Sang Biksu Tidak Mati, Hanya Bermeditasi Kamis, 5 Februari 2015 - 00:33 wib





ULAM BATOR -Sesosok mumi ditemukan di Songinokhairkhan, Mongolia. Mumi yang berada dalam posisi duduk bersila, atau posisi teratai tersebut diduga sebagai mumi seorang biksu bernama Dashi-Dorzho Itigilov, seorang pendeta Budha dari Buryat. Saat ditemukan pada 27 Januari silam, mumi ini ditutupi oleh kulit hewan.
Beberapa ahli berpendapat bahwa tubuh pendeta ini tidak dalam keadaan mati dan sedang berada dalam sebuah keadaan yang sangat jarang terjadi. Keadaan yang bersifat sangat spiritual ini disebut sebagai keadaan ‘tukdam’, dan dipercaya sebagai kondisi diamana seseorang selangkah lagi dapat menjadi Buddha.
“Sang pendeta duduk di dalam posisi teratai, tangan kirinya terbuka, dan tangan kanannya melambangkan bahwa beliau sedang mengajarkan sutra.
“ini adalah pertanda bahwa sang Pendeta tidak meninggal, namun berda dalam tahap meditasi yang sangat dalam menurut tradisi kuno para pendeta Buddha.” Terang Pendiri dari Institut Seni Buddha, Universitas Ulam Bator, Ganhugiyn Purevbata, seperti dilansir oleh Mirror, Kamis (5/2/2015).
Pendapat ini didukung oleh Dr. Barry Kerzin, seorang pendeta Buddha yang terkenal, yang juga bertindak sebagai dokter bagi Dalai Lama.
Menurutnya, Setelah seseorang pendeta berada dalam kondisi tukdam dalam waktu lebih dari tiga minggu, maka tubuhnya akan mulai mengecil, sehingga pada akhir nya yang tersisa hanyalah rambut, kuku, dan pakaiannya.
“Ini adalah bentuk tertinggi, dekat dekan keadaan menjadai Buddha’” tambahnya lagi.
50 tahun belakangan disebutkan terdapat lebih dari 40 kejadian yang melibatkan biksu Tibet yang bermeditasi
Sumber dari kepolisian menyebutkan bahwa mumi ini telah dicuri dari tempat lain, dan akan dijual.
Petugas yang tidak mau disebutkan namanya itu menambahkan bahwa mumi ini telah diambil dari sebuah gua di daerah Kobdsk oleh seorang pria yang kemudian menyembunyikannya di rumahnya di Ulam Bator, sebelum pria itu mengehui rencana pria itu dan meringkusnya. Saat ini sang biksu dijaga ketat di Pusat Forensik Nasional di Ulam Bator.
(ful)

Mumi Biksu di Mongolia Tidak Mati, Melainkan 'Meditasi'?

Ia dalam keadaan spiritual langka yang dikenal sebagai 'tukdam.'



Kamis, 5 Februari 2015 | 06:59 WIB
Oleh : Rizal Maulanabakul_myid

VIVA.co.id - Seorang mumi biksu yang ditemukan dalam posisi lotus, sebenarnya "tidak mati." Tetapi ia dalam keadaan "meditasi yang sangat dalam," hal ini diungkapkan oleh tim akademisi yang sedang menelitinya.

Pemeriksaan forensik dari sisa-sisa tubuh yang menakjubkan tersebut, masih berlangsung. Mumi yang diyakini berusia sekitar 200 tahun tersebut, telah diawetkan dalam kulit binatang.


Tetapi para ahli bersikeras, jika peninggalan tubuh manusia yang cukup mencengangkan tersebut, sebenarnya dalam keadaan spiritual yang langka dan khusus, yang dikenal sebagai 'tukdam.' Dan ini adalah satu tahap untuk menjadi Buddha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “