zaman Nabi Nuh terjdi kira-kira 4.800thn lalu: Penyelidikan Arkeolog dan Sejarawan dibeberapa tempat mendpt keterangan, banjir yg melanda daerah yg memang luas Yakni: membentang 600 km dari Utara ke Selatan dan 160 km dari Barat ke Timur, Banjir itu tlah menengelamkan sedikitnya 4 (Empat) Kota Masyarakat, SUMERIA KUNO Yakni; Ur, Urech Shuruppak dan Kish, terbukti banjir tdk melanda seluruh dunia, tetapi hanya melanda Wilayah yg didiami Umat Nabi Nuh daerah lain yg bukan Wilayah Nabi Nuh tidak terkena Banjir, Ketinggian Air tsb, diperkirakan mencapai 4.000 meter dari permukaan Laut, Gunung Ararat adalah Gunung kecil yg menjulang diketinggian -/+ 4.000 meter dari permukaan laut......... Sedangkan….ketinggian Dataran Tibet mencapai 4.500 meter diatas permukaan Laut, daerah Tibet dikelilingin Barisan pegunungan yg sangat Tinggi dibagian Barat laut terdpt Pegunungan Kun Lun, sedangkan dibagian Timur laut terdpt Pegunungan Qilian. Nepal….Ketinggian Datarannya mencapai 5.250 meter diatas permukaan laut. Bhutan…..dipisahkan dari negara terdekat dari Nepal ke Barat oleh negara Bag. Indian, ketinggian datarannya mencapai 7.000 meter diatas permukaan Laut. SEJARAH CHINA DLM CATATAN WAKTU ke WAKTU: sekitar 1.5 – 0.5 jt SM, Homo Erectus hidup disekitar Beijing, Lantien Yuanmou, dan situ-situs lain di CINA. 80.000 SM : Permunculan manusia modren, Homo Sapiens, di Cina. 7.000 SM Permulaan bercocok tanam dan periode Neolitikum, s/d 2.550 SM : Zaman pemerintahan kaisar Kuning atau The Yellow Emperor dan s/d berdirinya RRC…..berarti Bgs Cina tdk pernah sama sekali terkena Banjir Air bah….Sejarah Cina dlm catatan Waktu ke waktu….ada 165 Periode/Masa(Kerajaan) hingga kini msh terdpt peninggalan-peninggalan baik berupa Benda/Bangunan dan situs-situs lainnya. kesimpulan bhwa sejarah T.Tengah byk sekali tdk ada persamaan dgn Negara lain di Planet Bumi ini dan memanipulasi umat manusia.......salah satu manipulasi sejarah di dlm alkitabmu itu....NANCY......!!!!


44. Maaf banthe telat.menurut sy meditasi harus di awali dngn 1. hati yg bersih 2.niat yg tulus 3.pikiran yg bersih.nmo budhaya


45. Rusli Akiong, Namo Buddhaya sesiong.saya suka tulisan anda....sebagai umat Buddha juga gak boleh diam aja klo di lecehkan.mengungkapkan kebenaran bkn lah suatu hal yg salah klo menurut saya.ada 1 buku lagi karangan Al de Silva itu lbh jelas lagi mengungkapkan kebohongan2 yg terjagi selama ini. judulnya "BEYOND BELIEF" ada di Gramedia,dan banyak lagi buku2 yg mengupas tentang memanipulasi sejarah.


46. Benar...sekali apa yg ditulis oleh Bante, Para Pakar Kesehatan bhkan menganjurkan kita...utk melatih Meditasi utk kesehatan termsk......Kesehatan Jasmani dan Rohani....bhkan...dlm Budhaya..Tiongkok Kuno...org-org suci..slalu melatih Meditasi di...Pegunungan, Goa-Goa.


47. Berjalan adalah meditasi,berbicara adalah meditasi,melihat adalah meditasi...jd meditasi adalh konsetrasi yng benar...saat kita beraktifitas.


48. Salah....satu Contoh; yg dikatakan bante benar sekali pikirkan sgt berbahaya jika tdk dilatih: Hitler...adalah otak pembantaian Org yahudi...di Camp. Konsentrasi Holocust. -/+ 5 Jt. Hong Xiu Kuang Pemberontakan Tai Ping(1854 - 1864). bercita-cita ingin menjadi pegawai negeri yg terus gagal dlm ujian mengenai ajaran konghucu, kemudian ia mengalihkan profesinya sbg seorang penginjil, ia memperkealkan diri sbg Yesus. dlm tujuh tahun berikutnya setelah belajar kekristenan, Ia berhasil menjadikan 10.000 org pengikut yesus, dan pd Thn 1851, ia dinobatkan oleh para pengikutnya "Raja Sorgawi" dari Kerajaan Kedamaian Sorgawi, kelompok itu justru melakukan pembrontakan, dgn semangat Fanatik Keagamaan, Pembrontakan tsb terkenal dgn sebutan "PEMBRONTAKAN TAIPING" dan mereka Membantai Rakyat Cina -/+ 40 Jt, yg tercatat dlm catatan sejarah merupakan Perang Sipil terbesar dan mengerikan di Planet Bumi.


49. Namo Buddhaya.. Latihan mditasi adlh menjga ksadaran pikiran, mncoba sadar u mencpai ktenangan shgga memiliki perhatian yg trpusat u msk k dlm batin n melihat dgn jls spt apa adanya. Brusha u jujur, waspada, rendah hati n brsyukur. Meditasi tdk u mendapatkan ssuatu tp u melepaskn ssuatu. Smoga semua mahluk berbahagia.



50. Namo buddhaya bhante. Meditasi kan memusatkan pikiran kepada objek, jadi segala aktifitas dlm kehidupan sehari bisa kita lakukan dgn sadar, konsentrasi dan fokus terhadap pekerjaan yg sedang dilakukan, niscaya akan memperoleh hasil yg memuaskan dari pekerjaan yg kita lakukan.




Kesimpulan:

Efek Meditasi membawa manfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tapi bagi orang banyak dari pengaruh hasil meditasi tentunya. Alasannya, hasil meditasi pasti bisa menuntun orang menjadi ‘Bijaksana’, yakni tahu dan mengerti mana yang benar dan salah, mana yang bermanfaat dan tidak, berdisiplin, jujur, bertanggung jawab, dsb.
Akibatnya, hasil meditasi menjadikan orang rela meninggalkan segala jenis kejahatan seperti ‘korupsi’, menipu, merampok, membunuh, mutilasi, membantai, membenci-dendam, emosi, santet hitam, sihir hitam, gendham.

Karena hasil meditasi dapat membuka tirai kebodohan dan kegelapan batinnya. Orang yang berhasil latihan meditasi dapat menghancurkan kebodohan dan kegelapan batin, tindakannya bijaksana. Ciri-cirinya; rendah-hati, lemah-lembut, penuh welas asih, kepedulian, tidak sombong, cenderung mengalah, semua nafsunya turun drastis, prilakunya halus, suka dan rela berdana, disiplin, jujur, peduli, penuh tanggung-jawab, memegang prinsip yang benar apa adanya, tak salah memihak, ucapan dan tindakannya selaras, tidak ambisi cari popularitas sebab tahu tak ada gunanya.

Akhirnya, hasil meditasi bukan janji bisa masuk surga, mimpi atau basa-basi. Meditasi yang benar hasilnya pasti bisa mengubah sifat buruk menjadi baik, benar bahkan menjadi orang suci. Contohnya Y.M. Anggulimala yang hidup di zaman Buddha Gotama, sebelumnya beliau sebagai penjagal manusia yang amat kejam dengan tangan dan pedangnya yang tajam telah membantai 999 orang. Tapi, begitu berjumpa dengan Buddha Gotama, beliau sadar lalu dilatih meditasi, bisa membuang sifat buruknya, akhirnya mencapai tingkat kesucian tertinggi Arahat.

Maka, andaikata ada orang mengaku guru meditasi, sudah berlatih meditasi bertahun-tahun tapi perangai, atau karater dan sifat buruknya tetap tidak berubah, misalnya prilakunya kasar, suka iri-hati, sirik-dengki, panasan, egonya makin kuat, mudah emosi, dendam, suka pakai santet-sihir, praktik dukun, dsb.

Saya jawab bahwa orang tersebut bukan asli guru meditasi, bahkan sebenarnya dia belum bisa meditasi, dia hanya aksi-aksian semata agar dinilai sebagai guru meditasi untuk mengelabui umat. Maka zaman kini harus ekstra hati-hati, jangan mudah percaya (ingat! Kalama-sutta).

Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Ven.Sudhammacaro.
Penyusun.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home